Viral Video Hujan Lokal Antar-RT, Ini Penjelasan BMKG

YouTube video

Menarik dan mengherankan melihat video yang menunjukkan hujan turun tidak merata padahal tidak ada pemisahnya. Sebuah jalan, masih satu kesatuan tetapi sebagian basah karena masih hujan, namun sebelahnya sama sekali tidak hujan.

Banyak yang kaget, warga sekitar dan bahkan ribuan penonton sebuah postingan akun Facebook memperlihatkan jalanan dan beberapa rumah di mana hujanya terhenti sehingga satu lokasi bisa hujan dan tidak hujan.

Sebuah postingan berita video terbaru dan viral oleh Tribun Timur, channel berisi berita terbaik dalam bentuk video satu jaringan juga dengan Kompas TV menjelaskan bagaimana tanggapan BMKG terkait fenomena tersebut.

Hujan Lokal Antar-RT, Ada Penyebab Ilmiahnya

Bermula dari postingan di media sosial Facebook dengan nama Kota Solo, video dari hujan tidak merata di sebuah lokasi menjadi viral. Banyak yang kaget dan heran bagaimana fenomena seperti ini bisa terjadi.

Karena viral, setelah disaksikan sebanyak 15 ribu kali, unggahan pada Rabu 5 mei 2021 itu mempertontonkan air hujan berhenti sehingga di kawasan itu, tidak semua jalanannya basah. Terlihat jelas di jalan raya membuat sebagian jalan jelas basah tetapi sebelahnya kering

Karena membuat banyak orang kaget, senior ahli prakiraan cuaca dari lembaga BMKG mengatakan bahwa kejadian tersebut cukup ilmiah, ini dinamakan dengan Shower, di mana pemicu ialah awan konvektif atau tahap awan hujan.

Jadi karena awan bisa jadi berakhir hujan, namun dapat juga memicu  tidak hujan atau bisa dibilang tahap hujan belum dewasa. Karena awan tersebut, maka bisa seperti kejadian di video di mana satu jalan terkena dan sebagian tidak terkena.

Batasnya wilayah yang mengalami hal ini biasanya hanya 5 km saja. Penjelasan tambahan dari pihak BMKG juga mengatakan bahwa kejadian di video merupakan batas hujan. Fenomena ini disebut hujan lokal dan memang sangat biasa muncul di Indonesia.

Jadi hujan lokal terjadi karena awan kecil sehingga hujan menjadi sangat kecil. Ini bukan suatu pertanda yang harus ditakutkan meski sempat warga sekitar dan banyak orang di internet ikutan heran karena menonton fenomena hujan ini.

Dari penjelasan ahli prakiraan cuaca terlihat jelas bahwa kemunculan ujan kecil atau shower tersebut sangat biasa dan bisa terjadi lagi kedepannya. Selanjutnya, masyarakat tidak lagi perlu heran jika ada batas hujan yang terlihat seperti hujan lokal antar RT.

Anda bisa melihat video tersebut di https://www.youtube.com/watch?v=pvB_3Ibzu0I. Diposting oleh channel Youtube Tribun TImur pada tanggal 7 Mei 2021, dan telah ditonton lebih dari 1,5 juta orang.


Bangun Lebih Pagi Akan Membuatmu Mendapatkan Kejutan-Kejutan Ini

Bangun pagi? Oh, malasnyaaa!

Artikel Terbaru

Bisa nggak sih, jam tidurnya ditambah satu hingga dua jam?

Bisa nggak sih, kegiatan diganti menjadi lebih siang?

Mungkin itulah yang kamu pikirkan dan rasakan setiap bangun pagi. Kamu nggak rela meninggalkan kasur yang hangat di saat sedang nyaman-nyamannya tidur. Kamu nggak suka sinar matahari menerobos begitu saja dari celah jendela. Itu bisa membuat matamu silau dan acara tidurmu benar-benar terganggu.

Kamu selalu mendambakan pagi hari yang damai di dalam mimpi. Barulah beraktivitas di siang hari. Itu pun tidak mau diburu-buru. Walaupun pada akhirnya, waktumu jadi mundur. Gara-gara bangun siang, kamu jadi harus mandi dengan terburu-buru. Yang penting badan basah dan sikat gigi. Beres.

Setelah itu, acara selanjutnya sudah pasti kamu akan “balapan” dengan segala hal. Awal yang terlambat sudah pasti akan membuat semuanya juga terlambat. Kamu akan ditegur dosen di kampus, atau bos di kantor, lalu terburu-buru mengikuti aktivitas hari itu. Ah, betapa melelahkan.

Cobalah sekali-sekali kamu bangun pagi. Kamu akan mendapatkan banyak kejutan.

Pertama, saat mandi. Kamu akan menyadari bahwa air di pagi hari terasa sangat segar. Air itu membasuh kulitmu dan kesejukannya sampai ke hati. Kamu tidak perlu buru-buru menyudahi, karena masih punya banyak waktu. Kamu pun bisa menikmati acara mandi pagi yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Kedua, kamu bisa lebih lama memantaskan diri di depan cermin. Kamu menikmati momen-momen memilih pakaian, dan baru kali ini punya waktu untuk merapikan baju yang menempel di tubuh. Biasanya kamu memakai baju asal “menempel” saja.

Ketiga, kamu bisa menikmati jalan raya yang ramai. Ramai dalam arti sesungguhnya, yaitu kondisi jalanan dengan segala keruwetannya. Juga, para penghuni jalan yang “ramai”, ada yang cantik, ganteng, lucu, keren, unyu-unyu, dan sebagainya.

Keempat … hmmm … daripada diceritakan terus, lebih baik kamu alami saja sendiri.

Selamat bangun pagi, ya.

Related Posts