Wuihh… Saat Pesawat Cargo Besar Dunia Mendarat di Jogja.

Perasaan decak kagum masih saja terbawa setelah menyaksikan video pesawat kargo terbesar di dunia berhasil mendarat dan lepas landas di Yogyakarta International Airport (YIA).

Dalam video singkat tersebut, nampak detik-detik mendebarkan pesawat Antonov AN 124-100 mendarat dengan mulus di runway YIA serta membuka bagian moncong depannya untuk bongkar muat.

Pada Rabu (10/3/2021) kemarin, pesawat Antonov AN 124-100 tercatat untuk pertama kalinya mendarat di YIA dengan membawa komoditas ekspor. Dalam kesempatan perdananya itu, pesawat yang mampu mengangkut lokomotif hingga kapal pesiar tersebut membawa komoditas ekspor berupa kabel wire box cable truck untuk dikirim ke Amerika Serikat.

Dalam video yang diunggah Metro TV Jateng & DIY, pesawat Antonov AN 124-100 menjadi satu-satunya objek utama yang memang mengundang perhatian serta decak kagum.

Antonov AN 124-100 berhasil mendarat dan lepas landas dengan mulus di Yogyakarta International Airport (YIA) pada Rabu (10/3/2021).

Pesawat ini membawa 62 ton kabel wire box cable truck yang akan dikirim ke Amerika Serikat. Dalam kegiatan ekspor tersebut, Antonov AN 124-100 sebagai salah satu pesawat kargo terbesar di dunia dengan daya muat hingga 150 ton, menjadi pusat perhatian tersendiri.

Suksesnya Antonov AN 124-100 mendarat di YIA ini dikarenakan adanya dukungan pavement classification number atau tingkat kekerasan runway, taxiway dan apron YAI yang lebih besar daripada spesifikasi landasan yang dibutuhkan untuk kebutuhan pendaratan dan penerbangan pesawat kargo besar dunia seperti Antonov.

Adapun tingkat kekerasan atau PCN runway YIA yaitu 93 F/C/X/T, PCN taxiway yaitu 93 F/C/X/T dan PCB apron yaitu 107 R/C/X~T. Sementara dimensi panjang runway adalah 3.250 x 45 meter persegi

YIA sendiri memiliki dua terminal kargo yaitu domestik dan internasional dengan luasan 3.546 meter persegi dan daya tampung hingga 390 ton untuk kargo domestik. Sementara untuk kargo internasional memiliki luasan 2.304 meter persegi dengan daya tampung 250 ton.

YouTube video

Video ini dibuat oleh Metro TV Jateng & DIY, 11 Maret 2021, dan telah ditonton 1,3 juta kali.


10 Wisata Wajib di Jogjakarta

Jogjakarta adalah tujuan wisata favorit di Indonesia. Bukan hanya wisatawan lokal yang terasa kangen jika sudah pernah berkunjung ke Jogja, bahkan tak jarang banyak turis yang akhirnya menetap dan tinggal lebih lama di Propinsi ini.

Malioboro di waktu malam

Jika Anda belum pernah ke Jogja, akan sangat rugi karena tempat ini bukan hanya kaya dengan tempat wisata, tapi juga syurganya tempat belanja dan kaya dengan aneka kuliner lezat khas Jawa. Jogja sangat terkenal dengan batik, banyak orang yang berbelanja memborong batik jika berkunjung ke Jogja.

Banyaknya universitas ternama di tempat ini menjadikan Jogja sebagai kota pelajar yang memiliki masyarakat dengan semangat belajar yang tinggi. Tak hanya mahasiswa, bahkan sopir angkutan umum pun selalu bersemangat menimba ilmu.

Artikel Terbaru

Berikut 10 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika Anda datang ke Jogjakarta:

Malioboro

Kawasan ini adalah kawasan wisata di Jogja yang paling terkenal. Malioboro merupakan tempat berbelanja oleh-oleh khas Jogja. Di sini dijual banyak pernak-pernik unik dan menarik, aneka kuliner khas Jogja, pakaian dan masih banyak lagi.

Malioboro menjadi lokasi nongkrong para anak muda yang sangat diminati. Di tempat ini kita bisa menyaksikan aktivitas kehidupan masyarakat Jogja yang sangat beragam. Orang bilang belum ke Jogja kalau belum ke Malioboro.

Pasar Beringin Harjo

Jika Anda sudah datang ke Malioboro, maka jangan lupa sekalian mengunjungi Pasar Beringin Harjo. Di sini adalah pusat belanja aneka pakaian batik, oleh-oleh khas Jogja dengan segala macam motif batiknya yang cukup terkenal.

Jika pintar menawar, Anda bisa mendapatkan barang-barang bagus dengan harga murah. Dan pastikan juga Anda pintar berbahasa Jawa. Atau sebaiknya Anda membawa masyarakat setempat saat berbelanja.

Pantai Depok

Salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan di Jogja adalah Pantai Depok. Di sini kita bisa menikmati aneka kuliner seafood segar di tengah deburan ombak yang sangat indah. Air laut yang biru dan pasir yang kecoklatan. Pantai ini adalah pantai yang sangat cocok untuk Anda yang menyukai ketenangan.

Pantai Parang Tritis

Tujuan wisata pantai paling terkenal di Jogja adalah pantai Parang Tritis. Ombaknya yang sangat kuat adalah daya pesona yang memukau.

Di tepian pantai kita bisa menyaksikan para pedagang kelapa muda dan aneka makanan ringan lainnya, sehingga Anda tak perlu khawatir akan kelelahan dan kelaparan setelah lelah bermain di pantai. Namun Anda harus sedikit waspada dengan gulungan ombak yang besar karena sering terjadi musibah di tempat ini.

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi agama Budha yang sangat terkenal. Bangunannya yang megah dan kokoh terlihat sangat gagah di pagi hari. Para wisatawan luar negeri di pagi haripun sudah ramai mengunjungi tempat ini. Candi Borobudur menyimpan kisah sejarah yang mendunia sehingga wajar jika banyak orang yang menuju ke tempat ini.

Di area kawasan Candi Borobudur banyak dijual aneka barang oleh-oleh khas Jogja yang sangat murah, seperti aneka batik, cindera mata, makanan kuliner dodol dan sebagainya.

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi agama Hindu. Selain Borobudur, Prambanan adalah candi yang paling banyak dikunjungi para wisatawan. Candi ini juga memiliki kisah sejarah yang cukup terkenal. Sayangnya tiket masuk ke kawasan ini cukup mahal, sehingga orang terkadang berpikir dua kali untuk bisa masuk dan mengunjungi candi.

Candi Mendut

Candi Mendut ada di pusat kota. Anda bisa menyaksikan langsung bangunan candi yang dibuat sedemikan rupa di tengah-tengah kota Jogja yang tenang.

Kampus Universitas Gajah Mada

Kampus UGM juga menjadi salah satu tujuan wisata para pengunjung yang datang dari luar daerah. Bangunan masjid kampus UGM yang megah terkadang menjadi tempat singgah para wisatawan yang penasaran dengan kondisi lingkungan universitas kenamaan di Indonesia tersebut. Di hari Ahad, wisatawan bisa menikmati sajian pasar kaget yang ada di kawasan kampus.

Wisata Kuliner, Gudeg, Bakpia, Mie Jawa

Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh makanan khas Jogja Bakpia, maka bisa mengunjungi lokasi pusat penjualan bakpia yang sangat terkenal. Di kawasan ini kita bisa menemukan banyak sekali industry rumah tangga yang membuat gudeg, bakpia langsung di tempatnya. Anda bisa langsung memilih dan mendapatkan bakpia hangat yang baru siap dimasak.

Wisata gunung Merapi

Dari Kota Jogja, kita juga bisa menuju ke kawasan wisata Gunung Merapi. Di sini kita bisa berjalan langsung menikmati keindahan suasana puncak yang memiliki bekas-bekas erupsi. Orang yang datang dari luar Jogja akan melihat ini sebagai bukti sejarah sebuah tragedi.

Related Posts