Cara buat pompa air tanpa mesin dan listrik.

YouTube video

Silakan simak videonya diatas


Kapal Titanic dan Kisahnya di Masa Kini

Kisah Kapal Titanic tidak lekang oleh waktu. Hal ini dibuktikan oleh salah satu video viral dengan judul Titanic Memang Ditakdirkan untuk Tenggelam, Inilah Buktinya yang diunggah oleh akun Sisi Terang. Dalam video tersebut, disebabkan beberapa kisah yang masih menghantui Kapal Titanic.

Video tersebut berhasil mendapat 2 juta views sejak diunggah pada 13 Desember 2020. Netizen memberikan 28 ribu likes untuk video yang mengisahkan Kapal Titanic itu. Beragam komentar dituliskan oleh netizen.

YouTube video

Penyebab Tenggelamnya Titanic

Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang kita miliki saat ini, tentu tidak bisa dibandingkan dengan apa yang terjadi di masa lalu. Berlaku untuk struktur dari Kapal Titanic dan kapal-kapal yang ada saat ini.

Kapal Titanic memiliki panjang 250 meter dari busur hingga ke buritan dan lebar mencapai 28 meter. Ketinggian kapal penumpang dengan 9 geladak tersebut adalah 53 meter atau setara dengan gedung bertingkat 11. Kapal Titanic didesain mengangkut 2400 penumpang dan awak kapal berjumlah kurang lebih 900 orang.

Kapal ini memiliki 16 kompartemen kedap air yang membentuk geladak bawah. Lambung kapalnya dibangun dari ribuan plat yang saling tumpang tindih dalam dua lapis, hal ini bertujuan melindungi kapal dari gesekan di dasar laut.

Naas, gesekan yang terjadi antara kapal dengan gunung es mengenai bagian depan yang hanya dilapisi satu lapisan, sehingga air dengan cepat memenuhi kompartemen. Kapal Titanic didesain tetap mengapung meski 4 kompartemen dipenuhi air.

Sayangnya, pada kejadian tersebut 5 kompartemen terisi penuh dengan air dan dinding penahan yang telat menutup membuat semua kompartemen terisi air dan perlahan-lahan menenggelamkan kapal. Selain itu, awak kapal yang tidak dilengkapi teropong menyebabkan nahkoda terlambat mengalihkan haluan kapal dan menghindari bongkahan es besar.

Penyebab lain dari banyaknya korban jiwa adalah para penumpang yang lebih memilih menghangatkan diri di dalam kapal daripada menggunakan sekoci saat kapal hendak tenggelam. Di sisi lain, tidak sigapnya operator kapal lainnya dalam menanggapi sinyal darurat dari Titanic juga menyebabkan proses evakuasi berjalan lambat.

Faktor lainnya adalah awak kapal Titanic yang salah mengirimkan koordinat tenggelamnya kapal ke kapal-kapal yang berdekatan dengan mereka. Hal ini menyebabkan kapal-kapal yang menerima sinyal kesusahan mencari Titanic dan makin memperlambat proses evakuasi.

Sosok-Sosok yang Selamat dan Kiprahnya

Margaret Brown adalah salah satu wanita pertama yang mencalonkan diri menduduki pemerintahan eselon atas serta wanita pertama yang dapat menggunakan hak suara dalam pemilihan pemimpin. Saat itu, Margaret yang berada di London hendak mengunjungi cucunya di New York, Amerika Serikat.

Margaret membantu para penumpang untuk segera menyelamatkan diri menaiki sekoci serta memberi bimbingan bagi para penumpang kurang mampu setelah diselamatkan oleh Kapal Carpinthia. Untuk jasa-jasanya, Margaret mendapat medali kehormatan.

Violet Constance Jessop mendapat julukan Si Nona yang Tidak Dapat Tenggelam karena kiprahnya sebagai kru kapal. Total, 3 kali Violet hampir tewas karena kapal yang ditumpanginya mengalami kecelakaan. Namun seperti namanya, selama 3 kali pula ia selamat.

Dorothy Gibson merupakan aktris yang juga selamat dari kecelakaan Kapal Titanic. Ia membintangi film yang menjelaskan cerita berkaitan dengan kapal naas tersebut, lengkap mengenakan pakaian yang ia gunakan saat Titanic tenggelam.

Ia hampir tewas saat sekoci yang ditumpangi mengalami kebocoran. Namun, ia dan penumpang lain dapat menyelamatkan diri dengan menyumpal retakan kapal menggunakan kain-kain agar air tidak lagi masuk.

Komentar Netizen

Berbagai tanggapan dilontarkan oleh netizen di kolom komentar. Antara lain:

Jika tidak ada kejadian di masa lalu, maka kita tidak akan pernah belajar hari ini, oleh Thomas Satrio Mahardiko.

Karena jaman dulu belum pernah ada pengujian logam sehingga logam yang dipilih ternyata rapuh saat mengalami perubahan suhu tinggi ke rendah. Matkul Material teknik, oleh Dms Wb.

Secara material (bahan) dan fitur safety, Titanic memang ditakdirkan tenggelam. Tapi, untuk sebuah daya tarik lebih disajikan lah drama di dalamnya (film), oleh INFOOTBALL.

Related Posts