Pilih Treadmill

Jangan Sembarangan, Begini Cara Memilih Treadmill Yang Tepat

Treadmill menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan berolahraga tanpa harus keluar dari rumah. Namun ternyata memilih alat treadmill terbilang tak mudah. Sebab semakin banyak pilihan treadmill yang tersedia saat ini, baik di gerai offline maupun di toko-toko online.

Pilih Treadmill

Nah, setiap tawaran produk treadmill perlu dicermati agar tak salah menjatuhkan pilihan. Untuk itu sebelum memutuskan untuk membeli treadmill, sebaiknya simak dulu cara memilih treadmill yang tepat berikut ini!

Weight Ratingnya Gimana?

Dalam memilih treadmill, perhatikanlah keterangan yang berkaitan dengan weight rating. Keterangan weight rating menunjukkan bahwa alat treadmill sudah dites untuk pengguna dengan maksimal berat badan tertentu.

Adapun spesifikasi treadmill berkaitan erat dengan weight rating ini. Karena itulah keterangan weight rating penting untuk dicermati. Sebab jika treadmill dengan weight rating 100kg dipakai oleh orang dengan berat badan 140kg atau lebih, maka motor treadmill akan bekerja keras. Efeknya, treadmill beresiko mengalami kerusakan.

Sebaiknya pilih treadmill dengan weight rating minimal 25kg di atas bobot tubuh. Tujuannya tak lain untuk meminimalisir kerusakan motor akibat beban kerja motor yang berat.

Bertenaga Besar dan Berbobot Berat

Treadmill bertenaga mesin besar biasanya memiliki bobot yang cukup berat. Saat kecepatannya tinggi, treadmill ini tetap stabil dan minim noise. Selain itu, masa penggunaannya pun lebih panjang dan tak mudah rusak.

Sebaliknya, treadmill dengan tenaga mesin kecil dan berbobot ringan cenderung bergetar ketika kecepatan ditingkatkan. Kondisi ini dapat memicu meningkatnya resiko cidera. Jadi, sebaiknya cermati besar tenaga mesin treadmill dan bobotnya!

Cek ukuran sabuk konveyor sesuai tujuan.

Setiap pengguna treadmill menggunakan alat ini dengan cara yang berbeda-beda dan tujuan yang berbeda pula. Karena perbedaan inilah, sebaiknya pilih spesifikasi sabuk konveyor sesuai kebutuhan.  Jika treadmill hanya digunakan untuk sekedar berjalan,  pilih treadmill dengan panjang konveyor 127cm dan lebar 50cm.

Sedangkan untuk treadmill yang lebih sering digunakan berlari, pilih sabuk konveyor dengan panjang 139cm dan lebar 55cm. Sementara itu, jika pengguna treadmill memiliki tinggi tubuh lebih dari 180cm, sebaiknya pilih treadmill dengan panjang 152cm agar kegiatan berlari lebih nyaman.

Kenyamanan Konveyor, bikin enak di kaki.

Olahraga dengan treadmill menjadi menyenangkan jika pijakan di konveyor terasa nyaman. Untuk kenyamanan, beberapa produsen treadmil menawarkan konveyor dengan double deck silica gel. Double deck silica gel membuat area lari terasa empuk sehingga kaki tak cepat lelah. Adapula produk treadmill yang menggunakan bahan antilicin dan elastis untuk konveyor. Material ini mampu meminimalkan resiko cedera.

Ada pengaturan Kemiringan Area Berlari

Berlari di atas permukaan konveyor yang datar tidak memberikan beban yang berlebihan pada kaki. Sebagian orang merasakan tantangan yang amat kurang. Karena itulah sebaiknya pilih treadmill yang tingkat kemiringannya bisa diatur atau memiliki fitur incline. Umumnya treadmill yang berkualitas mempunyai fitur incline sebesar 10% hingga 20%.

Tentu saja penambahan kemiringan ini harus dilakukan secara bertahap, setidaknya 1% setiap 2 menit. Berlari pada konveyor dengan kemiringan di atas 2% sudah menambah beban yang lebih berat pada kaki. Tentu kondisi ini akan dirasakan lebih menantang.

Selain itu, berlari pada konveyor dengan kemiringan dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab proses pembakaran kalori menjadi lebih cepat. Sementara itu jika pengguna treadmill berlari pada kemiringan 9%, maka terjadi peningkatan aktivasi otot betis sebesar 175%, otot belakang paha sebesar 635% dan bagian otot pinggul sebesar 345%. Olahraga dengan treadmill pun jadi tak membosankan dengan adanya variasi kemiringan yang menimbulkan beban berbeda.

Fitur Kecepatan Wuzz Wuzz

Kecepatan berlari pada setiap orang tentu saja berbeda-beda. Secara bertahap, kecepatan lari akan meningkat dengan latihan terus menerus. Kecepatan berlari santai rata-rata sebesar 12km/ jam. Sedangkan kecepatan berlari cepat rata-rata 16km/ jam.

Untuk mengantisipasi perubahan kecepatan lari, sebaiknya pilih treadmill yang kecepatannya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja untuk persiapan perlombaan lari, pilihlah treadmill dengan minimum kecepatan maksimal 19km/ jam.

Fitur Waktu Bikin Lupa Waktu.

Melengkapi keberadaan fitur kecepatan, sebaiknya pilih treadmill yang mempunyai fitur waktu. Fitur waktu ini memungkinkan pengguna bisa mengatur durasi penggunaan treadmill, misalnya 30 menit, 45 menit hingga 99 menit. Beberapa produk treadmill berkualitas tinggi memiliki kemampuan untuk dipakai terus menerus. Namun untuk penggunaan di rumah, paling tidak pilih treadmill yang bisa digunakan selama lebih dari 60 menit.

Fitur Teknologi Tambahan Bikin Keren

Seiring perkembangan teknologi, semakin banyak produk treadmill yang menawarkan fitur tambahan agar kegiatan olahraga semakin menyenangkan. Mulai dari fitur tambahan berupa kipas angin, slot USB dan speaker, bluetooth hingga TV yang dapat dihubungkan dengan Netflix atau YouTube.

Adapula treadmill yang dilengkapi dengan monitor detak jantung, lemak tubuh, kalori yang terbakar, kecepatan dan waktu. Fitur-fitur ini tentu akan membuat latihan dengan treadmill jadi lebih terukur.

Jika dirasakan fitur-fitur tambahan ini bisa mendongkrak semangat berolahraga, maka tak ada salahnya mempertimbangkan fitur tambahan ini pada produk treadmill yang hendak dibeli.

Bisa Dilipat, Hemat Ruangan

Sebelum memutuskan untuk membeli treadmill, pastikan terlebih dahulu luas ruangan yang tersedia untuk menempatkan treadmill. Jika ruangan yang tersedia cukup terbatas, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih model treadmill lipat. Treadmill lipat akan memudahkan penyimpanannya. Selain itu, treadmill lipat juga bisa dibawa bepergian sehingga kegiatan olahraga tetap bisa dilakukan dimana saja.

Jangan Tergiur Harga Murah. Ono Rego, ono rupo.

Harga treadmill saat ini sangat bersaing. Semakin banyak saja produk-produk treadmill dengan harga ekonomis. Namun sebaiknya jangan cepat tergiur dengan harga yang terlalu murah. Tetap perhatikan segala aspek agar kegiatan berolahraga dengan treadmill bisa berlangsung nyaman dan menyenangkan.

Sebab kualitas bahan treadmill mau tak mau akan mempengaruhi daya tahan treadmill. Jangan sampai treadmill mengalami kerusakan hanya dengan 2 atau 3 kali pemakaian. Selain itu, treadmill dengan kualitas yang buruk juga bisa menimbulkan resiko cidera saat digunakan.

Pertimbangkan pula mengenai tujuan penggunaannya. Treadmill untuk memenuhi kebutuhan rumah (Home Use) tentu berbeda dengan treadmill untuk commercial gym. Treadmill untuk commercial use bekerja lebih keras dibandingkan dengan treadmill home use. Sebab treadmill dipakai oleh pengguna dengan berat badan yang berbeda-beda. Karena itulah spesifikasi treadmill yang tinggi lebih cocok digunakan untuk kebutuhan commercial use. Tentu saja spesifikasi treadmill yang tinggi tak mungkin ditawarkan dengan harga yang terlalu murah.

Berapa lama garansinya?

Perhatikan dengan baik ketentuan garansi pada treadmill. Garansi treadmill terdiri dari garansi motor, garansi sparepart dan garansi frame.

Garansi motor treadmill biasanya sekitar 5 tahun. Sedangkan pada spesifikasi treadmill yang lebih rendah, garansi motor antara 1 hingga 2 tahun. Sementara itu untuk garansi frame treadmill biasanya Lifetime Warranty.

Adapun untuk garansi spareparts mempunyai jangka waktu yang bervariasi. Produk treadmill dengan spesifikasi rendah, garansi spareparts biasanya di bawah 1 tahun. Berbeda dengan produk treadmill yang berspesifikasi lebih tinggi, garansi sparepart biasanya berlaku hingga 2 tahun.

Nah, telitilah sebelum membeli alat treadmill. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah investasi jangka panjang. Hal yang sama berlaku pula dengan pembelian alat olahraga seperti treadmill. Treadmill adalah investasi untuk gaya hidup sehat dan berkualitas!

Selamat Datang di Indonesi.com

Situs yang akan membuat Anda menjadi lebih baik, dengan artikel dan tips terpilih.

Visi kami adalah menjadikan inspirasi untuk sejuta orang Indonesia.

Redaksi Indonesi.com
Cipinang Indah. Jakarta Timur.

Related

Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Dapat beasiswa kuliah luar negeri memang menjadi idaman banyak orang. Siswa SMA dan mahasiswa, tahun ini yang sangat…

Read more
Film Kisah Penulis Terkenal

Dunia penulis memang sangat menarik untuk diulik. Terutama bagi kamu yang tertarik dengan profesi ini. Karena meski…

Read more
Tanaman Hias Indoor

Ingin ruangan tampak segar? Tanaman hias menjadi pilihan elemen dekorasi yang tepat untuk menyegarkan ruangan. Ia…

  • Hobi
  • 2
Read more

Internet is huge! Help us find great content

About

Bacaan Yang Membuat Anda Lebih Baik