Heboh Penemuan Liontin Berumur 39 Ribu Tahun

Sebagai pecinta sejarah yang sempat ingin berkuliah di jurusan arkeologi namun tidak direstui orang tua, saya sangat excited menonton berita tersebut.

YouTube video

Membangkitkan kembali semangat dan minat saya pada bidang ini. Selain rasa excited, saya juga bangga karena ternyata masih banyak peninggalan sejarah di Indonesia khususnya zaman purbakala yang masih belum banyak terekspos. Sehingga sampai menarik minat para arkeolog Australia untuk ikut mengeksplorasi, mereka tertarik dengan fakta yang menunjukkan bahwa ada peninggalan peradaban di purbakala di Indonesia yang berusia lebih tua daripada peninggalan sejenis yang ada di negara lain.

Tentunya minat dan semangat para peneliti Australia tersebut menggugah saya pribadi untuk kembali mendalami misteri zaman purbakala di Indonesia. Terlihat bahwa sebenarnya kebudayaan purba kita termasuk maju dan kaya akan nilai-nilai kebudayaan yang dari situ banyak sekali pengembangan yang bisa digali lebih dalam lagi

Dalam berita ini dijelaskan bahwa kelompok arkeolog yang terdiri atas 50 orang dari berbagai Universitas ternama di Indonesia dan Australia  yang melakukan ekskavasi atau penggalian arkeologi di mulut gua Bulu Buttae yang berada Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Penggalian ini sebenarnya pernah dilakukan oleh tim yang sama pada tahun 2014 di mereka berhasil menemukan sebuah lukisan bekas telapak tangan yang usianya diperkirakan jauh lebih tua daripada lukisan purbakala yang ada di Spanyol tepatnya di Gua El Castillo dan barulah kemudian pada 24 Juli 2017, tim ini beraksi lagi untuk mengeksplorasi lebih dalam kekayaan purbakala yang ada di gua ini.

Setelah 1 bulan, mereka telah menemukan banyak peninggalan yang masih terkubur di dalam tanah, lukisan telapak tangan yang sudah memudar di langit-langit gua. Yang paling penting adalah liontin purbakala yang berusia 39.000 tahun di mana dikonfirmasi bahwa liontin tersebut berasal dari jari tengah hewan kuskus yang sudah dilubangi bagian tengahnya untuk tempat tali. Tentunya penemuan ini sangat terjamin validitasnya karena dalam menganalisis keotentikan suatu temuan, mereka juga menggunakan teknologi canggih untuk membantu.

Temuan ini cukup menarik minat warganet youtube, terlihat dari channel CNN yang mengupload video ini pada 24 Agustus 2017 telah diakses hingga 6.670.091 kali


Kipas Angin Listrik

Kipas angin listrik termasuk dalam kategori alat elektronik yang sangat berguna di saat cuaca panas. Alat ini bekerja dengan baling-baling yang berputar ketika dihubungkan dengan listrik. Selain itu penempatannya tergantung jenis seperti kipas angin listrik dinding yang dapat digantung pada dinding. Berikut ada beberapa produk kipas angin listrik!

Kipas Angin Dinding Nagoya

Produk kipas angin yang satu ini berasal dari brand Nagoya. Kamu dapat menikmati udara yang sejuk menggunakan kipas ini di dalam ruangan. Pergerakan kipas ini cukup kuat sehingga udara yang dihasilkan juga lebih sejuk, awet dan tahan lama. Kamu dapat menempelkan kipas angin ini di dinding guna menghemat tempat terlebih pada ruangan yang sempit. 

Power kipasnya dapat diatur dengan cara menarik tali. Desain kipas ini adalah yang terbaru sehingga lebih bagus apalagi dilengkapi dengan lampu LED Ring yang dapat dimanfaatkan sebagai penerangan. Meskipun cahaya yang dihasilkan oleh LED Ring tidak terlalu kuat, namun bisa digunakan ketika kamu bangun tidur menuju toilet. 

Kamu bisa membeli produk kipas ini di akun official Tokopedia milik Nagoya yang telah mendapatkan bintang 5 dengan jumlah penjualan sebanyak 3.096 produk. Kualitas kipas angin ini dapat dinilai dari banyaknya tanggapan positif para pembeli.  Apabila kamu beminat, berikut link pembeliannya https://www.tokopedia.com/nagoyaelectronic/kipas-angin-berdiri-stand-fan-timezone-black-16in-tz-16kb?src=topads.

Cosmos Kipas Angin Berdiri

Selanjutnya ada kipas angin dari brand Cosmos. Kipas angin ini dapat diletakkan di atas lantai karena didesain agar dapat berdiri kokoh. Material yang digunakan dalam pembuatan produk kipas angin listrik ini juga berkualitas sehingga awet dan tahan lama. Ukuran baling-balingnya 16 inci dengan kualitas super spread. Power yang disediakan ada 3 tingkat, rendah, sedang dan tinggi dengan daya listrik 46 watt. 

Pembelian produk kipas angin listrik ini bisa dilakukan di official store Utama Elektronik di Tokopedia. Produk yang telah mendapatkan peringkat bintang 5 ini telah terjual sebanyak 3.093 unit. Berdasarkan ulasan para konsumen yang telah lebih dulu melakukan pemesanan, produk ini sangat bagus dengan harga yang ekonomis. Proses pengirimannya juga tergolong cepat untuk toko online. Link produknya https://www.tokopedia.com/utama-electronic/cosmos-kipas-angin-berdiri-16-16-xdc?whid=0

Kipas Angin Sekai

Kamu ingin membeli kipas angin tapi bingung mau pilih yang mana? Tenang, kamu dapat memilih kipas angin dari brand Sekai. Produk ini merupakan kipas angin dengan high velocity 25 cm. baling-balingnya terbuat dari plastik dengan 3 tingkat pengatur kecepatan. Hembusan angin yang dihasilkan cukup kencang untuk membuat udara di sekitar kamu lebih sejuk. 

Pemasangannya bisa pada dinding maupun di lantai. Putarannya tidak menghasilkan polusi pendengaran karena tidak berisik. Selain itu kamu juga dapat menghemat pemakaian listrik dengan kipas angin Sekai karena daya yang diperlukan 35 watt. Kipas ini juga dilengkapi dengan sekring pengaman agar tidak mudah konslet. 

Apabila kamu berminat, bisa langsung mengunjungi toko official store Sekai di Tokopedia. Produk kipas angin dari brand tersebut telah terjual sebanyak 1.775 unit dengan penilaian bintang 5 dari para konsumennya. Para konsumen juga merasa puas karena produk tiba dengan selamat karena kemasan yang rapi dan aman. Berikut link pembelian produknya https://www.tokopedia.com/sekaihomeid/sekai-kipas-angin-high-velocity-hdo-1018-s-10-inch?whid=0

Kipas Angin Meja Nagoya

Kipas angin listrik yang berkualitas dari Nagoya juga dapat menjadi pilihanmu. kipas angin ini dapat diletakkan di atas meja atau di atas lantai karena merupakan kipas angin duduk. Kamu dapat menjadikan kipas angin ini sebagai solusi cuaca tropis Indonesia. Udara yang dihasilkan dari kipas ini dapat berpencar ke berbagai arah. Mesin penggeraknya cukup handal dan kuat sehingga kipas dapat bertahan lebih lama dan awet. 

Meskipun ukurannya kecil dan dapat dibawa ke mana saja, kipas ini cukup kuat. Seluruh produk Nagoya telah disertai dengan ThermoSafe sebagai pengaman guna mencegah terjadinya overheating pada mesinnya. Materialnya juga berkualitas yang menghasilkan kesan glossy, elegan dan cantik pada bagian luar kipasnya. 

Dapatkan produk kipas ini pada official store Nagoya di Tokopedia. Hingga saat ini telah terjual sebanyak 1.232 unik dengan bintang 5 dari para pembelinya. Berdasarkan pengalaman para konsumennya, suara yang dihasilkan cukup halus sehingga tidak bising. 

Link pembeliannya di sini https://www.tokopedia.com/nagoyaelectronic/kipas-angin-meja-duduk-nagoya-desk-fan-12in-ng12df?whid=0

Exhaust Fan Dinding

Produk kipas angin yang satu ini berbeda dengan lainnya karena bentuknya seperti kotak tipis. Kipas ini membuat sirkulasi udara semakin bersih dan segar. Selain itu produk ini juga mudah dibersihkan serta mudah pemasangannya. Ukuran kipas ini hanya 12 inci dengan kecepatn mesinnya sebesar 910 RPM. Pembelian di toko Dansty.Brother dengan harga yang terjangkau. Kipas ini telah terjual sebanyak 1.803 unit dengan penilaian bintang 5 dari para pembelinya.

Link pembeliannya https://www.tokopedia.com/dansty/exhaust-fan-dinding-12-in-kdk-30rqn5?whid=0

Sekian ulasan mengenai beberapa produk kipas angin listrik yang bisa menjadi referensi buat kamu. Semoga bermanfaat. 

Related Posts