Instagram Rupiah

Cara Dapat Customer Modal Rp.0 dengan Instagram!

Tahukah Anda? Indonesia merupakan negara dengan pengguna Instagram aktif terbanyak ke-4 di dunia? Indonesia ternyata menduduki posisi ke-4 dunia dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 56 juta aktif!

Berikut datanya:

Instagram Indonesia
Sumber: CupoNation.co.id

Mengapa Instagram Saya Tetap Sepi Customer?

Pertanyaan tersebut seringkali muncul di benak pebisnis. Hal ini tentunya membingungkan banyak orang, pasalnya dengan lebih dari 56juta pengguna aktif, namun masih sangat sedikit yang menjadi customer di bisnis mereka.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor, namun salah satu faktor terbesar adalah pemanfaatan fitur-fitur yang tidak optimal dan maksimal. Sebagai social media, Instagram tentu ingin memberikan kenyamanan bagi seluruh penggunanya, Oleh karena itu, jika Anda belum memaksimalkan fitur-fitur yang disediakan, tak heran bisnis Anda masih sepi customer.

Anda tentu kebingungan, apa saja fitur yang perlu dimaksimalkan untuk mendatangkan customer dengan modal Rp0. Berikut adalah fitur-fitur yang bisa Anda manfaatkan:

Fitur yang dapat Dioptimalkan

Jika di-breakdown, sebenarnya banyak sekali fitur yang dapat dioptimalkan demi mendatangkan customer dengan modal Rp0. Namun, fitur-fitur yang paling berpengaruh adalah:

  1. Profile
  2. Content
  3. Hashtag
  4. Direct Message (DM)
  5. Explore (Search Engine)

Apakah Anda sudah mengoptimalkan ke-5 fitur tersebut? Jika belum, sebaiknya Anda lanjut membaca artikel ini hingga selesai agar Anda mampu mendatangkan customer dengan modal Rp0.

Optimalisasi Profile

Berikut adalah 5 hal yang bisa Anda optimalisasikan di profile Instagram bisnis Anda:

  1. Username
  2. Display Name
  3. Foto Profile
  4. Bio
  5. Website

Optimalisasi Username

Username adalah nama atau link dari akun yang terlah terdaftar. Username ditandai dengan awalan @, contohnya @lambeturah_official, itu merupakan contoh username dari sebuah akun yang telah terdaftar di Instagram.

Username dapat muncul di bagian pencarian (explore), untuk itu, penting bagi Anda untuk mengoptimalkan username bisnis Anda agar mudah ditemukan oleh calon customer Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih username yang mudah ditemukan:

Antara Brand dan Produk yang Dijual

Ada 2 cara memilih username yang tepat agar mudah ditemukan oleh calon customer Anda, yaitu:

Nama Bisnis

Jika Anda memasukkan nama bisnis Anda sebagai username Anda, ini meripakan langkah yang tepat. Meletakkan nama bisnis Anda sebagai username akan memudahkan orang-orang yang telah mengetahui bisnis Anda. Anda bisa menambahkan keterangan lokasi jika Anda memiliki cabang untuk memudahkan Anda menjangkau target customer yang lebih spesifik.

Nama Produk atau service yang dijual

Cara ini lebih cocok untuk pemilik Online Shop yang ingin mendapatkan customer dengan modal Rp0, namun tak menutup kemungkinan bagi pemilik brand atau bisnis untuk menggunakan cara ini.

Tipsnya, gunakan nama produk atau service yang paling umum diketahui oleh banyak orang ataupun nama produk atau service yang paling laris. Menggunakan nama produk atau service, memungkinkan Anda menjangkau target customer potensial dikarenakan mereka mencari produk atau service yang spesifik.

Optimalisasi Display Name

Display name adalah nama dari akun bisnis Anda, contohnya, jika Anda membuat bisnis ayam geprek dengan username @ayamgeprek dan Anda menuliskan display name Anda sebagai Ayam Geprek Hits Jakarta. Display name  ini merupakan nama yang merepresentasikan bisnis Anda, dan hal ini dapat dioptimalisasikan.

Caranya mirip seperti optimalisasi username, Anda cukup mencantumkan produk paling laris di bagian display name akun Anda. Contoh: Geprekers – Ayam Geprek Jakarta

Optimalisasi Foto Profil

Foto profil adalah sebuah foto yang Anda gunakan untuk menunjukkan identitas bisnis Anda. Berikut langkah untuk mengoptimalisasi foto profil:

Gunakan Warna yang Kontras

Instagram saat ini memiliki 2 mode yaitu light mode dan dark mode. Jika Anda menggunakan foto profil berwarna hitam atau putih, foto profil Anda akan samar atau sulit terlihat. Gunakanlah warna yang kontras dengan warna putih dan hitam sehingga foto profil Anda terlihat dan lebih mudah diingat oleh followers Anda.

Make it Simple

Buatlah foto profile Anda se-simple mungkin, jangan terlalu ramai, dan jangan juga terlalu sepi. Sepi yang dimaksud adalah objek yang terlalu kecil sehingga tidak terlihat.

Gunakan Logo

Logo adalah salah satu cara terbaik untuk menampilkan identitas bisnis Anda. Pastikan Anda menggunakan logo yang menerapkan 2 langkah di atas untuk memaksimalkan hasil optimalisasi foto profil bisnis Anda.

Optimalisasi Bio

Bio adalah keterangan tentang akun Anda yang letaknya ada di bawah display name. Pengoptimalisasian bio masih jarang dilakukan, terutama bagi bisnis-bisnis yang masih baru memulai. Tahapan optimalisasi bio adalah sebagai berikut:

Tulis Kelebihan Produk atau Service

Anda dapat menuliskan kelebihan dari produk atau service yang Anda jual di bio Anda. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan calon customer Anda sehingga dapat meningkatkan penjualan Anda. Ide content untuk info produk sangat mudah didapatkan.

Tulis Jam Operasional

Jam operasional ini berguna untuk memberitahu kepada followers dan calon customers yang baru saja mem-follow akun Anda. Hal ini dapat berguna karena Anda dapat memberi innformasi kepada followers dan calonn customers Anda bahwa bisnis Anda siap melayani mereka pada jam-jam tertentu.

Tak ada lagi alasan slow respond!

Tulis Cara Pembayaran

Sering dianggap sepele, menuliskan cara pembayaran ternyata dapat meningkatkan potensi penjualan! Hal ini dikarenakan Anda memberikan berbagai opsi pilihan pembayaran yang sesuai dengan apa yang dimiliki oleh calon customer Anda.

Tulis Cara Order

Hal ini juga sering dianggap sepele bagi sebagian pebisnis. Anda pasti sering menerima pertanyaan “Cara ordernya gimana min?” Dengan menuliskan cara order di bagian bio, pertanyaan ini dapat diminimalisir, sehingga penjualan Anda secara tidak langsung akan meningkat.

Optimalisasi Website

Website atau sering disebut sebagai link di bio merupakan salah satu fitur yang bila dimanfaatkan bisa mendatangkan penjualan. Pasalnya, sebagian orang lebih memilih untuk melakukan pembelian di luar Instagram, seperti marketplace, whatsapp, ataupun website bisnis. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalisasi fitur website di profile Instagram:

Memberikan Link ke Toko Marketplace Anda

Marketplace merupakan tempat yang lebih terpercaya untuk melakukan transaksi jual beli karena tiap-tiap marketplace memiliki fitur pembayaran yang aman dibandingkan jika melakukan pembelian secara langsung.

Anda bisa memasukkan link marketplace yang Anda miliki di dalam fitur website di profile Anda untuk membantu meningkatkan penjualan.

Link untuk Order via Whatsapp

Umumnya, untuk berbalas pesan melalui aplikasi Whatsapp, seseorang diharuskan untuk menyimpan nomor orang yang ingin dikirimi pesan. Hal ini akan menyulitkan karena prosesnya panjang. Anda bisa mempersingkat prosesnya dengan memberikan link untuk chat Whatsapp nomor admin bisnis Anda.

Caranya adalah, masukkan link berikut:

wa.me/*NomorAdminBisnis*
(Ganti *NomorAdminBisnis* dengan nomor HP milik admin bisnis Anda yang diawali dengan 62)

Pakai Fasilitas Multiple Link

Anda bisa menggabungkan link marketplace serta link Whatsapp dengan bantuan situs multiple link seperti Linktr.ee.

Untuk menggunakannya, Anda cukup login, masukkan URL Linktr.ee yang Anda inginkan, lalu masukkan link marketplace dan whatsapp, Linktr.ee sudah siap digunakan!

Optimalisasi Content dengan Stopping Power

Sosial media sejatinya adalah tempat untuk berinteraksi dengan orang lain melalui konten. Format konten-pun bermacam-macam, ada Feeds, Story, Live Streaming, serta IG TV.

Berbeda format, berbeda pula cara optimalisasinya, namun hal utama yang bisa dilakukan untuk mengoptimalisasi konten terlepas dari format yang digunakan adalah dengan membuat stopping power, berikut caranya:

Judul yang Menarik

Judul adalah hal yang pertama kali dibaca oleh followers Anda. Buatlah judul yang menggugah emosi ataupun anti-mainstream sehingga menarik minat followers untuk membaca

Gunakan Caption Pendek

Caption pendek lebih disarankan untuk Anda yang mengincar target customer di Indonesia. Hal ini berdasarkan kebiasaan orang Indonesia yang malas membaca, sehingga Anda perlu menggunakan caption pendek dan padat untuk memberikan informasi kepada followers Anda.

Berikan CTA (Call to Action)

CTA atau call to action adalah sebuah ajakan bertindak. Ajakan ini bisa berupa melakukan follow akun Instagram bisnis Anda, mengomentari konten Anda, maupun mengajak followers melakukan pembelian.

Hashtag Strategy untuk Menjangkau Calon Customer

Hashtag atau tanda pagar (tagar) merupakan fitur yang tersedia untuk mengkategorikan suatu postingan. Setiap konten feeds yang Anda bagikan dapat memuat maksimal 30 hashtag. Anda bisa memasukkan 30 hashtag yang relevan dengan konten yang Anda bagikan.

Tipsnya, masukkan hashtag yang tidak terlalu populer (kurang dari 1jt penggunaan). Hal ini untuk mencegah konten Anda “tenggelam” oleh konten-konten lain yang dibagikan tiap detik. Anda bisa gunakan hashtag yang jumlah penggunaannya di bawah 100ribu agar konten Anda berpeluang masuk dalam kategori top post dan dilihat oleh banyak orang.

Memanfaatkan DM Instagram untuk Mendatangkan Calon Customer

Direct messege merupakan fitur chatting 1 on 1 yang sering digunakan oleh pengguna. Algoritma menilai suatu aku relevan dengan kesukaan seorang pengguna ketika seorang pengguna tersebut sering berinteraksi dengan suatu akun, termasuk berinteraksi melalui DM

Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan interkasi Anda dengan followers Instagram bisnis Anda sehingga konten Anda akan lebih sering dilihat oleh followers Anda dan juga berpeluang menghasilkan penjualan.

Memanfaatkan Explore Instagram

Explore adalah sebuah fitur di Instagram yang memungkinkan seseorang untuk mencari konten yang sesuai dengan kesukaannya. Seperti yang sudah di bahas pada bagian sebelumnya, Algoritma Instagram menilai seseorang menyukai sebuah akun berdasarkan intensitas interaksinya dengan akun tersebut.

Interaksi lain yang dihitung oleh biasanya adalah:

  1. Konten yang disukai
  2. Konten yang dikomentari
  3. Jenis Konten yang sering dilihat (Video, teks, dll)

Semakin sering seseorang melakukan interaksi dengan jenis konten yang sama, maka Explore Instagram akan memunculkan konten sejenis. Untuk memanfaatkannya, Anda perlu mempelajari perilaku target market Anda. Buatlah konten yang sesuai dengan kesukaan target market Anda.

Kesimpulan

Mendapatkan customer di Instagram dengan modal Rp0 bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Optimalisasi Profile Instagram
  2. Optimalisasi Content dengan Stopping Power
  3. Menggunakan Hashtag Strategy untuk Menjangkau Calon Customer
  4. Memanfaatkan DM Instagram untuk Mendatangkan Calon Customer
  5. dan Memanfaatkan Explore Instagram

Menerapkan 5 cara tersebut memungkinkan Anda untuk mendapatkan calon customer tanpa perlu mengeluarkan modal alias modal Rp0! Terapkan 5 cara di atas secara konsisten agar Anda bisa meningkatkan penjualan sembari menekan biaya marketing Anda.

Selamat Datang di Indonesi.com

Situs yang akan membuat Anda menjadi lebih baik, dengan artikel dan tips terpilih.

Visi kami adalah menjadikan inspirasi untuk sejuta orang Indonesia.

Redaksi Indonesi.com
Cipinang Indah. Jakarta Timur.

Related

Cari Endorsement

Promosi dan Iklan saat ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Pada awalnya, Anda hanya dapat melakukan…

Read more
Face Oil

Penggunaan face oil menjadi tren para beauty enthusiast beberapa tahun terakhir. Mengapa produk ini begitu…

Read more
Manfaat Kopi

Nongkrong bersama teman sambil ngopi memang asyik, tapi ternyata selain bisa diseruput, kopi memiliki banyak manfaat…

Read more

Internet is huge! Help us find great content

About

Bacaan Yang Membuat Anda Lebih Baik