9 Teka-Teki Yang Membuatmu Harus Putar Otak

Silakan simak videonya diatas


Mengelola Uang Demi Masa Depan Cerah

Money can’t buy happiness. Slogan itu sering terdengar di masyarakat, namun ternyata uang memang bisa menghasilkan kebahagiaan karena kita merasa cukup dan dapat mencukupi anak cucu. Pada video berjudul 3 Jenis Tabungan yang Harus Anda Miliki Sepanjang Hidup, dijelaskan beberapa cara memiliki kondisi finansial yang mumpuni untuk masyarakat Indonesia.

Video unggahan akun SuccessBefore30 itu telah ditonton sebanyak 3 juta kali serta mendapat 76 ribu likes dari netizen. Beragam komentar diberikan terkait dengan konsep menabung yang masih belum dipahami dan dijalankan betul oleh masyarakat.

Tiga Tabungan Penting

Seperti judulnya, ada tiga jenis tabungan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Pertama, tabungan masa kini. Yang disebut tabungan masa kini adalah menanamkan pola pikir menabung untuk anak-anak kita.

Mengajarkan pendidikan finansial kepada anak sedari dini sangatlah penting. Selain menguntungkan anak, hal itu juga menguntungkan kita sebagai orang tua. Kelak jika anak mendapatkan aset dari kita, mereka bisa mengelola aset tersebut dan tidak akan cepat habis. Jadilah role model atau contoh bagi anak-anak untuk niat menabung.

Selain itu, sisihkan uang dari dana tunai apapun yang kita miliki pada satu akun khusus dan hanya Anda yang mengetahui keberadaan akun tersebut. Terlebih untuk kepala keluarga sebagai fondasi utama dari rumah tangga.

Kebutuhan tak terduga seringkali banyak menghabiskan uang dan harta yang kita miliki. Hal ini dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa adanya pertanda maupun rencana. Agar tidak ngoyo dan memiliki masalah finansial berkelanjutan, mulai dari sekarang menabung sedikit demi sedikit untuk pengeluaran tidak terduga.

Yang kedua adalah tabungan masa depan. Yakni logam mulia, menabung saham dan properti. Logam mulia disini adalah emas dan turunannya. Harga emas dapat dibilang lebih stabil dibandingkan hanya menabung uang. Pun, menjual emas dikala harga sedang naik dapat memberikan keuntungan.

Pemerintah sudah dari lama menggalakkan gerakan menabung saham. Dalam gerakan ini, dijelaskan pula tata cara menabung saham yang baik dan benar, serta aspek-aspek apa saja yang harus diperhatikan. Untuk yang masih ragu, Anda dapat memulai dari reksadana dengan resiko minimal terlebih dahulu sembari mempelajari pasar saham.

Properti, menurut para ahli, merupakan jenis investasi jangka panjang yang paling benar dan menjanjikan. Nilai dari properti tidak akan pernah turun – pun kalau turun, tidak memberi kerugian terlalu banyak, dan akan naik terus.

Meski begitu, memang disadari properti memiliki kelemahan. Yakni merupakan tabungan tidak liquid atau tabungan yang tidak mudah dijual. Namun sekali lagi, properti merupakan kunci tabungan yang paling penting.

Yang ketiga adalah tabungan setelah meninggal, yakni sedekah. Seperti yang telah diajarkan dalam berbagai agama, memberi ke sesama merupakan amalan mulia yang juga memberi pahala. Anda dapat melakukan sedekah pada tempat-tempat ibadah, fakir miskin atau yatim piatu, atau ke panti jompo.

Selain itu, Anda juga dapat sedekah ke rohaniawan atau mereka yang mengabdikan diri sepenuhnya pada agama. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka mengandalkan santunan atau pemberian dari umat dan sesamanya.

Stop Blaming Others

Seringkali kita menyalahkan apa-apa saja yang dapat disalahkan ketika merasa kurang secara finansial. Seperti menyalahkan pekerjaan, menyalahkan orang tua atau saudara, hingga menyalahkan mereka yang finansialnya jauh lebih stabil dari kita.

Padahal, masalah finansial sepenuhnya berasal dari diri sendiri yang tidak mahir menabung untuk berbagai keperluan. Gaya hidup juga mengambil peran. Ada baiknya kita berhenti menyalahkan dan mulai beraksi untuk diri sendiri.

Menyiapkan Masa Depan

Memberi pendidikan finansial kepada anak juga merupakan pertolongan jangka panjang untuk generasi mendatang. Aset yang kita miliki dan kita berikan setelah tiada, mungkin saja akan cepat habis karena tidak dikelola dengan baik.

Maka dari itu, perlu ditanamkan cara menabung dan mengelola keuangan yang baik sedari dini. Anda dapat memberi contoh dengan ikut menabung setiap hari. Bukan diukur dari seberapa banyak yang dihasilkan, namun seberapa banyak yang kita simpan.

Komentar Netizen

Adapun beberapa komentar netizen sebagai berikut:

Emang gitu netizen +62, bilang nabung yg baik itu sedekah, pas ga punya duit ga punya tabungan trus sakit nyalahin Tuhan sama pemerintah. Padahal Tuhan mengajarkan semua balance antara dunia dan akhirat, oleh Dodi Nurdin.

Alhamdulillah di umur 40 tahun uda punya aset kos kosan. Ilmu menabung nya pak (jempol), oleh Nur Aliyah.