Geger Orang yang Sudah Dikubur Kembali ke Rumah

Simak videonya diatas


Bangun pagi seringkali menjadi momok tersendiri bagi banyak orang, padahal bangun pagi itu penting apalagi bagi anda yang harus bekerja atau sekolah di pagi hari.

15 Tips agar Mudah Bangun Pagi Tanpa Mengantuk

Kebiasaan bangun pagi sesungguhnya diatur oleh ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah ritme adalah proses dalam tubuh yang mengatur waktu bangun dan tidur seseorang.  Jam biologis pada tubuh ini dapat diubah dengan mengganti perilaku serta kebiasaan kita. Kali ini kami akan membahas hal-hal apa saja yang bisa dilakukan agar anda bisa bangun pagi dengan mudah tanpa rasa mengantuk.

Perbaiki Rutinitas Sebelum Tidur

Stress dapat membuat seseorang tidak nyenyak saat tidur. Akibatnya, ketika bangun pagi anda akan tetap merasa lelah.  Karena itu, buatlah rutinitas yang dapat merilekskan pikiran dan tubuh supaya  tidur anda menjadi nyenyak.

Berhentilah mengurusi pekerjaan anda setidaknya satu jam sebelum tidur. Lakukan kebiasaan seperti mandi air hangat, meditasi, atau membaca buku sebelum tidur.  

5 Hal wajib di pagi hari yang bisa mengubah masa depan selamanya. Video oleh Merry Riana

Jadwalkan Jam Tidur yang konsisten

Apabila anda sulit saat bangun pagi, kemungkinan hal ini disebabkan karena anda tidur terlalu larut. Karena itu, apabila anda hendak bangun pagi dengan mudah, tentukan pada pukul berapa anda harus tidur di malam hari.

Rata-rata orang dewasa butuh tidur selama 7 jam. Apabila anda ingin bisa bangun pada pukul 6 pagi tanpa mengantuk, berarti anda harus biasakan untuk tidur pada pukul 11 malam. Lakukan ini secara konsisten, maka perlahan jam biologis anda pun akan berubah dan anda tak lagi kesusahan untuk bangun pagi.

Tetap bangun pagi di akhir minggu

Pada akhir minggu, tak ada kewajiban bagi anda untuk bangun pagi karena tidak ada sekolah atau jadwal bekerja. Akan tetapi, bukan artinya anda bisa bangun siang atau tidur selarut-larutnya.

Tubuh membutuhkan konsistensi. Apabila anda dengan sengaja bangun terlalu siang pada hari Sabtu dan Minggu, maka pada hari kerja keesokannya, kemungkinan anda akan kembali kesulitan untuk bangun pagi. Karena itu, bangunlah sesuai dengan jadwal anda bangun biasanya pada hari kerja. Apabila anda ingin bersantai dan tidur lebih, anda bisa memperlama durasi tidur siang.

Jangan hanya bergantung pada alarm

Berdasarkan sebuah riset, tubuh sesungguhnya bersiap untuk bangun kurang lebih satu setengah jam sebelum waktu bangun sebenarnya. Alarm dapat membuat tubuh anda  terbangun dengan terpaksa yang malah menyebabkan anda merasa sangat mengantuk.

Umumnya, setelah tidur tujuh jam, tubuh akan bangun dengan sendirinya. Jadwalkanlah waktu tidur yang tidak terlaru larut lalu supaya tubuh dapat waktu tidur yang cukup dan mampu bangun pagi.

Baru setelah anda terbiasa bangun pagi di waktu yang sama, anda bisa menggunakan alarm.

Hindari memainkan ponsel atau menonton TV sebelum tidur

Cahaya biru yang dipancarkan dari layer ponsel, televisi, atau elektronik lainnya dapat membuat mata menjadi lelah. Apabila mata terlalu lelah, tidur pun menjadi tidak nyenyak. Akibatnya, ketika bangun pagi anda malah merasa lelah dan tetap mengantuk.

Simpanlah gadget anda setidaknya satu jam sebelum tidur. Alih-alih menonton TV atau memainkan ponsel, bacalah buku sebagai penghantar tidur anda.

Buka Jendela begitu bangun

Hormon melatonin adalah hormon yang mengatur waktu tidur dan bangunnya seseorang. Hormon ini dapat dipengaruhi oleh keberadaan cahaya. Itulah kenapa anda disarankan untuk mematikan lampu saat tidur.

Ketika bangun pagi, bukalah jendela sehingga sinar matahari akan masuk ke ruangan. Cahaya matahari tersebut akan membuat hormon melatonin bekerja sehingga anda  perlahan menjadi sepenuhnya terjaga dan tak lagi ingin kembali tidur.  

Jauhkan alarm dari tempat tidur

Apabila anda meletakkan alarm dekat dari janngkauan, ada kemungkinan anda masih bisa berbaring saat mematikan alarm kemudian akan kembali terlelap. Letakkanlah alarm di tempat yang jauh dari jangkauan anda supaya anda jadi terpaksa bangkit dari kasur untuk mematikannya.

Stretching di pagi hari

Ketika tidur, tubuh anda berbaring di posisi yang sama pada waktu yang cukup lama sehingga otot bisa terasa kaku. Stretching atau peregangan tubuh dapat dilakukan setelah bangun untuk melemaskan otot-otot tubuh serta melancarkan peredaran darah sehingga anda menjadi terasa lebih segar di pagi hari.

Mainkan lagu yang upbeat

Mainkanlah lagu-lagu upbeat untuk memulai hari anda. Musik yang menyenankan dapat meningkatkan mood untuk menjalani hari sehingga anda tak lagi merasa mengantuk dan malas untuk menjalani hari.

Bereskan tempat tidur begitu bangun

Membereskan tempat tidur bisa menjadi salah satu cara untuk menghapus rasa kantuk ketika bangun di pagi hari. Saat membereskan tempat tidur, badan anda akan bergerak dan perlahan anda pun menjadi terjaga sepenuhnya. Selain itu, anda akan enggan untuk berbaring kembali karena dapat membuat kasur yang baru dirapikan kembali berantakan. Alhasil, anda pun melanjutkan aktivitas lain di pagi hari alih-alih kembali tidur.

Biasakan untuk Mandi Pagi

Mandi di pagi hari mungkin terasa sulit dilakukan karena dingin. Mandi di pagi hari meningkatkan fungsi pernafasan serta jantung yang membuat seseroang terasa lebih “bangun” setelah mandi dan bisa menjalani rutinitas di pagi hari dengan lebih segar.

Jangan lewatkan sarapan

Selama tidur, tubuh bekerja keras dalam meregenerasi sel-sel tubuh. Oleh karena itu, biasanya seseorang akan merasa lapar begitu bangun tidur. Biasakanlah diri untuk sarapan dengan gizi yang seimbang supaya anda mendapatkan energi yang cukup dan merasa bugar dan tidak merasa ngantuk ketika bangun di pagi hari.

Minum kopi di pagi hari

Kandungan kafein di dalam kopi terbukti mampu membuat seseorang menjadi tidak mengantuk. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi kopi di pagi hari untuk menghapus rasa kantuk. Akan tetapi, jangan sampai anda terlalu bergantung kepada kopi.

Apabila anda sampai butuh bergelas-gelas kopi supaya tetap terjaga di pagi hari, ini merupakan tanda bahwa kualitas tidur anda di malam hari tidaklah baik dan mulailah mengutamakan untuk memperbaiki kualitas tidur tersebut.

Olahraga rutin di pagi hari

Olahraga akan mempercepat detak jantung, meningkatkan suhu tubuh, dan mengaktifkan hormon-hormon tubuh, akibatnya tubuh pun menjadi lebih terjaga. Karena itu, apabila anda ingin bangun di pagi hari tanpa merasa mengantuk, biasakanlah untuk olahraga di pagi hari selama paling sedikit 20 menit. Tak hanya membuat diri bugar di pagi hari, olahraga rutin juga terbukti dapat membuat anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Makan makanan sehat

Bisa saja salah satu alasan mengapa bangun di pagi hari itu sulit adalah karena tidak seimbangnya nutrisi yang terdapat pada makanan yang anda konsumsi. Makanlah makanan bergizi seimbang supaya jumlah energi di tubuh anda tidak kurang sehingga bangun pagi tidak lagi menjadi hal yang melelahkan. Perbanyak makan sayur dan buah serta makanan dengan omega-3  tinggi seperti ikan, telur, atau biji-bijian.

Sumber: