16 Trik Menyelamatkan Diri Super Cepat

YouTube video

“Menyelamatkan diri di akhirat: Beribadah memohon ampun kepada-Nya selama masih hidup di dunia…”

Silakan simak video diatas

sumber: youtube Sisi Terang.


Bangkai Ikan Paus Ini Tiba-Tiba Meledak Ketika Dibawa Mobil Truk

YouTube video

Silakan simak videonya diatas


Simak Yuk 20 Tips Menjadi YouTuber yang Bijaksana

Siapa sih yang gak kenal YouTube? Rasanya hampir setiap dari kamu pasti pernah menontonnya. Kamu bisa menonton apa saja yang kamu inginkan. Banyaknya tayangan yang berseliweran di ranah YouTube, tentunya tidak terlepas dari peran para YouTuber yang dengan begitu epik dalam menyajikan content-contennya, sehingga viewer akan tetap betah berselancar di dalamnya.

Dengan banyaknya viewer pada content mereka, tentunya pundi-pundi rupiah-pun juga ikut mengalir dalam dompet mereka. Makannya, banyak YouTuber yang saat ini hanya berlomba-lomba mengejar viewer tanpa memperhatikan isi content. Makannya gaes, jadilah YouTuber yang bijaksana.

Meskipun tujuan utama kamu adalah uang, tapi jangan lupakan attitude kamu untuk memberi informasi yang bermanfaat, jangan hanya yang penting viral tapi malah menyesatkan orang lain.

Nah untuk itulah artikel ini hadir, kamu tidak perlu risau dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah tapi tetap bijaksana dalam menjadi YouTuber. Yuk simak 20 tips menjadi youtuber yang bijaksana berikut ini:

Tips Menjadi Youtuber
source: unsplash

Menentukan Jenis Kesuksesan yang Ingin Dicapai

Menentukan jenis kesuksesan yang ingin dicapai akan membuat kamu menjadi lebih fokus dengan apa yang ingin kamu raih. Sehingga kamu dapat mengabaikan hal-hal yang mengganggu fokus utama kamu.

Memasang Target dengan Ukuran

Saat tujuan telah ditentukan, jangan lupa untuk memasang target yang terukur agar tujuan kamu bisa tercapai tepat pada waktunya. Dengan menentukan target kamu akan menjadi lebih disiplin sehingga dalam menyusun rencana ke depannya menjadi lebih mudah.

Memilih Topik yang Sesuai

Memilih topik yang sesuai bisa membantu kamu lebih fokus sehingga produktivitas video kamu akan meningkat. Ada beberapa contoh topik yang banyak digunakan oleh YouTuber saat ini, misalnya: teknologi, musik, gaming, traveling, animal, fashion, lifestyle, hingga kuliner.

By theway, ingin traveling ke umbul besuki? check this out…. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa topik tersebut untuk memulai channel pertama kamu

Artikel Terbaru

Menentukan Tipe Konten

Setelah topik ditentukan maka langkah selanjutnya adalah menentukan tipe konten. Tipe konten yang bisa kamu buat adalah sebagai berikut: Entertain, Educate, Envince. Untuk memilih tipe konten, alangkah baiknya jika kamu selalu fokus pada satu tipe agar dalam mengembangkan channel lebih mudah dan bisa membentuk topik lebih kuat. Sehingga akan membuat viewer memandang kamu sebagai seorang spesialis dari topik tersebut.

Menemukan Ciri Khas

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang YouTuber, maka kamu harus berani menunjukkan apa yang membuatmu berbeda dari YouTuber lain.

Milikilah ciri khas yang kuat agar kamu mudah dikenal di tengah banyaknya persaingan dengan YouTuber di seluruh dunia. Ciri khas bisa saja berbentuk gaya bahasa, dekorasi ruangan yang kamu gunakan, dan lain sebagainya.

Membuat Channel YouTube

setelah melalui langkah-langkah di atas, sekarang saatnya kamu membuat channel YouTube. Dalam membuat channel YouTube, kamu gak bisa asal bikin gitu aja. Kamu harus membuat channel YouTube kamu terlihat menarik dan berkesan sehingga banyak yang berminat melirik channel YouTube kamu.

Membuat akun Adsense

Saat tujuan utama kamu adalah uang, maka kamu harus membuat akun Google AdSense sehingga iklan-iklan akan tersalurkan ke dalam content-content yang kamu buat. Sayangnya kamu hanya bisa membuat satu akun AdSense agar pembayaran menjadi lebih mudah.

Membangun Subscriber Secara Natural

Langkah selanjutnya adalah dengan membangun subscriber karena subscriber akan membuat channel kamu tumbuh dan berkembang. Untuk mendapatkan subscriber secara natural, yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat video yang berkualitas, membuat content yang sesuai dengan viewers, serta optimalkan judul dan gambar thumbnail.

Merancang Konten dengan Menarik

Konten yang menarik akan menjaring banyak viewers sehingga kamu perlu merancang konten semenarik mungkin. Untuk itu kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini: mengecek kompetitor, melakukan riset topik dan kata kunci, menentukan ide konten, dan menulis script.

Mempersiapkan Peralatan

Menjadi seorang YouTuber tentunya harus ditunjang dengan peralatan yang memadai, sehingga konten yang kamu buat menjadi lebih kece. Beberapa contoh peralatan yang kamu butuhkan adalah: Teleprompter, Mikrofon Eksternal, Lighting, Kamera, Aplikasi Video Editing, dan lain sebagainya.

Fokuslah dalam Membuat Video

Agar hasil pembuatan video kamu maksimal, tentunya kamu harus tetap fokus dalam proses pengambilan gambar dengan cara: menyesuaikan kebutuhan gambar dengan script, menempatkan kamera sesuai angle, menggunakan tripod agar hasil gambar stabil, memastikan microfon dalam keadaan ON, mengatur teleprompter, serta menyesuaikan cahaya.

Membangun Channel YouTube

Untuk membangun sebuah channel YouTube, kamu bisa memulainya dengan melakukan personalisasi channel YouTube kamu, mulai dari memasang foto profil, menggunakan banner yang sesuai, mengisi bagian deskriptif dengan informatif, milikilah visual style, dan membuat playlist yang sesuai isi konten.

Membangun Engegement dengan Audiens

Viewer dan subscriber merupakan salah satu kunci keberhasilan channel YouTube kamu, sehingga kamu harus membangun engagement dengan audiens dengan menjaga konsistensi sehingga channel YouTube kamu mudah diingat, melibatkan audiens dalam membuat konten, melakukan live streaming, serta menanggapi respons audiens.

Mempromosikan Video Melalui Sosmed

Melalui sosial media kamu bisa melakukan promosi secara maksimal. Melalui strategi ini, followers kamu di sosmed bisa saja menjadi subscriber YouTube kamu.

Kualitas Views dan Kuantitas Views

Untuk mendapatkan peringkat yang bagus kamu tidak perlu jutaan views, selama konten kamu berkualitas meskipun dengan seribu sampai dua ribu viewspun konten kamu bisa memperoleh peringkat 1 – 3 pada hasil pencarian suatu keyword.

Memperkuat dengan SEO (Search Engine Optimization)

Agar jumlah pengunjung yang berkualitas meningkat maka dibutuhkan upaya SEO agar konten kamu lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Untuk itu kamu perlu menggunakan judul video yang deskriptif, menggunakan kata kunci dan tag yang relevan di video sesuai SEO..

Konsistensi

Dalam mengunggah sebuah konten, kamu harus selalu konsisten agar channel YouTube kamu lebih ceat berkembang. Sebisa mungkin kamu mengunggah video dua sampai tida video dalam seminggu.

Menerima Feedback dari Viewer

Dengan adanya kritikan ataupun saran dari viewer, tentunya jauh lebih baik daripada tidak ada satupun yang berkomentar. Karena hal itu menandakan bahwa masih ada yang mempedulikan konten kamu, selain itu kamu juga bisa mengetahui letak kekukarangan dari konten yang kamu buat, sehingga kamu bisa memperbaiki dan mengembangkannya menjadi lebih baik. 

Selalu Melakukan Analisis

Untuk mengetahui peforma konten kamu, YouTube ternyata telah menyediakan fitur YouTube Analytics untuk memudahkan kamu dalam melakukan evaluasi. Sehingga kamu akan menjadi lebih mudah dalam menentukan strategi apa yang tetap dilakukan kedepannya setelah kamu mengetahui peforma dari konten yang kamu buat.

Selalu Semangat

Pastikan kalau kamu akan selalu bersemangat dalam mengembangkan channel YouTube kamu, terlebih dengan tetap konsisten membuat konten-konten yang menarik dengan isi yang berkualitas.

Menjadi YouTuber tidaklah semudah yang kamu bayangkan, tapi saat semangat selalu ada, pastilah segala kesukaran dapat terlalui dengan mudahnya.

Related Posts