99% Sukses Budidaya Ikan Nila Kolam Kecil 3 Bulan Panen Tebar Padat

YouTube video

Budidaya ikan nila sekarang ini menjadi salah satu usaha yang banyak diminati. Budidaya bisa dilakukan di kolam kecil, perawatannya juga tidak sulit, dan tidak membutuhkan waktu panen yang lama.

Salah satu video di chanel Muhammad Official menampilkan mengenai cara melakukan budidaya ikan nila dalam kolam. Budidaya ini membahas dengan cukup rinci mengenai pakan ikan.

Di awal video, video menampilkan mengenai ikan-ikan dari hasil budidaya yang cukup besar, selain itu ada juga pakan ikan daun-daunan.

Cara Sukses Budidaya Ikan Nila di Dalam Kolam

Ketika melakukan budidaya ikan nila, pakan ikan nila yang disarankan adalah pelet. Sedangkan untuk daun-daunan, biasanya daun-daunan hanya digunakan untuk camilan ikan, sehingga bukan dimaksudkan sebagai pakan yang nantinya akan menambah beratnya.

Ikan nila yang diberi makan pelet biasanya ketika sudah berusia 2 bulanan. Pemberian vitamin yang disarankan sebanyak 28% hingga 30%. Sehingga, jika ikan nila masih kecil, atau kurang dari dua bulan, pelet yang dipilih haruslah pelet yang memiliki protein tinggi.

Sedangkan untuk pemberian vitaminnya, bisa memberi vitamin hingga 40-an%. Kemudian air untuk ikan nila juga harus dijaga dengan baik. air ikan nila haruslah jernih.

Hindari menggunakan air yang keruh atau air yang memiliki bau busuk. Jika air yang digunakan sudah berhari-hari, air tersebut bisa membuat ikan kekurangan oksigen. Sehingga, untuk mengatasinya bisa menggunakan pompa air atau air.

Bila menggunakan pompa air, pompa tersebut bisa membuat arus di dalam kolam dan membuat ikan menjadi semakin sehat, karena ikan nila sangat menyukai arus dalam air.

Untuk pakan ikan, Anda bisa memberi pelet secara rutin 3 kali sehari. Sedangkan air ikan, bisa memilih air sumur. Dalam satu kolam ikan, kepadatan bisa mencapai 200 hingga 300 ekor ikan.

Namun, jika ikan sudah terlalu besar, bisa dipisahkan ke dalam kolam lain karena bisa membuat air berubah menjadi keruh. Karena kepadatan ikan biasanya hanya 150 hingga 200 ekor,

Bila ingin melihat informasi yang lebih lengkap, Anda bisa mengakses chanel Muhammad Official melalui video yang berisi mengenai budidaya ikan nila ini sudah ditonton hingga 648 ribu kali.


Hari Ini, Waktu Terbaik Untuk Melakukan Segala Sesuatu

Pernahkah kamu merasa jadi orang paling beruntung? Kalau pernah, kapan itu terjadi?

Artikel Terbaru

Andai kamu tahu, banyak orang yang tidak seberuntung kamu. Dan, keberuntungan itu sebenarnya terjadi setiap hari, yaitu hari ini.

Ya, hari ini.

Kalau nggak percaya, coba kamu telusuri kegiatanmu sejak pagi hingga detik ini.

Pagi hari ketika kamu berangkat ke kampus atau kantor, kamu melihat penyandang disabilitas. Sudahkah kamu bersyukur karena beruntung memiliki anggota tubuh yang lengkap?

Ketika kamu menjenguk teman yang sakit, sudahkah kamu bersyukur bahwa kamu beruntung masih diberikan sehat sehingga bisa beraktivitas dengan leluasa?

Saat kamu berziarah ke makam, apakah saat itu kamu bersyukur karena diberi keberuntungan berupa kesempatan untuk hidup lebih lama?

Saati itu juga, detik itu juga, sebenarnya kamu menjadi orang yang paling beruntung. Tanpa disadari, hari ini penuh keberuntungan yang tidak terbatas.

Lalu, kamu akan lebih beruntung lagi jika dapat memanfaatkan hari ini dengan lebih baik. Penuh konsentrasi untuk mengerjakan ujian esok hari, akan membuatmu menjadi orang yang beruntung. Penuh semangat membuat tugas, juga akan membuatmu beruntung. Berkarya sebaik-baiknya, pun membuatmu beruntung.

Sebab, waktu tidak bisa diputar ulang. Kamu hanya memiliki kesempatan hari ini saja. Hari ini, setik ini, bisa kamu genggam erat-erat. Kamu tidak bisa memiliki hari kemarin, karena sudah lewat. Sudah tidak bisa melakukan apa-apa atas hari yang sudah lewat. Kamu pun belum bisa memiliki hari esok. Sebab, hari esok belum tiba. Kamu belum bisa menggunakan hari esok. Yang bisa kamu lakukan adalah mengusahakan hari esok agar menjadi hari keberuntunganmu, dengan memaksimalkan hari ini.

Kamu, orang yang paling beruntung, jika tahu apa yang harus kamu lakukan hari ini.

Related Posts