Mengenal Wattpad adalah dan Genrenya

Mengenal Wattpad dan Jenis Genrenya

Wattpad, apa itu? Aplikasi menulis dan berbagi cerita gratis secara daring ini mungkin tidak banyak dikenal oleh sebagian orang. Namun, Wattpad cukup terkenal di kalangan anak muda, khususnya penikmat cerita fiksi buatan fans atau fanfiction dari berbagai komunitas fans, terutama fans k-pop.

Mengenal Wattpad adalah dan Genrenya

Wattpad pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen. Aplikasi dengan logo huruf W berwarna oranye ini memudahkan penggunanya untuk mengakses novel, cerpen, atau sajak dalam berbagai bahasa dalam satu aplikasi.

Sudah banyak karya yang berhasil diterbitkan dari aplikasi ini. Novel-novel fiksi adaptasi Wattpad dapat mudah kita temukan online – melalui aplikasi jual beli seperti Shopee atau Tokopedia, dan offline – di toko buku terdekat.

Dikenal sebagai aplikasi yang menampung banyak cerita buatan fans, ternyata jenis genre cerita yang ada di dalam Wattpad tidak melulu terpaku pada fanfiction saja, loh! Ada banyak cerita dengan berbagai genre yang dapat dinikmati secara gratis, kapanpun dan dimanapun.

Apa saja genre cerita yang dapat kita temui di Wattpad ? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Jenis-Jenis Genre Cerita Wattpad

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata ‘genre’ memiliki arti sebagai jenis, tipe, atau kelompok sastra atas dasar bentuknya; ragam sastra. Genre termasuk dalam kata serapan yang merujuk pada ragam kaidah sastra, yang kemudian digunakan sebagai ciri khas untuk membedakan satu karya dengan karya yang lain.

Sama seperti karya sastra lainnya, cerita-cerita dalam aplikasi Wattpad memiliki genre yang serupa dengan karya sastra konvensional lainnya. Antara lain:

Berdasarkan Kenyataan Cerita

Fiksi

Genre yang satu ini sering kita dapati di novel-novel dalam negeri maupun luar negeri. Fiksi merupakan jenis genre yang jalan ceritanya mengandalkan imajinasi dari para pembaca. Dalam cerita fiksi, nama tokoh, setting tempat dan nama-nama yang digunakan sebagian besar merupakan rekaan dari penulis dan tidak terhubung dengan dunia nyata. Cerita fiksi menawarkan berbagai pengalaman imajinatif yang beragam dan dapat memuaskan daya imajinasi pembacanya.

Non-Fiksi

Kebalikan dari genre fiksi, non-fiksi merupakan genre yang nama, setting dan plot tulisan berdasarkan pada kejadian yang benar-benar terjadi di dunia nyata. Non-fiksi tidak membutuhkan imajinasi dari pembacanya, karena tujuan dari genre ini adalah untuk memberi informasi tertentu kepada pembacanya.

Jenis genre ini biasanya memuat narasi kepenulisan catatan bersejarah, tips dan trik, kepenulisan ilmiah atau artikel.

Berdasarkan Target Pembacanya

Tidak semua tulisan di Wattpad dapat dinikmati dan dapat dimengerti oleh semua kalangan. Mengerti dan dapat menentukan pangsa pasar atau pangsa pembaca yang kita inginkan adalah hal penting, jika ingin mendapat engagement yang besar atau apabila ada wacana untuk menerbitkan cerita yang kita tulis.

Jenis cerita berdasarkan target pemasarannya antara lain:

Teenlit

Genre atau jenis cerita yang satu ini pernah booming di tahun 2000-an seiring makin tinggi peminat karya sastra dalam bentuk novel yang mengusung cerita cinta remaja. Sesuai namanya, teenlit menyasar remaja sebagai pangsa pasar atau pangsa pembacanya.

Teenlit merupakan singkatan dari teen literature, dengan ciri pemakaian gaya bahasa yang menggunakan bahasa gaul atau bahasa kekinian yang sering digunakan oleh remaja kebanyakan dengan membawa kisah-kisah remaja pada umumnya, seperti proses mencari jati diri hingga ragam bentuk kisah jatuh cinta.

Contoh dari cerita-cerita Teenlit antara lain seperti Dealova dan Eiffel I’m in Love yang telah diadaptasi ke layar bioskop Indonesia pada masanya.

Chicklit

Disadur dari KapanLagi.com, kata ‘chicklit’ merupakan singkatan dari kata chick yang dalam kosakata Amerika Serikat memiliki arrti sebagai perempuan muda, dan lit dari singkatan literature. Atau dapat disimpulkan, chicklit merupakan jenis karya sastra yang menjelaskan kehidupan wanita modern yang ringan dibaca.

Jenis genre ini sudah banyak digunakan sejak akhir tahun 1990-an dan berhasil menarik minat para pembaca. Cerita dengan endorsement genre chicklit tidak hanya bercerita tentang kehidupan wanita secara subjektif, namun juga bercerita mengenai cerita cinta, hubungan tokoh utama dengan keluarga maupun dengan rekan kerja.

Metropop

Cerita dengan genre ini lebih umum ditemukan di toko-toko buku konvensional Indonesia dibandingkan dengan genre chicklit. Disadur dari Gramedia, genre metropop wattpad hadir sebagai penengah antara teenlit yang diisi dengan cerita cinta remaja dan chicklit yang ‘lebih senior’.

Genre metropop menghadirkan cerita dengan konsep yang lebih realistis dibandingkan dengan dua genre sebelumnya. Setting atau latar tempat didominasi kehidupan perkotaan dengan segala tetek-bengeknya. Mengusung realistis, akhir dari cerita dengan genre metropop cenderung imbang, antara sad ending dengan happy ending.

Songlit

Genre ini mengubah lirik lagu dari musisi menjadi sebuah karya sastra, dimana lirik lagu tersebut menjadi judul cerita, sedangkan isi lagu menjadi keseluruhan jalan cerita dari karya sastra tersebut.

Novel Dewasa

Sesuai dengan namanya, genre ini mengusung cerita yang dikhususkan untuk mereka yang telah cukup usia. Plot atau jalan cerita seperti karya sastra lain, namun ditambah dengan adegan 21 tahun ke atas.

Berdasarkan Isi Cerita

Romance

Genre yang satu ini paling dicari dan disukai oleh pembaca karena dinamika dan jalan cerita yang mudah ditebak serta pengalaman membaca yang mengasyikkan. Jenis cerita romance menawarkan cerita kehidupan sehari-hari atau biasa disebut dengan slice of life, dengan menekankan pada cerita cinta dari tokohnya.

Hal yang menarik dari genre ini adalah pemilihan kata atau diksi tertentu yang dapat memperkuat perasaan dan memperjelas pesan yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

Humor

Sesuai dengan namanya, jenis cerita ini berfokus pada unsur komedi dan parodi. Cerita yang disuguhkan menekankan sisi jenaka baik dari tokoh atau dari suasana cerita dengan tujuan menghibur para pembacanya.

Cerita dengan genre humor biasanya menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti agar pembaca dengan mudah memahami suasana humor di dalamnya. Tidak jarang penulis menggunakan slang words atau bahasa gaul menyesuaikan pada penokohan, setting dan pangsa pasar pembacanya.

Fanfiction

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, genre yang satu ini sangat digemari oleh para pembaca, terutama mereka para penggemar dari seseorang atau sesuatu secara spesifik. Contohnya, penggemar Kpop, penggemar film atau penggemar karakter komik.

Fanfiction terdiri dari dua suku kata, yakni fan yang berarti penggemar dan fiction yang berarti fiksi. Disini, penggemar berlaku sebagai penulis dan pembaca dimana mereka mengolah karakter berdasarkan seseorang yang mereka suka ke dalam cerita fiksi.

Para penggemar mengolah karakter ini menjadi ‘lokal’ atau sesuai dengan kenyataan pada umumnya, seperti Johnny Suh dari boyband NCT yang berperan sebagai detektif berdarah Batak-Jawa di dalam karya fiksi penggemar sedangkan pekerjaan aslinya adalah anggota dari boygroup Korea Selatan, yaitu NCT.

Horror

Karya sastra bergenre horror pada umumnya mengangkat cerita dengan plot yang dibangun sedemikian rupa guna menciptakan rasa takut dan rasa ngeri pada pembacanya.

Cerita dengan genre horror tidak melulu tentang manusia yang dihantui oleh makhluk halus dengan rupa seram, namun juga dapat mengangkat cerita pembunuhan berantai yang membuat para pembaca merasa takut dan ngeri.

Untuk dapat disebut sebagai genre horror, sebuah cerita hendaknya dapat memberi perasaan ‘takut’, ‘teror’ dan ‘ngeri’ pada pembacanya.

Fantasi

Novel Harry Potter karangan J.K.Rowling merupakan contoh nyata dari cerita bergenre fantasi. Genre ini mengangkat cerita yang tentu tidak ada dan tidak akan terjadi di dunia nyata dan melawan akal sehat manusia.

Penulis seringkali membuat penokohan dengan kekuatan super tertentu, mengambil setting tempat pada planet atau sisi dunia lain yang tidak berhubungan dengan dunia asli manusia dengan kemungkinan besar hal apa saja mungkin terjadi di dalamnya.

Sama dengan fiksi, cerita bergenre fantasi mengajak pembacanya untuk berimajinasi melalui apa yang diceritakan.

Adventure atau Petualangan

Seperti namanya, cerita dengan genre ini menawarkan petualangan dari para tokohnya. Genre adventure berfokus pada alur cerita yang berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya, dimana dialog dan adegan yang ada menerangkan situasi dari yang dialami tokoh.

Pada umumnya, genre adventure bercerita mengenai misi atau hal tertentu yang harus dicapai oleh para tokoh.

Sci-Fi atau Fiksi Sains

Sci-fi atau science fiction pada umumnya menitik beratkan pada cerita dengan lingkungan berkonsep teknologi dan sains ilmiah. Latar tempatnya terkadang mengambil utopia atau dunia impian sebagai tempat tinggal para tokoh. Cerita ini memadu-padankan dunia manusia dengan kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Historical Fiction atau Fiksi Sejarah

Cerita historical fiction memadu-padankan fiksi dengan sejarah dari seseorang, tempat atau kejadian tertentu di dalamnya. Meski dikatakan fiksi, penulis tidak bisa sembarangan mengubah kenyataan pada sejarah yang ada demi kepentingan alur cerita yang ada. Sebelum membuat cerita dengan genre ini, penulis biasanya melakukan riset terlebih dahulu guna mendalami kejadian yang ada.

Misteri

Cerita bergenre misteri sering kali disalahartikan dan disamakan dengan genre horror, padahal keduanya memiliki unsur cerita yang berbeda dalam segi penyajian. Cerita ini membawa pembaca pada plot cerita dimana sang tokoh harus mencari kebenaran dengan banyak fakta yang ditutupi dan harus dibongkar satu-persatu.

Cerita bergenre misteri mengandalkan unsur twist atau sesuatu yang tidak terduga oleh pembaca dalam mempertahankan kesan misterinya.

Nah, ternyata genre pada Wattpad dengan karya sastra pada umumnya ternyata cukup sama ya? Para penulis pada aplikasi ini tidak kalah hebat dengan penulis-penulis konvensional lainnya, loh. Banyak dari mereka yang mendapat pencapaian besar berkat apa yang mereka tulis dan terbitkan.

Semoga penjelasan pada artikel ini dapat memberi pengetahuan dan informasi untuk para pembaca sekalian, ya!

Stay safe, stay healthy!

Selamat Datang di Indonesi.com

Situs yang akan membuat Anda menjadi lebih baik, dengan artikel dan tips terpilih.

Visi kami adalah menjadikan inspirasi untuk sejuta orang Indonesia.

Redaksi Indonesi.com
Cipinang Indah. Jakarta Timur.

Related

Film Kisah Penulis Terkenal

Dunia penulis memang sangat menarik untuk diulik. Terutama bagi kamu yang tertarik dengan profesi ini. Karena meski…

Read more
Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Dapat beasiswa kuliah luar negeri memang menjadi idaman banyak orang. Siswa SMA dan mahasiswa, tahun ini yang sangat…

Read more
Toxic Positivity adalah

Belakangan, topik toxic positivity marak diperbincangkan di dunia maya seiring meningkatnya isu mental health selama…

Read more

Internet is huge! Help us find great content

About

Bacaan Yang Membuat Anda Lebih Baik