Saat Jadi Makmum, Ikut Membaca Surat Atau Hanya Mendengarkan Imam? Begini Penjelasan UAH

YouTube video

Jelas dan gamblang, mendengarkan penjelasan dari Ustadz Adi Hidayat mengenai tata cara membaca Fatihah dan surat dalam shalat berjamaah.

Dalam shalat berjamaah seringkali makmum dibingungkan dengan bacaan iman yang harus diikuti atau tidak? Sementara itu makmum punya kewajiban membaca surah Al-Fatihah. Di sini Ustadz Adi Hidayat menjelaskannya dengan gamblang.

Nah berikut penjelasan Ustadz Adi Hidayat dalam sebuah forum yang diupload Majlis Islami.

Pada sebuah forum, Ustadz Adi Hidayat mendapatkan pertanyaan dari pemirsa melalui surat tertulis. Dalam surat tertulis itu pemirsa bernama Adi bertanya tentang bacaan dalam shalat berjamaah.

Bunyi pertanyaannya yaitu “dalam shalat sirr (dzuhur dan ashar) bila makmum sudah membaca fatihah apakah dia menunggu imam membaca surah atau makmum juga membaca surat. Bagaimana bila bacaan surahnya beda?”

Dari sini kemudian Ustadz Adi Hidayat memberikan penjelasan bahwa ayat-ayat dan hadist mengisyaratkan makmum mendengarkan iman. Bila dibacakan alqur’an maka diam dan berhenti, simak dan dengarkan.

YouTube video

Lebih lanjut Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa Imam dijadikan untuk diikut, maka bacaan iman sudah mewakili bacaan makmum. Bacaan yang diikuti yakni al-fatihah. Makanya imam perlu memberi kesempatan kepada makmum untuk membaca al-fatihah. Al-fatihah diikuti dan surat selanjutnya disimak dan didengarkan saja.

Jika makmum mendapati imam yang sudah rukuk maka makmum tidak perlu baca Al-Fatihah. Langsung saja rukuk mengikuti imam, karena iman harus diikuti. Ketika makmum mengikuti imam dalam keadaan imam suda rukuk maka itu sudah dihitung satu rakaat. Ini karena arti kata rukuk itu adalah rakaat.

Bila shalat sirr (dzuhur dan ashar) karena bacaan imam tidak diperdengarkan, ulama berpendapat untuk mencukupkan dengan Al-Fatihah saja. Tapi bila masih ada waktu setelah baca Al-Fatihah maka bisa dilanjutkan dengan membaca surat.

Tidak perlu khawatir bacaan surat setelah Al-Fatihah berbeda dengan bacaan surah imam karena dalam shalat sirr tidak diketahui bacaan surat imam karena tidak diperdengarkan.

Video ini dibuat oleh Majlis Islami, 10 Desember 2020 dan telah ditonton 5,7 juta kali.


Pesona Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung api aktif yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini terletak sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan ketinggian 2084 meter di atas permukaan laut.

Artikel Terbaru

Selain itu, gunung Tangkuban Perahu juga dikelilingi dengan kerimbunan pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya. Ini terntu menjadi daya tarik tersendiri ketika anda mengunjungi gunung Tangkuban Perahu.

YouTube video

Jalan Jalan ke Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia sudah tentu tidak asing lagi di telinga. Ya, Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Taman ini berfungsi menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak dan berada di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 – 24 derajat Celsius.

Keunikan tempat wisata ini dari kebun binatang lainnya di Indonesia adalah pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Mengagumi Keindahan Raja Ampat, Yang Ngetop Di Dunia…

Lagi pingin jalan-jalan, tapi nggak bisa karena kondisi? Bisa ngelihat video-video ini buat ngelihat betapa indahnya Raja Ampat

Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Daripada baca, mending lihat langsung foto dan video indahnya.

Tambah pengen kan?…
Saya juga… hiks…

Related Posts