14 Cara Laris Jualan di Instagram. Banjir Orderan Tiap Hari.

Jualan online kini sudah menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan siapa saja. Meskipun Anda masih pemula dalam hal berbisnis, Anda tidak perlu khawatir.

Berikut ini adalah 20 tips jualan online yang bisa Anda coba dan terapkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis online yang dijalankan.

Survey Kondisi Pasar

Survey kondisi pasar bertujuan untuk melihat barang apa saja yang sedang diminati oleh masyarakat saat ini. Anda bisa melakukan survey melalui fenomena yang terjadi di masyarakat sekitar. Selain itu, Anda juga bisa melihat minat pasar melalui sosial media yang saat ini digunakan oleh hampir semua kalangan.

Persiapkan Modal yang Diperlukan

Tips Jualan Online
sumber: unsplash

Tips kedua yang menjadi kunci utama untuk memulai berjualan online adalah persiapan modal yang diperlukan. Anda tidak diharuskan untuk langsung membeli banyak barang. Bila Anda masih ingin mencoba berjualan online, Anda dapat memulai dengan modal yang kecil terlebih dahulu.

Pilih Sistem Penjualan

Sistem penjualan juga menjadi salah satu kunci utama yang harus dipikirkan. Pemilihan sistem penjualan yang dilakukan akan mempengaruhi tingkat penjualan dan penghasilan yang didapatkan. Anda bisa memilih beberapa cara untuk memulai penjualan toko online. Di awal memulai berjualan secara online, Anda bisa memulai promosi melalui sosial media atau memulai berjualan melalui beberapa ecommerce.

Gunakan Cara Marketing yang Tepat

Bila Anda ingin agar penjualan bisa mencapai target tertentu, Anda harus menentukan teknik marketing yang tepat. Teknik marketing berperan besar dalam hal menarik pembeli yang akan berbelanja di toko online Anda. Pastikan Anda mengetahui produk apa saja yang akan Anda jual sehingga teknik marketing yang dipilih bisa lebih tepat.

Bila target marketing merupakan kalangan remaja atau dewasa muda, Anda bisa menggunakan sosial media sebagai media promosi utama. promosi yang gencar akan meningkatkan penghasilan yang Anda dapatkan selama berbisnis melalui toko online.

Adakan Giveaway

Bila ingin meningkatkan engagement dari akun sosial media toko online, Anda bisa mencoba cara giveaway untuk menarik minat para calon customer. Saat ini, giveaway sangat diminati oleh para pengguna media sosial. Bila dilakukan dengan sistem yang tepat, misalnya dengan meminta para pengguna sosial media untuk merepost salah satu post dari akun sosial media toko online Anda, secara tidak langsung Anda bisa meningkatkan engagement yang didapatkan.

Giveaway bisa menjadi salah satu cara promosi yang dapat dilakukan dengan mengoptimalkan akun sosial media. Hadiahnya bisa berupa produk yang Anda jual atau beberapa produk pendukung lain yang bisa menambah minat para calon pembeli yang akan melihat toko online Anda.

  1. Gunakan Lebih Dari 1 Platform

Hasil berjualan online akan lebih optimal bila Anda menggunakan lebih dari 1 platform untuk menjual berbagai barang. Saat ini banyak tersedia platform berjualan online yang bisa Anda akses secara gratis. Tentu kelebihan ini harus benar-benar Anda optimalkan.

  1. Buka Kesempatan Untuk Para Reseller

Agar Anda memiliki banyak pendukung yang mau turut menjual barang dari toko online Anda, sangat disarankan untuk membuka kesempatan bagi para reseller yang ingin bergabung. Reseller dapat membantu Anda untuk memperluas area penjualan, bahkan hingga menjangkau ke seluruh Indonesia.

  1. Coba Sistem Dropship

Sebagai pengembangan dari sistem reseller yang sudah diterapkan, Anda juga bisa mencoba sistem dropship. Penawarannya bisa Anda umumkan di Instagram sehingga bagi siapapun yang ingin mendapatkan keuntungan dari menjual produk dari toko online Anda bisa langsung menghubungi Anda untuk info lebih lanjut.

  1. Optimalkan Fungsi Sosial Media

Sudah menjadi rahasia umum bila media sosial kini digunakan oleh hampir semua kalangan. Tentu saja hal ini menjadi poin utama yang harus Anda pertimbangkan. Pastikan Anda mengoptimalkan fungsi sosial media dari toko online Anda untuk menjual berbagai jenis barang.

  1. Kuasai Product Knowledge

Sebagai penjual, sebaiknya anda benar-benar membiasakan diri untuk menguasai product knowledge dari apapun yang Anda tawarkan. Customer akan menjadikan Anda sebagai sumber informasi. Agar tidak ada informasi yang menyesatkan dan mengecewakan konsumen, Anda wajib untuk menguasai seluruh pengetahuan dan keterangan terkait produk yang dijual.

  1. Gunakan Foto yang Menarik

Berjualan melalui toko online berarti Anda harus mengandalkan foto dan deskripsi sebagai informasi yang akan diberikan kepada para customer. Agar para konsumen tertarik untuk membeli produk melalui toko online Anda, pastikan Anda mengambil foto yang menarik dan membuat orang penasaran untuk mencoba produk yang Anda jual.

  1. Berikan Diskon Untuk Pelanggan Setia

Dalam rangka menjaga para pelanggan setia agar selalu berbelanja melalui toko online, Anda bisa memberikan diskon kepada para pelanggan setia yang sudah beberapa kali berbelanja melalui toko online Anda. Cara ini bisa membuat banyak pelanggan terus kembali untuk membeli melalui toko online Anda.

  1. Perluas Target Penjualan

Setelah berjualan selama beberapa waktu,Anda bisa mengembangkan bisnis Anda dengan memperluas target pasar. Perluasan target pasar harus diiringi dengan kecepatan layanan dan pengembangan sistem yang dilakukan secara berkala pada toko online Anda.

  1. Update Stok Secara Berkala

Stok barang yang tertera pada toko online menjadi media utama pagi calon customer untuk melihat ketersediaan barang pada toko online Anda. Agar konsumen tidak kecewa, Anda wajib untuk selalu mengupdate stok barang yang tersedia.

  1. Ikuti Perkembangan Minat Pasar

Perkembangan minat pasar merupakan sebuah hal yang sangat dinamis. Tidak bisa dihindarkan bahwa perkembangan minat pasar akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Agar para pelanggan tidak kehilangan minat untuk berbelanja melalui toko online Anda, sangat disarankan untuk mengikuti perkembangan pasar yang terjadi dan terus mengupdate barang dagangan Anda.

  1. Berikan Merchandise Unik Untuk Pada Customer

Demi meningkatkan kesan dan minat para customer, Anda bisa memberikan merchandise unik sebagai salah satu binus untuk setiap pembelian. Pemberian barang yang berkesan untuk para customer dapat meningkatkan minat customer untuk membeli berbagai barang melalui toko online Anda.

  1. Berikan Layanan Cepat Untuk Seluruh Customer

Sebagai penjual, layanan cepat merupakan salah satu poin utama yang harus selalu diperhatikan. Customer tentu menginginkan pelayanan yang cepat untuk setiap pertanyaan atau proses pembelian. Anda harus selalu cepat dan tanggap untuk semua keinginan konsumen yang membutuhkan jawaban dari Anda.

  1. Lakukan Packaging Sebaik Mungkin

Dalam hal pengemasan, pastikan Anda melakukan packaging untuk setiap pengiriman dengan baik dan benar. Bila barang yang dikirimkan merupakan barang yang rawan pecah atau fragile, tidak ada salahnya untuk memberikan proteksi tambahan agar barang aman hingga ke tangan konsumen.

  1. Ikut Komunitas Penjual Online

Agar toko online Anda semakin dikenal oleh masyarakat luas, tidak ada salahnya untuk menjalin relasi dan bergabung pada komunitas toko online. Komunitas tersebut bisa menambah pengetahuan untuk Anda. Selain itu, berbagai kabar terbaru biasanya bisa Anda dapatkan melalui komunitas penjual online.

  1. Saat Bisnis Telah Berkembang, Buat Website Khusus

Bila di kemudian hari bisnis Anda sudah berkembang, Anda bisa membuat website sendiri dan meningkatkan kecepatan layanan. Website khusus toko online Anda akan menambah kepercayaan konsumen. Selain itu, para konsumen juga akan lebih mudah untuk menemukan barang yang dicari.