Ini Alasan Kenapa Anak Cewek Selalu Menganggap Ayah Adalah Superman

8 Alasan Kenapa Anak Perempuan Selalu Menganggap Ayah Adalah Superman

Pernahkah kamu berpikir kenapa anak perempuan selalu dekat dengan ayahnya? Faktanya, hanya sedikit yang menyangka bahwa seorang ayah memiliki ikatan unik dengan putrinya dan benar-benar berbeda dibanding ikatan yang dibagi bersama anak laki-laki.

Ini Alasan Kenapa Anak Cewek Selalu Menganggap Ayah Adalah Superman

Bila hidup pada kondisi normal dan keluarga bahagia, anak cewek umumnya mengatakan bila ayah adalah pria terbaik dalam hidupnya, ayah adalah superman baginya. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah kenapa anak cewek begitu kagum pada ayahnya?

Ayah Adalah Pria Pertama Dalam Hidupnya

Seorang ayah adalah pria pertama yang ditemui anak perempuan dalam hidupnya. Apa yang ayah lakukan, bagaimana ayah melakukan sesuatu, perilakunya kepada anak-anak, perilakunya terhadap bunda, dan hal-hal kecil lain akan berdampak pada anak cewek saat ia masih kecil, remaja, hingga dewasa.

Semua itu akan direkam dengan baik, bahkan bila sang ayah telah melupakannya.

Dengan kata lain, ayah telah menjadi tempat ‘kursus gratis’ dalam hidup bagi seorang anak cewek. Itulah kenapa anak cewek selalu mengagumi apa yang ayahnya lakukan. Bangga menjadi anaknya dan berusaha untuk membahagiakannya.

Bahkan, ia mulai bermimpi untuk menikah dengan seorang pria di kemudian hari, yang setidaknya memiliki separuh kebaikan yang dimiliki oleh ayahnya.

Ayah Itu Super-Protektif buat anak perempuan

Secara tradisional, seorang pria memiliki insting melindungi, sekaligus memiliki kekuatan fisik sehingga dengan peran gendernya tersebut membuat seorang ayah identik sebagai seorang protektor. Ini artinya, secara konvensional seorang ayah memandang istri dan putrinya perlu perlindungan dan keamanan tingkat tinggi.

Oleh karena itu ayah pun berusaha keras untuk dapat menyediakan rasa aman dan proteksi pada istri dan anak perempuan. Jadi tidak heran kalau anak cewek melihat ayahnya super cool karena bisa berperan seperti superman yang akan memastikan ia merasa nyaman saat berada di dekat ayah.

Berapapun Usia Anak Cewek, Ia Akan Selalu Menjadi Daddy’s Little Girl

Ayah lebih mudah memaafkan kesalahan putrinya dibandingkan dengan kesalahan yang dilakukan anak laki-laki. Kamu sudah membuktikannya, bukan? Tidak hanya itu, ayah juga merasa paling terluka ketika putrinya menentang dirinya karena ayah memegang keyakinan bila sang putri seharusnya tidak boleh melakukan kesalahan. Bagi ayah, trik psikologi anak masih minim pengalaman hidup dan perlu dipandu.

Bagi seorang ayah, bahkan ketika putrinya telah dewasa, sudah menikah dan siap untuk memulai keluarga baru, ia akan tetap selalu menjadi daddy’s little girl. Ketika seorang putrinya merasa sedih, ia akan mencari bahu ayah untuk bersandar, menangis dan pelukan ayah akan menghapus semua air mata untuk sesaat.

Dan bila tiba waktu bagi sang ayah melepas putrinya untuk hidup bersama suaminya, itu adalah momen paling memilukan yang harus ayah lalui. Ia dengan enggan menyerahkannya pada menantu dan dengan sengaja memperingatkan anak menantu laki-lakinya bahwa tidak boleh ada bahaya yang menimpa putri kecilnya. Dan bila itu terjadi, ‘papa bear’ akan datang menjadi penyelamat sang putri.

Tak Pernah Ada Kompetisi Dengan Ayah

Alasan lain kenapa ayah selalu menjadi superman untuk anak cewek adalah karena sampai kapan pun tidak akan pernah ada persaingan di antara mereka. Hubungan ini menjadi beda dengan bunda karena terkadang anak cewek sering dibanding-bandingkan dengan bunda dan itu menyakitkan. Misalnya dalam hal penampilan, kecerdasan, perilaku, kepribadian dan lainnya.

Berbagai penelitian menunjukan bahwa anak cewek melihat bunda sebagai pesaing dan sampai pada batas tertentu dapat terjadi bentrokan ego di antara keduanya. Untuk menghindari hal tersebut, banyak anak cewek memilih untuk meniru gaya berpakaian bunda, kepribadian, dan bahkan cara berpikir agar bisa tampil lebih baik di mata bunda dan orang lain.

Tetapi kalau dengan ayah, hampir tidak ada persaingan sema sekali. Ayah akan cenderung memengaruhi efek emosional pada anak perempuan yang membantu membangun karakter dan kemampuan pengambilan keputusan di kemudian hari. Tidak hanya itu, ayah juga membuatnya merasa cantik dan istimewa. Hal inilah yang membuat ikatan ayah dan anak gadis begitu kuat.

Ayah Mengajari Cara Untuk Menjadi Kuat dan Lemah di Saat Bersamaan

Jika ada pelajaran hidup paling penting yang seorang anak ambil dari ayah adalah bahwa kita tidak harus selalu terlihat kuat. Roda hidup selalu berputar. Ada momen tertentu yang tidak apa-apa untuk menjadi lemah dan putus asa. Namun, ayah juga mengajarkan putrinya untuk segera bangkit dan move one. Tidak hanya itu, alasan lain yang juga membuat anak cewek dekat dengan ayah adalah karena ayah mendorong putrinya agar membangun kemauan dalam diri untuk tidak pernah mentorerir apapun yang dirasa tidak benar.

Ayah Adalah Figur Romantis dan ‘Garing’ Dalam Hubungan Masa Depan

Ayah memiliki kemampuan untuk memengaruhi hubungan masa depan anak cewek dengan lebih dari satu cara. Ayah merawat anak perempuan tanpa henti dan selalu mendukung.

Pandangannya tentang laki-laki merupakan konsekuensi langsung dari hubungannya dengan ayah. Bagaimana ia memperlakukan anak cewek dan bagaimana ayah memperlakukan bunda.

Seorang ayah yang penyayang menanamkan dalam dirinya pandangan positif tentang laki-laki, membuatnya merasa percaya diri, mampu mencintai dan percaya, berkomitmen pada hubungan yang serius, dan berkontribusi pada kesehatan mental, emosional, fisik, dan spiritual. Di saat yang bersamaan, ayah juga terkadang terkesan ‘garing’ saat berkomunikasi di rumah. Namun hal itu tidak melunturkan rasa kagum anak cewek pada ayahnya.

Penyelamat Saat Bunda Sedang Marah

Apakah kamu ingat ketika bunda bilang ‘Tidak’ saat kamu minta ijin untuk pergi ke rumah tante di luar kota? Siapa yang kamu tuju untuk mengembalikan mood di kepala atau bahkan membuat bunda mengerti bahwa kamu akan baik-baik saja saat harus traveling ke luar kota sendirian?

Jawabannya adalah ayah. Meskipun kamu harus meyakinkan ayah tersayang untuk hal yang sama, namun percayalah dengan memeluk ayah mungkin membuat hatinya akan meleleh seperti mentega. Setelah membuat berbagai deal dengan ayah, kini waktunya menghadap bunda dan mengatasinya bersama ayah.

Ayah Punya Unconditional Love

Cinta tanpa syarat ayah pada putrinya tidak diragukan lagi. Tidak bisa dipungkiri bila ada kondisi atau eksprektasi tertentu ketika kita mencintai atau merawat anggota keluarga atau orang yang berhubungan dengan kita. Namun, cinta dan kasih sayang seorang ayah pada putri tercintanya murni tanpa syarat. Ayah selalu memberi dan tidak pernah mengharapkan apapun. Tidak pernah ingin membuat putrinya terluka atau sedih. Ayah akan selalu memastikan semua baik-baik saja walaupun ia harus berjuang keras untuk memastikan hal itu.

Itulah berbagai alasan kenapa anak cewek menganggap ayahnya seperti superman. Ada banyak pelajaran hidup yang diajarkan ayah dan itu dapat menjadi bekal berharga untuk masa depan.

Memiliki ayah yang suportif akan membuat anak perempuan selalu membandingkan cowok dengan ayah bila ingin memutuskan menikah dengannya. Paling tidak, calon suami memiliki karakter yang tidak jauh beda dengan ayahnya.

Selamat Datang di Indonesi.com

Situs yang akan membuat Anda menjadi lebih baik, dengan artikel dan tips terpilih.

Visi kami adalah menjadikan inspirasi untuk sejuta orang Indonesia.

Redaksi Indonesi.com
Cipinang Indah. Jakarta Timur.

Related

Investasi Reksadana

Bagi anda yang saat ini mulai tertarik berinvestasi, tentu anda tidak asing dengan istilah reksadana, bukan? Investasi…

Read more
Face Oil

Penggunaan face oil menjadi tren para beauty enthusiast beberapa tahun terakhir. Mengapa produk ini begitu…

Read more
Film Motivasi Indonesia

Merasa tak berguna sebenarnya bukan hal yang wajar. Namun, dalam hidup pasti ada titik di mana kita merasa seperti itu…

  • Hobi
  • 4
Read more

Internet is huge! Help us find great content

About

Bacaan Yang Membuat Anda Lebih Baik