Negara Siang Terus, Waktu Malam Cuma 30 Menit Kapan Tidurnya

YouTube video

Rasanya sangat bersyukur negara Indonesia tepat di garis khatulistiwa, sehingga selain kaya akan sumber daya alam, penduduknya bisa mendapatkan porsi siang dan malam secara ideal. Tidak seperti kutub utara saat musim panas, matahari kelihatan di tengah malam.

Pembahasan akan fenomena midnight sun yang terjadi pada wilayah kutub utara ini, membuat beberapa daerah di sana mendapatkan sinar matahari sepanjang hari. Ketika malam hari matahari masih muncul sehingga lebih kebanyakan siang.

Dijelaskan oleh channel Youtube Mr. ESKA, negara seperti Swedia, Greenland beserta beberapa daerah di negara bagian kutub utara Bumi ini mengalami midnight sun. Ini membuat mereka mendapatkan penyinaran matahari sepanjang hari.

Negara dengan Fenomena Midnight Sun

Kejadian matahari bersinar di malam hari biasanya akan terjadi pada bagian utara bumi khususnya ketika musim panas. Posisi rotasi matahari yang lebih dekat ke kutub utara menyebabkan negara berikut ini masih disinari matahari di tengah malam.

Negara pertama ialah Norwegia, khususnya kota-kota paling utaranya akan terus siang meskipun sudah menunjukkan jam 12 malam. Khas daerah es, mendekati kutub utara, kawasan ini saat musim panas yang tidak terlalu panas akan terang benderang.

Di Greenland juga selalu terjadi midnight sun, di mana siang akan berlangsung hingga 21 jam. Jadi penduduk sudah terbiasa kalau malamnya hanya 3 jam saja. Wilayah ini memang kebanyakan tertutup oleh lapisan es, sehingga tidak terlalu banyak penduduknya.

Negara tercantik di dunia yakni Finlandia juga memiliki waktu gelap singkat. Namun di sini kejadiannya lebih indah, dimana malam harinya akan Nampak seperti sore. Matahari tidak terang layaknya siang namun sedikit remang dan biasanya muncul banyak aurora dilangitnya

Swedia juga termasuk negara yang mengalami siang terpanjang di dunia. Kawasan eropa utara ini bahkan memiliki siang hari di beberapa kotanya hampir seharian, hanya sekitar 30 menit saja terjadi gelap. Tetapi penduduk di sana sudah biasa dengan fenomena ini.

Negara terakhir yang dekat kutub utara saat musim panas akan terjadi midnight sun ialah Kanada. Bagian paling utara beberapa kota negara ini tidak akan pernah mengalami gelap saat memasuki musim panas, yang ada siang sepanjang hari.

Fenomena matahari di malam hari juga akan terjadi di kutub selatan saat musim dingin. Ini karena rotasi bumi membuat matahari lebih dekat ke kutub selatan, layaknya saat musim panas yang mendekati kutub utara Bumi.  

Pembuat Video: Channel Youtube Mr. ESKA


Pantai Depok: NYAM NYAM… Pilihan Wisata Kuliner Seafood di Jogja

YouTube video

Beragam pilihan tempat wisata untuk anak. Dan demi anaknya, seorang pria pergi ke pantai depok Yogya. Di sana dia menemukan keindahan pantai yang luar biasa.

Artikel Terbaru

Bagi yang pernah tinggal atau berkunjung di Yogyakarta atau yang lebih akrab disebut Jogja akan menemukan betapa sulitnya mencari seafood segar di kota Gudeg ini. Karena memang mayoritas orang Jogja biasanya bukan penggemar seafood tapi bukan berarti tidak ada tempat wisata yang menawarkan seafood melimpah di Jogja. Ada satu tempat di selatan Jogja yaitu Pantai Depok. Pantai ini terletak sekitar 30 km ke selatan kota Jogja dan sudah masuk wilayah Kabupaten Bantul dan tepatnya terletak di Kecamatan Kretek.

Sebenarnya pantai selatan menawarkan banyak sekali panorama wisata laut walaupun tentu saja wisata laut di Jogja tidak seperti wisata laut lainnya dimana wisata laut pantai selatan sangatlah berbahaya sehingga jika berkunjung kita hanya bisa menikmatinya saja jangan sekali-kali mencoba untuk berenang.

Jika berbicara mengenai wisata pantai di Jogja tentu saja hal pertama yang terbersit di benak adalah Pantai Parangkritis. Lalu mengapa pantai Depok? Ada tiga hal menarik mengapa pantai Depok menjadi salah satu tujuan wisata wajib di Jogja:

Pantai Depok Surga Seafood

Pantai Depok menawarkan pilihan wisata yang lebih spesifik yaitu wisata kuliner terutama bagi Anda penggemar seafood. Di pantai ini terdapat sebuah pusat pelelangan ikan dan hasil lautnya yang menyediakan berbagai macam pilihan seafood.

Harganya pun relatif murah apalagi jika Anda suka dan jago menawar harga karena Anda akan membeli langsung dari para nelayan dan sebelum seafood-seafood tersebut diantar ke pasar-pasar di sekitaran wilayah Jogja, sehingga sudah dapat dipastikan seafood yang Anda beli masih sangat segar.

Menu Pilihan Sendiri

Selain itu yang unik dari wisata kuliner Pantai Depok adalah banyak sekali tersebar restoran-restoran di sekitar pantai yang bisa Anda kunjungi. Jangan salah, kebanyakan restoran tersebut tidak menawarkan menu seafood seperti yang Anda temui di restoran, tapi kebanyakan dari restoran tersebut menawarkan jasa memasak untuk seafood-seafood yang Anda beli.

Dengan kata lain, ketika Anda selesai berbelanja seafood di pelelangan ikan, silahkan pilih satu dari banyak pilihan restoran di sekitaran Pantai Depok dan minta mereka memasak seafood tersebut dengan menu yang Anda inginkan.

Tidak Seramai Pantai Parangtritis

Jika Anda sedang mencari ‘escape plan’ di Jogja maka Pantai Depok bisa menjadi salah satu pilihannya. Pantai ini tidak seramai pantai Parangkritis walaupun lokasi pantai ini masih satu arah dan relatif tidak terlalu jauh. Hal ini dikarenakan tujuan utama pengunjung ke Pantai Depok sebagian besar adalah untuk menikmati seafoodnya yang berlimpah. Selain itu menikmati semilir angin di tepi pantai sambil menikmati jagung bakar juga bisa menjadi pilihan wisata murah meriah yang ditawarkan oleh Pantai Depok.

Letak Pantai Depok dari pusat kota Jogja tidaklah terlalu jauh hanya sekitar dua jam perjalanan bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Pemandangan pertama yang khas dari Pantai ini adalah banyaknya kapal-kapal nelayan yang bersandar di sepanjang pantai. Hanya saja tidak terdapat transportasi dan penginapan yang memadai jika Anda ingin menginap disekitaran pantai ini sehingga lebih baik berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi jika ingin ke Pantai Depok kecuali jika Anda memang berencana untuk kamping di pinggir Pantai.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Jogja dan sedang bingung ketika menyusun rencana perjalanan. Jangan lupa untuk memasukkan Pantai Depok pada daftar kunjungan Anda. Karena tidak ada tempat di Jogja dengan pilihan kuliner seafood yang melimpah selain di Pantai ini.

Related Posts