7 Negara di Sekeliling Indonesia yang Tidak Banyak Diketahui

Indonesia memang terkenal sebagai negara kepulauan, dimana banyak sekali pulau-pulau yang berada di Indonesia namun masih banyak yang belum dikunjungi. Selain itu Indonesia juga dikelilingi oleh beberapa negara kepulauan, yang bahkan wilayah tersebut juga jarang terekspos.

Beragamnya negara yang mengelilingi Indonesia ini, ternyata memiliki keindahan yang mengagumkan. Sayangnya tempat ini masih jarang dikunjungi wisatawan lain, bisa disebabkan karena luas wilayahnya tidak terlalu besar atau letaknya terpencil.

Meskipun Indonesia memang memiliki keindahan tiada tara, tidak ada salahnya jika Anda tertarik menjadikan deretan negara ini menjadi destinasi wisata anda. Selain itu letaknya yang berdekatan, membuat wilayah ini tidak memakan banyak waktu untuk menuju kesana.

Deretan Negara yang Letaknya di Sekitar Indonesia dan Jarang Diketahui

Banyak sekali negara di dunia, bahkan ada beberapa tempat yang masih terdengar asing di telinga anda. Yang pasti Anda wajib mengetahui, deretan negara apa saja yang cukup menarik untuk dikunjungi.

1. Palau

Negara kepulauan ini terletak Samudera Pasifik, berjarak 200 km sebelah utara wilayah Papua Barat, 255 km sebelah timur wilayah Maluku Utara, 500 km sebelah timur wilayah Sulawesi Utara. Ngarulmud merupakan ibu kota Palau, dan memiliki 8 pulau utama serta 200 pulau kecil.

2. Pulau Natal

Merupakan wilayah terluar negara Australia, dan letaknya di sebelah barat daya pulau Jawa. Masyarakatnya kurang lebih 2.000 jiwa, Flying Fish Cove merupakan ibu kota Pulau Natal. Pulau Natal terkenal akan spesies kepiting merah, serta beragam flora dan fauna endemik unik.

3. Pulau Norfolk

Norfolk terletak di Samudera Pasifik, tepatnya di antara Australia, Selandia Baru dan Kaledonia Baru. Pulau Norfolk terkenal akan Pohon Cemara yang khas, juga menjadi simbol negara. Kingston merupakan ibu kota Pulau Norfolk, pada tahun 2016 populasinya mencapai 1.748 jiwa.

4. Federasi Mikronesia

Letaknya cukup dekat dengan Indonesia, tepatnya di sebelah utara Papua. Federasi Mikronesia memiliki 2.100 pulau, serta Palikir merupakan ibu kota negara ini. Jumlah populasi pada wilayah ini mencapai 106.000 jiwa pada tahun 2016.

5. Guam

Guam beribukota di Hagatna, dengan populasinya mencapai 166.200 jiwa pada tahun 2019. Hal unik yang terdapat di Guam adalah, populasi ular pada wilayah ini cukup tinggi yaitu 2.000 ular per km persegi.

6. Kepulauan Cocos

Letak kepulauan ini berada di wilayah luar negeri Australia, Samudera Hindia dan terdiri dari 2 atol dan 27 kepulauan koral. Uniknya adalah Kepulauan Cocos merupakan satu-satunya negara yang mayoritas penduduknya beragama islam.

Hal itu disebabkan karena kebanyakan penduduknya bangsa Melayu Cocos, dan sisanya bangsa Eropa serta Australia beragama Kristen. Beribu kota di West Island dengan jumlah penduduk mencapai 600 jiwa tahun 2014.

7. Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini, dan jumlah penduduknya mencapai 580.000 jiwa pada tahun 2013, serta beribukota di Honiara

Angka dan Data Channel mengunggah tayangan menarik ini pada tanggal 30 April 2021, dan hingga saat ini tayangan tersebut telah ditonton sebanyak 752.478 penonton.  Anda bisa menyaksikan video tersebut melalui https://www.youtube.com/watch?v=pTkv9XbbeVQ .

Wilayah negara yang terletak di dekat Indonesia ini, memiliki keindahan yang tiada tara. Serta banyak wilayah yang masih terdengar asing, dan memiliki keunikannya sendiri.

Menikmati Keindahan Laut Dan Berwisata Edukasi Di Pantai Kartini Jepara

Jepara merupakan sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang selama ini dikenal sebagai pusat industri kerajinan meubel dan ukir. Namun ternyata, selain ukiran dan furniture, kota ini juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah mengagumkan, yakni Pantai Kartini.

Pantai Kartini secara geografis terletak di desa Bulu, kabupaten Jepara, propinsi Jawa Tengah atau sekitar 2.5 km dari pusat kota Jepara. Letak pantai ini terbilang cukup strategis karena tepat berada di jalur transportasi laut menuju Pulau Panjang dan Taman Nasional Karimunjawa.

Akses Menuju Pantai Kartini

Pantai Kartini dapat dengan mudah diakses melalui kota Semarang yang merupakan ibu kota propinsi Jawa Tengah. Dari kota tersebut, Anda hanya tinggal mengambil rute Semarang – Demak – Jepara. Moda transportasi terbaik adalah dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Apabila Anda ingin memiliki cukup waktu maka ada baiknya menyewa mobil dari Semarang. Jarak antara pantai Kartini dengan pusat kota Jepara hanya sekitar 3 km. Perjalanan menuju pantai juga tidak sulit karena ada banyak penunjuk arah di sepanjang jalan.

Ketika Anda sampai di kawasan pantai, maka Anda akan menemukan dua gerbang masuk, yakni gerbang menuju dermaga yang biasa digunakan wisatawan yang hendak ke Karmunjawa dan gerbang masuk menuju pantai.

Hal yang Menarik di Pantai Kartini

Nama Kartini digunakan untuk mengenang pahlawan wanita R.A. Kartini yang memang lahir di kota tersebut. menurut cerita masyarakat, dulu R.A. Kartini dan keluarganya sering sekali berkunjung ke pantai tersebut.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan ombak yang tergolong tenang. Oleh karenanya sangat sesuai bagi seluruh anggota keluarga. Selain panoramanya yang indah, terdapat beberapa wahana yang bisa Anda temukan di sana seperti Kura – Kura Ocean Park, tempat bermain anak – anak, vatur raksasa, spoor mini, panggung hiburan, kolam kecek, tugu Kartini dan lain sebagainya. Pemerintah kabupaten Jepara juga membangun wahana – wahan lain seperti rumah bajak laut, wave house, mini bumper boat, kapal pesiar mini bianglala dan masih banyak lagi, dengan harapan akan semakin banyak keluarga yang tertarik untuk berkunjung ke sana.

dari sekian banyak wahana yang ada di Pantai Kartini, Kura – Kura Ocean Park adalah yang paling diminati. ini merupakan sebuah akuarium raksasa berbentuk kura – kura yang dibangun sebagai sarana edukasi mengenai kehidupan bawah laut Indonesia.

Wahana dua lantai menawarkan beragam hal yang sangat menarik. Di lantai satu, terdapat taman laut dengan akuarium raksasa dengan lorong bawah laut. Jika Anda masuk ke dalam lorong, maka Anda akan dapat melihat beragam jenis ikan, mulai dari buntal, giant trevally, kakap, kerapu, jenaha, triger, dotty back hingga hui.

Selain akurarium raksasa, juga terdapat 12 akuarium dinding dan 4 buah akuarium portable yang juga berisi beragam jenis ikan berukuran kecil. Di lantai ini pula, disediakan touch pool yang berisi kura – kura dan ikan air tawar. Anda diijinkan untuk menyentuh kura – kura maupun ikan tersebut. bagi Anda yang ingin melakukan fish spa, tempat ini juga menyediakan kolam berisi ikan Garra Rufa dari Turki.

Di lantai atas, Anda akan dapat menemukan Jepara Science Park yang menghadirkan Air Mancur Melayang, Papan Kreatif, Peraga Sensor Gerak dan Tepuk, kipas angina tanpa baling – baling, simulator pesawat dan lain sebagainya. Di lantai ini pula, Anda bisa menyaksikan pertunjukan IMAX Deep Sea 3D yang tentunya akan sangat menarik bagi anak – anak.