Tips Membeli Mobil Bekas dan Cara Mengecek Kondisi. Biar Gak Ketipu.

CARA MENGECEK KONDISI MOBIL BEKAS. Video oleh Ridwan Hanif Rahmadi

Jika kamu adalah seorang yang sangat memperhatikan harga naik turunnya mobil maka pasti akan mengetahui bagaimana cara memilih mobil bekas. Dalam memilih mobil bekas harus memperhatikan beberapa hal di dalamnya. Ini menjadi sangat penting karena jika kamu tidak pintar pintar dalam memilih maka bisa saja akan mengalami kerugian yang sangat besar.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai tips membeli mobil bekas yang harus diterapkan untuk mendapatkan keuntungan

Mengapa Tips Membeli Mobil Bekas Harus Diketahui Oleh Semua Orang?

Pembahasan mengenai tips-tips untuk membeli mobil bekas harus kamu ketahui agar bisa memahami secara update mengenai harga dan kualitas dari mobil bekas tersebut. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa sangat rugi jika membeli mobil bekas yang diinginkan.

Tips- Tips Membeli Mobil Bekas yang Harus Benar-Benar Dipahami

Setelah mengetahui beberapa alasan mengenai mengapa harus memperhatikan tips sebelum membeli mobil bekas, kini akan disampaikan beberapa poin yang memang harus benar-benar diperhatikan. Inilah uraian penjelasannya

Catat Servis Mobil Lengkap

Salah satu tips membeli mobil bekas yang pertama adalah kamu harus memperhatikan bahwa catatan service mobil di dalamnya lengkap. Mengapa demikian? Ini akan membuktikan bahwa mobil tersebut akan terjaga atau tidak kualitasnya. Mungkin saja dengan adanya catatan servis maka akan terdeteksi seberapa rutin mobil itu diservis pada sebelumnya.

Selain itu, kamu bisa mengetahui dimana tempat biasanya mobil tersebut dilakukan servis. Dengan begitu, kamu akan mengetahui apakah orang sebelumnya merawat mobil tersebut dengan rutin atau tidak titik perlu diketahui jika sebuah mobil yang dirawat secara rutin maka tentu akan mempunyai performa dan kondisi yang lebih prima.

Mewaspadai Harga Mobil Bekas Miring

Kamu harus benar-benar menerapkan dalam pikiran bahwa pernyataan ada rupa dan ada harga itu sangat benar. Ini juga diberlakukan ketika pembelian mobil bekas. Kamu diharapkan tidak terlalu gegabah dalam mengambil keputusan untuk membeli mobil dengan tawaran harga yang sangat murah.

Bisa saja mobil tersebut mempunyai banyak kekurangan yang dapat membuat anda rugi. Mungkin seperti contoh ada mobil yang dijual dengan harga murah karena bekas kecelakaan dan banjir.   Oleh karena itu lebih baik kamu memperhatikan kualitas mobil bekas itu sendiri sebelum membayar untuk membelinya.

Memeriksa Semua Bagian  Aksesoris dan Interior

Tips membeli mobil bekas yang selanjutnya adalah dengan memeriksa semua bagian aksesoris dan interior. Pemeriksaan kondisi mobil yang harus dilakukan pada bagian awal adalah memeriksa bagian bagian interior. Adapun bagian komponen interior yang dimaksud disini adalah AC, switch lampu, dan sistem audio.

Pastikan semua komponen tersebut bekerja dengan baik dan maksimal serta normal. Kamu jangan lupa untuk melihat fitur keamanan seperti sabuk pengaman. Kamu juga bisa mencoba untuk menduduki langsung pada bagian jok depan dan juga belakang dan rasakan Apakah masih nyaman dengan kondisi dashboard karpet dan plafon. Kamu juga bisa menilai interior yang ada di dalam mobil masih bisa dikatakan bagus atau tidak baik dari segi bentuk maupun bau.

Melihat dan Cek Bodi Mobil

Terhitung 90% dari orang yang membeli mobil pasti akan melihat desain kondisi body mobil itu sendiri. Kamu juga harus memperhatikan bagian eksterior atau kondisi body pada mobil bekas yang akan kamu beli secara menyeluruh. Pastikan semua komponen yang ada di dalam mobil seperti kap mesin dan pintu kaca mobil masih orisinil dan layak digunakan.  

Kamu juga bisa melihat kondisi cat mobil apakah masih terang atau sudah pudar. Sebenarnya hal yang sangat penting dalam melihat mode eksterior mobil adalah dengan mengecek semua struktur rangka utama pada mobil itu sendiri. Kamu bisa memastikan semua rangka mobil masih dalam keadaan baik dengan performa yang prima dan tidak ada bekas tabrakan atau kecelakaan.

Memastikan Kondisi Mesin Mobil

Dalam memilih mobil bekas kamu juga harus memperhatikan pemeriksaan eksterior. Kamu bisa langsung membuka kap mesin untuk memeriksa kondisi mesin mobil. Tujuan dari pemeriksaan ini merupakan bagian yang sangat penting dalam hal proses pemeriksaan sebelum membeli mobil bekas. Jika kamu ingin mencoba untuk mengendarai nya secara langsung maka hal ini bisa memudahkan kamu untuk mengecek mobil tersebut.

Langsung saja untuk mengendarai mobil tersebut seperti biasa di jalan raya. Ini biasanya disebut dengan kegiatan test driving setelah melakukan test driving Pastinya kamu akan mengetahui bagaimana performa mesin rem transmisi dan juga kaki mobil jika semuanya masih terkondisikan dengan baik maka hal tersebut bisa langsung kamu beli karena termasuk salah satu kualitas mobil bekas yang bagus.

Kelengkapan Dokumen Mobil

Tips memilih mobil bekas yang yang berikutnya adalah dengan memeriksa kelengkapan dokumen-dokumen mobil itu. Adapun kelengkapan dari dokumen yang dimaksud antara lain BPKB, STNK, faktur dan lain sebagainya Jika kamu ingin membeli mobil yang sudah dipilih, Pastikan semua BPKB dan STNK menggunakan nama-nama pemilik dari mobil tersebut.

Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan maka pastikan dokumen mobi yang kamu inginkan mengalami kelengkapan penuh.

Meminta Rekomendasi Teman atau Mekanik Para Ahli

Alangkah lebih baiknya jika kamu bisa membawa teman atau mekanik yang ahli di dalam pemilihan mobil bekas. Dengan orang yang berpengalaman, mobil pasti akan dipilih berdasarkan kualitas yang terbaik. Mereka akan membantu kamu untuk mengecek dan memeriksa kerusakan kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil tersebut.

Bagaimana jika tidak mempunyai kenalan Orang yang ahli mobil? Kamu bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas yang biasanya menyediakan beberapa mekanik handal dan berpengalaman pastinya dengan bantuan ahli atau profesionalnya kamu akan semakin lebih yakin untuk memilih mobil yang akan kamu beli.

Teliti dan Jangan Terlalu Terburu-Buru

Kamu perlu mengetahui bahwa membeli mobil bekas bukan sesuatu hal yang mudah untuk memilih kualitas didalamnya. Akan tetapi jika kamu benar-benar ahli untuk memilih maka bisa saja hal tersebut akan menjadi keuntungan untuk kamu. Dalam memilih mobil bekas sebaiknya kamu harus benar-benar teliti dan jangan terburu-buru untuk membayar dan melakukan transaksi.

Gunakan beberapa tips-tips yang sudah dijelaskan di atas dan kamu bisa memikirkannya dua kali dan tidak membayarnya secara langsung. Dengan begitu harapannya kamu akan mendapatkan mobil-mobil yang kualitasnya masih terjaga dan juga dengan harga yang terjangkau.

Melihat dan Membandingkan Kualitas Serta Harga

Sebelum membeli mobil bekas kamu sebaiknya bisa melihat harga pasaran pada mobil itu. Informasi ini bisa anda dapatkan melalui pengaksesan di dalam website website Google dan juga bertanya kepada ahli mobil.

Mengapa hal ini sangat perlu untuk ditekankan dan perlu diketahui secara up to date? Ini dikarenakan Jika kamu tidak mengikuti harga pasaran sekarang maka bisa saja kamu akan mengalami kerugian.

Seperti contoh jika yang dahulu harga mobil tersebut mungkin saja sangat mahal dan berdasarkan kurunnya waktu bisa saja sebuah produk mengalami penurunan harga dikarenakan terdapat banyak produk-produk yang lain yang lebih baru lagi.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah untuk mencari sebuah informasi mengenai harga mobil terbaru. Jika bisa dikatakan secara spesifik, kamu bisa langsung mengetiknya salam Google mengenai tipe dari mobil yang diinginkan dengan pasaran harga di tahun saat ini.