Perawatan Cabe Rawit Hidroponik Sistem Guyurponik Di Polybag Agar Berbuah Lebat.

YouTube video

Silakan simak videonya diatas


Kembali ke Desa: Beternak dan Mencontoh Perilaku Nabi

Menjadi seorang wirausahawan, Bayu menyulap dirinya dari pekerja di bidang fashion retail kenamaan ibukota menjadi peternak kambing dan domba dengan omzet ratusan juta rupiah. Yang awalnya bekerja dengan sembrono dan rugi ratusan juta, kini Bayu berhasil mengembalikan modal dalam sekejap.

Pada video dengan judul Awal Usaha Rugi Ratusan Juta, Kini Mantan Karyawan Distro Meraup Untung dari Ternak Kambing Domba yang telah ditonton sebanyak 1 juta kali oleh CapCapung, Bayu menceritakan pengalamannya berpindah dari desa ke kota. Tidak mudah bagi seseorang yang terbiasa dengan hingar-bingar ibukota kemudian menekuni usaha baru di desa.

YouTube video

Merugi Ratusan Juta

Tidak ada yang mudah di dunia, termasuk bisnis yang dijalankan oleh Bayu. 12 tahun berkecimpung di dunia fashion retail, Bayu banting setir menjadi peternak di Dusun Kolowenang, Kelurahan Sumberarum, Moyudan, Sleman kota DI Yogyakarta.

Jalannya tidak serta-merta mudah, ia harus merugi ratusan juta untuk mengganti keseluruhan kandang yang dibilang salah dan dijamin membuatnya sebentar mencicipi dunia bisnis ternak kambing dan domba. Hal itu membuat Bayu semakin penasaran menekuni dunia bisnis ternak.

Tips Sederhana

Bayu mengungkapkan beberapa tips sederhana yang dapat diikuti oleh mereka yang ingin berkecimpung di dunia bisnis ternak kambing dan domba. Antara lain:

  • Harus memiliki ilmu yang cukup, ilmu yang benar dan mentor yang benar. Ilmu yang salah dan tidak memiliki mentor yang benar dapat membuat peternak baru merugi puluhan hingga ratusan juta.
  • Memiliki bank pakan hijauan dan memanfaatkan limbah pertanian sebagai bahan pakan. Kembali ke cara tradisional adalah jalan terbaik menurut Bayu. Dimana peternak memanfaatkan lahan tidak produktif yang ditanami pakan alami domba dan kambing serta tanaman penghasil buah agar berdaya guna.

Peternak bisa mendapatkan double income dengan cara tradisional, serta pakan hijau atau pakan alami dapat memperpanjang umur hewan ternak dan menaikkan kualitas hewan ternak.

  • Kandang untuk peliharaan harus nyaman. Salah memilih dan membuat kandang bagi hewan ternak dapat membuat hewan stress dan cepat mati. Hal ini tentu akan membuat peternak merugi.
  • Memilih hewan ternak. Para peternak baru harus tahu pasti jenis hewan ternak apa yang diinginkan. Modal yang banyak tapi salah dalam memilih hewan ternak dapat berujung merugi.

Salah memilih hewan ternak juga dapat membuat kesalahan dalam pemilihan makanan dan pemberian pakan.

Memaksimalkan Penjualan dengan Online

Bayu tidak memungkiri kecepatan dan perkembangan teknologi sangat membantunya dalam berbisnis. Ia menjelaskan bahwa 99% kegiatan jual beli dilakukan secara online, mulai dari memasarkan hewan ternak, mengiklankan bisnis hewan ternak hingga transaksi jual beli.

Secara online, kata Bayu, dapat meningkatkan angka pembelian serta memperluas jangkauan pasar yang ia miliki. Tips untuk pemasaran dan penjualan online adalah rajin membuat unggahan dan rajin membuat iklan tentang usaha ternak yang dimiliki.

Untuk mereka yang sepuh, dapat meminta bantuan anak-anak atau mereka yang lebih muda untuk memasarkan hewan ternak secara online. Bayu menuturkan pasar yang ia jangkau paling jauh sudah mencapai Gorontalo Utara hingga Karo.

Meniru Nabi

Dalam wawancara Bayu menyebutkan, ia tidak ambil pusing soal omongan dan tanggapan miring mengenai profesinya. Ia justru senang karena itu berarti persaingan bisnisnya semakin kecil dan ia semakin untung.

Artikel Terbaru

Selain itu, Bayu menjadi peternak juga meniru perilaku atau kegiatan sehari-hari nabi. Ia menjelaskan bahwa dalam agama yang dianut, mencontoh perilaku nabi dapat membawa keberkahan dan pahala yang berlimpah.

Komentar Netizen

Banyak dari netizen yang memberikan dukungan dan merasa setuju dengan apa yang dituturkan oleh Bayu di video tersebut.

Kalimatnya simpel betul mengenai saya “berubah itu resiko, tetapi TIDAK MAU berubah itu lebih beresiko” patut diacungi jempol Pak. Salam sukses, oleh ZOE Z.

Nabiku Muhammad SAW juga seorang pengusaha, pedagang dan peternak domba. Itu berkah, oleh KINTAKUN id

Mantap mas. Punya semangat untuk ternak modern. Semoga indo peternakan dan pertanian suatu saat bisa sama dengan luar negeri, oleh Marcel Wifiandra.

Lebih lanjut, Anda dapat menonton video tersebut disini:

Related Posts