Full Ilmu Stress Pun Hilang. Video Ceramah Ustadz Abdul Somad

Tak pernah jemu mendengar ceramah UAS…

Silakan simak videonya diatas. Sumber: youtube FSRMM TV


Penyaluran Bansos Tunai, Pihak Pos Indonesia Sambang Penerima (Februari 2021)

Sejak awal Januari 2021, pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan sosial tunai (bansos tunai). Dana bansos tunai sebesar Rp 300 ribu akan diberikan kepada sekitar 10 juta penerima dari seluruh Indonesia. Penyaluran bantuan akan diberikan secara langsung kepada penerima melalui PT Pos Indonesia.

Salah satu kecamatan penerima BST di Jakarta adalah kecamatan Cempaka Putih. Ada 1.23 kelapa keluarga yang terdaftar sebagai penerimaan bansos tunai senilai Rp 300 ribu di kecamatan ini. Setiap penerima wajib menunjukkan KTP dan surat undangan kepada petugas Pos juru bayar sebagai syarat untuk mendapatkan bansos tunai tersebut.

Di awal tahun 2021 ini, pemerintah menerapkan skema baru untuk penyaluran bantuan sosial. Bantuan diberikan secara langsung kepada penerima melalui petugas PT Pos Indonesia. Data penerima bansos tunai ini bisa dilihat di website Kementerian Sosial pada laman dtks.kemensos.go.id.

sumber: tvoneNews

Sistem dan Alur Penyaluran Bansos Tunai

Proses penyaluran BST dilakukan oleh petugas Pos yang akan menyambangi rumah penerima bantuan secara langsung. Petugas akan meminta calon penerima bantuan untuk menunjukkan KTP dan surat undangan bansos tunai yang telah diberikan sehari sebelumnya. Selanjutnya petugas Pos akan melakukan scan barcode untuk memeriksa data penerima.

Scan barcode dilakukan menggunakan aplikasi yang terhubung langsung dengan sistem data Kementerian sosial. Jika data telah sesuai, petugas akan memfoto penerima bantuan dengan memegang kartu keluarga sebagai buktinya. Selanjutnya dilakukan serah terima uang BST dan sebagai buktinya penerima akan tanda tangan di kolom data yang dibawa oleh petugas juru bayar.

Kendala Petugas Penyaluran Bansos Tunai Secara Langsung

Menurut Taufik, salah satu petugas Pos juru bayar BST, penyaluran bantuan secara door to door ada kadang mengalami sedikit kendala. Salah satunya, kendala cuaca yang tidak bisa diprediksi seperti hujan. Ia juga menambahkan, kendala lain yang kerap ditemui adalah kesulitan menemukan alamat penerima karena berada di dalam gang.

Walaupun ada kendala, akan tetapi cara ini dianggap paling baik khususnya di tengah kondisi pandemi. Penyaluran bansos tunai secara door to door mampu mencegah terjadinya kerumunan. Hal ini demi menghindari terjadinya penyebaran virus Corona yang saat ini masih mengancam keselamatan semua orang.

Tanggapan dari Penerima Bansos Tunai

Salah satu warga Cempaka Putih Jakarta Timur yang berhak menerima BST adalah Ibu Siti Mariyam. Ia merupakan seorang ibu rumah tangga sedangkan suaminya berprofesi sebagai penjaga keamanan di rumah sakit. Ia bercerita bahwa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap perekonomian keluarganya karena gaji suaminya dipotong.

Hadirnya bansos tunai ini dirasa sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan keluargan. Akan tetapi ia lebih memilih bantuan sosial berupa sembako seperti sebelumnya dibandingkan dengan uang tunai. Ia khawatir uang tersebut justru akan disalah gunakan untuk keperluan lainnya. Walaupun demikian ibu Siti tetap bersyukur mendapatkan BST dari Kementerian Sosial tersebut.

Tidak hanya penerima bansos tunai saja yang merasa bersyukur dengan skema baru ini. Warganet juga mengapresiasi cara pemerintah dalam menyalurkan bansos secara langsung tersebut. Salah satunya seperti komentar akun Sun Go Kong di unggahan berita tvOneNews “Nah gini baru bener, kemarin pas ambil bansos aja udah berkerumun”.

Penyaluran bansos tunai ini sudah sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang terkena dampak langsung dari adanya pandemi Covid-19. Dengan penyaluran bansos tunai secara langsung melalui petugas Pos, diharapkan bantuan bisa lebih tetap sasaran serta mengurangi adanya kerumunan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Sumber :http://youtu.be/cYahL5JMiQQ

Tanggal penerbitan : 7 Januari 2021

Viewers : 3.770