10 Kejadian Unik ketika Rekam Kereta Api

YouTube video

Beragam momen unik terekam dalam dokumentasi pecinta rel, lebih sering dikenal sebagai rail fans ketika memotret kereta pada jarak dekat. Kumpulan kejadian tersebut mengundang berbagai reaksi kaget, lucu, serta menyebalkan.

Sebuah video mengumpulkan berbagai momen rail fans ketika melakukan kegiatan rutinnya, memotret kereta. Kumpulan momen yang dialami rail fans ini terbilang cukup unik akibat kejadian yang terjadi secara bersamaan.

Video ini dibagikan oleh Mikael Rinto melalui sebuah channel Youtube dan berhasil mendapatkan jumlah tayangan sebesar 730 ribu kali. Sepertinya cukup banyak pecinta transportasi ini menyimak beragam kejadian unik di Youtube.

Daftar Kejadian Unik Rail Fans

Biasanya pecinta kereta mengabadikan berbagai macam dan nama kereta, karena dianggap memiliki ciri khas masing-masing. Orang awam melihat aktivitas ini tidak berguna, namun terdapat sensasi tersendiri bagi mereka yang menyukainya.

  1. Klakson Gagal Bunyi

Saat yang ditunggu melihat kereta BBM Rewulu – Madiun dari dekat membunyikan belnya. Terjadi anomali pada bel yang menyebabkan bunyinya aneh dan lucu, seperti suara orang tidak jadi bersin.

  • Ternyata Pak Petugas

Ketika bunyi panjang tanda ditutupnya palang, pecinta rel senang menunggu kereta lewat. Kejadian lucu ini terjadi di DAOP 9 Jember, antusiasme tinggi ternyata kena tipu, bapak petugas sedang lewat sambil tertawa.

  • Terobos Terus

Saat melintas dekat stasiun, pasti orang kebanyakan berpikir akan berhenti dan memuat penumpang. Kejadian menyebalkan terjadi ketika mengira kereta berhenti namun malah terobos terus karena sedang uji coba.

  • Suara Lori

Lori adalah kendaraan khusus berfungsi ketika melakukan pengecekan rel, biasanya berwujud gerbong kecil. Suaranya jauh beda daripada kereta normal, lebih mirip truk atau mini bus di jalur pantura.

  • Berjalan Lambat

Proses hunting terkadang memakan waktu lama karena tidak semua kereta berjalan dengan kecepatan tinggi. Hal lucu terekam saat transportasi ini barang berjalan sangat lambat, lebih lambat daripada sebuah motor.

Kejadian lain saat hunting sangatlah bervariasi. Bagi para rail fans, proses hunting memerlukan kesabaran agar upaya yang dilakukan bisa terbayar dengan hasil memuaskan saat dilakukan dokumentasi.

Penggunggah : Mikael Rinto

Waktu Diunggah : 2 Mei 2020


Trend Selama Pandemi yang Booming #DiRumahSaja

Berkegiatan selama pandemi memiliki ruang dan aktivitas yang sangat terbatas. Tidak jarang kita merasa sangat bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja selama berada di rumah. Kerja, sekolah, kuliah, semua berlangsung dari rumah. Apa saja sih trend selama pandemi ini?

Tapi, ada nggak sih kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan selama berada di rumah?

Artikel kali ini akan membahas tren kegiatan apa saja yang booming selama #DiRumahSaja. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Trend Di Rumah Saja

Jenis-Jenis Trend selama Pandemi

Kopi Dalgona

Di awal PSBB, kopi yang satu ini jadi trend selama pandemi dan viral di media sosial karena bahan dan cara pembuatannya yang mudah namun cenderung unik.

Kopi Dalgona atau yang memiliki nama lain beaten coffee, Phenti Hui Coffee, merupakan minuman yang berasal dari India namun mulai terkenal saat minuman ini ditampilkan pada salah satu acara TV Korea Selatan, yakni Stars Top Recipe at Fun-Staurant . Dalgona juga merupakan nama dari salah satu kudapan manis asal Negeri Gingseng tersebut.

Cara membuat minuman satu ini cukup mudah. Anda dapat menyiapkan kopi instan atau kopi tanpa ampas, gula dan air hangat dengan perbandingan yang sama (misalnya, 1:1:1) yang kemudian dikocok hingga mengembang sempurna hingga menyerupai krim. Selanjutnya, tuang krim kopi tersebut di atas fresh milk atau susu segar. Minuman ini dapat disajikan dingin ataupun panas.

Yang membuat minuman ini viral adalah jumlah kocokan yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan konsistensi krim kopi yang maksimal. Tidak jarang beberapa pengguna mengungkapkan kekesalan mereka ketika gagal membuat minuman yang satu ini.

Virtual Photoshoot

PSBB mulai digalakkan, banyak orang mengeluhkan kehabisan foto atau konten video untuk diunggah di media sosial mereka, terlebih para selebgram hingga artis Ibukota yang memiliki ‘kewajiban’ untuk terus aktif di media sosial.

Virtual photoshoot menjadi solusi untuk tetap eksis selama berada di rumah dan jadi trend selama pandemi. Seperti namanya, virtual photoshoot adalah pemotretan yang dilakukan secara virtual dengan properti, pencahayaan dan komposisi foto yang sepenuhnya bergantung pada barang atau kondisi di rumah.

Pemotretan ini berlangsung menggunakan media Laptop atau PC, dimana para fotografer dan klien mengadakan panggilan video dan selanjutnya fotografer akan mengambil gambar melalui layar laptop.

Untuk mempercantik, Anda juga dapat menyelipkan properti tambahan agar foto yang diambil terlihat cantik dan menarik.

Trend Sepeda Saat Pandemi

Kegiatan ini tidak sepenuhnya dilakukan di rumah, tapi masih bisa dilakukan di sekitaran rumah tanpa harus jauh-jauh mengambil rute.

Tren sepeda saat pandemi. mulai booming mendekati PSBB berakhir, dimana masyarakat memanfaatkan sepeda yang ada di rumah untuk berolahraga sekaligus menghilangkan penat dengan bersepeda di sekitaran rumah.

Berkat tren yang satu ini, banyak toko sepeda, baik dari yang menengah ke bawah hingga menengah ke atas, kebanjiran pembeli. Tidak hanya sebagai alternatif menghilangkan penat, bersepeda juga digunakan sebagai ajang kumpul dengan teman-teman dengan berolahraga bersama.

Tren yang satu ini sempat membuat banyak kontroversi dimana masyarakat yang bersepeda terkadang berlaku arogan di jalan, seperti melanggar rambu dan lampu lalu-lintas hingga menutup sebagian besar jalan dan menyebabkan kemacetan.

Konser Live Streaming

Menonton pertunjukan musik, baik dalam skala kecil hingga besar, telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Sejak diumumkan kasus pertama COVID-19 di Indonesia, banyak vendor dan musisi yang harus membatalkan pertunjukan musik mereka.

Tidak hanya pertunjukan musik lokal, namun banyak juga pertunjukan musik berskala internasional yang harus dibatalkan atau ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Semuanya jadi trend selama pandemi.

Konser live streaming menjadi solusi yang tepat bagi musisi dan penikmat musik untuk dapat bertemu dan menikmati pertunjukan dengan aman dan nyaman selama di rumah. Beberapa grup musik asal Korea Selatan telah menghelat konser live streaming berskala internasional, dimana para penggemar dapat membeli tiket dan menikmati konser dari rumah, seperti BTS, NCT, Seventeen, SuperM, hingga TWICE.

Tidak ketinggalan, beberapa musisi Indonesia dan vendor musik lokal menghelat berbagai konser musik live streaming dengan mengandalkan YouTube sebagai media streaming mereka, seperti We The Fest 2020.

Tren Berkebun Selama Pandemi

Tidak hanya masyarakat biasa, beberapa influencer, selebgram dan selebriti Indonesia turut memeriahkan tren berkebun selama pandemi, selama PSBB. Tanaman yang dijadikan ‘anak’ pun beragam, mulai dari tanaman penghasil buah dan sayur hingga tanaman hias dengan harga ratusan juta.

Kegiatan ini menjadi penghilang penat masyarakat sekaligus menjadi sumber daya makanan selama berada di rumah. Cara menanam pun beragam, tidak hanya menggunakan media tanah, beberapa orang mulai tertarik menanam dengan model hidroponik yang menggunakan halaman rumah atau balkon rumah sebagai tempat menanam.

Selain mengikuti tren, bercocok tanam di rumah memiliki banyak manfaat dan kegunaan, seperti menambah pasokan oksigen di sekitar rumah dan mempercantik halaman rumah kita.

Memasak

Tidak hanya membuat minuman kopi, trend selama pandemi selanjutnya yang menjadi pilihan masyarakat adalah memasak. Mungkin terdengar biasa saja dan lumrah terjadi, namun memasak yang dimaksud disini adalah bagaimana masyarakat mulai explore berbagai resep makanan, mulai makanan Indonesia hingga Korea Selatan selama berada di rumah.

Tren memasak juga menghindarkan kita dari resiko tertular COVID-19 dibandingkan membeli makanan dan minuman dari luar, loh.

Berkat trend selama pandemi ini juga, banyak masyarakat yang menggunakan hobi dan keterampilan mereka dalam memasak untuk membuat usaha kecil menengah. Selain kenyang, kita juga bisa menambah kegiatan dan pundi-pundi, ya!

TikTok

Siapa yang tidak kenal dengan TikTok?

TikTok atau yang juga dikenal sebagai Douyin adalah aplikasi jejaring sosial dan platform video musik asal Tiongkok yang jadi trend selama pandemi. Aplikasi yang diluncurkan pada September 2016 ini sempat diblokir oleh pemerintah Indonesia di tahun 2018, namun kini, aplikasi TikTok ramai digunakan sebagai sarana kreatif masyarakat dari yang muda hingga tua.

Tidak hanya masyarakat biasa, beberapa artis Indonesia hingga mancanegara juga menggunakan aplikasi ini untuk melepas penat sekaligus media penyalur konten kreatif mereka, loh! Diantaranya Brisia Jodie, Dian Sastrowardoyo, grup musik Korea Selatan seperti NCT, SuperM, hingga Seventeen.

Konten yang ada di dalam aplikasi ini cukup beragam, mulai video musik buatan user, konten memasak, konten unboxing barang-barang lucu, hingga konten tips dan trik mendekorasi kamar dengan harga miring.

Tapi, penggunaan aplikasi ini pada anak-anak perlu perhatian ekstra dari para orangtua karena tidak semua konten dapat dikonsumsi dengan bebas oleh anak-anak.

Nah, dari berbagai tren selama #DiRumahSaja, apakah pembaca sekalian juga mengikuti salah satunya?

Munculnya trend selama pandemi ini sebagai pelarian dari rasa jenuh dan bosan selama berkegiatan di rumah. Tidak semua tren harus Anda ikuti, ambil yang positif dan hindari yang negatif, ya!

Semoga penjelasan di atas dapat memberi informasi dan pengetahuan untuk pembaca sekalian! Stay safe, stay healthy!

Related Posts