Martunis: Seperti ini perlakuan Cristiano Ronaldo kepada anak angkatnya…

Video ini cukup menarik bagi Anda yang fans Cristiano Ronaldo. Di dalamnya, Merry Riana mewawancarai Martunis yang merupakan anak angkat pemain bola terkenal tersebut.

Bagi yang tidak tahu, Martunis adalah seorang anak mungil yang secara kebetulan selamat di tengah bencana tsunami Aceh bertahun – tahun lalu. Karena keberuntungannya itu, ia akhirnya diangkat anak oleh Cristiano Ronaldo.

Pada wawancara ini, Merry bertanya bagaimana rasanya menjadi anak Cristiano Ronaldo. Jawaban Martunis cukup menarik. Ia jawab malu – malu dan mencoba jelaskan bahwa Ronaldo tidak pernah lupa akan dirinya walaupun sudah lama tidak ke Indonesia.

Dia menceritakan salah satu pengalaman pada tahun 2013. Waktu itu Ronaldo akan berkunjung ke Bali. Menyambut kedatangan atlet terkenal, pihak Tomi Winata bertemu dengan atlet besar ini. Saat bertemu Ronaldo ternyata secara khusus ingin anak angkatnya hadir.

Jadi Martunis waktu itu langsung didatangkan dari rumahnya ke Bali untuk bertemu Ronaldo. Waktu itu ia sempat kaget dan tidak menyangka benar – benar dianggap kerabat dekat oleh pemain bola terkenal ini.

Ia juga bercerita tentang pengalamannya diundang ke luar negeri. Pada waktu itu tahun 2016, Martunis diundang ke Portugal untuk bertemu kembali dengan sang pemain bola. Waktu di luar negeri, Martunis mengenakan baju bola dan fotonya sudah banyak dipublikasikan waktu itu.

Merry akhirnya juga melanjutkan wawancara dengan bertanya apa pelajaran yang diberikan Ronaldo kepada Martunis sebagai anak angkatnya. Martunis menjawab bahwa pelajaran yang ia pegang sampai sekarang adalah fokus pada satu hal dan berusaha mencapainya sebaik mungkin.

Orang yang tidak punya tujuan biasanya mudah kandas. Tapi orang yang berprestasi pasti punya tujuan jelas. Hal ini tentu menjadi pelajaran yang baik bagi pemirsa sekalian.

Bahasan wawancara ini hanya sedikit dari banyak hal yang disampaikan. Jika ingin mengetahui secara lengkap wawancara-nya, pastikan tonton video-nya lewat link ini. Seri The Merry Show yang satu ini sudah mendapatkan 8 juta views dan dipandang fans cukup baik.

Jika ingin konten wawancara seperti ini, pastikan ikuti channel Merry Riana dan acaranya The Merry Show yang update setiap minggunya!


20 Tips Bisnis Properti dengan Modal Terbatas saat Pandemi

Properti seringkali dianggap sebagai salah satu instrumen investasi yang cukup menjanjikan selama pandemi corona seperti ini. Hanya saja sebaiknya kamu harus lebih berhati-hati dan jeli ketika ingin berbisnis tanah atau rumah untuk memastikan jaminan keamanan dananya agar tidak terbuang sia-sia.

Itulah sebabnya meski usaha ini terdengar sangat menjanjikan, namun sebaiknya jangan terlalu terburu-buru dalam melakukannya. Karena meski terdengar sangat menguntungkan, namun tetap saja ada beberapa poin penting didalamnya yang tidak boleh diabaikan begitu saja bagi pelaku bisnis baru.

Bisnis tanah/ rumah itu tidak hanya sebatas hanya menjual tanah, rumah, dan membangun saja. Namun ternyata ada banyak tips properti yang bisa dilakukan tanpa harus menyiapkan modal besar. Penasaran seperti apa tipsnya? Di bawah ini adalah 20 tips properti kecil-kecilan untuk pemula, antara lain:

Mulai Berbisnis dengan yang Dimiliki Sendiri

Setiap orang tentunya ingin mendapat bantuan dari pemodal besar untuk memulai bisnis propertinya dalam skala tinggi. Misalnya membangun apartemen, perumahan, dll. Namun bila kondisinya tidak memungkinkan, solusinya adalah mulai dari properti milik sendiri. Misalnya menyewakan garasi, membuat kost di rumah pribadi, dll.

tips bisnis property

Bantu Menjual atau Menyewakan Rumah Orang Lain

Cara berbisnis lainnya di tengah modal sedang terbatas sebaiknya cobalah untuk membantu menjual atau menyewakan rumah milik orang lain. Artinya kamu bisa memulainya menjadi seorang makelar dulu. Keuntungannya bisa didapatkan dari margin yang ditetapkan di setiap rumah.

Mencoba Melakukan Investasi Properti

Kamu juga bisa memulainya secara kolektif dengan berinvestasi rumah dari berbagai platform. Sistem yang digunakan hampir sama seperti saham konvensional. Jadi kamu dapat membeli saham sekian persen sesuai budget. Keuntungannya bisa didapatkan dengan menjual atau menyewakan rumah kepada orang lain.

Menawarkan Jasa Manajemen Indekos

Menawarkan jasa manajemen rumah kos adalah salah satu bisnis properti tanpa modal. Karena tidak semua pemilik kos tahu caranya mengatur dan menjaga bisnisnya dengan baik. Sehingga dengan menawarkan diri menjadi manajernya akan memberikan kamu income ketika berhasil memenuhi kebutuhan pemilik kos.

Cek Tren Properti yang Berkembang

Tips lainnya dalam berbisnis properti adalah melihat trend yang berkembang sekarang ini sebelum menjadi makelar atau membeli rumah/ tanah. Perhatikan jenis properti seperti apa yang paling populer saat ini. Yang pasti tren itu sering berubah, jadi kamu harus mengikuti perkembangan zaman.

Lakukan Pengecekan Perubahan Harga

Harga tanah/ rumah itu umumnya selalu mengalami peningkatan setiap waktu. Jadi lakukan pengecekan terhadap perubahan harganya setiap waktu. Untuk itu tidak ada salahnya bila kamu rajin mengunjungi situs properti serta beritanya tentang berapa harga jual saat ini.

Perhatikan Lokasi dan Aksesnya

Saat ingin membeli tanah/ rumah untuk memenuhi kebutuhan bisnis, jangan lupa mengecek lokasi dan akses propertinya dulu. Karena akses dan lokasi yang mudah dijangkau itu efektif dijadikan sebagai ladang bisnis kedepannya. Dengan begitu, kamu lebih mudah menjualnya kembali.

Sisihkan Keuntungan Setiap Mendapat Komisi

Setiap kali mendapatkan keuntungan komisi dari penjualan properti, sebaiknya sisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung. Dengan begitu kamu bisa memperbesar usaha properti nanti. Selain itu, sisihkan sebagiannya untuk bersedekah karena itu akan memudahkan kamu untuk mendapat rezeki dari Tuhan.

Belajar Hukum yang Berlaku

Dalam memulai bisnis properti itu harus memahami hukumnya dulu. Kamu harus memahami seperti apa hukum surat tanah dan serba-serbinya supaya terhindar dari masalah yang berkaitan dengan hal tersebut. Untuk belajar hukum mudah! Kamu bisa membacanya dari situs terpercaya di internet.

Belajar Melakukan Analisis

Melakukan analisis saat berbisnis properti itu penting bagi seorang flipper atau developer. Yaitu orang yang membayar properti setelah berhasil terjual. Itulah sebabnya melakukan analisis penting dengan rajin membaca berita. Dengan begitu kamu bisa tahu langkah apa untuk berbisnis properti.

Memanfaatkan Perkembangan Teknologi Internet

Perkembangan dunia internet yang pesat membuat semuanya lebih mudah, khususnya ketika berbisnis properti. Maka dari itu manfaatkan teknologi internet untuk mendapatkan informasi tentang objek properti yang akan dijual. Selanjutkan pasarkan lewat internet di berbagai media online untuk menarik pelanggan.

Perhatikan Orang-Orang di Sekitar Kamu

Untuk memulai bisnis properti dengan modal terbatas itu bisa dimulai dengan peka terhadap orang di sekitar kamu. Kamu harus lebih rajin dan fokus dalam mencari properti yang dapat diperjualbelikan agar bisnis berjalan lancar. Cara ini efektif memberikan kamu kemudahan untuk bereksplorasi.

Utamakan Kejujuran dalam Segala Situasi

Menjunjung kejujuran merupakan salah satu hal penting dalam segala kondisi, termasuk ketika menjalankan bisnis properti. Terlebih bila kamu menjadi perantara, maka jujur itu penting kepada penjual dan pembelinya (penyewa). Karena kebohongan yang dibuat meski hanya sekali bisa menimbulkan citra buruk terhadap kamu sendiri.

Jalin Relasi yang Baik dengan Penjual

Cobalah untuk menjalin kerja sama yang baik dengan penjual supaya lebih mudah melakukan negosiasi komisinya. Jadi cobalah berterus terang tentang komisinya saat berhasil melakukan penjualan. Untuk nilainya sendiri kamu bisa bernegosiasi dengan mereka secara langsung selama proses transaksi terjadi.

Buat Investor Merasa Yakin

Bila ingin melakukan pembelian properti untuk investasi namun tidak ada dana, maka buat investor merasa yakin dengan penawaran kamu. Karena saat investor berhasil melakukan pembelian, Kamu harus membantu mereka mencari pembeli lain dengan harga yang lebih tinggi untuk meningkatkan kepercayaan investor.

Cari Informasi Lewat Koran

Tidak hanya melalui media internet, kamu juga bisa mencari informasi properti lewat koran. Hanya dengan modal 2 sampai dengan 3 ribuan itu cukup membantu kamu mendapatkan banyak informasi seputar properti yang paling laris saat ini. Bila kamu berhasil menghubungi penjualnya, maka segera pasarkan.

Ajak Kerja Sama pihak Developer

Cobalah menjalin kerja sama dengan developer dalam belajar bisnis properti. Sehingga kamu lebih mudah mendapatkan informasi tentang properti yang akan dijual. Dengan kerja sama itulah kamu bisa mendapat banyak informasi selengkapnya secara actual mengenai harga, lokasi, dan penawaran lainnya.

Cobalah Mark Up Harga yang Tepat

Meski berada di lokasi yang sama, harga property itu bisa berubah karena kondisi luas tanah, bangunan, fasilitas, dll. Jadi cermatlah dalam melakukan pemasaran. Caranya lakukan peninjauan dulu sebelum menetapkan harga jualnya supaya tetap masuk akal. Dengan begitu proses penjualannya menjadi lebih mudah.

Jadilah Perantara yang Baik

Salah satu poin penting ketika berbisnis property adalah jadilah perantara yang baik dan ramah. Saat calon pembeli tidak jadi membeli, maka jangan bingung. Tidak perlu memaksa mereka karena hal tersebut membuatnya terganggu. Maka dari itu cukup cari pembeli lainnya karena rezeki tidak kemana.

Buat Website Bisnis dan Aktif Mengupdatenya

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, maka salah satu tips properti paling hemat adalah buat website dan aktif dalam mengikuti kegiatannya. Peran website itu vital sekali untuk meningkatkan kepercayaan terhadap klien. Sehingga kamu lebih mudah menjalankan bisnis ini.