Wanita Jepang

Kebiasaan Ini Bikin Wanita Jepang Punya Wajah Kinclong Awet Muda

Pernahkah kamu berpikir kenapa usia wanita Jepang sulit sekali ditebak? Mereka yang terlihat masih muda, ternyata telah berusia 40 tahun ke atas. Bahkan wanita yang berusia 20-an tahun masih terlihat seperti ABG.

Semua fakta ini pun cukup menarik perhatian masyarakat dunia hingga membuat banyak orang penasaran dan ingin tahu apa yang dilakukan oleh wanita Jepang untuk tetap bisa memiliki wajah kinclong, bahkan ketika usia sudah tidak muda lagi.

Wanita Jepang

Apakah kamu juga penasaran? Yuk, ungkap satu per satu.

Menggunakan Gentle Cleanser Saat Membersihkan Wajah

Semakin lembut sebuah produk, itu lebih baik. Wanita Jepang lebih suka menghindari produk keras yang mengandung bahan kimia. Alih-alih, mereka menggunakan produk rendah alkohol dan lebih banyak memakai produk alami. Dengan memakai produk lebih lembut, kulit pun akan tetap terhidrasi dan bukannya malah mengikis minyak alami kulit.

Hal pertama yang dilakukan oleh wanita Jepang untuk membersihkan wajah adalah dengan mencuci tangan dengan sabun untuk menghindari transfer kuman dan bakteri pada wajah.

Sambil menggunakan produk gentle cleanser, melakukan pijatan lembut pada wajah dan bukannya dengan menggosok wajah. Lebih tepatnya dengan menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar yang lembut.

Selain itu, wanita Jepang lebih sering menggunakan air hangat dan bukan air panas karena air panas dapat menghilangkan minyak esensial kulit dan membuka pori hingga membuat kulit menjadi kering. Tepuk-tepuk dengan handuk bersih dan lembut, lalu segera aplikasikan pelembap. Umumnya, wanita Jepang membersihkan wajah 2x sehari untuk hasil optimal.

Eksfoliasi Kulit Dengan Azuki Beans

Sejak zaman Nara (710 – 794), wanita Jepang telah menggunakan azuki beans atau kacang merah tidak hanya untuk makanan sehat, tetapi juga untuk kulit sehat. Caranya dengan menggiling azuki beans menjadi bubuk halus atau dijadikan scrub dengan tekstur agak kasar. Bila diapalikasikan pada wajah, azuki beans dapat menjadi obat alami untuk mengatasi kulit wajah cenderung berjerawat atau komedo. Bahkan, azuki beans dapat dimanfaatkan untuk menyamarkan garis-garis halus.

Azuki beans diketahui mengandung antioksidan tinggi dan mengandung bahan pembusa alami (foaming agent) yang diketahui sebagai saponin, yang dapat membantu membersihkan dan mengencangkan pori kulit. Kabar baiknya adalah bila diaplikasi memiliki efek langsung untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati dengan lembut, membuka pori yang tersumbat dan mencerahkan kulit dengan merangsang sirkulasi darah.

Mengikuti Pola Makan Tradisional yang Seimbang

Makanan tradisional Jepang biasanya dibuat dengan prinsip ichijyu sansai, yaitu satu sup dengan tiga hidangan sayuran ditambah nasi dan ikan untuk menjamin keseimbangan yang baik.

Prinsip makanan tradisional Jepang ini pun dianggap kaya vitamin dan tinggi asam lemak omega-3 sehingga dapat membantu mengurangi produksi racun tubuh yang dapat menyebabkan peradangan kulit dan penuaan dini.

Rumput laut dan kelp yang ditemukan di hampir semua hidangan Jepang kaya akan yodium dan keratin, di mana keduanya sangat penting untuk kesehatan kulit, kuku, dan untuk mendapatkan rambut sehat bersinar. Ikan juga kaya protein dan rendah lemak dibandingkan dengan daging.

Tidak heran jika mengikuti pola makan tradisional yang seimbang, wanita Jepang punya wajah kinclong.

Menutrisi Kulit Dengan Rice Bran

Selama berabad-abad, orang Jepang telah mengetahui manfaat luar biasa dari komenuka atau rice bran (dedak padi) karena kaya akan antioksidan dan nutrisi esensial lain sehingga baik digunakan untuk scrub, perawatan wajah dan tubuh untuk membantu melawan munculnya tanda-tanda penuaan dini, mengatasi noda gelap pada wajah dan membuat kulit kencang serta lembut.

Menggunakan Green Tea Untuk Berbagai Tujuan

Tinggi sifat antioksidan, anti bakteri dan anti peradangan, green tea (teh hijau) menjadi bagian penting dari lifestyle orang Jepang.

Wanita Jepang juga memasukan green tea dalam rutinitas perawatan kecantikan kulit, mulai dari menggabungkan ekstrak dari berbagai lotion dan tonik, menambahkan gilingan daun teh ke bath salt, hingga menambahkan concentrated powder untuk perawatan kompres tubuh dan masker rambut.

Bentuk gilingan dari daun teh hijau, matcha, memiliki kandungan polifenol katekin berkonsentrasi tingi yang memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan. Konsentrasi tinggi dari senyawa tanin juga dapat membantu mengencangkan kulit.

Sedangkan bubuk green tea dapat melawan kerusakan kulit akibat sunar UV, mengaktifkan kembali sel-sel kulit mati, mengurangi peradangan, terutama untuk kulit mudah berjerawat, hingga membantu menyeimbangkan tone kulit.

Suka Pakai Produk Hydrating Facial Mask

Alasan lain kenapa wanita Jepang punya wajah kinclong adalah karena mereka suka sekali memakai produk hydrating facial mask. Produk ini dianggap hebat karena dapat menghidrasi kulit, mengeluarkan kotoran, meratakan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit untuk bisa menjadi lembut, dan memperbaiki penampilan pori. Plus, selama memakainya kamu akan merasa rileks dan seperti dimanjakan.

Ada berbagai jenis produk hydrating facial mask dengan formula berbeda yang dapat dipakai. Tidak perlu heran karena di Jepang, produk seperti sangat mudah ditemukan karena memang sudah menjadi bagian dari rutinitas merawat kulit wanita Jepang. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Menggunakan Tsubaki Oil Untuk Kulit

Selama berabad-abad, wanita Jepang telah beralih pada tsubaki oil (minyak kamelia) untuk kulit, rambut dan tujuan kesehatan secara keseluruhan. Minyak esensial ini sangat mudah ditemukan dalam berbagai produk kecantikan. Kandungan asam lemak omega-9 yang sangat tinggi, juga dikenal dengan asam oleat, protein, dan gliserin diketahui sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Tsubaki oil ini juga dapat digunakan untuk keperluan dapur dan memiliki berbagai manfaat luar biasa, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan menyeimbangkan kadar gula darah. Jenis minyak ini dianggap lebih ringan dibandingkan dengan cooking oil yang kaya akan vitamin. Dan bila diaplikasikan untuk kulit, tsubaki oil cocok digunakan untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering atau mudah berjerawat.

Rutin Melakukan Pijat Wajah

Sementara di malam hari sebagian orang suka ngemil sambil nonton TV, main games, atau pegang ponsel untuk update status, wanita Jepang banyak menghabiskan waktu tersebut untuk merangsang aliran darah di wajah untuk meminimalisir garis-garis halus dan kerutan dengan melakukan pijat wajah memakai face massager. 

Menggunakan face massager secara teratur pun diketahui dapat mengencangkan kulit bila dilakukan dengan cara kneading motion (gerakan menguleni). Produk face massager yang baik adalah yang memiliki roller multi sudut agar dapat sesuai dengan tiap lekuk wajah dan tubuh. Jangan heran ya karena memang produk ini dapat digunakan untuk berbagai area tubuh, seperti lengan, perut dan kaki.

Cukup mudah, bukan?

Ternyata wanita Jepang hanya perlu melakukan hal sederhana seperti di atas untuk bisa memiliki wajah kinclong. Sebenarnya, kamu juga dapat mengadopsi kebiasaan tersebut untuk dapat memiliki kulit wajah sehat bercahaya.

Dengan berbagai kemudahan di era digital, kamu dapat membeli produk secara online. Pastikan juga untuk menerapkan healthy lifestyle untuk mendapatkan kulit wajah sehat.

Selamat Datang di Indonesi.com

Situs yang akan membuat Anda menjadi lebih baik, dengan artikel dan tips terpilih.

Visi kami adalah menjadikan inspirasi untuk sejuta orang Indonesia.

Redaksi Indonesi.com
Cipinang Indah. Jakarta Timur.

Related

Instagram Rupiah

Tahukah Anda? Indonesia merupakan negara dengan pengguna Instagram aktif terbanyak ke-4 di dunia? Indonesia…

Read more
Face Oil

Penggunaan face oil menjadi tren para beauty enthusiast beberapa tahun terakhir. Mengapa produk ini begitu…

Read more
Toxic Positivity adalah

Belakangan, topik toxic positivity marak diperbincangkan di dunia maya seiring meningkatnya isu mental health selama…

Read more

Internet is huge! Help us find great content

About

Bacaan Yang Membuat Anda Lebih Baik