Belum Terpecahkan! Misteri Jalan Raya Di Bawah Laut Siapa yang Menciptakan ? Manusia atau…

Tujuh puluh persen bagian bumi adalah perairan. Namun hanya lima persen saja yang sudah berhasil dieksplorasi oleh para ahli.

Tentu saja masih banyak misteri lain yang tersimpan di bawah laut ini. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahuinya sebagai tambahan ilmu pengetahuan.

Misteri Bawah Laut yang Ditemukan Oleh Para Ahli

Sejauh ini ada 6 misteri bawa laut yang sudah ditemukan oleh para ahli. Penasaran apa saja deretan misteri bawah laut tersebut? Ini dia penjelasannya.

1. Menyelam Diantara 2 Benua

Tidak banyak orang tahu kalau saat ini kita bisa menyelam diantara dua benua. Tepatnya di antara benua Amerika dan Eurasia. Di dalam himpitan dua benua ini ada sebuah lorong sempit. Lorong ini sendiri berada di wilayah Danau Silfra, tepatnya di negara Islandia.

2. Sungai di Bawah Laut

Selain celah dua benua, ada juga sungai bawah laut yang ditemukan di bawah perairan Meksiko oleh seorang fotografer Rusia bernama Anatoli Belosci. Orang setempat mengenalnya dengan nama Underwater River. Sungai ini memiliki panjang sekitar 29 meter.

3. Kota Heracleion

Tidak hanya sungai saja, ada juga kota Heraklion yang tenggelam di dasar laut Mediterania pada 1200 tahun lalu. Diperkirakan kota ini sudah ada sejak abad 8 SM. Adapun penyebab kota ini hilang adalah sebuah banjir besar.

4. Kota Dasar Laut Kuba

Ada juga Kota Dasar Laut Kuba yang ditemukan di wilayah Semananjuang Pantai Pulau Kuba. Kota ini diperkirakan sudah berusia 6000 tahun dan ditemukan oleh seorang penjelajah berkebangsaan Kanada.

5. Kota Pavlopetri

Penemuan bawah laut lainnya adalah Pavlopetri, kota bawah laut yang ditemukan di bawah laut Yunani. Kota ini diperkirakan sudah ada sejak 1680 SM. Letaknya persias berada di kedalaman 4 meter. 

6. Bimini Road bahama

Selain kota Pavlopetri ada juga jalanan bawah laut dekat Pulau Bimini. Jalanan ini dikenal dengan nama Bimini Road dan diyakini sebagai jalan menuju ke kota Atlantis yang hilang. 

7. Piramida Yonaguni Jepang

Penemuan bawah laut lainnya adalah Piramida Yonaguni Jepang. Ini merupakan situs sejarah Jepang yang memiliki kemiripan dengan piramida Mesir. Diperkirakan situs ini tenggelam akibat gempa.

Yonaguni diperkirakan dibangun 3000 tahun lalu. Situs ini diteliti lebih lanjut oleh seorang peneliti jepang bernama Masaki Kimura yang sudah 100 kali melakukan penyelaman di dalamnya. 

Pembuat Video: Daftar5


Rahasia Pesona Keindahan Gili Trawangan Lombok yang Mendunia

Gili Trawangan Lombok adalah sebuah kawasan wisata di Nusa Tenggara Barat yang saat ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan dari seluruh dunia. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini mengira kalau keindahan daerah ini adalah biasa saja. Tapi ternyata mereka mendapatkan sesuatu yang diluar dugaan terutama kehidupan bawah air di kawasan ini.

Berbeda dengan kawasan wisata yang lain, Gili Trawangan menawarkan suasana yang jauh dari kebisingan serta menawarkan suasana pantai tropis yang sangat mengagumkan sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat merelaksasi badan maupun pikiran.

Pada tahun 2011, sebuah media ternama dari luar negeri pernah memasukkan kawasan wisata Gili Trawangan Lombok ke dalam salah satu dari “Top 10 Region” di buku panduan perjalanan wisata yang mereka buat.Ini menjadi salah satu bukti bahwa memang keindahan Gili Trawangan sangatlah mengagumkan dan sangat diminati oleh pelancong dari seluruh penjuru dunia.

Secara administratif, kawasan wisata Gili Trawangan masuk ke dalam wilayah propinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini letaknya berada di sebelah barat pulau Lombok, yang merupakan pulau induk. Gili Trawangan Lombok sejatinya adalah pulau kecil dengan panjang 2 km serta lebar 1.5 km. Oleh sebab itulah, saat menjejakkan kaki di pulau ini, wisatawan dapat dengan mudah berjalan kaki mengelilingi pulau hanya dalam waktu dua jam.

Satu hal menarik yang ada di pulau ini adalah tidak adanya lalu lalang kendaraan bermotor karena memang menjadi satu hal yang dilarang. Moda transportasi yang dapat dipilih oleh wisatawan untuk berkeliling menikmati keindahan Gili Trawangan adalah sepeda atau naik Cidomo, yakni delman tradisional.

Ada beberapa spot menarik yang dapat ditemukan di Gili Trawangan Lombok pada saat menelusuri dan menikmati keindahannya, yaitu:

Gili Trawangan Lombok, Pantai Berpasir Putih

Kontur pantai di Gili Trawangan sejatinya tidak jauh berbeda dengan pantai lain yang ada di Lombok. Di sini, wisatawanakan disuguhi hamparan pasir putih yang berpadu dengan keindahan panorama pantai. Air laut di sekitar Gili Trawangan sangat jernih dan kaya akan kehidupan bawah air. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu hanya dengan bersantai di pinggiran pantai sembari menikmati keindahan pemandangan Gunung Rinjani dan Gunung Agung (Bali) yang tinggi menjulang.

Kehidupan Bawah Air

Snorkeling dan diving adalah dua jenis kegiatan air yang sangat populer dilakukan oleh wisatawan tatkala mengunjungi Gili Trawangan. Di sini, berdiri layanan diving berlisensi internasional yangakan membantu memberikan pengetahuan, peralatan, pemandu serta informasi tentang spot – spot menarik yang ada di sekitar pulau.

Di Gili Trawangan, ada beberapa spot menyelam maupun snorkeling yang sudah sangat terkenal, di antaranya Jack Point, Halik Reef, Shark Point, Bounty Reef, Coral Fan Garden, Trawangan Slope, Turbo serta Simon Reef. Setiap spot diving menyuguhkan keunikan serta tantangan tersendiri sehingga dapat dipilih sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.

Keindahan Sunset

Ini juga merupakan salah satu pesona yang membuat banyak wisatawan asing tergila – gila dengan Gili Trawangan. Di sini, terdapat sebuah tempat bernama Sunset View yang berada di sebelah barat pulau yang memang secara khusus dibuat untukmemfasilitasi wisatawan yang ingin melihat secara langsung keindahan matahari terbenam.

Konservasi Kura – Kura

Pusat konservasi kura – kura berlokasi di dekat pelabuhan Gili Trawangan Lombok. Di tempat tersebut dipelihara banyak sekali “Tookie” atau anak kura – kura yang kemudian akan dilepaskan kea lam bebas. Saat pelepasan bayi kura – kura, masyarakat lokal biasanya akan mengadakan sebuah upacara adat.

Presean

Presean adalah nama sebuah seni beladiri khas suku Sasak. Gelaran Presean dapat ditemukan di sekitar Pasar Seni. Di dalam atraksi tersebut,akan dibunyikan alat music tradisional Beleganjur.