Tanaman Hias Indoor

10 Tanaman Hias Indoor yang Cantik dan Mudah Dirawat

Ingin ruangan tampak segar? Tanaman hias menjadi pilihan elemen dekorasi yang tepat untuk menyegarkan ruangan. Ia memiliki ukuran, warna dan bentuk beragam yang mampu memercikkan nuansa yang berbeda-beda.

Tanaman Hias Indoor

Namun perlu diingat, tidak semua tanaman hias bisa tumbuh dengan baik dalam ruangan lho. Untuk itu sebaiknya kenali jenis-jenis yang bisa dihidup di dalam ruangan. Nah, berikut ini beberapa pilihan tanaman hias indoor yang cantik dan mudah perawatannya!

Sirih Gading

Memperbanyak Sirih Gading JUMBO / ( EPIPREMNUM AUREUM) - YouTube

Sirih gading menjadi salah satu pilihan indoor yang paling diminati. Tak hanya cantik, ia tak membutuhkan banyak sinar matahari dan sangat mudah dirawat. Tak harus disiram setiap hari, sirih gading mampu bertahan dalam kekeringan.

Selain cantik dan mudah dirawat, sirih gading sangat efektif membersihkan racun lho. Sirih gading mampu menyerap gas karbon monoksida dan formaldehid yang terdapat dalam udara sehingga udara menjadi bersih kembali.

Adapun media tanam yang dibutuhkan untuk sirih gading hanyalah tanah gembur yang dicampur sedikit pupuk kandang. Sirih gading juga bisa tumbuh di media tanam air.

Sirih gading cocok ditanam di pot biasa dan semakin tampak cantik jika diletakkan dalam pot gantung karena batangnya yang langsing dan penuh daun. Sirih gading juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi vertical garden.

Setidaknya ada beberapa jenis sirih gading yang bisa dikenali dari percikan warna di daunnya. Sirih gading emas memiliki helai daun berbentuk hati dengan percikan warna kuning keemasan.

Lalu ada sirih gading marble queen dengan kombinasi warna daun hijau dan putih. Sedangkan jenis sirih gading neon mempunyai daun berbentuk hati dengan warna hijau limau yang cerah. Adapula sirih gading jessenia dengan warna daun cenderung berbintik kuning seperti marmer.

Aglonema

Nursery Aglaonema Jakarta - YouTube

Suka dengan kegiatan menyiram? Kalau begitu pilihlah aglonema yang tahan air. Untuk indoor, ini akan menyemarakkan suasana dengan daunnya yang lebar dan spektrum warnanya yang menarik, yakni merah jambu, hijau, putih dan merah.

Aglonema dikenal mudah beradaptasi dengan lingkungan dan mudah tumbuh. Ia terbilang cukup bandel karena tak membutuhkan banyak cahaya matahari. Meskipun begitu, sebaiknya letakkan di dekat jendela supaya warna hijau daunnya tampak terang dan segar.

Lidah Buaya

Ciri khusus dan manfaat Tumbuhan Lidah Buaya - YouTube

Lidah buaya benar-benar memiliki karakter tanaman hias indoor. Lebih bagus hidup dalam ruangan dan tidak terpapar banyak cahaya matahari. Bila ditanam dalam pot, lidah buaya hanya membutuhkan tanah yang cukup kering dan berpasir.

Bagi mereka yang sibuk, ini menjadi pilihan yang tepat karena hanya perlu disiram setiap seminggu atau dua minggu sekali. Lidah buaya yang berukuran kecil cocok ditempatkan di atas meja ataupun di dekat tempat tidur.

Tak hanya cantik dan mudah dirawat, lidah buaya memiliki sederet manfaat kesehatan. Kandungan-kandungan dalam lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka, melembabkan kulit, mengatasi jerawat hingga menjaga kesehatan rambut.

Janda Bolong

JANDA BOLONG MENGUNING.!? KETAHUI 6 PENYEBAB DAUN JANDA BOLONG MENGUNING,  ATASI SEGERA !!! - YouTube

Yang satu ini sedang menjadi primadona sehingga harganya meroket. Janda bolong memang memiliki pesona yang unik dibanding tanaman hias lainnya. Selain daun yang cantik berkat adanya lubang-lubang, varietas baru dari janda bolong juga menawarkan warna menarik yaitu warna hijau dan putih dalam satu daun.

Tak hanya bisa dihidup di luar ruangan, janda bolong sesungguhnya dapat hidup dan berkembang di ruangan yang redup. Ia lebih senang hidup di area kering sehingga hanya perlu disiram sekali seminggu. Perawatannya mudah sekali, ‘kan?

Monstera

Monstera Storytime | Dealing with Thrips & Different Methods I Tried -  YouTube

Monstera ini disukai karena bentuk daunnya yang lebar, menjari dan berlubang. Kesan wild terpancar kuat dari karakter bentuk daunnya. Jika ditanam di alam liar, monstera bisa tumbuh hingga 20 meter dan lebar daunnya bisa mencapai satu meter.

Berasal dari hutan Meksiko, monstera cocok diletakkan di dalam ruangan yang masih mendapatkan cahaya matahari. Monstera ini suka tanah yang lembab. Walaupun begitu, jangan terlalu sering menyiramnya karena batang monstera bisa busuk jika media tanamnya terlampau basah.

Sanseviera

How to Make Snake Plant (Sansevieria) Home Decor for Living Room or Kitchen  Center Table - YouTube

Di Indonesia, lebih dikenal dengan sebutan lidah mertua. Sanseviera yang tumbuh secara vertikal layaknya jilatan api ini sangat cocok menghias sudut yang sempit. Karena berasal dari padang pasir, sanseviera tak membutuhkan perawatan khusus. Iapun bisa hidup dalam ruangan yang kurang cahaya dan bisa bertahan hidup tanpa air.

Tak sekedar mempercantik sudut ruangan, sanseviera termasuk tanaman pembersih udara. Sifatnya lebih kuat terhadap polutan udara. Polutan yang diserap tidak mengganggu pertumbuhannya, justru udara di sekitarnya menjadi lebih segar dan sehat.

Kaktus

Kaktus opuntia microdasys / telinga kelinci, tips dan cara perawatan -  YouTube

Jika ingin menghadirkan nuansa taman ala Meksiko atau tema gurun di dalam rumah, maka kaktus menjadi pilihan dekorasi yang tepat. Hanya saja perlu diingat, letakkan kaktus di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak. Sebab kaktus umumnya mempunyai duri-duri yang cukup tajam.

Berasal dari kawasan gurun, kaktus dalam ruangan memerlukan cahaya yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik. Untuk itu sebaiknya letakkan kaktus di dekat jendela. Mengenai perawatannya, kaktus ini terbilang bandel karena tak membutuhkan perawatan khusus dan juga tak perlu sering-sering disiram. Menyiraman yang berlebihan bisa menyebabkan akarnya membusuk.

Peace Lily

PEACE LILY (SPATHIPHYLLUM) CARE & GROWING TIPS / JOY US GARDEN - YouTube

Peace lily bisa menjadi pilihan tanaman yang elegan bagi mereka yang menyukai yang berbunga. Peace lily memiliki daun-daun yang lebat dan bunga berwarna putih yang berbentuk sendok. Ruangan pasti akan terasa segar dan hidup berkat warna daun dan bunganya yang kontras.

Keberadan peace lily disebut-sebut bisa meningkatkan mood di rumah. Selain karena kecantikannya, ternyata bisa menyerap zat kimia berbahaya di udara termasuk trichloroetylene, benzena dan formaldehida.

Perawatan peace lily pun terbilang sangat mudah. Tanaman ini tak perlu sering-sering disiram dan tak boleh terlalu banyak terpapar sinar matahari. Meletakkannya di dalam ruangan menjadi pilihan yang sangat tepat.

Anggrek

Anggrek Vanda Tricolor dari Desa Wanagiri - YouTube

Tak banyak orang yang tahu bahwa anggrek juga bisa ditanam di dalam rumah. Hanya saja anggrek perlu ditempatkan di dekat jendela agar tetap mendapatkan sinar matahari alami. Tetapi hindarkan anggrek dari sengatan sinar matahari yang terlalu panas atau berlebihan.

Perlu diketahui pula, media tanam untuk anggrek berbeda dengan media tanam untuk tanaman hias pada umumnya. Akar anggrek yang membutuhkan lebih banyak udara dan juga penyangga untuk akarnya membutuhkan media tanam yang unik seperti kulit kayu, sabut kelapa, arang ataupun pakis.

Jagalah anggrek agar tetap lembab tapi jangan menyiramnya berlebihan. Sebaiknya lakukan penyiraman di pagi hari atau di sore hari. Jika ingin memberikan pupuk, pakailah pupuk khusus untuk bunga anggrek. Selebihnya, anggrek di dalam rumah tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan.

Chinese money

Unboxing Tanaman Indoor Eksotis Pilea Peperomioides / Chinese Money Plant  Si Imut yang Keren Abis - YouTube

Chinese money memiliki bentuk daun yang nyaris bulat pipih dengan batang-batang yang menjulur panjang. Bentuknya yang unik menjadikannya sangat cocok diletakkan di atas meja ataupun digantung.

Chinese money dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan karena ini tidak menyukai paparan sinar matahari secara langsung. Untuk penyiraman, cukup lakukan penyiraman sekali dalam seminggu. Selain kemudahan perawatan, tanaman hias yang satu ini juga gampang diperbanyak dengan cara sambung pucuk.

Nah, sederet tanaman hias indoor yang cantik dan mudah dirawat ini bisa menjadi referensi untuk memilih tanaman yang hendak diletakkan di dalam rumah.

Meletakkan di dalam rumah sama sekali tak ada ruginya lho. Justru memelihara di dalam rumah memiliki pengaruh positif bagi mood dan kesehatan penghuni rumah.

Bahkan dianjurkan untuk meletakkan satu pot tanaman hias dalam setiap 9 meter persegi ruangan agar manfaatnya bisa dirasakan!

Selamat Datang di Indonesi.com

Situs yang akan membuat Anda menjadi lebih baik, dengan artikel dan tips terpilih.

Visi kami adalah menjadikan inspirasi untuk sejuta orang Indonesia.

Redaksi Indonesi.com
Cipinang Indah. Jakarta Timur.

Related

Sepeda Anak

Kegiatan bersepeda bisa membuat anak-anak aktif bergerak dan meningkatkan kemampuan motoriknya. Selain itu, bersepeda…

  • Hobi
  • 3
Read more
Wanita Jepang

Pernahkah kamu berpikir kenapa usia wanita Jepang sulit sekali ditebak? Mereka yang terlihat masih muda, ternyata…

Read more
Tips Make Up Natural Look

Memang tidak ada habisnya jika kita membahas tentang make up natural yang dari tahun ke tahun terus berkembang seiring…

Read more

Internet is huge! Help us find great content

About

Bacaan Yang Membuat Anda Lebih Baik