Bagaimana jika Bu Tejo dan Mbah Minto bertemu? Simak videonya diatas

YouTube video

Simak videonya diatas…


Umbul Besuki adalah Sebuah sumber mata air alami yang berasal dari dalam tanah di Klaten, Polanharjo dan Tulung.

Berenang Bersama Ikan di Kolam Sumber Air Alami Umbul Besuki

Umbul Besuki

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melepaskan diri sejenak dari kesibukan harian yang terkadang atau seringkali menyiksa tubuh dan pikiran. Bermacam kegiatan bisa dilakukan di setiap akhir pekan atau waktu libur.

Ada yang hanya ingin istirahat dirumah seharian, ada yang berkumpul bersama keluarga, ada yang nongkrong dengan kawan atau sahabat, dan ada juga yang memilih bepergian ke alam, ke tempat-tempat menarik yang bisa memberikan vitamin bagi kesehatan jiwa dan pikiran.

  Bagiku pribadi, pilihan terakhir adalah kegiatan yang kerap kali kulakukan untuk mengisi waktu libur dari rutinitas. Kali ini, aku berencana akan pergi berenang ke sebuah sumber air yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggalku. Berangkat bersama tiga kawan, aku berencana akan pergi ke Umbul Besuki yang ada di Kabupaten Klaten.

Tentang Umbul Besuki

Daerah Klaten khususnya di kecamatan Polanharjo dan Tulung memang sejak dulu dikenal sebagai daerah yang memilik banyak sumber mata air yang tersebar di berbagai titik. Menurut penuturan masyarakat setempat, kurang lebih ada 15 umbul yang tersebar di beberapa dusun.

  Untuk kata umbul sendiri aku belum mengerti apa arti sebenarnya. Namun menurut pandanganku pribadi, Umbul diambil dari bahasa jawa “umbul” atau “Mumbul” yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah melompat naik atau melambung. Yang dalam hal ini mungkin artinya menyembur, karena umbul sendiri adalah mata air yang keluar menyembur dari dalam tanah.

Umbul Besuki sendiri adalah salah satu yang terbilang baru dalam pengelolaannya. Baru dibuka pada akhir tahun 2019, melengkapi kekayaan wisata umbul yang ada di Kabupaten Klaten. Jauh sebelum di buka, wilayah Kecamatan Polanharjo dan Tulung ini sudah lama dikenal mempunyai banyak wisata mata air dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari daerah Klaten dan sekitarnya.

  Kawasan wisata ini semakin dikenal luas setelah boomingnya Umbul Ponggok. Banyak dibahas di media sosial dan pernah diluput media luar negeri menjadikan banyak wisatawan dari berbagai daerah untuk berbondong-bondong datang ke Umbul Ponggok.

  Potensi inilah yang kemudian membuat warga sekitar melek dan memanfaatkan momen untuk mengelola titik-titik sumber air yang sebelumnya belum terkelola, dan salah satunya adalah Umbul Besuki. Terlebih lagi letak yang hanya sekitar 500 meter dari Umbul Ponggok bisa menjadi sebuah pilihan sekaligus alternatif wisata di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten.

Perjalanan ke Umbul Besuki

  Aku berangkat hari minggu siang dari Solo bersama ketiga kawanku yang lain. Waktu yang terbatas membuat kami menjatuhkan pilihan untuk pergi ke tempat wisata yang dekat dekat saja. Dari Solo Menuju Umbul Besuki jarak yang dibutuhkan kurang lebih adalah sekitar 30km dan bisa ditempuh dengan berkendara selama 30 hingga 45 menit.

   Berangkat siang hari diterik matahari yang menyengat membuat kami ingin segera sampai dan menceburkan diri ke segarnya kolam. Ditengah perjalanan kami sempat berhenti sebentar untuk menikmati kesegaran es jus buah yang dijual di pinggir jalan.

Sedikit informasi, ketika sudah memasuki jalan desa menuju ke Umbul Besuki, banyak sekali penjual-penjual yang menjual berbagai macam jajanan di pinggir-pinggir jalan sepanjang rute menuju ke arah umbul. Selain harganya murah, rasanya pun juga enak. Jika teman-teman pergi ke sana, silahkan mencoba.

Tidak butuh waktu lama, kami akhirnya tiba di depan pintu masuk. Setelah membayar tiket dan karcis parkir tanpa berlama-lama kami langsung bergegas menuju area wisata.

Keunikan Yang Ada Di Umbul Besuki

Ada berbagai hal unik di Umbul Besuki yang membuat tempat ini layak untuk dikunjungi. Yang pertama tentu saja adalah airnya yang sangat jernih dan sebening kaca. Baru melihat airnya menari-nari dari atas kolam sudah tak sabar rasanya ingin menceburkan diri kedalamnya.

Letaknya yang berada di daerah pedesaan membuat suasana di sini sangatlah asri. Barisan pohon yang mengelilingi kolam membuatnya nampak sejuk sehingga bisa digunakan untuk berenang kapan saja. Tidak perlu khawatir berenang siang hari di tengah terik matahari, karena rimbun pepohonan di sekeliling kolam mampu menghalangi panas matahari yang masuk.

  Selain itu di dalam kolam terdapat cukup banyak ikan-ikan yang berenang bebas mengitari kolam dengan berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga ukuran besar. Sebuah pengalaman yang menyenangkan, berenang di dalam air sambil melihat ikan-ikan yang menari-nari di depan kita.

  Di sebelah timur kolam, terdapat hutan jati yang juga bisa dieksplor untuk mencari spot foto terbaik. Konon katanya Hutan Jati ini sudah ada sejak zaman belanda dan terus ada hingga saat ini.

Kegiatan Seru Di Umbul Besuki

  Selain berenang di air yang jernih bersama ikan seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa kegiatan lain yang bisa dilakukan. Setelah puas berenang di kolam, aku pun mencoba mengahampiri kolam buatan yang ada sebelah selatan kolam utama. Sedikit berbeda dengan kolam utama yang memiliki kedalaman sekitar 150-180cm, kolam buatan ini memiliki kedalaman yang lebih pendek, yaitu sekitar 100-130cm saja.

   Bagi yang merasa kolam utama terlalu dalam, kolam buatan ini bisa menjadi alternatif. Selain itu bentuk kolam yang dibuat setengah lingkaran membuat kolam ini sangatlah instagramable dan menarik dijadikan spot foto. Terlebih lagi dengan background hutan jati yang berada persis di sebelah timur kolam, menambah kesan alami dari kolam ini.

  Ada satu lagi juga kolam buatan yang diperuntukkan anak-anak dengan kedalaman selutut orang biasa. Jadi, selain bersama teman Umbul Besuki juga sangat cocok digunakan sebagai tujuan wisata bersama keluarga,karena bisa untuk segala usia.

Fasilitas di Umbul Besuki

 Dari yang aku lihat, meski belum lama dibuka Umbul Besuki mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa Gazebo dengan meja dan kursi panjang tersebar di beberapa titik area wisata. Jikalau tidak kebagian Gazebo untuk bersantai masih ada juga meja bundar dengan payung diatasnya, lengkap empat kursi yang mengelilingi meja.

    Untuk urusan MCK, di sini sangat dijaga kebersihannya. Terdapat total 7 bilik kamar mandi saat aku terakhir kali kesana. Sangat cukup untuk ukuran tempat wisata yang tidak terlalu luas.

  Fasilitas penunjang yang paling aku suka tentu saja adalah kantin yang menyediakan berbagai menu makanan ringan hingga berat dengan harga yang sangat ramah kantong. Gorengan, Ikan Goreng/bakar, Soto, Nasi Goreng dan aneka masakan jawa lainnya tersedia di kantin ini. selain itu tersedia berbagai macam minuman sebagai pelepas dahaga ataupun. pelengkap bersantai.

Kuliner di Umbul Besuki

    Ketika aku disana, aku memesan satu nila bakar, sedangkan kawanku masing-masing memesan soto dan juga nasi goreng. Selain itu kami juga memesan Gorengan 2 jenis, yaitu pake kecil dan paket besar. Untuk Paket kecil gorengan dibanderol Rp. 5000, sedangkan paket besar Rp. 10.000.

  Yang spesial dari gorengan di sini adalah penyajiannya yang dadakan dan baru digoreng saat ada yang pesan. hal inilah yang membuat semakin nikmat karena gorengan dinikmati masih saat hangat. Tambahan sambal kecap yang dilengkapi dengan potongan cabe rawit semakin membuat rasanya nendang.

   Untuk Nila bakar yang aku pesan sendiri rasanya tak perlu diragukan lagi. Daerah Polanharjo selain terkenal banyak umbul, juga terkenal sebagai penghasil ikan nila. Seperti yang aku jelaskan diatas, bahwa banyak sekali wisata yang ada di kawasan ini, tidak hanya Umbul tapi juga Pemancingan dan tempat makan yang menyajikan olahan ikan dari kolam sendiri.

   Maka dari itu olahan masakan ikan yang ada di kawasan wisata Polanharjo, termasuk di Umbul Besuki dijamin memiliki cita rasa yang mampu memanjakan lidah dan tentu saja harganya sangat murah. Untuk satu ikan Nila yang aku pesan lengkap dengan nasi dan tambahan lalap dihargai dengan harga Rp.18.000 saja. murah sekali bukan ?.

Rute dan Akomodasi Umbul Besuki

   Rute untuk menuju ke Umbul Besuki ini sangatlah mudah sekali, mau dari arah barat ataupun timur  jalur yang harus dilalui adalah Jalan Solo-Jogja. Setelah itu ikuti plang jalan menuju ke Desa Janti, setelah memasuki Desa Janti akan ada beberapa persimpangan, Jalur yang dipilih adalah arah Polanharjo Ponggok. Setelah itu tinggal ikuti jalan, karena papan petunjuk sudah tersedia.

  Atau bisa juga langsung menggunakan GPS dengan mengetik “Umbul Besuki”. Letaknya yang strategis dan tidak terlalu plosok, menjadikan lokasinya mudah saja ditemukan menggunakan GPS tanpa harus takut kesasar.

  Untuk biaya tiketnya sendiri, Umbul Besuki mengenai tarif Rp.5.000 per orang, baik itu dewasa maupun anak-anak. Biaya tambahannya adalah parkir dengan rincian Rp.2000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil.  

Related Posts