20 Tips Belajar Bahasa Inggris

Lakukan tiap hari! 4 TIPS yang bisa BIKIN FASIH BAHASA INGGRIS. Video oleh Naila Farhana

Sekarang ini rasanya hampir semua orang bisa berbahasa Inggris atau paling tidak sebagian besar orang pasti mengenai bahasa Inggris meskipun hanya sedikit-sedikit.

Bisa bahasa Inggris memang sangat menguntungkan sekali, terlebih lagi di era globalisasi seperti sekarang ini.

Kendati demikian belajar bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah. Butuh kemauan serta tekad yang besar untuk mewujudkannya. Terkadang belajar bahasa Inggris juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Nah, berikut ini adalah 20 tips belajar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa banyak mengeluarkan biaya. Penasaran? Yuk, simak tips di bawah ini!

Belajar materi yang paling mudah

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat, sebaiknya kamu memulai dengan mempelajari materi yang paling mudah dahulu. Jangan sampai tiba-tiba kamu belajar menggunakan materi yang paling sulit. Karena dengan begini kamu pasti akan sangat kesulitan dan akhirnya kamu pasti akan menyerah. Contohnya kamu bisa mulai dengan mengafal alphabet, belajar present tense, dan membaca cerita anak-anak atau dongeng.

Tips Belajar Bahasa Inggris

Belajar kata-kata dasar dalam bahasa Inggris

Sebaiknya kamu mempelajari kata-kata dasar bahasa Inggris sebelum kamu menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Misalnya, ada baiknya kamu mempelajari kata-kata yang sering digunakan pada percakapan yang biasa dilakukan sehari-hari. Kamu bisa belajar kata sapa aku, kamu, dia, mereka dan kata-kata sederhana lainnya yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Jangan menghafalkan kosakata

Siapa bilang menghafalkan kosakata kata bahasa Inggris bisa menjamin kemampuan berbahasa Inggris seseorang? Menghafal kosakata bahasa Inggris memang tidak salah, akan tetapi jika kamu ingin cepat bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris yang baik, menghafal kosakata tidak bisa banyak membantumu.

Lebih baik kamu membuat kalimat-kalimat pendek atau kalimat sederhana dari kosakata yang telah kamu ketahui. Setelah itu, coba ucapkan kalimat yang telah kamu buat tersebut secara berulang-ulang. Lebih bagus lagi ketika kamu mengucapkan kalimat-kalimat tersebut, kamu sudah tidak memegang teks kamu lagi ya.

Pelajari grammar dengan baik

Belajar grammar memang bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, grammar ini penting banget untuk menunjang kemampuan komunikasi kamu menggunakan bahasa Inggris dengan efektif. Tanpa grammar bahasa Inggris kamu akan kacau.

Banyaklah belajar listening

Listening atau mendengarkan adalah salah satu cara ampuh belajar bahasa Inggris. Apa lagi jika kamu hobi dengerin musik pasti cara belajar yang satu ini akan menyenangkan sekali. Agar listening yang kamu lakukan lebih efektif, maka kamu bisa mencatat apa yang sudah kamu dengarkan tadi.

Setelah itu, periksalah catatanmu dengan lirik yang kamu dengarkan tadi. Lihat hasilnya, apakah ada kesalahan atau benar semua. Dengan begini kamu bisa menambah tingkat kesensitifan telingamu terhadap bahasa Inggris.

Perbanyaklah reading

Reading atau membaca adalah salah satu cara ampuh untuk belajar bahasa Inggris. Kamu bisa mulai membaca apapun yang menggunakan bahasa Inggris. Jika kesulitan kamu bisa membaca literatur bahasa Inggris untuk pemula baru kemudian naik level. Kamu juga bisa membaca bacaanmu dengan suara yang lantang dan keras agar lidahmu cepat terbiasa dengan bahasa Inggris.

Berpikir dan berbicara menggunakan bahasa Inggris

Cara cepat bahasa Inggris yang bisa kamu coba selanjutnya adalah banyak-banyak berbicara dalam bahasa Inggris atau speaking. Dan bukan hanya itu Saha, kamu juga harus membiasakan diri untuk berpikir dalam bahasa Inggris. Caranya kamu bisa meluangkan waktu dan juga latihan untuk berpikir dalam bahasa Inggris. Kamu harus bisa membiasakan durimu untuk melakukan hal tersebut agar kemampuan speaking mu bisa meningkat dan efektif.

Perbanyak menulis menggunakan bahasa Inggris

Agar bahasa Inggris kamu bagus, kamu bisa latihan menulis menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa memulai dengan menulis diary, menulis lagi, puisi bahkan menulis cerita. Kamu cukup menulis sekitar 10 menit sehari saja. Intinya tulis apapun yang ada di kepalamu. Nggak pede sama grammar? Jangan khawatir kamu tidak perlu memikirkan grammar, baru setelah kamu selesai menulis kamu bisa mengoreksi tulisanmu. Kamu bisa koreksi ejaannya, diksinya, dan grammarnya.

Menonton film bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris itu menyenangkan kok. Buktinya kamu bisa menonton film barat favoritmu sekaligus belajar bahasa Inggris. Pertama-tama kamu bisa menonton film menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Namun, setelah itu kamu harus menontonnya tanpa subtitle. Jika kamu menemukan kata yang asing atau sulit bagimu, ambil notepad dan tulis. Setelah itu cari tahu artinya. Lumayan kan buat nambah kosakata baru.

Telaten membaca kamus bahasa Inggris

Jika membaca novel, cerpen, atau mendengarkan lagi terlalu menyenangkan bagi kamu, maka kamu bisa coba cara yang lebih menantang yaitu membaca kamus bahasa Inggris dengan tekun. Dengan ini kamu bisa menambah kosakata bahasa Inggris dengan cepat.

Terus berlatih kapan saja dimana saja

Agar kamu bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan cepat dan efektif, jangan malu untuk mempraktikkannya kapan saja dan dimana saja. Ingat ya practice makes perfect!

Belajar bahasa Inggris menggunakan aplikasi

Belajar bahasa Inggris tidak hanya bisa kamu lakukan dengan membaca buku, atau mendengarkan musik hlo. Tapi, kamu juga bisa belajar dengan menggunakan aplikasi. Dengan cara ini belajar bahasa Inggris bisa menjadi lebih mudah karena ada level-level yang harus kamu lalui.

Bahan ajar yang ada di aplikasi juga lengkap banget. Intinya belajar bahasa Inggris melalui aplikasi bisa ngebantu kamu banget.

Manfaatkan internet

Sekarang ini apapun semakin mudah dengan adanya internet. Tidak terkecuali juga belajar bahasa Inggris. Di internet kamu bisa menemukan banyak banget website yang bisa membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari

Membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari bisa membantu kamu lebih cepat belajar bahasa Inggris hlo. Karena dengan mempraktikkan nya kamu bisa cepat menguasai bahasa Inggris. Pokoknya belajar saja tidak cukup, namun harus dibarengi dengan praktik juga.

Mencari tahu vocabulary bahasa Inggris yang kamu tidak tahu

Jika saat mendengarkan musik, menonton film, serta membaca literatur bahasa Inggris kamu menemukan ada kata-kata yang tidak kamu pahami, maka kamu harus mencatatnya dan kemudian Cari tahu artinya. Setelah itu hafalkanlah. Ini adalah salah satu cara belajar bahasa Inggris yang cepat dan efektif yang layak untuk dicoba.

Berdiskusi menggunakan bahasa Inggris bersama teman

Tahukah kamu jika belajar bersama akan lebih mudah dibandingkan dengan belajar sendiri? Oleh karena itu, ajaklah temanmu untuk sering-sering ngobrol atau berdiskusi menggunakan bahasa Inggris. Dengan begini, kamu bisa mengasah kemampuan speaking sekaligus pronunciations-mu. 

Berkomunikasi dengan teman yang mahir bahasa Inggris

Jika kamu mempunyai teman yang mahir berbahasa Inggris, maka kamu bisa mengajaknya berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Dengan begini maka anda bisa mengamati cara teman anda berbicara sekaligus meningkatkan kemampuan speaking anda juga.

Berteman dengan orang asing yang mahir bahasa Inggris

Sekarang ini mudah banget bagi kamu untuk bisa berteman dengan orang asing yang menguasai bahasa Inggris. Terlebih lagi dengan adanya berbagai macam platform sosial media yang bisa kamu gunakan untuk terhubung dengan mereka. Kamu bisa berkenalan dengan mereka dan jangan tahu untuk mengatakan kamu sedang belajar berbahasa Inggris. Dengan begini kamu akan semakin percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggris kamu.

Konsisten

Agar kamu bisa lebih cepat menguasai bahasa Inggris maka kamu juga harus konsisten dalam belajar sekaligus mempraktikkan-nya. Jangan hanya setengah-setengah dalam melakukannya. Dengan konsisten maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan usaha yang telah kamu lakukan.

Kursus

Jika kamu merasa kesulitan melakukan ke sembilan belas tips di atas, maka kamu bisa menempuh langkah terakhir yaitu kursus. Akan tetapi dengan kursus kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk belajar bahasa Inggris. Namun tidak masalah karena pastinya nanti hasilnya akan sebanding dengan apa yang telah kamu bayarkan.