Produksi Furniture Yang Tumbuh Dan Dipanen Di Kebun

YouTube video

Sungguh hebat dan jenius melihat kerja dari Gavin Munro yang membuat aneka furnitur dari pohon secara langsung. Menariknya, harga meubel unik karya Gavin ini memiliki banderol yang tak main-main karena bisa mencapai 5 ribu Euro lebih.

Desainer meubel asal Inggris, Gavin Munro yang membuat meubel unik langsung dari pohon yang ditanamnya. Dengan teknik tertentu, Gavin sudah bisa menghasilkan menghasilkan beberapa karya furniture seperti kap lampu, kursi dan meja dengan harga fantastis. Dalam video yang di upload DW Indonesia ini.

Meubel atau furniture yang dihasilkan dari pohon secara langsung memang sangat unik. Salah satu sosok yang menghadirkan meubel ini adalah desainer asal Inggris Gavin Munro. Untuk menghasilkan meubel dari pohon ini Gavin melakukan manipulasi arah pertumbuhan pohon sehingga kemudian menghasilkan beragam bentuk perbotan seperti kursi dan meja.

Dari arah pertumbuhan yang dimanipulasi ini Gavin bisa melihat struktur yang diinginkan sebelumnya. Dalam menghadirkan furniture unik tersebut, Gavin melakukannya tanpa gergaji dan paku. Dari sini Gavin pun bisa memanen meja dan kursi langsung dari kebun.

Ide awal dari pohon bonsai

Ide awalnya muncul saat dirinya masih kecil dan melihat ibunya memiliki pohon bonsai yang salah satunya tumbuh terlalu besar hingga nampak seperti singgasana kecil. Dari sini dirinya mulai memikirkan apa yang bisa dilakukan dengan apa yang dilihatnya tadi.

Cara untuk menghasilkan pohon yang membentuk meubel ini dilakukan Gavin dengan kawat dan kerangka plastik. Dari dua perlengkapan tadi dirinya pun akan mengarahkan bentuk pohon hingga membentuk furniture yang diinginkan.

Lebih lanjut Gavin mengatakan bahwa pohon rotan yang cocok untuk menerapkan teknik ini. Setelah dipanen, meubel harus dikeringkan selama satu tahun meubel. Setelah itu dibawa ke bengkel untuk mendapatkan sentuhan akhir.

Masa Menunggu 10 tahun menjadi 5 tahun

Dari metode awal yang harus menunggu 10 tahun untuk panen, kini Gavin pun sudah bisa memperpendeknya menjadi 5 tahun dengan teknik membalik pertumbuhan pohon. Apa yang dilakukannya ini menurutnya awalnya hanya sebuah proyek seni yang bersifat coba-coba.

Namun sekarang Gavin telah mampu membuat sistem produksi sungguhan. Untuk harga satu kap lampu yang dijualnya bisa mencapai lebih dari 1000 Euro. Sedangkan untuk harga kursi bisa 5 kali lipat dari harga kap lampu tadi.

Video ini dibuat oleh DW Indonesia, 20 September 2016 dan telah ditonton 1,4 juta kali.


5 Tips Mengatur Pola Makan Sehat

Setiap hari kita melakukan aktivitas sehari-hari yang membutuhkan tenaga dan ketahanan tubuh yang baik agar aktivitas kita lancar. Untuk mendukung kegiatan anda sehari-hari maka anda harus memiliki asupan gizi yang baik berasal dari sumber makanan yang sehat dan mengatur pola makan sehari-hari dengan sebaik mungkin.

Bagi anda yang ingin tetap sehat dengan mengatur pola makan sebaik mungkin, maka anda bisa menyimak tipsnya berikut ini.

Artikel Terbaru

Mengatur Jadwal Makan

Pola makan yang salah akan menyebabkan dampak buruk bagi tubuh kita, misalnya kita tidak menentukan waktu makan yang tepat, seperti kita seharusnya makan malam sekitar setengah 7 namun kita mengabaikan dan sering makan malam di atas jam 9 yang menyebabkan mudah gemuk.

Kasus lain seperti sering telat makan siang yang sering menggangu konsentrasi kita dalam bekerja, seperti makan siang yang sering diulur sampai jam 3 yang menyebabkan kita merasa lemas, stres, dan timbulnya penyakit lain.

Hal yang paling tepat adalah mengatur jadwal makan kita yang disesuaikan dengan kesibukan kita, misalnya sarapan jam 6 pagi, makan siang jam 1 siang, dan makan malam jam setengah 7 sehingga hidup kita akan lebih teratur dan kita bisa terjauh dari berbagai penyakit seperti maag, stres karena telat makan, lemas, lesu, dan sebagainya.

Memilih Jenis Makanan

Selain mengatur jadwal makan, kita juga harus memperhatikan jenis makanan yang sering kita makan, dan jauhkan dari makanan yang kurang sehat. Misal mengkonsumsi daging tidak terlalu sering bisa seminggu sekali, dan perbanyak makan sayuran.

Untuk daging sendiri pilih makanan berbahan daging yang jauh dari lemak tinggi serta batasi jenis daging seperti daging kambing yang dapat memicu tekanan darah dan dampak buruk lainnya terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia. Sebenarnya sekali-kali juga tidak masalah namun untuk jangan terlalu sering agar kita lebih sehat.

Konsumsi buah juga sangat bagus, atau jika anda suka jus maka anda bisa mencampur buah untuk dijus yang tentunya menyehatkan, misal campuran jus jambu dan nanas. Konsumsi paling tidak seminggu sekali.

Membatasi Jumlah Makanan

Untuk menghindari kegemukan dan masalah lain bagi tubuh kita, maka anda dapat membatasi jumlah porsi nasi, lauk, dan cukupkan makan hanya 2 – 3 kali sehari.

Agar saat kita lapar kita tidak mengamuk dalam mengambil porsi makanan, maka sebelumnya minumlah air putih segelas dulu agar kita cukup kenyang dan tidak berlebihan dalam makan saat lapar.

Saat pagi hari, agar tubuh tetap bugar untuk bekerja sebaiknya minumlah susu yang akan membuat tubuh anda tetap fit.

Atur Pola Tidur

Percaya atau tidak dengan kita sering begadang, maka akan meningkatkan rasa lapar kita.

Contoh saat jam 9 adalah waktu anda untuk tidur tetapi malah anda bermain game sampai larut malam, makan akan menyebabkan rasa lapar anda akan bertambah. Hasilnya juga pada pagi harinya anda juga akan merasa lapar berat dan malah memicu anda menambah porsi sarapan. Akibatnya di kantor anda akan merasa lemas, ngantuk, dan malas karena kekenyangan sarapan.

Imbangi Dengan Olahraga

Olahraga juga dirasa penting untuk membantu pembakaran dalam tubuh kita, agar hidup kita lebih sehat dan aktivitas saat di kantor kembali lancar.

Cek juga ke dokter apakah anda menderita suatu penyakit atau tidak, misalkan anda menderita penyakit maka tanyakan pula jenis makanan yang cocok bagi kesehatan anda.

Kemudian yang terpenting adalah ubahlah kebiasaan buruk anda selama ini misal yang sering telat makan, kurang olahraga, terlalu banyak makan dan ngemil, atau hobi mengkonsumsi makanan fast food yang kurang sehat jika terlalu sering dikonsumsi.

Related Posts