Prosesi Adat Jawa Lengkap, Kirab dan Tari Tradisional Resepsi Pernikahan

YouTube video

Pernikahan merupakan hal sakral yang indah bagi setiap pasangan, menikah juga merupakan salah satu bentuk ibadah dan menjadi tujuan akhir bagi setiap pasangan yang akan meneruskan ke tahap selanjutnya.

Di indonesia pernikahan biasanya dilakukan dengan memadukan adat antara wanita dan laki-laki, adat yang sering digunakan oleh beberapa pasangan adalah adat, jawa, sunda, minang, dan bali.

Disini kami akan membahas mengenai pernikahan yang mengenakan adat jawa, mulai dari pakaian, dekorasi serta tarian. Melalui akun youtube miliki FILE MUSIC ID, kita bisa melihat proses jalannya acara pernikahan salah satu pasangan dengan adat jawa.

Pernikahan tersebut begitu indah, juga kental dengan adat jawa sambil diiringi oleh alunan alat musik gamelan. Pada video tersebut, dapat memperlihatkan kepada para penontonnya bagaimana acara tersebut berjalan dari awal hingga akhir.

Prosesi Adat Jawa pada Resepsi Pernikahan

Video dimulai dengan memperlihatkan bagaimana dekorasi gedung di dalamnya, terlihat panggung untuk pengantin dan juga orang tua masing-masing mempelai telah dihias sedemikian rupa agar erat dengan budaya jawa.

Warna pada dekorasi dominan pada warna cokelat dan hitam, juga diperlihatkan terdapat panggung tempat para pemain musik tradisional akan bermain. Di dalam gedung juga tidak lupa dihias dengan beberapa bunga seperti melati agar memperindah ruangan.

Setelah itu diperlihatkan persiapan pengantin wanita yang masih dirias, juga pakaian pengantin pria. Sesampainya kendaraan pengantin tiba di depan gedung, mereka langsung disambut oleh keluarga dan acara pun dimulai dan dibawakan oleh MC.

Setelah itu pengantian pria juga wanita memasuki gedung secara bersama-sama, selangkah demi selangkah mereka berjalan bersama keluarga yang berada di belakangnya. Setelah sampai di panggung, pengantin langsung menjalankan tradisi seperti kirab dan sungkeman.

Kemudian masuklah penari tradisional, sambil diiringi oleh musik lantunan jawa. Setelah tradisi selesai dilakukan, para tamu dipersilahkan untuk menyalami para pengantin dan orang tua mereka di atas panggung.

Sambil memberi selamat kepada para pengantin, tarian tradisional tetap dilakukan oleh para penari. Lantunan musik jawa juga tetap mengalir, selama pernikahan berlangsung. Kemudian diperlihatkan beberapa tamu bisa menyantap hidangan yang telah disiapkan.

Adat jawa pada pernikahan memang kental akan musik dan tarian, bahkan pakaian sang pengantin juga terlihat indah dan menawan. Inilah yang membuat beberapa pasangan memutuskan untuk memakai adat ini sebagai tema pernikahan mereka.

Hingga saat ini video yang diunggah oleh FILE MUSIC ID pada tanggal 21 April 2020, telah ditonton oleh pengguna Youtube sebanyak 302.383. Anda juga bisa menonton video tersebut melalui https://www.youtube.com/watch?v=Njb_Md-pxwQ

Artikel Terbaru


Kita Hanya Perlu Melakukan Yang Terbaik, Bukan Menjadi Sempurna

Kita ini sering lupa dengan kapasitas, ya. Kita hanya manusia. Segala sesuatunya memiliki batasan. Tenaga, jelas sangat terbatas. Waktu, apalagi. Kita dituntut untuk melakukan segala sesuatu, tapi hanya mendapatkan jatah waktu selama 24 jam sehari. Begitu pula dengan pikiran. Semua ada kapasitasnya.

Namun, kita sering lupa pada kenyataan. Kita hanya punya satu kepala untuk kepikir dan dua tangan untuk mengerjakan sesuatu, tapi kita sering memaksakan diri. Kita ingin melakukan lebih dari yang kita bisa, tanpa mau melihat keterbatasan kemampuan. Ya, kita sering menginginkan sesuatu yang sempurna.

Pernahkah kamu berpikir, apa mungkin kita mengerjakan sesuatu dengan hasil yang sempurna tanpa cela sedikit pun?

Tentu saja kita tidak mungkin melakukan sesuatu dengan hasil yang sempurna. Dan kita tidak bisa memaksa untuk menjadi sempurna.

Sudah cukup banyak orang yang berusaha sesempurna mungkin. Lalu, apa yang terjadi? Mereka tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkan, melainkan stres belaka.

Sebagai manusia, kita tidak perlu melakukan sesuatu sesempurna mungkin. Yang sempurnya hanya satu, yaitu Tuhan. Kita hanya perlu melakukan yang terbaik. Pada saat memulai sesuatu, tanamkan niat di dalam diri, untuk melakukan yang terbaik dengan hasil yang juga terbaik.

Jika kamu selalu ingin menjadi sempurna, yang kamu terima hanya kegagalan. Kamu harus bisa membedakan, mana yang disebut sempurna dan mana yang disebut terbaik.

Hasil terbaik adalah hasil yang dicapai dengan masih terdapat sedikit atau banyak kekurangan. Kekurangan tersebut tentu saja untuk menjadi evaluasi. Sementara, hasil sempurna tidak mungkin kita dapatkan. Sebab, kita ini manusia, bukan Tuhan.

Saat kamu ingin melangkahkan kaki, tetapkan tujuan untuk menjadi yang paling baik, bukan yang paling sempurna.

Related Posts