Sukses Budidaya Ikan Gabus Hanya Bermodal Awal 150 Ribu, Untung Berlipat Ganda

Seorang pembudidaya ikan bernama Aji mencoba menghasilkan uang melalui hobi. Ia sebelumnya hobi memancing ikan gabus. Kemudian mulai budidaya dengan modal kecil. Hingga menghasilkan untung dua kali lipat.

Sebelumnya ikan gabus hanya dianggap hama bagi budidaya mujair. Kemudian Aji berinisiatif untuk mencari benih hewan yang dianggap hama tersebut di alam. Memelihara dalam kolam dan menjual bibitnya.

Tips Budidaya Ikan Gabus dari Aji

Aji berminat melakukan budidaya tanpa latar belakang apapun. Ia hanya mengandalkan ponsel untuk belajar dan artikel di internet. Setelah cukup menguasai teori dari ponsel, ia kemudian belajar kepada orang lain.

Ia mendatangi rumah seseorang dari desa seberang yang melakukan budidaya ikan gabus. Setelah belajar dari sana, Aji mulai membuat kolam. Hanya dengan membeli terpal seharga Rp 50 ribu.

Selanjutnya mencari benih ikan gabus di belakang rumah. Setelah itu, membeli pakan dengan harga Rp 100 ribu. Hanya bermodal Rp 150 ribu, Aji mulai melakukan budidaya.

Dari usahanya memelihara hewan air tersebut, diperoleh keuntungan sebesar Rp 300 ribu. Ia memperoleh keuntungan hingga 2 kali lipat. Aji kemudian melanjutkan usahanya dengan memejah ikan gabus. Jadi tidak lagi mencari benih dari alam.

Bukan hal mudah untuk melakukan pemejahan. Ia membutuhkan waktu selama 8 bulan hingga sukses menghasilkan anakan ikan gabus. Dalam satu kali pemejahan, bisa menghasilkan hingga 3000 sampai 5000 telur.

Agar telur bisa menetas dan tumbuh sehat, perlu dilakukan perawatan rutin. Air dalam kolam harus diganti apabila berubah keruh dan bau. Kemudian, mencampurkan obat herbal agar ikan tidak terserang jamur maupun bakteri.

Obat herbal terbuat dari campuran buah mengkudu dan garam prosak. Apabila ikan bisa tumbuh besar dan sehat maka akan menghasilkan keuntungan lebih. Untuk ukuran 34 cm Aji menjualnya dengan harga Rp 450.

Budidaya bukan hal mudah. Namun, bisa menghasilkan keuntungan berlipat ganda bila serius menekuninya.

Menurut Aji, memperhatikan sumber indukan, perairan dalam kolam dan fokus adalah tips untuk sukses membudidayakan ikan gabus.

Proses budidaya ini dapat Anda saksikan melalui channel Dunia Kita Official dengan judul konten “Sukses Budidaya Ikan Gabus Hanya Bermodal Awal 150 Ribu|| Untung Berlipat Ganda”.

Anda bisa mengakses melalui link https://www.youtube.com/watch?v=75Hw41SrkiA. video berdurasi 28 menit 20 detik tersebut telah mencapai 540 ribu views. Konten tersebut diunggah pada 30 Mei 2021. 


Waktu Adalah Hidup, Manfaatkan Sebaik-Baiknya

Ya, sebenarnya, waktu adalah hidup. Saat kamu berulang tahun, itu berarti waktumu berkurang. Jatah hidupmu pun berkurang.

Semua orang mendapatkan waktu yang sama setiap harinya, yaitu 24 jam. Mengapa hasil akhir setiap orang berbeda-beda?

Pertama, karena tujuan orang berbeda-beda. Kedua, karena setiap orang berbeda cara dalam menghabiskan waktu. Inilah poin pentingnya.

Coba sekarang kamu tanyakan pada dirimu sendiri, selama ini menghabiskan waktu untuk apa? Sibuk main game? Mengerjakan tugas kuliah dengan penuh semangat? Merintis usaha dari dasar? Atau, bermalas-malasan karena warisan orangtua sudah cukup untuk hidup?

Cara setiap orang dalam menghabiskan waktu itulah yang membedakan hasil akhir yang didapat. Kalau kamu menghabiskan waktu untuk riset bisnis, hasil akhirnya, kamu akan mulai merintis bisnis yang nantinya ada kemungkinan untuk berkembang. Kalau kamu menghabiskan waktu untuk membaca buku, hasil akhirnya, kamu akan mendapat pengetahuan yang mungkin berguna untuk hidup ke depannya. Kamu adalah orang yang memiliki kendali penuh untuk memilih, dengan cara apa kamu menghabiskan waktu.

Waktu tidak pernah bisa kembali. Tidak bisa diulang.

Kamu boleh menghabiskan waktu sesukamu, tetapi hanya memiliki satu kesempatan saja dalam menghabiskan waktu tersebut.

Yang perlu disadari, waktu adalah modal untuk mencapai sesuatu. Dengan memiliki waktu, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, untuk memulai satu langkah awal. Tujuannya untuk memantapkan masa depan.

Jadi, jangan sia-siakan waktu. Pakaialah untuk hal-hal penting. Sebab, sekali kehilangan waktu, kamu tidak akan pernah mendapatkan gantinya.