Nyobain Jalan Tikus Anti Macet ke Puncak Rp 100 Ribu

Simak videonya diatas


10 Cara agar Awet Muda yang Wajib Kamu Coba

Produk kecantikan hingga kesehatan selalu ada yang menawarkan untuk menjadi awet muda. Ada juga yang bisa dilakukan baik secara alami maupun tidak.

Berikut 10 cara yang bisa kamu lakukan agar menjadi awet muda yang wajib kamu coba :

Selalu ada waktu untuk istirahat

Studi terbaru mengungkapkan apabila stress menyebabkan perubahan fisik yang dapat mempercepat penuaan. Peningkatan hormon adrenalin dan kortisol menyebabkan tekanan darah naik dan detak jantung yang semakin cepat.

“Enam puluh hingga 90 persen dari semua kunjungan dokter setiap tahun terkait dengan kecemasan, depresi, kemarahan dan permusuhan obsesif, insomnia, tekanan darah tinggi, serangan jantung – semua masalah yang disebabkan oleh stres,” kata Herbert Benson, MD, penulis The Relaxation Respon dan pendiri dan direktur emeritus dari Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine di Boston.

Rahasia Awet Muda, Kulit Tampak Lebih Muda 10 Tahun Dari Umur Sebenarnya. Video oleh Christhine TYN
Tips Awet Muda
sumber: unsplash

Cara paling efektif untuk menghindari ini adalah dengan bermeditasi, yang juga disebutkan oleh Dr. Benson sebagai salah satu bentuk dari relaksasi. Kamu bisa mencobanya satu atau dua hari sekali selama 10 hingga 20 menit. Dudukah di tempat yang tenang, menutup mata, melakukan perenggangan pada kepala, leher, bahu, kemudian menarik napas yang dalam-dalam.

Kamu bisa menyisipkan mantra berupa motivasi atau syukur saat menghembuskan nafas. Setelah beberapa hembusan nafas dalam 2 atau 3 menit, cobalah untuk memikirkan hal-hal positif untuk kehidupanmu baik saat ini dan masa mendatang. Apabila kamu tidak menyukai meditasi, kamu bisa mencoba yoga yang bisa lebih aktif menggerakan badanmu. Olahraga ini sangat disarankan karena dapat membangun energi positif untuk tubuhmu. Bila energi positif ada di tubuhmu, kamu akan membangun mental yang sehat. Kalau mental sehat maka tubuhmu juga akan sehat. Kamu akan bisa terus menikmati hari-harimu dengan bahagia bebas stress.

Konsumsi makanan dengan kandungan lemak baik

Lemak sendiri ada 2 macam, yaitu lemak baik dan jahat. Tentunya yang dimaksudkan di sini berupa lemak baik.

Nicholas Perricone, MD, pakar anti-penuaan terkemuka mengatakan apabila asam lemak omega-3 bisa ditemukan dalam salmon, kenari dan biji-bijian yang dapat membantu meningkatkan moodmu menjadi lebih baik, menjaga kekuatan tulang, dan juga membantu mencegah penuaan.

Omega-3 juga meningkatkan kemampuan enzim tubuh untuk menarik lemak keluar dari penyimpanan  dan menggunakannya sebagai energi. Omega-3 membuat kamu tetap sehat dan membuat kulit lebih bercahaya.

Michael Roizen, M.D., ketua divisi anestesiologi di Klinik Cleveland di Ohio dan salah satu penulis You on a Diet, mengatakan, “Hampir setiap ahli setuju bahwa kamu membutuhkan dua gram asam lemak omega-3 sehari.” Makan ikan berlemak seperti salmon atau kenari. Kalau kamu tidak mendapatkan cukup omega-3 dari makanan, pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen minyak ikan.

Selalu sempatkan untuk olahraga dengan teratur

Olahraga bukan hanya untuk membentuk otot, menurunkan berat badan, membentuk tulang yang lebih kuat, mengubah mood menjadi baik, tetapi juga akan membuat pikiranmu jadi jernih. Sebuah studi yang dikutip dari National Institute on Aging menunjukkan hubungan antara latihan fisik dan kekuatan otak yang lebih baik. “ Berjalan hanya 10 menit sehari menurunkan risiko Alzheimer hingga 40 persen. Sekaligus mengurangi stres dan kecemasan, ” kata Gary Small, M.D., direktur UCLA Center on Aging dan salah satu penulis The Healthy Brain Kit.

Mulai sekarang, cobalah minimal 3 kali dalam seminggu untuk rutin berolahraga. Kamu hanya perlu durasi singkat 20 menit saja tapi melakukan itu rutin. Lakukan dari olahraga sederhana seperti berlari, bersepeda, berenang, atau dance, apapun yang kamu sukai.

Mencoba melakukan yoga  

Yoga dapat memberikan lebih banyak energi, postur tubuh yang baik, fleksibilitas yang tinggi, mood yang baik, dan penurunan stress. Cyndi Lee, pendiri Om Yoga Kota New York mengatakan, “Melalui pernapasan yoga sadar, kamu menjadi sadar akan hubungan antara pikiran dan tubuh.” Pernapasan pada yoga terbukti dapat meningkatkan oksigen pada sel, membersihkan racun, membantu pencegahan penyakit, dan membuat kulit bercahaya.

 Selain itu, pose yoga dirancang untuk menyeimbangkan diri dengan keadaan luar, yang dipercaya bisa meremajakan sistem pencernaan, reproduksi dan kekebalan. Yoga bekerja seperti memeras dirimu layaknya kain lap, yang bisa terus membuatmu tetap bergerak aktif. Latihan yoga ini disarankan dua kali seminggu untuk memberikan kamu energi, meningkatkan ketahanan tulang dan menghilangkan stress.

Konsumsi buah delima dan goji berry

Jus buah delima dipercaya bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah, mungkin menunda timbulnya aterosklerosis, dan berpotensi membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Selain itu, peneliti juga percaya apabila buah Delima dapat mencegah beberapa bentuk kanker yang mulai berkembang. Buah ini juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Buah goji berry, buah asli Tibet ini memiliki kandungan vitamin C lebih banyak daripada jeruk. Buah ini dianggap mengandung karotenoid yang tinggi, sejenis antioksidan. Buah yang rasanya seperti cranberry yang lebih manis ini, mengandung lebih banyak zat besi, asam amino, calcium, magnesium, zinc, selenium, vitamin B1, B2, B6 dan E, menurut Dr. Perricone. Goji berry merangsang pelepasan hormon pertumbuhan manusia, yang dapat meningkatkan kemampuan untuk tidur, membuat tampak lebih muda, mengurangi lemak meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Buah goji berry ini bisa kamu makan sebagai camilan. Sedangkan untuk buah delima, kamu bisa meminumnya dengan dibuat dalam jus.

Meminum teh hijau secara rutin

Kata Amy Yee, Ph.D., seorang profesor biokimia di Universitas Tufts dan peneliti utama studi kanker, mengatakan “Teh hijau adalah senyawa yang luar biasa dalam hal memblokir jaringan sinyal yang terkait dengan perkembangan kanker. ” Teh hijau sendiri terbukti dapat mengurangi risiko kanker payudara. Selain itu sekarang telah diuji untuk membantu mencegah kambuhnya kanker kandung kemih, kolorektal, dan paru-paru. Penelitian lainnya menyebutkan bahwa teh hijau juga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum setidaknya satu cangkir sehari dapat membantu menjaga otak tetap tajam seiring bertambahnya usia. Kamu bisa minum 2 hingga 3 cangkir the hijau setiap hari untuk memberikan manfaat kesehatan terbaik.

Menjaga kesehatan kulit

Jennifer Landa, M.D., Kepala Petugas Medis BodyLogicMD mengatakan, “Makan banyak buah dan sayuran organik berwarna cerah juga meningkatkan kadar vitamin A, C, D, dan E. Vitamin yang kuat ini bekerja seperti tabir surya alami untuk tubuh, membantu dalam pencegahan penuaan kulit dan kanker kulit.”

David Colbert, MD, pendiri the Grup Dermatologi New York di Kota New York, mengatakan retinol, sejenis vitamin A (dan non-resep, kerabat Retin-A yang lebih lemah kekuatannya), dianggap sebagai perawatan over-the-counter paling efektif untuk menghaluskan kulit dan mencegah keriput. Retinol menyebabkan kulit mengelupas dengan lembut, memperlihatkan lapisan yang lebih halus, cerah, dan lebih kenyal.

Jadi coba gunakan produk kecantikan yang mengandung retinol. Kamu juga bisa mengoleskan serum vitamin c di bawah pelembab yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan merangsang pertumbuhan kolagen. Terakhir, pastikan untuk menggunakan sunblock untuk melindungi dari paparan UVA dan UVB, yang menyebabkan penuaan dan kanker kulit.

Tidur yang rutin

Mengurangi ketegangan dan tekanan dengan beristirahat yang cukup. Istirahat itu salah satunya dengan tidur. Buatlah rutinitas tidur yang teratur setiap harinya. Pastikan anda bisa tertidur dan bangun di jam yang sama. Mulai dari usia 25 tahun, usahakan minimal dapat tidur 7 hingga 9 jam sehari. Dengan tidur teratur akan membantu pelepasan hormon pertumbuhan manusia ( HGH) yang merupakan kunci awet muda. Selain itu, tidur yang cukup dapat menumbuhkan kulit baru 30 kali lebih banyak daripada saat kita terjaga. Tidur cukup meningkat elastisitas kulit dan membuat kulit lebih banyak bersinar. Selain itu tidur juga terbukti dapat menjaga keremajaan otak dan meningkatkan daya ingat.

Meminum anggur merah dalam jumlah terbatas

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukan bahwa resveratrol, zat yang ditemukan di kulit anggur dapat memberikan umur rata-rata yang lebih lama daripada tikus yang tidak diberi resveratrol. Menurut peneliti utama studi tersebut Rafael de Cabo, Ph.D., dari National Institute on Aging, menjelaskan bahwa resveratrol jelas mengurangi risiko diabetes dan masalah hati pada tikus, yang menyebabkan penurunan signifikan pada kematian terkait obesitas.

Sebuah penelitian pada hewan dari Johns Hopkins University menunjukkan bahwa anggur merah dapat mengurangi kerusakan otak akibat stroke sebanyak 40 persen. Dan penelitian yang dirilis tahun 2018 menunjukkan bahwa prosianidin biji anggur, yang ditemukan dalam anggur merah, membantu mengurangi penyumbatan arteri, sehingga menurunkan kadar kolesterol darah dan mengurangi kematian akibat penyakit jantung. Walaupun begitu, kamu bisa meminumnya maksimal 1 gelas sehari.

Merasakan cinta dari orang yang disayangi

Orang yang merasakan jatuh cinta akan membuat hidupnya jauh lebih bersemangat. Cinta bisa membuat bersemangat untuk melompat dari tempat tidur di pagi hari untuk melakukan aktivitas yang menyenangkankan. Gail Sheehy dalam bukunya, Sex and the Seasoned Woman, mengungkapkan “Cinta adalah motivasi utama dari semua aktivitas manusia.”

Pelukan hangat dari orang yang dicintai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kepercayaan diri dan juga kesehatan jantung. Mehmet Oz, MD, profesor bedah dan wakil ketua layanan kardiovaskular di New York-Presbyterian / Columbia University, mengungkapan “Sentuhan penuh kasih melepaskan hormon, termasuk oksitosin, yang mengurangi stres dan kecemasan,”

Maka cobalah untuk jatuh cinta kembali. Kamu bisa menemukan segala cara untuk membangkitkan gairah cinta dengan pasanganmu kembali. Atau kamu juga bisa menemukan cinta yang baru melalui berbagai aktivitas baru, seperti melukis, bergabung ke klub musik kesayangan, dll. Lakukan apapun yang bisa meningkatkan semangat hidupmu dan membuatmu terus bahagia.