20 Tips Liburan Hemat untuk Milenial yang Budgetnya Terbatas

YouTube video
PART.01 TRIP HEMAT KE BALI KALA P4ND3M1 BUDGET MINIMALIS – Epic Journey Toyota Innova Campervan 2KD. Video oleh ReviewJujur.01

Hari libur panjang di depan mata, mengingat sebentar lagi sudah memasuki momen natal dan tahun baru. Tentunya beberapa orang ingin melakukan liburan ke beberapa tempat sekaligus. Meski kondisinya sedang pandemi corona, maka jangan merasa khawatir.

Selama tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan, kamu pasti aman dan terhindar dari penularan virus tersebut. Maka dari itu, persiapkan diri kamu dengan matang, termasuk mencari beberapa informasi seputar destinasinya, kebijakan protokol kesehatan, dan juga budgetnya.

Sayangnya terkadang saat ingin menikmati liburan selalu terganjal dengan masalah keuangan. Karena biaya untuk berwisata itu tidak murah. Maka dari itu supaya lebih hemat, kamu bisa mencoba 20 tips berwisata di bawah ini agar sesuai dengan budget yang disiapkan: 

Survei dan Minta Pendapat Orang Berpengalaman

Banyak orang seringkali merasa bingung untuk menetapkan tujuan wisatanya. Maka dari itu solusinya adalah lakukan survei dan minta pendapat dari orang yang sudah berpengalaman dan sering melakukan kunjungan ke tempat tersebut. Sehingga dari situlah kamu bisa menghitung berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk liburan.

tips liburan hemat

Tentukan Budget sejak Awal

Setelah mencari tahu destinasinya, buat rencana seputar alokasi biayanya terperinci. Rincian biaya inilah yang nantinya bisa membantu kamu menekan pengeluaran yang tidak penting. Jadi atur dana minimal untuk kebutuhan akomodasi, makan, dan transportasi sebesar 30% untuk berjaga-jaga.

Jangan Menggunakan Paket Wisata

Paket wisata umumnya hanya membuat seseorang merasa lelah karena jatah waktu liburannya sering dibatasi. Sehingga kamu bisa merasa kurang puas melakukan perjalanan liburan. Maka dari itu solusinya adalah sewa kendaraan lokal atau membawa motor sendiri untuk menjelajahi lingkungan wisata sepuasnya.

Pilih Waktu ketika Low Season

Memilih waktu yang tepat bisa menekan biaya liburan lebih murah dan hemat. Karena bukan rahasia lagi bila melakukan perjalanan ketika high season membuat semua harga tiket masuk, penginapan, dan transportasi mengalami peningkatan dan menjadi lebih mahal. Solusinya pilih low season supaya lebih murah dan santai.

Lakukan Pengecekan Harga Promo Tiket Pesawat

Tidak ada salahnya untuk rajin melakukan pengecekan terhadap harga promo tiket pesawat yang ada secara berkala. Sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang pas dengan dana liburan. Selain itu kamu juga bisa memesannya jauh-jauh hari agar mendapat harga terbaik ketika akan liburan.

Bila Memungkinkan Bawa Kendaraan Pribadi

Bila ingin berwisata ke beberapa tempat sekaligus lewat jalur darat, maka bawalah kendaraan pribadi supaya lebih murah. Meski perjalanannya semakin lama, namun hal tersebut sebanding dengan biayanya yang lebih murah. Disamping itu cara ini efektif memberikan kamu waktu untuk bersantai selama liburan.

Pakai Angkutan Umum Bila Sudah Tersedia

Bila di tempat wisata kamu sudah menyediakan sarana transportasi umum, maka gunakan kendaraan itu saja. Selain lebih hemat, cara ini efektif meminimalisir terjadinya pengeluaran. Sehingga kamu dapat menuju ke beberapa tempat wisata sekaligus tanpa memikirkan bagaimana kendaraan pribadi sendiri.

Lakukan Perjalanan Wisata di Malam Hari

Supaya lebih murah dan nyaman saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum, maka berangkatlah di malam hari. Cara ini efektif untuk menghemat biaya penginapan dan bisa membantu kamu merasa lebih nyaman ketika harus melakukan perjalanan jarak jauh supaya tidak lelah.

Ajak Teman Perjalanan Wisata

Cara terbaik untuk menekan biaya wisata adalah mengajak teman untuk sharing cost. Semakin banyak temannya, maka biayanya lebih murah. Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya penginapan dengan cara memilih kapasitas ruangan lebih banyak. Hal yang sama juga dapat terjadi ketika kamu berbicara masalah transportasi karena akan menjadi lebih hemat.

Jangan Berkunjung ke Tempat Mainstream

Jangan memilih tempat wisata mainstream karena selalu dibanjiri banyak wisatawan selama liburan. Karena bila kamu mengunjunginya, pasti akan merasa tidak nyaman dan semakin stres melihat banyaknya manusia berlalu-lalang. Untuk itu hindari tempat wisata mainstream bila ingin merasa nyaman.

Kunjungi Tempat Pariwisata Baru

Supaya lebih hemat, pilih tempat wisata yang baru saja dibuka. Karena biasanya harganya lebih murah dan terkadang gratis. Ini berbeda sekali bila kamu mengunjungi tempat yang sudah populer, umumnya harga tiketnya menjadi lebih mahal karena tiketnya normal.

Cari Tahu Tempat Liburan Gratis

Bila dananya terbatas, tidak ada salahnya untuk mencari destinasi wisata yang tiket masuknya gratis. Umumnya beberapa tempat wisata gratis itu tidak jauh berbeda suasananya dengan yang berbayar. Jadi bertanyalah pada beberapa forum online untuk menghemat isi dompet kamu.

Pilih Penginapan Murah tapi Layak

Menginap di hotel berbintang itu mahal. Solusinya adalah cari tempat penginapan yang murah tapi masih layak digunakan. Kamu bisa mendapatkannya melalui media online yang menawarkan referensi penginapan murah di sekitar tempat tujuan wisata agar lebih hemat.

Manfaatkan Koneksi WiFi Gratis

Selama liburan tentunya kamu butuh komunikasi dengan semua orang. Bila berkunjung ke luar negeri, otomatis kamu wajib membeli mobile sim card yang berlaku di negara tersebut dengan harga mahal. Solusinya gunakan koneksi wifi di lingkungan wisata supaya hemat.

Hindari Kawasan Tourist Spot

Beberapa tourist spot itu pasti harganya mahal. Jadi untuk menekan pengeluaran liburan, bawa bekal dari rumah sendiri dan jangan membeli oleh-oleh di kawasan tersebut. Karena dijamin harganya pasti akan lebih mahal daripada membelinya dari tempat lainnya.

Cari Tempat Makan Lokal agar Murah

Untuk biaya makan sebaiknya beli dari tempat lokal, bukan restoran mewah. Karena restoran selalu menyajikan makanan lebih mahal. Sehingga akan lebih murah bila kamu membelinya dari warung atau lesehan di sekitar tempat wisata. Dengan begitu biayanya lebih murah.

Bawa Makanan Minuman dari Rumah

Sebaiknya bawa bekal dari rumah, mulai dari makanan dan minuman secukupnya untuk menghemat biaya pengeluaran selama liburan. Namun tentunya bawa makanan dan minuman secukupnya saja, agar hal itu tidak mengganggu perjalanan. Dengan begitu kamu tetap merasa nyaman dan hemat ketika melakukan liburan.

Belanja Kebutuhan di Minimarket

Bila terpaksa karena tidak bisa membawa bekal dari rumah, maka kamu bisa membeli makanan dan minuman dari minimarket setempat. Harga jualnya biasanya jauh lebih murah daripada kamu membelinya dari destinasi wisata secara langsung. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan minimarket untuk memenuhi kebutuhan.

Belanja Oleh-Oleh di Pasar Tradisional

Beli oleh-oleh dari pasar tradisional saja supaya lebih murah dan dapat melakukan penawaran. Umumnya penawaran yang dilakukan bervariasi bisa dari 50 hingga 70% sehingga bisa menghemat pengeluaran selama berwisata. Dengan begitu tidak terjadi pembengkakan dana.

Beli Oleh-oleh yang Bijak

Membeli oleh-oleh itu tidak harus selalu mahal, namun jangan berbelanja barang murahan. Yang paling penting adalah harus berkesan dan unik. Misalnya seperti kaos, hiasan rumah, cemilan tradisional, dll. Beli oleh-oleh yang menggambarkan ciri khas destinasi wisata agar terasa berkesan bagi penerimanya.

Related Posts