Tak ingin repotkan orang lain, kakek gali & siapkan makam sendiri

Kejadian langka ini terjadi di desa Ngemplak kota Rembang provinsi Jawa tengah. Niatan dari kakek ini cukup baik dan mulia. Sebaiknya sebagai warga Indonesia kita memberikan apresiasi kepada kakek Sumadi yang tidak ingin merepotkan orang lain di usia senja. 

Tampak dalam video seorang kakek bernama Sumadi sedang menggali makam nya sendiri. Sejak video diunggah terhitung sudah 1 minggu kakak Sumadi menggali makam untuk dirinya sendiri tepat di samping makam isterinya yang lebih dulu meninggal. 

Bukan tanpa alasan, kakek sumatif menggali makamnya sendiri.

Ketika ditanya mengapa ia menggali makannya sekarang ia mengatakan bahwa daripada ia menganggur lebih baik ia menggali makam untuknya kelak.

Meski sudah banyak warga yang melarang kakek Sumadi tetap ingin melanjutkan penggalian makam untuk dirinya nanti. Sehingga berita ini menjadi viral dan tayang di sejumlah berita televisi nasional. 

Di desa Ngemplak sendiri sebenarnya sudah ada tim penggali makam.

Hanya saja kakak Sumadi memiliki prinsip  tersendiri. Kakek ini tidak ingin merepotkan orang lain sehingga mempersiapkan makamnya sendiri. Niat kakek Sumadi ini disambut baik oleh warga. 

Video ini diunggah oleh CNN Indonesia, Oktober 2020, viral dan ditonton 2,2 juta kali. 


15 Tips Merawat Rambut Kering dan Kusam

Rambut yang sehat dan bersinar adalah rambut ideal yang diinginkan oleh semua orang. Tak hanya menjadi mudah diatur, rambut yang sehat juga membuat penampilan semakin menarik. Karenanya, rambut menjadi kering dan kusam menjadi momok tersendiri karena dapat mempengaruhi kepercayaan diri terhadap penampilan.

Sebenarnya apa yang menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam?  Rambut secara natural menghasilkan sebum atau minyak alami rambut yang berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut serta melindungi kutikula atau lapisan luar rambut.

Sampo yang tidak cocok untuk rambut, mengecat rambut terlalu sering, serta kurang mengonsumsi air dapat menyebabkan berkurangnya jumlah sebum pada rambut serta rusaknya kutikula. Akibatnya rambut menjadi kering dan terlihat kusam.

Akan tetapi tenang saja, masalah rambut kering adalah masalah yang bisa diselesaikan dengan perawatan yang telaten dan rutin. Yuk, simak bersama tips-tips yang bisa dilakukan untuk mengembalikan cerahnya rambutmu!

CARA MERAWAT RAMBUT KERING DAN MENGEMBANG. Video oleh Jiglyciouss

Hindari menggunakan air panas saat keramas

Ketika rambut terkena air panas, pori-pori pada rambut akan terbuka sehingga sebum dari rambut ikut terbilas. Akibatnya, rambut malah bisa jadi lebih kering dari sebelum keramas.

Dilansir dari glamour.com, keramas dengan air panas tak hanya akan menghilangkan sebum pada rambut, tetapi juga dapat menyebabkan sampo dan kondisioner jadi tidak sepenuhnya terbilas. Bahan-bahan kimia dari sampo dan kondisioner yang tertinggal pada rambut akan menyebabkan rambut semakin kering.

Oleh karena itu, ketika berkeramas, lebih baik menggunakan air yang hangat-hangat kuku atau dingin saja.

Pilih Sampo yang sesuai kebutuhan

Carilah sampo yang mengandung bahan-bahan seperti shea butter, minyak kelapa, dan minyak argan karena bahan-bahan ini adalah alami yang dapat menambah kelembaban rambut. Selain itu, hindari sampo yang mengandung sodium laureth sulfate (SLES) serta sodium lauryl sulfate (SLS) karena meskipun keduanya efektif dapat membersihkan rambut, sebum rambut pun bisa ikut tercuci. Akibatnya, rambut serta kulit kepala menjadi terlalu kering.

Tips Rambut
sumber: unsplash

Hindari terlalu sering keramas

Tujuan keramas adalah untuk membersihkan kotoran-kotoran serta debu yang tertinggal pada rambut. Akan tetapi, terlalu sering keramas malah dapat menghilangkan sebum rambut yang malah menyebabkan rambut menjadi kering. Keramas sebanyak dua sampai tiga kali seminggu sudah cukup untuk menjaga kebersihan rambut tanpa menyebabkan rambut menjadi terlalu kering.

Gunakan kondisioner setelah keramas

Setelah keramas, rambut akan terasa menjadi lebih kering dari sebelumnya karena busa dari sampo membilas sebum pada rambut. Karena itu kondisioner penting untuk digunakan setelah berkeramas. Kondisioner mengandung bahan-bahan yang dapat mengembalikan kelembaban rambut. Alhasil, rambut menjadi terasa lembut, sehat, dan bersinar ketika kering.  

Gunakan minyak organik pada rambut

Minyak-minyak organik seperti minyak kelapa, minyak argan, atau minyak zaitun dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut. Penggunaan minyak rambut sebelum keramas dapat menjaga rambut dari menjadi terlalu kering akibat sampo.

Selain itu, minyak-sebum ini juga memliki manfaat lainnya seperti mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah rambut bercabang.

Gunakan serum rambut

Dari seluruh bagian rambut, ujung-ujung rambut umumnya adalah bagian rambut yang paling kering. Serum rambut dapat menjadi solusi dalam melembabkan rambut terutama pada bagian ujung-ujung rambut.

Serum rambut dipakai setiap setelah keramas ketika rambut masih lembab, niscaya kelembaban rambut pun akan terjaga. Serum rambut juga biasanya mengandung vitamin serta bahan-bahan natural yang dapat memberikan nutrisi tambahan bagi rambut.

Pakai hair mask seminggu sekali

Hair mask atau masker rambut adalah perawatan yang berguna untuk melembabkan serta menguatkan rambut secara lebih mendalam. Masker rambut sendiri bisa dibeli langsung di supermarket terdekat atau membuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami seperti telur, pisang, alpukat, atau minyak kelapa.

Aplikasikan masker rambut ke seluruh bagian dari rambut selama 20 sampai satu jam tergantung dari seberapa kering keadaan rambut. Apabila dilakukan rutin, tak hanya akan menjadi lebih bersinar, rambut pun bisa menjadi terasa lebih halus dan mudah untuk diatur.

Gunakan heat protectant ketika hair styling

Alat styling rambut seperti catokan atau pengering rambut memang dapat membuat rambut menjadi terlihat cantik dan bersinar. Akan tetapi, dalam penggunaan jangka panjang, panas dari alat-alat stylying tersebut dapat merusak kutikula atau lapisan terluar dari rambut. Akibatnya, rambut menjadi rentang untuk patah, kering, serta kusam.

Karena itu, gunakan heat protectant apabila hendak menggunakan alat-alat styling rambut. Heat protectant diformulasikan untuk melindungi lapisan terluar rambut sehingga rambut tetap kuat dan sehat meskipun sering dikeriting atau dicatok.

Namun, akan lebih baik lagi apabila sama sekali tidak menggunakan alat-alat tersebut sehingga rambut tetap terjaga kesehatannya.

Lakukan kebiasaan menyisir di malam hari

Rambut yang kering belum tentu disebabkan karena rambut tidak sehat atau rusak. Bisa saja hal itu terjadi karena sebum rambut hanya menumpuk di kulit kepala dan tidak tersebar merata sampai ke ujung rambut. Menyisir menggunakan sisir yang benar yang dilakukan secara rutin dapat meratakan sebum rambut ke seluruh bagian. Setiap malam sebelum tidur, sisir rambut dengan sisir berbahan bulu atau sisir bergigi jarang. Apabila dilakukan dengan rutin, setiap paginya kamu akan bangun dengan rambut yang sehat dan tidak lepek.

Selain mengatasi masalah rambut kering, kebiasaan menyisir ini juga bisa mengatasi  masalah ketombe. Salah satu penyebab ketomber adalah minyal alami rambut yang menumpuk di kulit kepala. Kebiasaan menyisir ini akan mengurangi penumpukan minyak yang menumpuk sehingga ketombe pun bisa berkurang.

Gunakan alas bantal dari sutra atau satin

Padahal bahan dari satung bantal yang dipakai bisa mempengaruhi kelembaban rambut. Tidak banyak yang tahu bahwa sarung bantal berbahan katun dapat menyerap minyak natural dari rambut Padahal selama tidur rambut anda akan terus terpapar dengan bantal yang ditiduri dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis sarung bantal yang tepat bagi kelembaban rambut. Bahan seperti satin atau sutra adalah jenis bahan yang tidak mudah menyerap sehingga baik digunakan sebagai sarung bantal saat tidur.

Lindungi rambut saat di bawah matahari

Sama dengan kulit yang harus dilindugi dengan tabir surya saat berada di bawah matahari, rambut juga harus dilindungi. Sinar UVA dan UVB dari matahari dapat merusak lapisan terluar rambut sehingga rambut menjadi kering, kusam, dan bercabang. Apabila kamu berencana untuk berada di bawah mataari dalam waktu yang lama, kenakanlah topi atau headband untuk melindungi rambut.

Hindari terlalu sering mengecat rambut atau bleaching

Mengecat rambut serta bleaching menggunakan bahan kimia yang cukup keras. Itulah mengapa rambut yang baru diwarnai atau di-bleach terasa lebih kering dari sebelumnya. Apabila pengecatan rambut dilakukan terlalu sering, rambut lama-lama akan semakin rusak hingga menjadi sangat kering juga sangat mudah patah. Karena itu, apabila kamu senang menggonta-ganti rambut, usahakan untuk memberikan jarak minimal enam bulan sebelum mengganti warna rambut.

Cat rambut tidak permanen juga bisa menjadi pilihan yang lebih aman karena bahannya tidak akan merusak rambut separah cat rambut permanen.

Makan makanan sehat

Tak hanya pelindungan dari dalam, nutrisi yang kita konsumsi juga bisa menambah Kesehatan rambut. Apabila kamu makan dengan pola makan yang sehat dengan gizi semibang, maka tubuh akan mampu memberikan nutrisi yang cukup bagi rambut sehingga bisa menjadi lebih kuat dan bersinar.

Makanan-makanan dengan kandungan omega-3 tinggi seperti telur, bayam, dan ikan-ikanan dapat menjaga kelembaban rambut juga mempercepat pertumbuhan rambut. Tak hanya rambut yang mendapatkan manfaat dari makanan omega-3 tinggi, kulit kamu pun juga bisa menjadi lebih sehat dan kenyal.

Konsumsi Suplemen

Dengan memilih suplemen dengan kandungan nutrisi yang tepat, Kesehatan rambut bisa terjaga dari dalam tubuh. Jenis-jenis suplemen yang bisa meningkatkan Kesehatan rambut antara lain adalah omega-3, vitamin c, vitamin A, serta biotin (vitamin H).

Minum banyak air

Rambut yang kering merupakan salah satu tanda bahwa tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air, karena itu pastikan untuk rajin meminum air. Jumlah air yang disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya adalah sekitar dua liter atau kurang lebih delapan gelas sehari.

Referensi:

https://www.luxyhair.com/blogs/hair-blog/how-to-tame-frizzy-hair

https://www.garnierusa.com/tips-how-tos/how-to-hydrate-hair-in-summer

https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-dry-hair

https://www.tresemme.com/ph/hair-needs/frizzy-hair/how-to-take-care-of-frizzy-hair.html

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321850

https://www.glamourmagazine.co.uk/article/why-hot-showers-are-bad-for-skin

https://www.healthline.com/nutrition/foods-for-hair-growth

https://www.healthline.com/nutrition/how-much-water-should-you-drink-per-day

https://www.healthline.com/health/how-to-use-hair-mask

https://www.allure.com/story/what-does-a-conditioner-do-why-should-you-use-it