Penemuan Warga Bernilai Miliaran Rupiah Diincar Asing! Misteri Artefak Kuno Indonesia yang Mendunia

.

Kekayaan Nusantara bisa kita lihat dari peninggalan sejarah masa lalu. Dari candi, prasasti, dan penemuan bukti sejarah lainnya. Menjelaskan bagaimana kerajaan-kerajaan besar seperti Sriwijaya, Majapahit begitu tersohor sampai ke mancanegara.

Mengenal sejarah bangsa Indonesia jadi lebih mudah dengan adanya bukti tersebut. Hingga saat ini eksplorasi dan penelitian masih terus dilakukan oleh berbagai instansi. Salah satunya kelompok Riset Cekungan, Bandung.

Warisan Dunia yang Ada di Indonesia

Perusahaan riset dan arkeolog luar negeri juga tertarik mengeksplorasi peninggalan-peninggalan yang ada di Indonesia. Salah satu perusahaan besar yang melakukan perburuan harta karun di Indonesia adalah Cosmic Underwater Resort, Ltd.

Di bawah ini adalah beberapa penemuan warisan dunia yang terdapat di Negara Indonesia.

  1. Penemuan harta karun bawah laut tahun 2004-2005. Berupa porselein, mutiara, dan lainnya bernilai hingga 720 miliar Rupiah. Merupakan barang bawaan kapal dagang abad ke-10 yang tenggelam di perairan Indonesia.
  2. Sistem Subak. Sistem irigasi masyarakat Bali yang membagi debit air secara adil tanpa campur tangan pemerintah. Ekosistemnya berjalan sendiri. Terintegrasi dengan filosofi Tri Hita Karana.
  3. Kotak batu berisi lempengan emas di Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali. Lempengan emas asli 18 karat berisi prasasti yang ditulis dalam huruf Jawa Kuno berisi nama 8 dewa mata angin.
  4. Harta karun berupa emas dan perhiasan prasejarah di kawasan bekas Karhutla Sumatera Selatan tahun 2005. Hasil penelitian menjelaskan temuan tersebut adalah peninggalan kerajaan Sriwijaya Abad ke 9-14.
  5. Piramida Gunung Lalakon, Jawa Barat. Tahun 2012 ditemukan menhir dan batu yang diduga Archa Ganesha. Pada tahun 2017 ditemukan kembali patung kepala naga di puncak gunung tersebut.
  6. Koin emas tahun 1200-1600. Ditemukan di rawa-rawa bekas Tsunami Aceh, yang diyakini merupakan tanah bekas makam Raja-raja kerajaan Islam pertama pada masa dinasti Mahkota Alam.
  7. Temuan gerabah terbesar di dasar perairan Nusantara. Merupakan barang berharga milik kapal Tek Sing yang karam pada 6 Februari tahun 1822. Terdapat 360.000 porselen asal Tiongkok dari era Dinasti Ming.
  8. Temuan Wonoboyo. Merupakan temuan arkeologi paling penting di Indonesia. Berisi perhiasan, perabot rumah tangga dan koin sebagai mata uang. Terdiri dari 14,9kg emas dan 2kg perak.

Penemuan yang didominasi dengan benda peninggalan kerajaan menunjukkan betapa masyarakat Indonesia zaman kuno memiliki kreatifitas seni tinggi. Sistem penukaran menggunakan koin emas kuno juga menunjukkan tingkat kecerdasan tinggi.

Anda dapat menyaksikan video tersebut melalui  https://www.youtube.com/watch?v=AcVPOPjHiLM . Video di channel Youtube Daftar Populer tersebut diterbitkan pada 8 september 2021 mencapai 1.135.291 views.

Kekayaan Nusantara bisa kita lihat dari peninggalan sejarah masa lalu. Dari candi, prasasti, dan penemuan bukti sejarah lainnya.

Tidak Banyak Tahu! 6 Fakta Ini Dibalik Indahnya Taman Nasional Lorentz

.

Pernah mendengar nama Taman Nasional Lorentz? Taman nasional ini memang belum sepopuler taman nasional lainnya. Sebab, lokasinya yang jauh di timur sana. Meskipun demikian, banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan di sana.

Inilah 6 info menarik tentang Taman Nasional Lorentz:

1. Taman Nasional Terbesar Se-Asia Tenggara

Lokasinya di Provinsi Papua, Indonesia. Dengan luas 2,4 juta Ha, kawasan ini menjadi taman nasional paling besar se-Asia Tenggara. Tak heran jika banyak wisatawan yang rela menabung demi untuk mengunjungi tempat ini.

2. Memiliki Banyak Hewan dan Tumbuhan Asli

Belum banyak wisatawan yang datang ke sini. Wilayahnya masih belum terpetakan dan jarang dijelajahi. Oleh karena itu, masih terdapat banyak hewan dan tumbuhan asli. Bahkan, beberapa di antaranya hanya ada di Indonesia.

3. Memiliki Ekosistem Terlengkap

Berapa banyak ekosistem yang ada di dunia ini? Ribuan! Dan, Taman Nasional Lorentz menjadi perwakilan sebagai taman nasional dengan keanekaragaman hayati terlengkap se-Asia Pasifik. Lagi-lagi, ini milik Indonesia. Bagaimana kita tidak bangga?

4. Keadaan Alamnya Sangat Unik

Papua memang terkenal dengan keadaan alam yang sangat menakjubkan. Daya tarik Taman Nasional Lorentz pun bertambah dengan adanya gletser di Puncak Jaya. Juga, sungai-sungai yang masuk ke dalam tanah sedalam beberapa kilometer, di daerah Lembah Baliem.

5. Kebudayaan Tua

Selain kekayaan alamnya yang menakjubkan, Taman Nasional Lorentz juga memiliki keanekaragaman budaya yang memukau. Kebudayaan ini udah berusia 30.000 tahun. Tempat ini juga merupakan kediaman beberapa suku asli, seperti Nduga, Dani Barat, Asmat, Amungme, dan Sempan. Ya, mereka masih tetap tinggal di belantara hutan.

6. Tempat Berpetualang yang Asyik

Untuk menuju Taman Nasional Lorentz, kamu harus terbang ke Timika. Setelah itu dilanjutkan menggunakan penerbangan perintis ke arah utara. Kalau ingin ke arah selatan, dilanjutkan menggunakan kapal ke pelabuhan Sawa Erma. Lalu, perjalanan dilanjutkan dengan melalui jalan setapak.

6 info menarik tentang Taman Nasional Lorentz ini pasti semakin membuatmu ingin segera terbang ke Papua. Betul, kan?