Mendapat Uang Dari Menulis

15 Cara Mendapat Uang Dari Menulis Novel, Artikel dan Blog

Pekerjaan dalam bidang menulis bisa dibilang gampang-gampang susah, harus ada perjuangan yang lebih untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan. Jadi mau mendapat uang dari menulis artikel, novel, cerpen atau blog?

Mendapat Uang Dari Menulis

Pekerjaan dalam bidang menulis ini sebenarnya bisa loh jadi kerjaan sampingan kalian untuk mendapatkan uang tambahan selain penghasilan dari pekerjaan utama.

Jadi, bagaimana caranya mendapat uang dari menulis dan skillnya?

Mari kita bahas! Kuncinya untuk dapat terbiasa dan mudah dalam melatih skill menulis ini, yakni latihan secara berkala. Selain dapat menumbuhkan berbagai ide baru, kalian juga terbiasa dengan mengetik di computer dengan waktu singkat. Maka, beberapa skill di antaranya:

Blogger

Skill yang satu ini, sangat bisa di asah dan juga menghasilkan. Dari mana menghasilkannya? Salah satu sumber yang sering diincar oleh para Blogger adalah Google Adsense. Di mana Google Adsense ini adalah platform penyedia iklan online.

Pembaca yang mengklik iklan yang tersedia, maka kalian akan mendapatkan uangnya dari situ.

Content writing

Menjadi penulis konten juga bisa dijadikan profesi kedua kalian. Skill ini lebih menitikberatkan pada memberi informasi selengkap mungkin, sevalid mungkin, dengan menggunakan bahasa yang enak di baca.

Jika kalian sudah bisa mengasah skill ini, tidak menutup kemungkinan content writing akan menjadi salah satu cara mendapat uang dari menulis. Mengingat ada begitu banyak perusahaan yang sangat membutuhkan skill ini untuk memperkenalkan lebih dalam tentang produk yang mereka jual.

Copy writing

Berbeda dari sebelumnya, copy writing lebih menekankan pada ajakan, himbauan dengan menggunakan bahasa yang seunik mungkin untuk menarik perhatian pelanggan.

Copywriting lebih menekankan pada bahasa yang simpel, namun lebih mengena dan to the point pada pembahasan yang di bahas. Untuk penghasilannya, bisa sampai dengan 500 ribu, tergantung dari harga project yang di tawarkan.

Content planner

Skill content planner ini lebih menitikberatkan pada kemampuan kalian dalam merancang outline, serta sasaran konten yang nantinya akan di publish di platform internet. Tujuannya adalah, memberikan informasi kepada pembaca sekaligus bisa mengundang mereka untuk berkunjung ke konten artikel lain yang kalian buat. Biasanya content planner ini sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan, terutama dalam bidang pembuatan copywriting.

Menulis ulang/ rewrite

Skill ini lebih menitikberatkan pada pengolahan kata versi kalian sendiri dengan panduan beberapa sumber yang di jadikan sebagai acuan. Di sini kalian membuat konten dengan pembahasan dan target yang sama, yang membedakan adalah bahasanya saja. Bisa dengan endorse dari penulis aslinya.

Scriptwriting

Skill ini menitikberatkan pada pembuatan script untuk beberapa konten video yang meliputi alur, penokohan, masalah, dan sebagainya.

Skill ini juga melibatkan kemampuan kalian dalam membangun sebuah cerita, di mana nantinya feel dan pesan yang tersirat bisa tersampaikan dengan jelas dan gamblang pada penonton atau pendengar.

Content business

Skill ini lebih menitikberatkan pada pembuatan konten dengan tujuan untuk membantu perkembangan bisnis seseorang. Biasanya skill ini lebih dibutuhkan saat pembuatan proposal kerjasama, penawaran kerjasama dengan perusahaan lain, dan sebagainya.

Nggak main-main untuk skill ini, di mana bisa menghasilkan lebih dari 5 juta untuk satu projectnya.

SEO writing

 Skill ini menitikberatkan pada penulisan artikel dengan panduan SEO di mana terdapat beberapa keyword-keyword tertentu untuk meningkatkan ranking artikel di halaman pertama google pencarian. Jadi, kalian juga harus mengerti beberapa panduan SEO yang di pakai oleh client kalian nanti. Biasanya yang sering di pakai adalah YOAST SEO.

UX writing

Skill ini menitikberatkan pada kemampuan kalian dalam mengemas sebuah pengalaman user tentang suatu hal, entah experience mereka tentang penggunaan aplikasi, produk, atau lainnya. Skill ini menceritakan pengalaman mereka, dan mulai mencari hal yang terpenting dari cerita tersebut yang kalian ubah sebagai sebuah konten.

Penerjemah

Skill ini menitikberatkan pada kalian yang mampu menguasai bahasa asing, entah satu bahasa, atau lebih dari itu. Kalian tinggal mengalih bahasakan suatu konten ataupun buku, dan sebagainya, dari bahasa Indonesia ke bahasa asing, begitu juga sebaliknya. Namun kalian juga harus mengerti dengan peraturan dari penggunaan bahasa asing yang ada.

Jurnalis

Skill ini bukan hanya menuntut kalian untuk bisa merangkai kata menjadi sebuah konten, juga menuntut kalian untuk research berbagai informasi yang ada di sekitar kalian. Biasanya kemampuan ini sangat di butuhkan di beberapa perusahaan TV, dan radio.

Semakin berkembangnya teknologi, kemampuan ini juga sangat di butuhkan untuk beberapa platform seperti podcast, YouTube, dan sebagainya.

Content marketing

Skill ini menitikberatkan pada kemampuan dapat memasarkan sebuah produk dengan membuat konten yang mengundang pelanggan baru agar rasa penasaran mereka muncul dan mulai mencari tahu tentang produk yang di jual di sebuah perusahaan tertentu.

Skill ini juga sangat di butuhkan oleh beberapa perusahaan besar untuk memasarkan produk mereka lebih luas.

Penulis lirik lagu/penyair

Skill ini menitikberatkan pada kemampuan membuat sebuah lirik yang dapat di mengerti, memiliki banyak makna di sana, dan dapat di satukan dengan ritme musik sehingga menjadi satu-kesatuan yang sangat harmoni, dan enak di baca. Kemampuan ini banyak di cari oleh beberapa perusahaan di bidang musik, di mana mereka membutuhkan berbagai penulis lagu yang kreatif, dan sebagainya.

Penulis novel

Skill ini menitikberatkan pada kemampuan kalian dalam membuat sebuah cerita yang memiliki alur, penokohan, konflik, serta penyelesaian yang dapat menjawab premis yang kalian buat sebelum menentukan beberapa komponen di bawahnya.

Kalian juga di tuntut untuk bisa menghidupkan tokoh yang kalian buat, sehingga cerita kalian memiliki feel yang kuat juga.

Creative writing

Skill ini menitikberatkan atas dasar pemikiran kalian, entah tentang fakta yang kalian dapatkan dari sebuah peristiwa tertentu, dan sebagainya. Kemampuan ini tidak ada yang namanya aturan harus sesuai dengan ini dan itu, karena ini adalah skill kepenulisan yang berdasarkan atas pemikiran kreatif dari penulis itu sendiri.

Platform/ website menulis  online yang bisa menghasilkan

Karena ada beberapa skill di atas, pastinya ada wadah yang dapat membuat skill itu terasah, dan pastinya menghasilkan. Maka beberapa platform ataupun website online yang bisa menjadi wadah kalian untuk mengasah dan mendapatkan penghasilan dari sana, diantaranya adalah:

Aplikasi menulis online bersama

Diantaranya seperti wattpad, novel Me, joylada, novel toon, Hi Novel, dan sebagainya, merupakan beberapa jenis platform menulis online yang di tujukan untuk kalian yang suka membuat cerita novel ataupun cerpen.

Kalian juga bisa berkesempatan untuk karya kalian di bukukan.

Situs menulis online freelance

Contohnya seperti sribulancer, project.co.id, dan beberapa platform situs menulis online lainnya. Beberapa situs ini lebih di peruntukkan untuk kalian yang ingin mengasah dan mendapatkan penghasilan dari skill content writing, copywriting, dan sebagainya. Untuk satu project bisa di hargai sampai jutaan.

Platform Blogger / WordPress

Kedua platform ini sangat cocok untuk kalian yang ingin menjadi penulis professional dengan tujuan memonetisasi google adsense agar menjadi satu jalan kalian mendapatkan penghasilan dari sana. Mulai dari ratusan ribu, sampai jutaan, bisa kalian dapatkan hanya dengan nge-blog saja.

Bagaimana? Sudah dapat idenya cara mendapat uang dari menulis di artikel ini? Silakan tanyakan dibawah, jika ada yang ingin ditanyakan ya.

Selamat Datang di Indonesi.com

Situs yang akan membuat Anda menjadi lebih baik, dengan artikel dan tips terpilih.

Visi kami adalah menjadikan inspirasi untuk sejuta orang Indonesia.

Redaksi Indonesi.com
Cipinang Indah. Jakarta Timur.

Related

Gaya Hidup Minimalisme

Apa itu Minimalisme ? Gaya hidup minimalisme jamak diperbincangkan dewasa ini. Jika kita putar balik waktu di awal…

Read more
Investasi Reksadana

Bagi anda yang saat ini mulai tertarik berinvestasi, tentu anda tidak asing dengan istilah reksadana, bukan? Investasi…

Read more
Instagram Rupiah

Tahukah Anda? Indonesia merupakan negara dengan pengguna Instagram aktif terbanyak ke-4 di dunia? Indonesia…

Read more

Internet is huge! Help us find great content

About

Bacaan Yang Membuat Anda Lebih Baik