Wow! Kakek Nenek Keliling Dunia Dengan Mobil Plat B

Silakan simak videonya diatas


Belajar Bahasa Inggris tidak harus melulu tentang rumus grammar yang rumit, loh. Kamu juga tidak perlu ribet cari tempat les mahal untuk belajar Bahasa Inggris. Cukup dengan kamu sendiri aja, kamu bisa tetap belajar Bahasa Inggris dengan seru.

11 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Mudah dan Menyenangkan

Berikut  11 cara belajar Bahasa Inggris  yang wajib kamu coba :

Berpikir dalam bahasa Inggris

Apa yang biasanya kamu lakukan untuk berbicara bahasa Inggris? Kamu pasti terbiasa memikirkan apa yang akan kamu ucapkan dalam bahasa Indonesia, terus baru kamu akan coba untuk menerjemahkan bahasa Inggris kan?  Memikirkan dalam bahasa Indonesia dan kemudian menerjemahkan ke bahasa Inggris, bukanlah hal yang mudah dilakukan. Mungkin orang yang fasih juga akan kesulitan untuk beralih dua bahasa seperti ini.

cara GAMPANG LANCAR Bahasa Inggris. Video oleh Nessie Judge

Maka dari itu, kita langsung aja ke pokok masalahnya. Mulailah berpikir dalam bahasa Inggris.  Kamu bisa melakukan kapan aja dan di mana aja. Ambil contoh sederhana dari kata, kemudian kalimat, lalu membuat narasi. Cobalah hal sederhana seperti bagaimana kamu menjalani harimu saat itu, bagaimana kamu mencoba mengungkap sesuatu yang kamu inginkan, bagaimana kamu bertanya dengan seseorang, dll.

Contoh lain, kamu bisa membayangkan sebuah situasi yang kamu suka kemudian cobalah buat dialog di antaranya. Misalnya kamu ingin pergi ke toko burger yang kamu suka. Kemudian coba buat kalimat bagaimana kamu memesan burger itu, ditambah bagaimana kalau kamu ingin menambahkan pesanan, hingga bagaimana kalau kamu mau komplain.  Gunakan kamus inggris ke inggris untuk mencari kata yang sepadan. Dengan kamu berpikir dalam bahasa Inggris, nantinya akan lebih gampang membuat dirimu berbicara dalam bahasa Inggris.

belajar bahasa inggris
sumber: unsplash

Berbicara dengan dirimu sendiri dalam bahasa Inggris

Setelah kamu berpikir dalam bahasa Inggris, selanjutnya adalah melatih untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Terus kalau tidak ada partner buat berbicara bahasa Inggris bagaimana? Ya sudah, coba aja berbicara sama diri sendiri. Terdengar aneh, ya? Tapi ini akan menarik, kok. Coba ucapkan dengan perlahan namun jelas dan lantang apa yang ada dipikiranmu tadi ke dalam narasi bahasa Inggris. Jangan pernah terlalu memikirkan apakah grammarmu sudah benar atau belum. Utamakan dulu kamu bisa berbicara dan mengekspresikan dalam bahasa Inggris.

Bila ada orang yang menganggapmu aneh karena ini, kamu bisa aja coba berpura-pura telepon seseorang dan berbicara dengan itu. Apa yang harus kamu bicarakan? Bisa banyak hal. Kamu bisa menceritakan apa yang kamu lakukan itu, curhat tentang masa lalumu, menceritakan berita yang kamu baca hari ini, menceritakan keluh kesahmu hari ini, menceritakan drama korea yang kamu suka, dsb. Pilihlah topik yang kamu bisa nyaman dan merasa akan lancar untuk membicarakannya. Teruslah untuk mencoba berlatih berbicara dalam bahasa Inggris seperti ini supaya kamu lebih percaya diri nantinya.

Berbicara di depan cermin dalam bahasa Inggris

Kalau kamu masih tidak nyaman latihan berbicara dengan diri sendiri, cobalah berbicara di depan cermin. Dengan adanya cermin ini, kamu akan melihat bagaimana kamu mengekspresikan kata-katamu itu. Cermin akan secara tidak langsung memberikan umpan balik kepadamu. Waktu kamu berbicara di depan cermin, kamu akan melihat bagaimana ekspresimu, apakah kamu terlihat marah, kebingungan, cemberut dan sebagainya. Lalu ketika kamu melihat ekspresimu yang terlalu kaku, kamu bisa mencoba untuk memaksakan sedikit tersenyum, dsb.

Kamu juga secara langsung tersadar, kalau kamu sering menggunakan banyak pengulangan kata seperti “you know” , “um”, “yeah..”, dsb.  Jadi, kamu akan memperbaiki beberapa kata agar terdengar lebih lebih jelas. Selain itu, berbicara di depan cermin, akan melatihmu untuk bisa melakukan kontak mata dengan lawan bicaramu.

Lalu bagaimana cara efektif untuk melatih ini? Cobalah memilih topik yang menarik. Pasang alarm selama 2 hingga 3 menit, lalu berbicaralah tanpa henti hingga waktu habis. Bayangkan seperti kamu sedang menyampaikan pendapat ke teman diskusimu. Kamu harus berbicara selama 2 hingga 3 menit dan jangan berhenti bila belum selesai. Kalau kamu tiba-tiba ngeblank karena tidak bisa mengekspresikan kata yang ingin kamu ucapkan, cobalah dengan mengungkap dengan cara yang berbeda. Pada akhirnya, kamu akan bisa terus berbicara hingga tiga menit itu berakhir. Kemudian kamu mereview, di mana kata- kata yang menurutmu sulit untukmu dan perbaikilah di latihan berikutnya.

Mendeskripsikan apa yang ada di sekelilingmu dalam Bahasa Inggris

Kalau kamu bosan untuk berbicara di depan cermin, cobalah ke luar rumah untuk berjalan-jalan sejenak. Sambil kamu berjalan, cobalah lihat apa yang kamu lewati dan deskripsikan keadaan itu. Deskripsikan orang-orang yang melewatimu, lampu-lampu yang ada di jalan, suasana jalan yang ramai atau sepi, toko-toko yang kamu lewati, pepohonan yang kamu lewati juga, langit yang cerah atau mendung, dsb.

Atau kamu juga bisa masuk ke toko roti yang kamu suka. Lihat ada berapa macam roti di situ, coba deskripsikan dengan kata-katamu. Tentunya kamu tidak perlu mengucapkan ini dengan lantang. Namun ucapkan saja di dalam hati. Bayangkan kamu membuat sebuah video dokumenter tentang roti dan kamu jadi naratornya di situ. Lakukan terus menerus seperti ini, hingga nanti kamu akan merasa mudah untuk melakukan percakapan dengan nyata bersama orang lain. Seperti poin sebelumnya, ini akan melatihmu berpikir dalam bahasa Inggris namun dengan cara yang lebih menyenangkan.

Mendengar dan mengulangi dialog dalam sebuah film atau acara Bahasa Inggris

Kalau kamu malas berpikir, cobalah dengan santai melihat sebuah film atau video bahasa Inggris di youtube ataupun di sosial media. Perhatikan cara mereka berbicara dari nada hingga aksen. Lalu cobalah untuk mengulang cara mereka berbicara. Kamu akan melatih lidahmu untuk berbicara secara fasih dalam bahasa Inggris. Sebisa mungkin bicaralah semirip mungkin dengan penutur aslinya.

 Kalau ada dua orang berdialog, coba saja kamu menebak-nebak dialog yang akan dibicarakan. Mungkin akan terdengar lucu, tapi juga seru. Abaikan tentang akurasi, dan terus berlatihlah dengan cara menyenangkan seperti ini.

Bernyanyi lagu bahasa Inggris kesukaanmu

Cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan lainnya adalah dengan bernyanyi lagu bahasa Inggris kesukaanmu. Ini sudah terbukti dalam beberapa penelitian, bahwa cara seperti ini juga sangat efektif untuk belajar bahasa Inggris.

Awali dari lagu -lagu bahasa Inggris yang kamu suka terlebih dahulu. Bacalah liriknya sambil ikut bernyanyi dengan penyanyi kesukaanmu itu. Ini akan terdengar seperti duet, menarik bukan? Kalau sudah cukup mahir dalam mengucapkan liriknya, cobalah cari video karaoke dan menyanyikan tanpa ada suara dari penyanyi tersebut.  

Kalau kamu ingin level yang lebih sulit cobalah mendengarkan lagu rap. Beberapa lagu rap menggunakan lirik dari bahasa sehari-hari dengan ritme dan kecepatan yang tinggi. Kamu akan melatih pelafalanmu dengan baik dengan lagu rap. Beberapa rap menggunakan beberapa idiom yang mungkin tidak kamu tahu, dan ini bisa untuk belajar kosakata.  Perlahan tanpa kamu sadar, kamu bisa fasih berbahasa Inggris dengan cara menyenangkan seperti ini.

Membaca buku Bahasa Inggris

Belajar grammar memang sulit kalau kamu belajar hanya melalui rumusnya saja tanpa coba menerapkannya. Tapi, mencoba menerapkan pun kadang juga bingung mau mulai dari mana dan seperti apa. Untuk itu cobalah membaca beberapa buku atau artikel dalam bahasa Inggris.  Membaca akan membuat kamu memahami kata-kata dalam konteks yang berbeda-beda juga. Termasuk mempelajari grammar juga begitu. Daripada kamu bingung bagaimana penerapannya, langsung saja kamu melihat itu dalam sebuah artikel bahasa Inggris. Kamu bisa mengidentifikasi grammar apa yang digunakan di situ. Membaca artikel berita ataupun feature dalam bahasa Inggris membuat kamu memiliki kontak dengan struktur bahasa Inggris yang benar.

Kalau kamu ingin lebih serius mempelajari kosakata tertentu dalam konteks tertentu, kamu bisa menandainya setelah membaca. Kemudian mencatat artinya bersama dengan contoh yang lain. Ini bisa kamu kumpulkan sebagai referensi untuk dirimu sendiri.  Semakin banyak membaca, kamu akan semakin paham dengan struktur kalimat Bahasa Inggris. Nantinya kamu akan dengan yakin menggunakan kata- kata tersebut dalam percakapanmu tanpa ragu-ragu.

Membaca buku Bahasa Inggris dengan lantang  

Selain membaca untuk memaham struktur penulisan, kamu juga baiknya mencoba untuk membaca tulisan itu dengan lantang. Jadi, bukan lagi membaca dalam hati namun disuarakan dengan jelas untuk melatih berbicara dalam bahasa Inggris. Pilihlah artikel atau buku yang ingin kamu baca setiap harinya. Kemudian bacalah minimal 5 menit di pagi dan malam hari. Dengan membaca dengan lantang seperti ini akan memaksakan dirimu untuk mengatakan kata-kata yang tidak kamu tahu artinya atu kamu sulit ucapkan.

Makanya siapkan juga kamus online yang bisa akan membantu mengucapkan pelafalan kata-kata yang sulit, sekaligus memahami arti kalimat tersebut dengan baik. Nantinya kamu akan jauh lebih mudah memahami beberapa kata dalam konteks kalimat yang berbeda. Selain itu, kamu bisa belajar intonasi, jeda, penekanan dan kecepatan melalui latihan membaca ini. Mulailah dengan dengan bacaan ringan seperti novel atau komik, kalau kamu sudah bosan, cobalah membaca artikel berita dari topik ringan hingga berat.

Mendengar podcast Bahasa Inggris

Kalau kamu ingin fokus belajar listening, cobalah dengan mendengarkan podcast bahasa Inggris. Berbeda dengan menonton film atau acara kesukaanmu, podcast akan membuatmu fokus mendengarkan pelafalan dengan jelas. Kamu mungkin akan menemukan beberapa kata yang diucapkan berbeda dengan aksen yang berbeda.

Kebanyakan podcast biasanya terkait diskusi tertentu, jadi kamu akan dengan mudah mengenai beberapa gaya pembicaraan yang tidak bisa kamu temui kalau membaca, seperti, “what you wanna do for now?” atau ” i gotta leave now.” Kamu juga harus memperhatikan intonasi, dan beberapa penekanan kata dengan cara yang lebih baik. Melakukan ini dengan efektif akan melatih skill listening dan speaking dalam bahasa Inggris.

Lebih kreatif dengan bermain game Bahasa Inggris

Tidak ada yang lebih menarik selain bermain game. Buatlah belajar menjadi menyenangkan dengan bermain game. Kamu bisa bermain scrabble, yaitu permainan papan klasik dengan pin huruf-huruf acak untuk membentuk kata-kata  seperti teka teki silang. Ini akan melatih kosakata bahasa Inggrismu.

Kamu juga bisa bermain flashcard dengan menuliskan beberapa kosakata di situ dan menebak arti dari kata-kata itu. Selain itu, kamu juga bisa mencari beberapa game online yang bisa membuatmu berlatih bahasa Inggris. Beberapa game online untuk edukasi bahasa Inggris saat ini sudah sangat bervariasi. Ada yang menggunakan sebuah story board untuk melatih berdialog bahasa Inggris, ada juga yang tebak-tebakan kosakata, hingga ada juga scrabble online. Menyenangkan pastinya kalau belajar seperti ini, ya.  

Menulis dalam Bahasa Inggris

Setelah kamu melatih listening, reading, dan speaking, kini saatnya kamu berlatih untuk writing ( menulis). Lakukan dari menceritakan hal sederhana tentang apa yang kamu lakukan hari ini dengan grammar yang sederhana dan juga kosakata yang gampang juga. Kalau kamu bosan, coba cari topik ringan lainnya. Seperti coba untuk mereview lagu kesukaanmu dan tuliskan itu dalam blogmu.

Kamu juga bisa menuliskan komentar sederhana di musik video dari band kesukaanmu dengan bahasa Inggris. Kamu juga bisa menuliskan status di sosial mediamu dengan bahasa Inggris. Lakukan menulis dalam bahasa Inggris dengan menyenangkan.