Face Oil

Manfaat Face Oil Untuk Menjaga Kelembaban Kulit

Penggunaan face oil menjadi tren para beauty enthusiast beberapa tahun terakhir. Mengapa produk ini begitu populer? Yuk kita simak lebih lanjut.

Face Oil

Apa itu face oil?

Bisa ditebak dari namanya, face oil merupakan minyak esensial yang diekstrak dari tanaman tertentu. Beberapa yang banyak ditemukan di pasaran diantaranya adalah jojoba oil, tamanu oil, argan oil dan rosehip oil. Kendati memiliki banyak jenis, tapi pada dasarnya memang lebih banyak digunakan untuk menjaga kelembaban kulit.

Face oil bekerja dengan membentuk lapisan di atas permukaan kulit dan mencegah terjadinya Transepidermal Water Loss atau TEWL. Selain itu juga mampu mengandung nutrisi, vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan untuk kulit, agar kulit terjaga kesehatannya.

Manfaat Pemakaian Face Oil

Face oil memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit wajah. Apa sajakah itu?

Melembabkan Kulit Kering

Jika kamu memiliki masalah kulit kering, maka face oil benar-benar patut kamu coba. Pada kulit kering, produksi sebum atau minyak alami kulit cenderung lebih sedikit. Hal ini menyebabkan kulit terasa kasar dan kusam. Oleh karena itulah kamu memerlukan sebagai penambah kelembaban pada kulit wajahmu.

anti aging

Sebagai Anti Aging Product

Face oil juga bisa dimanfaatkan untuk menghadapi penuaan dini alias produk anti aging. Untuk mendapatkan efek ini, pilihlah yang kaya akan vitamin E dan antioksidan, seperti argan oil, grape seed oi, rosehip oil dan sweet almond oil.

Vitamin E dan anti oksidan sendiri berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan polusi. Dengan kandungan ini, pembentukan kolagen pun bisa distimulasi sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan elastis. Kerutan maupun garis halus pun bisa diminimalisir.

Mengatasi Iritasi

Iritasi kulit ditandai dengan rasa gatal, ruam, kemerahan atau bahkan sampai menimbulkan bekas luka. Face oil merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi kulit iritasi. Kamu bisa memilih yang mengandung bahan aktif anti-inflamasi, seperti yang terkandung pada calendula atau tamanu. Khusus untuk calendula sendiri memiliki kandungan saponin, flavonoid dan polisakarida yang berfungsi untuk menenangkan kulit.

Mengatasi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah penggelapan suatu area pada kulit akibat produksi melanin yang berlebih. Hiperpigmentasi bisa dipicu oleh paparan sinar matahari atau karena noda bekas jerawat. Untuk menghadapi hiperpigmentasi, kamu membutuhkan kulit yang lembab dan sehat, sehingga regenerasi kulit menjadi lebih optimal. Kamu juga memerlukan produk dengan bahan aktif yang bisa mencerahkan kulit.

Untuk itu, face oil yang direkomendasikan dalam mengatasi hiperpigmentasi adalah rosehip seed oil atau evening primrose oil. Keduanya mengandung vitamin A serta asam lemak yang membantu meratakan warna kulit sekaligus menjadikan wajah tampak lebih cerah.

Memilih Berdasarkan Jenis Kulit

Untuk menentukan jenis yang paling sesuai dengan kulitmu, pertama-tama kamu perlu mengetahui karakteristik kulitmu terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga perlu berkenalan dengan oleic acid dan linoleic acid, dua asam lemak utama.

kulit kering

Kulit Kering

Minyak alami yang diproduksi oleh kulit kering biasanya mengandung oleic acid yang lebih sedikit daripada linoleic acid. Untuk menyeimbangkannya, sebaiknya kamu memilih dengan kandungan tinggi linoleic acid dan rendah oleic acid. Jenis ini biasanya bertekstur lebih berat, lebih terasa greasy, namun juga terasa lebih melembabkan.

Deretan face oil yang bisa kamu pilih diantaranya adalah marula, squalene, avocado, macademia, olive dan sea buckthorn. Selain itu pemilik kulit kering juga disarankan untuk menggunakan pelembab yang kaya dengan hyaluronic acid untuk membantu menjaga hidrasi kulit

Kulit Berminyak dan Mudah Berjerawat

Berkebalikan dengan kulit kering, kulit berminyak memiliki kandungan oleic acid yang lebih tinnggi daripada kandungan linoleic acid-nya. Inilah yang menyebabkan kulit menjadi lebih teraasa greasy dan berminyak, bahkan sampai menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat.

Oleh karena itu, face oil yang direkomendasikan adalah yang memiliki kadar linoleic acid yang lebih tinggi daripada kada oleic acid-nya. Diantaranya adalah rosehip seed, grape seed, calendula dan maracuja. Pilihan tersebut cenderung ringan dan mudah menyerap pada kulit.

Kulit Normal

Pemilih wajah normal sebaiknya memilih dengan kadar oleic acid dan linoleic acid yang seimbang. Diantaranya adalah jojoba, coconut, tamanu, argan dan rice bran. Teksturnya umumnya tak terlalu berat, pun tak terlalu cair.

Jenis Face Oil & Karakteristiknya

Sebenarnya ada banyak sekali jenis face oil yang beredar di pasaran saat ini. Berikut diantaranya:

Tamanu Oil

Jenis ini mulai mendapat banyak perhatian semenjak diulas oleh beauty vlogger asal Korea Selatan bernama Liah Yoo. Menurut Liah, tamanu oil merupakan face oil ajaib yang bisa membuat tekstur wajah menjadi lebih baik.

Tamanu berasal dari biji tanaman Calophyllum inophyllum atau biji pohon nyamplung. Warnanya hijau kekuningan, dengan aroma herbal yang cukup tajam. Tamanu memiliki kandungan oleic acid yang cukup tinggi.

face oil

Jojoba Oil

Jojoba oil terbuat dari ekstrak biji tanaman jojoba. Jenis ini mengandung ceramides yang sangat cocok untuk kulit kering, karena memiliki kemampuan melembabkan yang ekstra. Teksturnya ringan dan tidak meninggalkan kesan lengket di kulit.

face oil

Grape Seed Oil

Minyak yang terbuat dari biji anggur ini memiliki tekstur yang sangat ringan dan mudah diserap oleh kulit. Selain itu, grape seed juga kaya akan antioksidan dan memiliki bahan aktif anti-inflamasi yang cocok bagi kulit berjerawat. Grape seed oil tinggi kandungan linoleic acid

face oil

Rosehip Seed Oil

Produk ini sempat popular setelah munculnya kabar bahwa Kate Middleton menggunakan face oil ini dalam rutinitas perawatan wajahnya.

Rosehip seed oil mengandung vitamin C dan antioksidan yang berperan dalam mengurangi munculnya kerutan. Jika kamu sedang mencari jenis yang mudah terserap kulit, rosehip oil bisa menjadi salah satu pilihannya.

face oil

Marula Oil

Yang satu ini berasal dari pohon buah marula ini kaya akan vitamin C, vitamin E dan flavonoid. Khasiat utama oil ini adalah melembabkan, memperbaiki sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Marula oil juga cocok untuk kulit sensitif.

Face Oil vs Face Serum

Tahukah kamu perbedaan dari face oil dan face serum?

Umumnya face oil maupun face serum dikemas dalam kemasan yang mirip, yakni dengan botol kaca dengan pipet. Tapi jangan sampai salah untuk memilihnya ya.

Face serum atau singkatnya disebut dengan serum, merupakan konsentrat dari bahan aktif hingga 70% yang bermanfaat bagi kulit. Biasanya satu jenis serum memiliki satu target yang spesifik, seperti serum untuk melembabkan, serum untuk anti aging atau serum untuk mencerahkan wajah.

Sementara face oil merupaka minyak esensial yang diekstrak dari tumbuhan. Perbedaan utama adalah ukuran partikelnya, di mana ukuran partikel face serum umumnya lebih kecil sehingga bisa terserap lebih dalam pada lapisan kulit. Sedangkan face oil memiliki ukuran partikel yang lebih besar sehingga hanya bisa menyerap di lapisan luar kulit.

Cara Menggunakan dalam Rutinitas Skincare

Ada beberapa pendapat tentang bagaimana cara mengenakannya. Tapi umumnya kamu bisa mengikut kaidah dasar sebagai berikut.

Untuk rutinitas skincare pagi hari, harus digunakan sebelum sunscreen. Hal ini dikarenakan pemakaian setelah sunscreen akan menyebabkan performa sinscreen dalam menangkal paparan sinar UV menjadi terhambat.

Kemudian, kamu juga perlu memperhatikan rasio kandungan oleic acid dan linoleic acid dalam produk yang akan kamu kenakan. Face oil yang kaya dengan linoleic acid memiliki tekstur ringan dan mudah menyerap, sehingga bisa saja kamu kenakan sebelum ataupun sesudah krim pelembab.

Namun apabila mengandung lebih banyak oleic acid, maka akan lebih baik jika kamu menggunakannya dalam rangkaian rutinitas skincare malam hari kamu. Ini karena cenderung greasy dan butuh waktu yang lebih lama untuk terserap ke dalam kulit. Selain itu, sebaiknya gunakan yang kaya oleic acid setelah krim pelembab.

Trik Penggunaan Pada Acne Prone Skin

Sebagian orang merasa tidak percaya diri untuk mengenakan face oil pada kulit wajah berjerawat. Dikhawatirkan bisa membuat wajah menjadi semakin berminyak dan semakin berjerwat.

Tapi sebenarnya kamu tak perlu khawatir. Yang terpenting adalah kamu bisa memilih jenis yang sesuai dengan karakter wajahmu.

Untuk kamu yang memiliki masalah jerawat, sebaiknya kamu memilih jenis dengan kandungan bahan aktif anti inflamasi. Beberapa diantaranya adalah tea tree, grape seed dan tamanu.

Apabila kulit wajahmu berminyak, pastikan pula kamu memilih face oil kaya linoleic acid supaya wajahmu tak semakin berminyak.

Sumber:

https://review.bukalapak.com/beauty/perbedaan-serum-face-oil-dan-kapan-harus-memakainya-630

https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/1/2020/17897/face-oil-vs-face-serum-ini-perbedaannya

https://www.theshonet.com/articles/bagaimana-cara-memilih-face-oil-berdasarkan-jenis-kulit

https://journal.sociolla.com/beauty/panduan-memilih-face-oil

https://editorial.femaledaily.com/blog/2020/09/10/jangan-sampai-salah-ini-cara-memilih-face-oil-yang-tepat/

https://www.harpersbazaar.co.id/articles/read/6/2020/11585/Penting-Ini-Perbedaan-Serum-Dan-Face-Oil

https://www.tokopedia.com/blog/jenis-facial-oil-dan-manfaatnya/

https://editorial.femaledaily.com/blog/2020/01/20/5-rekomendasi-facial-oil-yang-cocok-untuk-semua-jenis-kulit/

Selamat Datang di Indonesi.com

Situs yang akan membuat Anda menjadi lebih baik, dengan artikel dan tips terpilih.

Visi kami adalah menjadikan inspirasi untuk sejuta orang Indonesia.

Redaksi Indonesi.com
Cipinang Indah. Jakarta Timur.

Related

Toxic Positivity adalah

Belakangan, topik toxic positivity marak diperbincangkan di dunia maya seiring meningkatnya isu mental health selama…

Read more
Wanita Jepang

Pernahkah kamu berpikir kenapa usia wanita Jepang sulit sekali ditebak? Mereka yang terlihat masih muda, ternyata…

Read more
Ini Alasan Kenapa Anak Cewek Selalu Menganggap Ayah Adalah Superman

Pernahkah kamu berpikir kenapa anak perempuan selalu dekat dengan ayahnya? Faktanya, hanya sedikit yang menyangka…

Read more

Internet is huge! Help us find great content

About

Bacaan Yang Membuat Anda Lebih Baik