Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Dapat beasiswa kuliah luar negeri memang menjadi idaman banyak orang. Siswa SMA dan mahasiswa, tahun ini yang sangat mengidamkan bisa kuliah di luar negeri, meski pada kenyataannya, kita harus tetap mematuhi protocol covid 19 jika ke luar negeri. Tapi hal tersebut tidak lantas membuat pesimis dan menyingkirkan impian bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Jadi, bagaimana caranya? Mari kita bahas.

Jadi, apa saja cara agar mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Ada beberapa hal yang perlu di saat akan melamar beasiswa kuliah di negara yang kalian targetkan atau idamkan. Beberapa langkanya di antaranya adalah:

Awali dengan niat yang kuat

Selain beberapa hal di atas, modal yang paling sering di jadikan bekal adalah, niat yang kuat, nekad, dan sebagainya. Mengingat jika kalian tidak memiliki niat dan tujuan yang kuat, biasanya akan menjadi pertanyaan di tengah jalan, seperti misalnya tujuan yang terus berubah-ubah, dan sebagainya.

Pahami negara yang akan di tuju mulai dari bahasa

Bahasa merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kita pahami. Mengingat tidak semua orang di negara tetanggan dapat melafalkan bahasa inggris dengan benar. Jadi, memahami bahasa dari negara yang di tuju, sangat penting dalam keberlangsungan kuliah dan hidup Anda nantinya jika di terima kuliah di negara yang di idamkan.

Cari informasi lengkap mengenai beasiswa apa saja yang di sediakan

Seperti layaknya mencari beasiswa di Indonesia, kalian juga harus benar-benar jeli dan terus update masalah beasiswa apa saja di negara yang kalian idamkan. Kalian bisa mencari di google pencarian, atau mencari channel teman yang memiliki saudara kuliah di sana. Itu akan sangat membantu kalian saat akan mempersiapkan semua persyaratannya.

Patuhi persyaratan

Di Indonesia masalah beasiswa, pasti ada syarat dan ketentuannya. Mulai dari nilai IPK UN yang harus memenuhi standar, dan sebagainya. Begitu juga dengan beasiswa kuliah di luar negeri yang pasti ada ketentuan dan persyaratan yang ada. Maka di harapkan untuk ikuti dengan baik agar dapat mendapatkan beasiswa lebih aman.

Buat daftar list beasiswa yang di target

Ibaratnya seperti membuat plan A B C dan sebagainya. Jadi jika kalian tidak di terima beasiswa di universitas X misalnya, maka kalian masih memiliki beberapa list beasiswa yang bisa kalian coba peruntungannya. Namun ini juga harus di dasarkan pada jurusan dan peminatan yang sesuai dengan kemampuan kalian.

Cari negara dengan pelamar beasiswa paling sedikit

Ya, cara ini rata-rata banyak di pakai oleh pemburu beasiswa kuliah di luar negeri. Dengan peminat yang sedikit, maka peluang untuk di terima kuliah di negara tersebut juga tidak menutup kemungkinan. Cari, dan lihat peluang yang masuk ke universitas yang ada di negara yang memiliki sedikit peminat.

Membuat motivation letter yang tidak biasa

Orang akan di lirik oleh banyak orang, karena dengan alasan mereka tidak biasa. Tidak biasa ini memiliki banyak arti, ada yang tidak biasa karena prestasi, atau lainnya. Begitu juga dengan membuat suatu motivation letter di mana biasanya penguji akan mencari pelamar yang memiliki motivation letter yang tidak biasa. Contohnya seperti: saya ingin mempelajari budaya yang ada di negara tersebut, atau memperdalam bahasanya, dan sebagainya.

Mencari channel kenalan

Channel merupakan salah satu hal yang dapat mengantarkan kalian bisa lebih luas mendapatkan informasi tentang beasiswa kuliah di luar negeri yang sedang kalian incar sekarang. Carilah di beberapa grup alumni sekolah kalian yang mungkin ada kakak kelas yang sudah pernah atau sedang kuliah di sana.

Mempelajari beberapa pelajaran yang akan di ujikan

Seperti di Indonesia, pasti universitas yang menyelenggarakan beasiswa tersebut, memiliki kuis atau soal tahun lalu yang dapat diakses dengan mudah di internet untuk dapat di pelajari oleh kalian yang sedang mempersiapkannya. Oleh karena itu, di sarankan setelah daftar, belajar kembali beberapa pelajaran yang mungkin akan di ujikan sembari menunggu jadwal pengujian kalian.

Melamar beasiswa lebih awal

Bukannya tergesa-gesa, namun selangkah lebih awal untuk mendapatkan beasiswa yang diinginkan, kenapa tidak? Maksimal kalian bisa melamar untuk beasiswa di saat pembukaan beasiswa tersebut. Maka di sarankan untuk meriset beberapa beasiswa dengan selengkap mungkin, mulai dari tanggal, dan sebagainya agar nanti kalian bisa melamar lebih awal.

Bertemu dengan perwakilan universitas

Untuk mendapatkan beberapa informasi yang lebih akurat, kalian bisa bertemu dengan perwakilan universitas, di mana biasanya mereka lebih paham mengenai berbagai hal menyangkut penyelenggaraan ujian beasiswa lebih detail. Mengingat jika hanya di website, kebanyakan membahas tentang teknis saat akan ujian penerimaan beasiswa, dan sebagainya.

Jenis-jenis beasiswa luar negeri yang di incar

Ada beberapa jenis beasiswa luar negeri yang sangat diincar oleh kebanyakan orang. Beberapa diantaranya adalah:

Erasmus

Beasiswa ini tersedia di negara Eropa, di mana beasiswa ini patut kalian coba. Ada sekitar lebih dari 20 negara yang ikut serta dalam konsorsium serta pengelolaan beasiswa tersebut. Setidaknya setiap tahun mereka mengadakan lebih dari 5000 beasiswa yang di tawarkan untuk berbagai negara untuk jenjang S2, dan lebih dari 400 beasiswa untuk jenjang S3.

DAAD

Beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa yang di kelola oleh negara Jerman. Beasiswa ini dapat menjadi prioritas kalian selanjutnya untuk melanjutkan studi. Setidaknya ada lebih dari 70 ribu beasiswa yang di tawarkan untuk para mahasiswa internasional dan professional yang berada di negara maju maupun berkembang. Beasiswa ini memiliki penawaran fasilitas berupa biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi, dan sebagainya.

Australia Awards

Merupakan salah satu beasiswa yang di tawarkan oleh pemerintah Australian untuk para calon mahasiswa yang ingin menggali ilmu di sana. Beasiswa ini juga sangat terbuka untuk berbagai negara tetangga seperti Indonesia, wilayah Asia, Afrika, dan sebagainya. Beberapa fasilitas yang di tawarkan diantaranya adalah biaya kuliah, biaya hidup, pelatihan bahasa inggris, dan sebagainya.

Asian Development Bank di Jepang

Bagi kalian yang suka dengan anime buatan Jepang dan bermimpi ingin kuliah di sana, ini bisa jadi jalan kalian untuk bisa kuliah di Jepang. Beasiswa yang di tawarkan adalah untuk kalian yang ingin melanjutkan studi jenjang S2. Pendaftaran ini di buka setiap tahunnya.

Turkiye Burslari

Beasiswa ini juga bisa menjadi ancang-ancang kalian untuk bisa kuliah di luar negeri. Beasiswa ini di kelola oleh pemerintah negara Turki dengan penawaran beasiswa untuk jenjang yang bermacam-macam. Biasanya mereka lebih prefer untuk jenjang S1.

YSEALI

Merupakan salah satu beasiswa yang di sediakan oleh pemerintah Amerika Serikat, untuk kalian pelajar yang berasal dari negara ASEAN. Program ini memang sengaja di buat, dan setiap tahunnya di buka untuk penawaran beasiswa. Beasiswa ini di buka selama 5 minggu di setiap dekadenya.

Silakan pilih mana yang paling menarik. Selamat mencoba. Semoga sukses.

Selamat Datang di Indonesi.com

Situs yang akan membuat Anda menjadi lebih baik, dengan artikel dan tips terpilih.

Visi kami adalah menjadikan inspirasi untuk sejuta orang Indonesia.

Redaksi Indonesi.com
Cipinang Indah. Jakarta Timur.

Related

Mendapat Uang Dari Menulis

Pekerjaan dalam bidang menulis bisa dibilang gampang-gampang susah, harus ada perjuangan yang lebih untuk mendapatkan…

Read more
Gaya Hidup Minimalisme

Apa itu Minimalisme ? Gaya hidup minimalisme jamak diperbincangkan dewasa ini. Jika kita putar balik waktu di awal…

Read more
Masker Wajah

Menjadi salah satu perawatan kulit yang cukup penting, masker wajah banyak dilakukan kaum hawa. Namun, masih banyak…

Read more

Internet is huge! Help us find great content

About

Bacaan Yang Membuat Anda Lebih Baik