Mustahil Menjadi Rel Kereta… Tapi Ternyata Terealisasi Dengan Cepat

Salut dengan sistem realisasinya…masyarakatnya pun juga hebat dengan kesadarannya,mereka tahu mana yang hak dan mana yang tidak. bangga dengan suksesnya pereaktifan jalur garut cibatu…smngtttt salam persatuan bang 👍 jaya selalu PT KAI


Laptop sudah menjadi teman sehari-hari bagi anak kuliah dan pekerja kantoran. Kebutuhan laptop juga semakin meningkat sejak sekolah dilaksanakan secara daring.

10 Tips Memilih Laptop

Ketika ingin membeli laptop tentunya kamu akan di hadapkan dengan banyak pilihan. Mulai dari ukuran laptop, spesifikasinya, harga dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan hasil optimal, kamu harus bisa memilih laptop sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut ini beberapa tips memilih laptop yang mungkin bisa kamu gunakan saat hendak membeli laptop.

Tips Membeli Laptop

Mengenali Apa Kebutuhanmu

Hal yang paling penting sebelum membeli laptop adalah mengerti apa kebutuhanmu. Dengan memahami kebutuhanmu, kamu bisa lebih mudah dalam menentukan spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Spesifikasi laptop untuk melakukan pekerjaan seperti mengolah data dan presentasi tentunya akan berbeda dengan spesifikasi laptop yang digunakan untuk bermain game. Spesifikasi yang sesuai juga akan membuat kinerja mu semakin optimal.

Pilih Ukuran Laptop

Tidak seperti zaman dulu dimana laptop cenderung berukuran besar dan tebal, sekarang kamu bisa dengan mudah menemukan laptop yang lebih tipis dan juga lebih ringan. Tentunya ukuran laptop akan sangat berpengaruh terhadap mobilitasmu. Jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi, sebaiknya kamu memilih laptop dengan ukuran yang kecil dan ringan. Kamu bisa memilih laptop ukuran 13,3 inci yang memiliki berat 1 hingga 1,5 kg saja.

Sayangnya, jika kamu ingin laptop dengan mobilitas tinggi biasanya tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Jika kamu lebih membutuhkan laptop untuk keperluan gaming atau desain, kamu akan sulit mendapatkan laptop dengan ukuran kecil dan ringan. Biasanya laptop dengan spesifikasi tinggi cenderung lebih besar dan tebal.

Memilih Processor Sesuai Kebutuhanmu

Processor adalah salah satu komponen yang akan menentukan performa dari laptop. Processor merupakan komponen penting yang berfungsi untuk memproses data dan mengontrol sistem. Ada beragam jenis processor berbeda yang tentunya memiliki performa yang berbeda juga. Kamu harus mengetahui processor apa yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Processor yang paling sering digunakan adalah processor Intel dan AMD. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing – masing. Secara garis besar, Intel memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan AMD. Namun, jika dilihat dari segi harga, AMD lebih murah dibandingkan dengan Intel. Jika kamu membutuhkan laptop yang unggul di multimedianya, sebaiknya kamu menggunakan processor dari Intel. Tapi jika kamu membutuhkan laptop untuk gaming, processoor dari AMD lebih unggul.

Menentukan Kapasitas RAM yang Sesuai

Selain processor, RAM juga berperan penting dalam menentukan performa sebuah laptop. Kebutuhan RAM untuk laptop pengolah data dengan laptop gaming tentunya akan berbeda. Laptop gaming membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar. Agar bisa bermain game dengan nyaman, setidaknya kamu membutuhkan kapasitas RAM sebesar 8 GB. Sementara jika kamu hanya membutuhkan laptop untuk mengolah data, kapasitas RAM 4 GB saja sudah lebih dari cukup.

Memilih Jenis dan Ukuran Media Penyimpanan

Media penyimpanan juga akan berpengaruh pada kinerja laptop. Oleh karena itu, pemilihan media penyimpanan yang tepat akan membuat kinerja laptop makin optimal. Ada dua jenis media penyimpanan yang bisa kamu pilih yaitu hard disk dan SSD. Keduanya tentu memiliki keunggulan yang berbeda satu sama lain.

Hard disk memiliki ukuran kapasitas yang cukup besar. Jenis media penyimpanan ini dulu banyak dipilih karena harganya yang relatif murah. Namun, seiring perkembangan jaman, orang – orang mulai bergeser memilih SSD. Meski harganya lebih mahal, SSD menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan hard disk. Biasanya SSD digunakan untuk kebutuhan gaming dan desain. Jika kamu lebih membutuhkan laptop untuk menyimpan banyak data, sebaiknya kamu memilih hard disk sebagai media penyimpanannya.

Memilih Kualitas Layar

Kualitas layar adalah hal yang perlu kamu perhatikan ketika hendak membeli laptop. Mungkin ini tidak terlalu berpengaruh jika kamu hanya menggunakan laptop untuk mengolah data. Namun, bagi kamu yang membutuhkan laptop untuk kebutuhan grafis, tentunya hal ini harus kamu perhatikan dengan baik.

Kamu bisa mempertimbangkan jenis layar Twisted Nematic (TN) atau In-Plane Switching (IPS). Pada umumnya, laptop menggunakan layar berjenis Twisted Nematic karena harganya relatif murah. Namun, jenis layar ini tidak cocok untuk kamu yang bekerja di bidang desain grafis. Untuk mendapatkan grafis yang lebih baik, sebaiknya kamu menggunakan layar berjenis In-Plane Switching. Layar IPS memiliki sudut pandang yang baik dan menghasilkan akurasi warna yang lebih baik dibandingkan dengan layar Twisted Nematic. Namun, kamu perlu menyiapkan budget yang lebih besar untuk laptop dengan layar IPS.

Memilih Desain Laptop

Mungkin kamu yang tidak mengikuti perkembangan laptop akan bertanya – tanya, mengapa desain laptop perlu diperhatikan. Seiring perkembangan zaman, desain laptop juga terus berkembang. Saat ini, desain laptop tidak hanya terpaku pada layar yang menyatu pada keyboard tetapi ada juga laptop dengan model 2-in-1 dimana layar dan keyboard dapat dilepas, dilipat, maupun di putar 360 derajat.

Sebelum membeli laptop, kamu harus menentukan model mana yang paling cocok untukmu. Jika kamu menyukai laptop dengan mobilitas tinggi, sepertinya laptop model 2-in-1 bisa menjadi pilihan yang pas untukmu. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah ketahanan laptop khususnya pada bagian engselnya.

Daya Tahan Baterai

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli laptop adalah daya tahan baterainya. Untuk kamu yang sering berada di luar ruangan tentunya mengharapkan laptop dengan daya tahan baterai yang tahan lama.

Pada umumnya, laptop memiliki daya tahan baterai yang bisa bertahan sekitar 6 – 8 jam. Namun, hal ini tidak tentu karena daya tahan baterai tergantung pada pemakaian laptop, jenis processor yang dipakai dan aplikasi apa saja yang di jalankan. Untuk menanganinya, kamu bisa membaca ulasan tentang laptop tersebut.

Membandingkan Spesifikasi dan Harga

Sudah menjadi rahasia umum jika spesifikasi laptop berbanding lurus dengan harga laptop. Jika kamu menginginkan laptop dengan spesifikasi tinggi, kamu harus menyiapkan budget yang besar pula. Sebaliknya, jika kamu memiliki budget yang terbatas, kamu hanya akan mendapatkan laptop biasa dengan spesifikasi yang rendah. Lalu, bagaimana caranya agar mendapatkan spesifikasi tinggi dengan harga yang minimal?

Sepertinya akan sulit jika menginginkan laptop dengan spesifikasi tinggi dengan harga yang murah. Namun, kamu bisa mendapatkan harga minimum dengan cara membandingkan harga dari beberapa merk dan toko berbeda. Meskipun memiliki spesifikasi yang sama, biasanya ada perbedaan harga yang ditawarkan oleh setiap toko. Dengan membandingkan harga, kamu bisa mendapatkan spesifikasi sesuai keinginanmu dengan harga minimum. Kamu juga bisa memanfaatkan diskon yang diadakan oleh toko agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Pastikan Laptop yang Dibeli Bergaransi

Hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah memastikan jika laptopmu memiliki garansi resmi. Tentunya kamu tidak ingin jika laptop yang baru kamu beli akan cepat rusak, bukan? Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa garansi yang dikeluarkan merupakan garansi dari produsen resmi.