Kisah Sukses Mina Padi Petani Untung Berlipat Dan Bisa Bangun Rumah

Keren dan solutif melihat sistem mina padi yang membuat lahan terbatas ternyata mampu menghasilkan panen yang berkali-kali lipat.

Sistem pertanian biasa memang akan kalah jauh hasilnya dengan penerapan sistem mina padi yang sedang marak saat ini. Pak Satrianta sendiri sudah membuktikannya di Sleman, Jogjakarta.

Nah berikut kisah Pak Satrianta dalam berbudidaya mina padi yang diupload CapCapung.

Pak Satrianta mengatakan bahwa dirinya mulai bertani dengan sistem mina padi sejak 7 tahun yang lalu. Sebelumnya dirinya merantau kerja di PT dan tempat kerja lain. Namun seringkali resign dan kembali lagi ke kempung.

Suatu ketika saat dalam perjalanan pulang ke kampung, pak Satrianta berpikir bagaimana menggarap memaksimalkan lahan minim tapi menghasilkan sesuatu yang optimal. Dibantu bimbingan dinas terkait, muncullah ide atau gagasan sistem mina padi kolam dalam.

Menurut Pak Satrianta, sistem mina padi ini memang dapat memberikan hasil maksimal. Perbandingannya, dengan sistem biasa, lahan 1.000 meter hanya bisa menghasilkan Rp 2 juta. Tapi bila menggunakan sistem mina padi maka hasilnya bisa berlipat-lipat.

Dengan inilah Pak Satrianta akan terus menggunakan mina padi. Dari hasil yang diperoleh, Pak Satrianta sendiri sudah bisa mewujudkan impiannya yakni membangun rumah.

Untuk awal budidaya jangan langsung memasukkan ikan bersamaan dengan tanam padi. Ini karena pertumbuhan padi bisa terganggu. Jadi ikan masuk itu ketika padi sudah berumur 15-20 hari setelah tanam. Jadi prinsipnya padi bagus dulu baru ikan masuk.

Saat sudah 80 hari/90 hari ikan sudah siap di panen. Untuk panen padi pastikan dilakukan setelah 3-4 hari setelah panen ikan. Pak Satrianta sendiri menanam beberapa jenis padi lokal seperti sembada merah, sembada hitam, mentik wangi dan mentik susu.

Terakhir, Pak Satraianta berpesan untuk generasi muda agar tidak ragu untuk bertani dan tidak ragu menggunakan sistem mina padi. Sebagai penutup Pak Satrianta memberikan pantun yaitu “tanam padi jalannya mundur, dengan mina padi mudah-mudahan makmur.”

Video ini dibuat oleh CapCapung, 13 Maret 2018 dan telah ditonton 20 juta kali.


5 Manfaat Yogurt Buat Kita Kita Semua…

Yogurt merupakan makanan hasil fermentasi dari susu menjadi asam laktat. Rasa asam manis yang khas yang terdapat pada yogurt membuat orang yang memakannya akan merasa ketagihan. Dahulu mungkin yogurt hanya memiliki rasa itu-itu saja, namun kini untuk menarik perhatian lidah telah banyak tersedia varian rasa untuk yogurt sendiri.

Orang yang rutin mengkonsumsu yogurt dalam kesehariannya terbukti akan memiliki immunitas yang lebih kuat dari pada orang yang jarang atau tidak mengkonsumsi yogurt. Namun tidak hanya ini ada banyak manfaat yogurt bagi kesehatan. Dan anda bisa membuktikannya sendiri. Berikut manfaat yogurt bagi kesehatan.

Memenuhi kebutuhan vitamin

Ada banyak kandungan yang dimiliki oleh yogurt. Semua kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dan bermanfaat sekali bagi kesehatan. Terdapatnya yodium, fosfor, seng, kalium, riboflavin, dan vitamin B5 menjadikan makanan ini makanan yang yang sehat.

Selain itu terdapat vitamin B12 yang berfungsi sebagai pengontrol sel-sel darah merah dan syaraf agar berjalan dengan baik. Vitamin ini hanya anda dapatkan pada produk makanan hewani sehingga untuk anda vegetarian akan sulit mendapatkan vitamin B12. Maka dari itu anda bisa mengkonsumsi yogurt sebagai pemenuhan vitamin B12 anda.

Mengurangi resiko terkena darah tinggi

Banyak sekali orang yang menyukai makanan yang gurih-gurih dan cenderung asin. Bahkan 70% orang di indonesia mengkonsumsi 2x lebih banyak garam ketimbang dari takaran yang semestinya. Garam yang kita konsumsi secara berlebih dan dalam jangka waktu yang lama akan ditimbun diginjal yang akan mengakibatkan hipertensi dan gangguan ginjal.

Perlu proses yang lama untuk membersihkan kadar garam dalam ginjal. Dengan rutin mengkonsumsi yogurt dimana terdapat kandungan zat kalium, maka yogurt dapat membantu anda membersihkan kadar galam berlebih atau sodium dalam tubuh anda. jadi dengan demikian resiko untuk terkena hipertensi dan gangguan ginjal akan berkurang.

Pencegahan osteoporosis

Osteoporosi sendiri adalah kelainan atau gangguan pada tulang atau lebih sederhanannya adalah keropos pada tulang. Hal ini disebabkan karena kekurangan Vitamin D dan Kalsium. Mungkin anda sudah sangat percaya dengan susu diamana ini adalah minuman utama yang di anjurkan untuk memperkuat dan memadatkan tulang kita.

Yogurt sendiri memili zat asam laktat yang menyerap kalsium dan posfor. Zat ini juga turut membantu dalam memadatkan dan menguatkan tulang. Selain itu Vitamin K turut mengambil andil dalam metabolisme tulang dan ini semua bisa anda dapatkan dengan cara rutin mengkonsumsi yogurt.

Membantu menjaga kesehatan intim wanita

Indeks keasaman yang dimiliki yogurt merupakan tingkat yang pas yang berguna mencegah pertumbuhan dari bakteri candida. Bakteri ini bertanggung jawab terhadap keputihan pada wanita. Selain yogurt yang asam juga terdapat yogurt yang manis dan kalau bisa hindari lah yogurt yang manis karena yogurt manis berkembang dari ragi dari gula yang dapat mengakibatkan pertumbuhan bakteri baik dalam vagina terganggu.

Tentu hal ini merupakan dambaan setiap wanita yakni memiliki organ intim yang bersih dan sehat. Manfaat yogurt untuk wanita lainnya adalah mengurangi rasa lemas dan nyeri saat menstruasi. Seorang wanita yang mentruasi akan cenderung lemas dan terlihat pucat. Hal ini disebabkan karena wanita kekurangna kadar zat besi dan kalsium dalam darah. Untuk mengganti zat yang hilang tersebut, wanita dianjurkan memakan yogurt untuk menggantikannya.

Menjaga kesehatan kulit

Yogurt dapat pula berdampak baik pada kesehatan kulit. Karena yogurt dapat menjadi scrub alami yang mampu menarik komedo atau sel-sel mati keluar. Sehingga kulit akan terlihat lebih sehat dan cantik. Bahkan seorang Cleopatra putrid dari mesir sering melakukan mandi yogurt untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya.