Intip Rumah momo! Rockstar to Konglomerat… #DibalikPintu

Silakan simak video diatas


12 Cara Berpikir positif untuk Hidup Lebih Tenang dan Nyaman

Tak jarang kita mengalami pemikiran negatif yang berasal dari masalah sepele hingga masalah besar. Efeknya bila dibiarkan begitu saja, akan berpengaruh kepada kesehatan fisikmu juga. Untuk menyingkirkan semua energi negatif ini, kamu harus mampu untuk berpikir positif.

Berikut 12 cara berpikir positif agar hidupmu lebih tenang dan nyaman :

Mencari dan melakukan kegiatan apapun yang membuatmu bahagia

Kalau kamu sedang sedih, kamu mungkin akan lebih gampang mencari tahu kenapa kamu sedang sedih. Mungkin bisa karena kamu berantem dengan temanmu, dimarahi orang tuamu, putus dengan pacarmu, dibohongi temanmu, lamaran kerja ditolak, menjadi pengangguran mendadak, dll. Begitu pula dengan kebahagian. Dr. Erin Olivio PhD, seorang psikolog klinis dan pendiri Center for Wise Mind Living, mengungkapkan bahwa orang-orang mengira bahwa kebahagiaan dan kepositifan itu muncul begitu saja.

Pada nyatanya, emosi kebahagian dan positif itu muncul jika ada aktivitas tertentu. Maka carilah apa pemicu kebahagiaanmu. Dari hal sederhana saja seperti bermain dengan hewan peliharaan, mendengarkan musik dari band favoritmu, bercerita dan telfon dengan teman dekatmu dalam waktu yang lama, jalan-jalan keliling kompleks rumahmu, dll. Dr. Olivio juga menyampaikan, “Setiap orang harus mencari tahu apa pemicu mereka untuk kebahagiaan atau cinta, dengan begitu kamu mengetahuinya dan bisa secara aktif mencarinya.”

CARA BERFIKIR POSITIF DAN DEWASA ?? | Aa Gym Menjawab

Menulis jurnal khusus untuk rasa syukur

Dalam tiga studi terkait yang dirilis dalam Journal of Personality and Social Psychology pada tahun 2003, mengungkapkan apabila mengucapkan rasa syukur tidak boleh hanya dilakukan di hari Kamis pada minggu keempat di bulan November. Melainkan, harus dilakukan setiap hari.

Layaknya menulis jurnal, tuliskan rasa syukurmu setiap harinya dalam sebuah buku kecil. Kamu juga bisa melakukannya dengan smartphonemu, atau perangkat digital lainnya. Luangkan sedikit waktumu di malam hari untuk menuliskan hal-hal yang bisa kamu syukuri sepanjang hari itu. Bisa dari hal paling sederhana seperti bisa bernafas, bisa melihat langit cerah, melihat kedua orang tuamu tersenyum, dll. Juga hal besar seperti kamu mendapatkan tunjangan, mendapatkan penghargaan, dll. Secara perlahan, ingatlah setiap momen yang kamu hadapi hari itu. Apalagi, bila harimu sangat berat. Cobalah tetap mencari hal-hal kecil apa saja yang bisa kamu syukuri.

Jangan hanya menuliskan hanya 2 kata seperti ‘aku senang’ kemudian ditambah ilustrasi gambar senyum. Ungkapkan semuanya ini dengan sangat detail, tanpa melibatkan emosi negatif dan melepaskan segala ambisimu terlebih dahulu. Dijamin kamu akan tidur dengan tenang dan bahagia tanpa berpikiran negatif atau overthinking ketika sudah melakukan ini di malam hari.

Berlatih Meditasi untuk ketenangan jiwa  

Ada saatnya kamu punya kekhawatiran yang berlebihan terhadap hidupmu. Karena beberapa kegagalan yang kamu alami, kamu semakin skeptis dengan dirimu sendiri. Setelah itu kamu akan mempunyai banyak pertanyaan tentang dirimu sendiri, hingga menyalahkan dirimu. Akhirnya, kamu justru overthinking.

Hal seperti ini, jelas memberikan energi negatif untuk hidupmu. Kamu jadi tidak bisa menjalani hari dengan tenang. Untuk itu hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berhenti memikirkannya. Bila pikiranmu tidak bisa berhenti, ucapkan saja dengan lantang kata ‘stop’ ke dirimu sendiri. Setelah itu cobalah lihat keadaan sekelilingmu, rasakan bagaimana angin berhembus menyentuh kulitmu, melihat daun yang bergoyang terkena tiupan angin, melihat awan yang bergerak perlahan di langit, dsb. Setelah itu, tarik nafas panjang dan hembuskan. Fokus ke nafasmu aja, lakukan itu berulang-ulang. Inilah yang disebut dengan meditasi.

Meditasi sendiri direkomendiasi oleh Dr. Erin Olivio PhD, sebagai sarana untuk kamu menenangkan diri dari overthinking dan juga dari hal-hal eksternal lainnya. Pusatkan pikiranmu pada hal yang sekarang terjadi dan beberapa hal positif lainnya.

Berdamai dengan keadaan buruk yang terjadi di kehidupanmu

Di masa pandemi ini, pastinya juga membuatmu semakin khawatir, cemas dan resah. Namun hal seperti ini tidak bisa kamu kontrol. Ini terjadi begitu saja tanpa ada tanda-tanda, dan kamu tidak pernah sempat untuk mempersiapkan plan B atau plan C. Untuk itu tidak ada gunanya larut dalam kesedihan pada sesuatu yang tidak bisa kita kontrol. Jadi, fokuslah saja dalam mencari cara untuk menghadapi hal tersebut daripada hanya memikirkannya.

Cobalah untuk menuliskan kekhawatiranmu dalam sebuah kertas secara detail. Bila sudah kamu tuliskan, cobalah mencari solusi apa yang bisa kamu lakukan untuk itu. Jangan berlarut dalam kekhawatiran ataupun ketakutan, cobalah untuk mencari solusi dengan berbagai cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari situ, berpikirlah bahwa kamu akan melewati ini semua dengan baik – baik saja hingga akhirnya memperoleh yang kamu inginkan itu.

Pergi ke luar untuk melihat alam

Memang menghabiskan hari di rumah itu menyenangkan. Atau, kamu menggunakan weekendmu hanya untuk tiduran santai di kasur tanpa melakukan sesuatu juga kesannya seru. Tetapi sebuah studi di Scientific Report yang dirilis di U.K. tahun 2019, menemukan bahwa menghabiskan dua jam seminggu di luar ruangan dapat membantu kesehatan fisik dan mental.

Tidak harus melakukan kegiatan berat seperti mendaki gunung, cukup dengan berjalan-jalan santai di sekeliling rumahmu, atau bisa juga menggunakan sepeda keliling kota sejenak. Kamu akan senang melihat orang-orang yang juga beraktivitas untuk bertahan hidup, atau mereka yang sekedar bersenang-senang bersama teman-temannya di sebuah cafe, dll. Dengan begini juga, kamu bisa merasakan syukur karena masih bisa menikmati suasana yang seindah itu.

Habiskan waktu dengan orang-orang yang positif

Pernahkah kamu berada di satu ruangan dengan orang yang super panik, dan akhirnya semua orang di ruangan itu menjadi panik semua termasuk kamu ? Itu bukti bila energi negatif bisa menular. Begitupun untuk energi positif. Bila kamu merasa, kamu sedang tidak percaya diri, cobalah cari dan temui orang orang yang percaya diri. Berbincanglah dengannya dan mintalah saran darinya. Otomatis dirimu juga akan tertular dengan semangat yang diberikan darinya. Jadi, ketika kamu sadar kalau pikiranmu sudah negatif, cobalah mencari orang-orang positif yang bisa membangkitkanmu dengan semangat dari mereka.

Mencoba self positive talk

Waktu kamu melakukan kesalahan, pasti kamu menyalahkan dirimu sendiri kan? Atau, terkadang kamu merasa ketinggalan jauh dari teman-temanmu yang sudah sukses? Hal seperti itu bisa disebut juga self-abuse, di mana kamu menyakiti dengan mengkritik dirimu sendiri. Kamu tidak lagi bisa bersyukur dan terus akan merendahkan dirimu sendiri. Pada akhirnya kamu semakin akan terjatuh. Hal seperti ini jelas akan merusak dirimu sendiri.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa obrolan positif sederhana untuk dirimu sendiri bahkan bisa mengubah emosimu dan pikiranmu. Makanya daripada kamu bilang ke dirimu, “Duh, aku mengacaukan semuanya hari ini”, lebih baik kamu mencoba dengan mengatakan “aku akan mencobanya lagi besok dengan cara yang lebih baik.”

Menulis kekhawatiranmu dan membuangnya

Menulis adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menuangkan emosi dan pikiran negatifmu. Cobalah untuk menuliskan semua pikiran negatifmu dalam sebuah kertas, sedetail mungkin. Kamu tidak perlu memikirkan apakah tulisanmu bagus atau tidak, yang terpenting kamu bisa menuangkan semua rasa marah, sedih, kecewa, kesal, dendam, ketakutan, kekhawatiran, dan kecemasanmu di situ.

Setelah semuanya kamu tulis, kamu harus merobeknya dan yakinkan dirimu bahwa dengan merobek kertas itu artinya kamu membuang semua energi negatif yang ada pada dirimu. Ada juga cara lain yaitu dengan membakar kertas itu. Cara seperti ini dianjurkan beberapa psikolog klinis untuk bisa mengurangi bahkan menghilangan energi negatif pada diri kita.

Melatih untuk sering tersenyum

Bila kamu sedang banyak pikiran atau stress, cobalah untuk tersenyum. Beberapa penelitian menunjukan kalau senyum palsu atau senyum yang dipaksakan tetap dapat mengurangi ketegangan dan tekanan sehingga bisa merasa lebih positif. Jadi, apabila kamu sedang pusing memikirkan suatu masalah, cobalah tetap menghadapi dengan senyuman.

Mencari lelucon yang bisa membuatmu tertawa lepas

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada ratusan orang dewasa menunjukan apabila ketawa lepas dapat menurunkan stres, kecemasan bahkan depresi. Untuk tertawa biasanya kamu menemukan di lelucon yang ada pada kehidupan sehari-hari atau dari acara-acara yang ditayangkan di TV dan sosial media. Sepertiga orang menyatakan apabila humor konyol juga lebih cenderung membuat tertawa lebih lepas.  Jadi, carilah lelucon yang menyegarkan yang bisa membuatmu tertawa lepas.

Membaca buku yang berisikan motivasi atau self-development

Bacalah beberapa buku yang memungkinkan dapat memberimu motivasi. Utamakan cari tahu terlebih dahulu buku-buku yang bisa memberikan solusi untuk masalahmu. Misalnya, kamu kurang percaya diri, carilah buku-buku dengan tema yang bisa meningkatkan percaya dirimu atau juga bisa buku tentang leadership. Bila kamu banyak pikiran atau suka overthinking, carilah buku buku yang bisa membuatmu berpikir positif. Bila kamu suka khawatir atau cemas, carilah buku-buku terkait dengan psikologi klinis yang dikemas untuk orang awam. Kamu juga bisa meminta beberapa saran dari temanmu terkait dengan buku rekomendasi untuk ini. Cobalah cari beberapa buku yang setidaknya bisa kamu praktikan di kehidupanmu.

Mendengarkan musik dengan lirik yang bermakna positif

Banyak musisi mengekspresikan kesedihan, kegelisahan, kecemasan dalam karya-karya mereka. Banyak dari mereka yang menyelipkan lirik positif yang bisa memberimu motivasi. Terkadang beberapa musik bahkan juga sangat relateable dengan kehidupanmu dan membuatmu tersentuh. Kamu akan merasakan kalau kamu tidak sendirian untuk menghadapi dunia yang kejam ini. Bila musik yang kamu dengarkan bisa memberikan semangat, teruslah untuk tetap mendengarkan musik-musik sejenis itu.

Itulah kenapa seni musik bisa secara ajaib menyembuhkan mental dengan caranya tersendiri.