Bertahun tahun terpisah, begini momen pertemuan singa dengan tuanya…

YouTube video

Hewan dengan jenis apapun merupakan bagian dari makhluk hidup yang perlu untuk dilindungi dan juga diberikan kasih sayang dalam bentuk apapun tanpa memandang asal atau jenis dari hewan tersebut.

Naluri hewan juga sama seperti manusia yaitu mereka juga akan mengingat dan juga memiliki rasa terima kasih kepada manusia yang telah membantu atau merawat mereka dengan tulus, bahan sejak mereka kecil hingga besar atau juga saat mereka terluka hingga kembali sehat lagi.

Bahkan hewan buas sekalipun seperti singa atau juga harimau yang sempat ditolong dari adanya predator manusia yang dapat menangkap mereka dan menyiksa bahkan membunuh mereka juga dapat memberikan rasa terima kasih atas manusia yang telah membantu mereka.

Seperti yang dilakukan oleh Kevin Richardson yang merupakan seorang ahli perilaku hewan yang telah membantu untuk menyelamatkan dua anak singa yang telah ditelantarkan oleh induknya dan dibantu oleh Kevin saat mereka di sungai dan hampir ditangkap oleh pemburu.

Bahkan meskipun sudah lama tidak bertemu dengan Kevin pun, Mac dan Emy masih mengingat dirinya yang telah membantu menyelamatkan nyawa dari kedua kucing besar liar yang dianggap cukup seram ini. Kevin bahkan menganggap kedua singa ini sebagai bagian dari hidupnya dan tidak lagi dipisahkan dari raganya.

Hewan pun juga memiliki empati yang sama seperti manusia lainnya, bahkan terkadang lebih besar dari yang manusia miliki. Tentu saja hal ini dapat menjadi hal yang mengharukan jika dilihat karena bahkan hewan buas dan liar sekalipun memiliki rasa terima kasihnya sendiri kepada manusia yang telah membantu menyelamatkan nyawa mereka. Hal ini mengatakan bahwa hal baik sebenarnya masih banyak di dunia ini yang datangnya tidak dapat diduga dari siapa saja.

Jika ingin melihat haru biru dan juga cerita pertemuan Kevin Richardson dengan kedua singa yang telah ia tolong, dapat mendatangi channel Mantan Karyawan. Video yang diunggah pada 16 September 2020 lalu ini hingga saat ini telah mencapai lebih dari 4,5 juta. Video dapat dilihat di sini:


Perhatikan Ini Sebelum Cari Endorsement!

Promosi dan Iklan saat ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Pada awalnya, Anda hanya dapat melakukan promosi dan iklan dengan biaya yang sangat mahal seperti billboard, iklan baris, iklan di media masa, ataupun menempelkan poster di berbagai sudut yang ramai dilewati orang-orang.

Pada era saat ini, promosi dan iklan sudah bisa dilakukan bahkan dengan modal hanya puluhan ribu rupiah saja. Salah satu caranya adalah dengan melakukan endorse / endorsement

Apa itu Endorsement?

Endorsement pada dasarnya adalah tindakan promosi yang dilakukan dengan cara memberikan produk kepada seseorang yang memiliki masa dalam kategori tertentu. Endorsement dapat berjalan efektif jika penerapannya tepat. Selain memilih endorser atau influencer untuk diajak kerjasama endorsement, banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan endorsement.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan kerjasama endorsement:

YouTube video
BONGKAR HARGA ENDORSE LUCINTA LUNA , AWKARIN , KEANU | PENJELASAN TENTANG ENDORSEMENT ONLINE SHOP !. Video oleh: Yojas TV
Cari Endorsement
  1. Target endorsement
  2. Influencer yang tepat
  3. Alur kerjasama endorsement

Perbedaan Endorse Produk dan Jasa

Bisnis Anda tentu memiliki produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada target market Anda. Produk atau jasa yang Anda tawarkan tentunya memiliki perbedaan dengan yang dimiliki oleh kompetitor Anda. Oleh karena itu, ada perbedaan antara endorsement produk dengan jasa.

Setiap produk atau jasa tentu memiliki karakteristik, kelebihan, serta target marketnya tersendiri. Anda perlu memahami secara mendalam tentang ketiga hal tersebut agar Anda dapat menentukan target endorsement yang tepat.

Berikut perbedaan antara endorsement produk dan jasa:

Produk:

  • Tingkat kesuksesan lebih tinggi karena produk lebih mudah dijangkau oleh target market
  • Proses endorsement lebih mudah karena influencer cukup mempromosikan produk sesuai dengan brief yang diberikan
  • Umumnya biaya endorsement sesuai dengan rate card milik influencer tanpa ada penambahan biaya

Jasa:

  • Tingkat kesuksesan relatif lebih rendah dari produk, karena endorsement jasa butuh edukasi tentang jasa secara mendalam
  • Proses endorsement relatif lebih sulit dikarenakan influencer perlu melakukan hal-hal tertentu untuk menyesuaikan dengan brief yang diberikan.
  • Umumnya biaya endorsement lebih tinggi dari rate card, hal ini karena biasanya untuk mempromosikan jasa dibutuhkan campaign tertentu, dan influencer memiliki rate card tertentu untuk campaign.

Membuat Target Endorsement

Sebelum mengeksekusi kerjasama endorsement Anda perlu membuat target untuk menilai apakah kerjasama endorsement tersebut berjalan sukses atau tidak. Dalam penyusuanan target ini, Anda bisa membuat indikator tertentu, seperti berapa jumlah follow, profile visit, sales, dan lain sebagainya.

Pembuatan indikator target endorsement ini juga perlu disesuaikan dengan strategi yang Anda miliki. Misalnya Anda ingin meningkatkan sales, berarti indikator yang Anda butuhkan adalah “peningkatan sales sebanyak XX%” bukannya “peningkatan followers sebanyak 1000 followers

Sebelum Anda mengeksekusi kerjasama endorsement, pastikan target ini telah Anda buat agar Anda bisa mengetahu apakah kerjasama berjalan dengan sukses atau tidak.

Cara Mencari Influencer untuk Endorsement

Menentukan influencer bisa menjadi salah satu pekerjaan yang paling melelahkan. Salah memilih influencer akan membuat target yang Anda harapkan tidak tercapai, meskipun sang influencer telah menjalankan hal-hal yang Anda tuliskan dalam brief kerjasama.

Sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan seorang influencer, Anda perlu ingat, bahwa jumlah followers bukanlah satu-satunya hal yang paling penting. Followers dengan jumlah besar bukan merupakan indikator bahwa ialah orang yang tepat untuk diajak kerjasama. Banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan seorang influencer.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan dari seorang influencer:

Konten yang dibagikan

Setiap influencer tentu memiliki keahlian masing-masing. Dengan keahlian tersebut, tentunya followers dari influencer tersebut memutuskan untuk mem-follow si influencer.

Pastikan Anda bekerjasama dengan influencer yang memiliki topik konten yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini untuk meningkatkan peluang kesuksesan kerjasama endorsement.

Dengan konten yang tepat dan sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, followers baru dari hasil kerjasama endorsement Anda nantinya merupakan target market yang tepat untuk Anda tawarkan produk atau jasa Anda.

Interaksi Antara Influencer dengan followers

Interaksi merupakan kunci yang paling penting untuk menentukan seberapa besar pengaruh si influencer terhadap followers-nya. Cara paling mudah adalah dengan melihat komentar di setiap konten.


Umumnya, influencer yang memiliki paras cantik dalam kolom komentarnya mayoritas berisi: “Cantik banget kak” “Cantik” “Cute” dan sebagainya. Jika Anda menemukan hal seperti itu, sebaiknya urungkan niat Anda, namun jika dalam kolom komentar banyak terdapat diskusi antara si influencer dengan followers, ini merupakan pertanda bahwa ialah orang yang tepat!

Perhatikan Jumlah Interaksi dan Followers

Rasio antara jumlah interaksi (total likes dan komentar) dengan jumlah followers merupakan salah satu hal yang penting untuk Anda perhatikan. Jika rasionya sangat kecil atau dibawah batas wajar, hal ini bisa menjadi tanda bahwa followers si influencer tidak aktif atau kurang menyukai konten si influencer.

Rasio antara jumlah interaksi dengan jumlah followers sering disebut sebagai Engagement Rate (ER). Berikut adalah jumlah ER yang “umum” sesuai dengan jumlah followers:

  • 0 – 10K Followers : 5-10%
  • 10K – 100K Followers : 3,5-7,5%
  • 100K – 1M Followers : 2,5-5%
  • Lebih dari 1M Followers : 1-2,5%

Proses Kerjasama Endorsement

Proses kerjasama endorsement tentunya berbeda-beda, hal ini bergantung dengan ketentuan yang dibuat oleh tiap influencer. Berikut adalah tahapan-tahapan yang umum dilewati selama proses kerjasama endorsement:

  1. Dealing biaya endorsement
  2. Pengiriman produk dan brief kerjasama
  3. Proses produksi & revisi konten endorsement
  4. Publikasi konten endorsement

Keempat proses ini bukan merupakan proses yang pasti, namun secara garis besar keempatt proses tersebut akan Anda lewati selama proses kerjasama. Untuk memastikan proses kerjasama berlangsung dengan baik, pastikan Anda menuliskan hal-hal dibawah ini dalam brief kerjasama:

  1. Tanggal publikasi konten
  2. Referensi foto atau video yang diharapkan
  3. Arahan untuk penulisan caption

Daftar Rentang Biaya Endorsement

Setelah Anda mengetahui hal-hal yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda perlu mengetahui rentang harga untuk kerjasama endorsement. Daftar ini bukan merupakan hal yang pasti, harga bisa saja berubah tergantung dari keaktifan influencer, kualitas konten, kualitas followers, serta tingkat kesulitan kerjasama.

Berikut adalah daftar rentang harga endorsement:

Jumlah FollowersEngagement RateBiaya per Post
10K Followers10-20%15.000 – 50.000
20K-50K Followers5-10%50.000-150.000
50K-100K Followers5-10%150.000-300.000
100K-200K Followers2,5-5%300.000-750.000
200K-500K Followers2,5-5%500.000-1.000.000
500K-1M Followers2,5-5%1.000.000-2.500.000
1M-5M Followers1-2,5%2.500.000-10.000.000

Perlu Anda ingat, daftar biaya di atas bukanlah harga pasti, hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya dapat mempengaruhi biaya per post. Sebelum memutuskan untuk melakukan kerjasama endorsement dengan seorang influencer, pastikan Anda telah membaca seluruh isi artikel ini untuk mencegah potensi kerugian yang bisa Anda alami.

Terakhir, ingat selalu bahwa harga murah dan harga mahal bukan jaminan bahwa kerjasama akan berlangsung sukses, faktor-faktor seperti keaktifan followers serta kualitas interaksi menjadi kunci utama kesuksesan kerjasama endorsement.

Related Posts