Mengintip Pulau Milik Asing di Selatan Jawa – Ternyata Fasilitasnya Lengkap

YouTube video

Mengejutkan, ternyata di sebelah selatan dekat Jawa terdapat pulau milik negara Australia. Pulau bernama Christmas itu letaknya sangat dekat ke Indonesia daripada jarak ke pemiliknya, negara kangguru.

Pulau Christmas ini berjarak sekitar 400 km dari Pelabuhan Ratu, sementara untuk mencapai Australia dibutuhkan perjalanan sejauh 2000 kilometer. Kira-kira bagaimana rupa taman nasional ini ketika dilihat dari dekat?

Melalui video youtube Okepedia, para pemirsa bisa melihat penampakan wilayah ini dengan disertai gambaran dan juga penjelasan lebih lengkap. Mulai dari populasi, luas wilayah, serta berbagai fakta unik lainnya.

Keadaan Alam dan Iklim Christmas Island

Wilayah ini terletak di belahan bumi bagian selatan, di mana sudah pasti memiliki iklim tropis dengan dua musim saja. Tercatat sebanyak 1.500 warga bermukim di wilayah barat daya Pulau Jawa ini.

Area sebelah utara adalah tempat di mana para warga lokal bermukim di Christmas Island yang memiliki luas hanya 135 kilometer persegi. Luasnya bahkan tidak lebih besar dari Pulau Wei di Aceh.

Sebagian besar wilayah Christmas Island dijadikan taman nasional, terdapat berbagai flora serta fauna unik khas. Hal ini karena adanya sebuah hutan purba yang masih bersih dari jangkauan tangan manusia.

Jika ditelusuri lebih jauh mungkin Anda dapat menjumpai flora atau fauna endemik yang keberadaannya hanya di Christmas Island. Mengingat masih murninya alam di bagian negara Australia tersebut.

Kondisi Demografis serta Fasilitas Pulau

Penduduk di sini berasal dari berbagai etnis seperti Chinese, Melayu, dan Eropa yang datang dari benua utama Australia. Keberagaman dapat dilihat melalui berdirinya tempat-tempat ibadah beragam agama contohnya masjid dan gereja.

Jika diamati melalui Google Earth atau Maps, bisa dilihat bahwa tempat ini memiliki fasilitas penunjang cukup baik seperti tiang-tiang listrik, jalanan rata, serta beragam bangunan. Menandakan majunya pemerintahan Australia.

Penampakan rumah-rumah penduduk tidak terlalu padat, terkesan damai dengan halaman luas beserta pohon-pohon cukup rindang. Meskipun tidak seramai ibukota, sepertinya area ini cocok bagi Anda yang membutuhkan suasana tenang.

Walaupun letaknya sangat terpencil, butuh waktu dan jarak tempuh cukup jauh untuk sampai ke sini. Namun penduduk disini bisa hidup rukun berdampingan dengan sesama dan alam sekitarnya.

Pengunggah Video : Okepedia

Tanggah Diunggah : 1 November 2018


20 Tips Berjualan Online Agar Lebih Efektif dan Laris Bagi Pemula.

Zaman modern seperti ini kebanyakan masyarakat memilih belanja online ketimbang langsung datang ke outlet atau toko. Hal ini dikarenakan  biaya yang dikeluarkan lebih murah dan juga menghemat biaya transportasi. Belum lagi masyarakat Indonesia penetrasi penggunaan internetnya sangat tinggi. 

Dengan munculnya fenomena ini banyak sekali pebisnis yang mengembangkan bisnisnya secara online karena dirasa lebih menguntungkan. Namun, apakah kamu masih kesulitan untuk mengembangkan bisnis online terutama bagi pemula ? untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana tips agar jualan online agar lebih maju dan dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Berikut 20 tips berjualan online agar lebih laris bagi pemula. 

YouTube video
8 TIPS LARIS JUALAN DI SHOPEE MENUJU STAR SELLER. Video oleh Christina Lie

Menyiapkan modal yang cukup 

Modal adalah peran utama dalam menjalankan suatu bisnis. Sekalipun itu bisnis online. Besar kecilnya modal yang kamu punya tergantung dari besar atau kecil usaha yang kamu jalankan. Untuk bisnis online kamu perlu menyiapkan modal koneksi internet seperti laptop atau smartphone dan juga modal untuk produk.

Harus mempunyai tekad yang kuat

Dalam merintis bisnis dari nol perlu disiapkan tekad yang kuat dalam diri kamu. Kamu harus berusaha lebih keras agar bisnis kamu berjalan dengan lancar. Menjalankan bisnis online memang tidak mudah untuk itu kamu jangan mudah menyerah dalam menjalankanya

Ikut dalam komunitas yang positif 

Menambah ilmu soal bisnis bisa menambah pengetahuan bisnis kamu. Kamu bisa mengikuti komunitas-komunitas bisnis misalnya komunitas pebisnis online muda, komunitas online seller meet up, dan lain sebagainya. Dari situ kamu bisa belajar lebih banyak mengenai ilmu bisnis online dan bisa mencari solusi yang baik bila terjadi kesalahan dalam bisnis kamu. 

Tips Jualan Online
source: unsplash

Membentuk Team dan menciptakan kerja team yang baik 

Membentuk team berfungsi untuk membantu kamu dalam menjalankan bisnis agar tidak keteteran. Kamu harus pintar mencari rekan bisnis pilihlah rekan bisnis yang pekerja keras, rajin dan jujur.  Kamu juga perlu melakukan evaluasi team bisa dilakukan 1 minggu sekali agar team mengetahui kesalahan yang diperbuat dan mencoba memperbaikinya.

Memilih jenis produk yang akan dijual 

Selanjutnya, kamu harus menentukan produk apa yang akan di jual. Pilihlah produk apa yang ingin kamu tekuni dan sesuaikan dengan modal yang kamu punya. Baiknya kamu menjual produk yang kamu sukai dan jangan menjual produk tetapi tidak sesuai dengan modal yang dimiliki. 

Memilih  metode jualan online 

Kamu bisa memilih metode jualan online seperti dropship, reseller, menjual karya sendiri, menjual barang bekas ataupun menawarkan jasa keahlian kamu

Menjual produk yang peminatnya tinggi 

Memilih produk yang memiliki banyak peminat sangatlah penting. Apa lagi produk tersebut sedang nge trend atau naik daun. Cara ini dirasa sangat memaksimalkan bisnis kamu sehingga untuk kedepannya kamu mudah memilah barang yang banyak diminati oleh konsumen. Namun, kamu harus terus mengikuti perkembangan zaman terutama bisnis online kamu bergerak dalam bidang fashion. 

Buka di banyak lokasi 

Berjualan online jangan terpaku ke satu tempat saja. Kamu bisa menggunakan banyak platform jualan online seperti marketplace, forum jual beli, website, media sosial atau toko online pribadi. Lebih banyak platform yang kamu gunakan lebih banyak pula konsumen yang mengetahui toko online kamu. 

Promosikan produk secara online 

Marketing atau Mempromosikan produk sangatlah penting. Cara ini harus dilakukan agar konsumen mengetahui secara spesifik produk yang kamu jual. Kamu bisa memasang iklan online di media sosial ataupun platform lainnya.

Promosikan produk secara offline 

Kamu juga bisa mempromosikan produk yang kamu jual secara offline. Kamu bisa mengikuti beberapa even seperti mengikuti bazar atau memasang iklan di spanduk, menyebar brosur, dan lain sebagainya. Jangan lupa isi iklan tersebut untuk diarahkan ke toko online kamu

Pastikan foto produk anda menarik pelanggan 

Foto  yang menarik sangat menentukan apakah produk yang anda jual menarik atau tidak. Pastikan foto tersebut terlihat jelas, tidak blur, dan pencahayaan yang cukup. Pembeli memutuskan jadi membeli atau tidak kebanyakan melihat dari sisi gambar yang ditampilkan. 

Mengatur stok produk 

Kelola stok produk dengan baik. kamu bisa mencatat setiap barang masuk, dan juga mencatat barang keluar dari lokasi penyimpanan produk

Atur dengan baik letak produk pada toko online 

Agar jualan kamu tambah laris, kamu harus mengatur tata letak dengan benar. Rumusnya kamu bisa menempatkan produk unggulan di tempat yang paling terlihat atau paling awal. Kamu bisa menambahkan label best seller, recommended, terlaris dan sebagainya.

Buat promo diskon 

Agar banyak calon pelanggan kamu dapat membuat promo diskon di waktu-waktu tertentu. Misalnya kamu memberikan diskon pada perayaan hari lebaran, tahun baru, natal, valentine, akhir tahun dan hari-hari spesial lainnya. Promo itu bisa berupa diskon 50 % atau get 1 free 1 dan diskon-diskon lainnya. 

Melakukan perencanaan keuangan 

Jangan sampai bisnis online yang kamu jalankan tidak menguntungkan. Untuk itu perlu dilakukan perencanaan keuangan dengan matang.  Kamu harus bisa memisahkan mana keuangan pribadi dan keuangan untuk bisnis. Jangan kamu bercampurkan uang tersebut menjadi satu. 

Belajar melalui ahlinya 

Meskipun kamu sudah bisa mendirikan bisnis online ada baiknya kamu banyak belajar dengan ahlinya agar bisnis yang kamu jalankan semakin maju. Agar pengetahuan tentang bisnis bertambah, Kamu bisa lebih banyak bertanya kepada pemilik bisnis online yang sudah mulai terlebih dulu dari kamu 

Belajar tentang teknologi bisnis

Semakin kesini kecanggihan teknologi semakin maju. Kamu perlu mempelajari tentang teknologi bisnis terlebih bagi kamu pemula. Bagaimana mungkin kamu menjalankan bisnis tapi tidak mengetahui banyak hal tentang teknologi, ini sangat bermanfaat untuk bisnis online kamu kedepannya. 

Membuat inovasi baru 

Berbisnis online haruslah kreatif. Inovasi-inovasi baru bisa kamu keluarkan agar konsumen lebih tertarik. Untuk membedakan dari toko online lainnya kamu dapat mempercantik pengemasan atau membuat inovasi rasa baru jika bisnis kamu bergerak di kuliner atau makanan. 

Belajar dari kesalahan 

Memang bagi seorang pemula mendirikan suatu bisnis sangatlah tidak mudah. Pebisnis yang sudah lama berdiri pun terkadang masih membuat kesalahan maka tidak heran kesalahan bisa saja terjadi bagi pemula. Kesalahan tersebut harus dijadikan pembelajaran kedepannya agar tidak mengulang kesalahan yang sama dan melakukan introspeksi. 

Mengetahui kapan waktunya untuk berhenti 

Sikap pantang menyerah memang sangat baik untuk memulai mendirikan bisnis online. Tetapi kamu juga perlu menyadari sikap tersebut harus di imbangi dengan realitas yang ada. Jika bisnis yang dijalankan mengalami kegagalan berulang-ulang kamu harus mempertimbangkan untuk berhenti atau mengganti ide bisnis online yang lain. Mungkin saja dengan kamu mengganti bisnis online dengan sesuatu yang lebih kreatif bisnis  kamu lebih berkembang dan makin laris.  

Related Posts