Ide Content

Cara Mudah Nemu Ide Konten untuk Online Shop Tanpa Pusing

Online shop saat ini sudah menjadi kata-kata yang sering didengar. Terlebih di masa pandemi COVID-19, banyak orang yang terpaksa harus melakukan segala aktivitas di rumah, belajar di rumah, serta belanja dari rumah.

Ide Content

Tak heran, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengatakan bahwa transaksi E-commerce naik sebesar 26 persen (sumber: tirto.id). Hal ini merupakan angin segar bagi pemilik online shop. Namun, kendala terbesar bagi pemilik online shop yang menggunakan media sosial seperti Instagram sebagai ladang bisnis, salah satunya adalah produksi konten.

Pentingnya Konten di Instagram

Instagram awalnya merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media berbagi foto, cerita, dan informasi dalam bentuk konten. Namun seiring perkembangan jaman, fungsi Instagram pun ikut berkembang. Saat ini, banyak orang yang membuka online shop di Instagram.

Meskipun fungsi Instagram telah berkembang, namun konten tetap menjadi fitur utama yang menghubungkan antar pengguna satu dengan yang lain. Tanpa adanya konten, seorang pengguna Instagram tidak akan mengetahui informasi tentang pengguna lainnya, termasuk informasi tentang sebuah online shop.

Berikut adalah alasan mengapa konten itu penting bagi online shop:

Memberikan Informasi Terkait Promo & Produk

Konten baik dalam bentuk Instagram feeds, maupun story bisa dimanfaatkan sebagai sarana memberikan informasi terkait promo yang sedang berlangsung di online shop milik Anda. Selain promo, informasi terkait produk seperti kelebihan dan cara penggunaan juga penting untuk dibagikan agar followers lebih tertarik untuk melakukan pembelian.

Meningkatkan Kepercayaan

Konten berbentuk testimonial dapat meningkatkan kepercayaan sebuah online shop. Tanpa adanya konten testimonial, sebuah online shop akan memiliki tingkat kepercayaan rendah bahkan 0.

Menjangkau Followers Baru

Followers baru bisa didapatkan dengan memanfaatkan konten. Konten dapat mendatangkan followers baru jika konten tersebut memiliki tingkat interaksi (engagement) yang tinggi serta dibagikan oleh followers yang ada saat ini.

3 Tipe Analisis Konten

Kini, Anda sudah tau pentingnya konten di Instagram, namun pasti Anda kebingungan konten apa yang harus Anda post untuk mendatangkan followers serta meningkatkan penjualan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui 3 tipe analisis konten yang berguna untuk menemukan ide konten yang dapat mendatangkan followers dan meningkatkan penjualan. Berikut adalah 3 tipe analisis konten:

  1. Analisis Keyword
  2. Analisis Hashtag
  3. Analisis Kompetitor

Analisis Keyword

Keyword atau kata kunci adalah kata-kata yang digunakan oleh seseorang untuk menemukan sesuatu yang ia cari. Anda dapat memanfaatkan analisis keyword dengan bantuan tools gratis seperti ubersuggest:

ide content

Melalui bantuan tools ini, Anda dapat mencari konten-konten yang relevan dan paling banyak dicari serta dibagikan oleh pengguna sosial media. Caranya, Anda cukup ketik keyword yang berhubungan dengan bisnis Anda.

ide content

Anda akan menemukan tampilan seperti ini. Data ini adalah data pencarian terkait keyword yang Anda ketik. Anda dapat memanfaatkan data ini untuk menentukan apakah Anda ingin memfokuskan konten bisnis Anda ke topik tersebut berdasarkan jumlah pencarian yang ada.

Untuk menemukan ide konten, Anda cukup scroll sedikit ke bagian bawah dan Anda akan melihat data sebagai berikut:

ide content

Data tersebut dapat Anda manfaatkan untuk membuat ide konten. Anda bisa menggunakan teknik ATM, yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi konten tersebut menjadi konten yang sesuai dengan bisnis Anda. Pastikan Anda menggunakan topik yang memang terbukti banyak dibagikan melalui sosial media agar konten yang Anda posting juga dibagikan ke pengguna lain di sosial media.

Analisis Hashtag

Cara kedua, Anda bisa gunakan analisis hashtag yang sesuai dengan kategori bisnis Anda. Hashtag berisi banyak konten yang relevan. Memanfaatkan hashtag bisa memberikan Anda ide-ide segar untuk membuat konten yang sesuai dengan kategori bisnis Anda.

Cara menganalisis Hashtag-pun cukup mudah, Anda cukup masuk ke bagian explore Instagram dan ketik Hashtag yang sesuai dengan kategori bisnis Anda. Berikut contoh analisis hashtag dengan hashtag skincareindonesia:

ide content

Dalam kategori top post di Hashtag #skincareindonesia Anda akan menemukan tampilan seperti di atas. Berdasarkan konten dalam kategori top post tersebut, paling konten yang paling disukai adalah konten tutorial dan juga konten dalam bentuk video.

Anda dapat menerapkan konsep ATM dan sesuaikan kembali dengan branding serta jenis desain yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan analisis hashtag seperti ini, Anda bisa meningkatkan rata-rata interaksi (engagement) di konten yang Anda bagikan, hal ini dikarenakan konten yang Anda bagikan sesuai dengan kesukaan orang-orang yang menyukai topik seputar skincare.

Analisis Kompetitor

Analisis terakhir yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan ide konten adalah dengan melakukan analisis terhadap kompetitor langsung maupun tidak langsung dari Bisnis Anda. Cara ini paling mudah digunakan karena Anda cukup melihat konten apa saja yang dibagikan oleh kompetitor Anda

Analisis ini dianggap paling mudah dan paling efektif, karena konten yang dibagikan oleh kompetitor Anda sudah disusun oleh tim khusus sosial media mereka yang kemudian dioptimasi sedemikian rupa hingga akhirnya diposting dan menghasilkan interaksi yang tinggi.

Cara analisisnya pun cukup mudah, Anda cukup membuka akun Instagram milik kompetitor Anda, lalu cek konten-konten apa saja kah yang dibagikan. Berikut contoh analisis kompetitor untuk topik kecantikan:

ide content

Contoh kompetitor di atas adalah klinik kecantikan khusus muslimah dengan username @nizwahbeauty26. Konten yang dibagikan oleh kompetitor adalah konten seputar cara menjaga kesehatan kulit, menjaga kulit sesuai karakter kulit, dan juga membagikan informasi seputar produk serta kelebihannya.

Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten di Bisnis Anda. Selanjutnya, masih dengan analisis kompetitor untuk topik kecantikan:

ide content

Contoh kompetitor di atas masih dengan klinik kecantikan dengan username @theaesthetics_id. Konten yang dibagikan menggunakan desain yang simple namun tetap memberikan informasi seputar kecantikan yang dibalut dengan foto model sebagai “sampul” dari konten yang dibagikan.

Anda bisa membuat konten dengan desain dan foto seperti contoh tersebut jika Anda menargetkan segmen pasar yang sejenis.

Tipe Konten Terbaik di Instagram

Setelah membaca 3 tipe analisis konten di atas untuk menemukan ide konten, pasti timbul pertanyaan di benak Anda, “Tipe konten apa yang sebaiknya saya posting di akun saya?”. Untuk menjawab hal tersebut, Anda perlu memahami kalimat berikut ini:

Tidak ada 1 tipe konten yang cocok digunakan untuk semua online shop di Instagram

Inilah mengapa kami membagikan 3 tipe analisis konten. Trend yang selalu berubah ubah membuat Anda perlu beradaptasi dengan kondisi trend yang ada saat ini sambil tetap memperhatikan branding bisnis Anda agar konten yang Anda bagikan sesuai dengan visi, misi, dan value dari bisnis Anda.

Ingat selalu untuk melakukan analisis konten secara berkala agar bisnis Anda bisa tetap relevan dengan keinginan dan kesukaan target market dan segmen pasar yang Anda ingin targetkan. Lakukan setidaknya 2-3 bulan sekali agar Anda dan bisnis Anda tetap up-to-date!

Selamat Datang di Indonesi.com

Situs yang akan membuat Anda menjadi lebih baik, dengan artikel dan tips terpilih.

Visi kami adalah menjadikan inspirasi untuk sejuta orang Indonesia.

Redaksi Indonesi.com
Cipinang Indah. Jakarta Timur.

Related

Investasi Saham

Investasi saham merupakan instrument investasi yang saat ini banyak dibicarakan generasi muda. Ketertarikan ini tidak…

Read more
30 Day Challenge

Pernah mendengar tentang 30 days challenge? Seperti namanya, tantangan memberikan waktu kepada pelakunya untuk…

Read more
Ketagihan Belanja Online

Di era digital, kita sangat dimudahkan oleh berbagai aplikasi untuk melakukan belanja online dengan menggunakan…

Read more

Internet is huge! Help us find great content

About

Bacaan Yang Membuat Anda Lebih Baik