Dikurung, dipasung 14 Tahun, Akhirnya Bebas, Warga Semua Sampe Takut

Rian pergi ke Tasik untuk mengikuti proses pelepasan ODGJ yang telah dipasung selama 14 tahun. ODGJ bernama Pak Basir tersebut dilepaskan oleh pak Haji dan beberapa warga untuk  dibawa ke pesantren.

Pada video kali ini Rian memulai dari pesantren milik Pak Haji. Ia mengobrol bersama Delis, seorang anak perempuan yang dulu anak punk, kini dipesantrenkan dan berhijab.

Perjalananan Menuju Tempat Pasung di Tengah Hutan

Selama perjalanan menuju lokasi pemasungan, Rian banyak mengobrol dengan Delis. Ketika melihat sebuah truk melewati mobil yang mereka naiki, ia bertanya apa Delis pernah nebeng truk seperti anak punk lainnya.

Ia juga bertanya apa perempuan itu baik-baik saja dan tidak disakiti oleh pihak lain. Delis menjawab ia sudah pernah nebeng truk ke tempat yang jauh dan selama itu baik-baik saja. Meskipun banyak kasus kecelakaan.

Setelah turun dari mobil, Rian, Pak Haji dan warga harus berjalan kaki kurang lebih 1 km menuju hutan. Selama menuju lokasi pemasungan, mereka melewati beberapa rumah dan sawah.

Hanya ada beberapa rumah penduduk dengan jarak cukup jauh.

Setelah mencapai rumah pemasungan, Rian mengucap salam kemudian dijawab oleh Pak Basir dari dalam. Rian kemudian menawari rokok dan bertanya cara membuka pintu.

Pak Basir menjawab ditarik 3 cm namun Rian tidak paham maksudnya apa. Lalu laki-laki berkacamata itu kembali bertanya, justru dijawab lem sehingga membuatnya berpikir bahwa Pak Basir kocak.

Setelah 30 menit berlalu akhirnya pintu dapat dibuka dan berhasil menemui Pak Basir. Setelah mengobrol selama beberapa saat, Pak Basir dikeluarkan dari rumah. Rian mengatakan bahwa Pak Basir dahulu pernah membakar rumah.

Dahulu Pak Basir suka mabuk dan pernah membawa golok besar. Sehingga keluarga takut dan memasungnya. Juga takut apabila sampai melukai warga lain, sehingga hanya memikirkan solusi tersebut.

Setelah berhasil dikeluarkan dari rumah pasung, Pak Basir dibawa ke pesantren menggunakan mobil rescue. Rian ikut masuk ke dalamnya. Video ini bersambung ke episode berikutnya.  

Kisah pelepasan pasung ODGJ ini dapat Anda saksikan melalui https://www.youtube.com/watch?v=_ngTDGJmHNU. Video dari channel Youtube Rian TV ini diunggah pada 7 Februari 2021 dan mencapai 5.069.538 views di tanggal 8 Oktober 2021.

ODGJ dipasung oleh keluarganya umumnya karena membahayakan ketika mengamuk. Sebenarnya kasihan bila harus dipasung namun bila dibiarkan berpotensi melukai keluarga dan warga lain.

ODGJ dipasung oleh keluarganya umumnya karena membahayakan ketika mengamuk termasuk Pak Basir simak proses pelepasan pasung ODGJ dalam artikel ini

Ini Dia Cara Memilih Asuransi Kesehatan YG Baik

Asuransi kesehatan ini merupakan jaminan untuk kesehatan anda. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi kesehatan kita yang akan datiag. Memang tidak seorangpun yang mengharapkan untuk sakit, tapi siapa yang tahu jika suatu saat anda harus tergeletak lemas akibat penyakit yang tidak pernah diharapkan.

Untuk mengantisipasi itu semua, kini ada solusi untuk menjamin anda mendapatkan perawatan kesehatan yang layak, dan solusi itu adalah melalui asuransi kesehatan. Meskipun saat ini tidak banyak yang sadar akan pentingnya peran asuransi kesehatan ini, tapi ini merupakan info tentang kesehatan yang pantas untuk anda renungkan.

Mahalnya biaya kesehatan saat ini menjadi salah satu alasan kenapa asuransi kesehatan itu sangat penting. Biasanya keluarga pasien akan terkejut ketika mengetahui besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya rumah sakit.

Di sinilah peran asuransi kesehatan, karena ketika anda sudah mempunyai asuransi ini maka biaya pengobatan akan jauh lebih ringan untuk anda dan keluarga.

Kenapa demikian, karena ketika pemegang asuransi sakit maka biaya yang dibutuhkan untuk pengobatan di rumah sakit akan ditanggung oleh pihak asuransi. Sudah bisa kebayang pastinya, betapa berat beban anda ketika sakit anda masih harus memikirkan biaya untuk rumah sakit.

Sayangnya banyak perusahaan asuransi kesehatan yang tidak bisa anda percaya begitu saja, agar lebih aman cobalah untuk memperhatikann cara memilih asuransi kesehatan yang tepat melalui info tentang kesehatan berikut ini;

1. Pastikan bahwa perusahaan memiliki reputasi yang baik

Jangan mudah menerima tawaran asuransi kesehatan dari perusahaan, karena dikhawatirkan hal ini tidak menguntungkan anda tapi justru sebaliknya.

Itulah sebabnya, untuk lebih amannya, silahkan anda pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan asuransi kesehatan yang akan anda pilih ini selalu memiliki reputasi yang baik.

Cara yang bisa anda lakukan diantaranya adalah mintalah pendapat dari rekan yang pernah berasuransi, lakukan survey, serta memastikan bahwa perusahaan tersebut benar-benar bisa dipercaya.

2. Mengetahui jangkauan pembiayaan dari pihak asuransi

Sebelum anda memutuskan untuk memilih asuransi kesehatan, anda perlu mencermati dan menanyakan secara detail kepada pihak perusahaan mengenai cakupan pembiayaan untuk kesehatan.

Apakah cakupan tersebut meliputi rawat inap, rawat jalan, dan lain sebagainya.

Selain itu pastikan juga penyakit apa saja yang dicakup oleh pihak asuransi dan penyakit apa saja yang diluar cakupan asuransi, dan lain sebagainya.

3. Perhatikan tempat layanan

Poin yang satu ini sangat penting untuk anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk memilih asuransi kesehtan. Ini merupakan salah satu cara memilih asuransi kesehatan karena anda akan mengetahui tempat layanan kesehatan yang bisa dijangkau oleh pihak asuransi.

Apakah anda bisa menentukan rumah sakit yang anda mau atau tempat tergantung dari apa yang ditentukan oleh perusahaan.