Saking Tuanya Sampai Sekeras Besi, Sonokeling ini digesek Beberapa Kali Terjadi Percikan Api…

Sonokeling merupakan kayu yang tahan lama dan bercorak cantik dengan warna gelap. Banyak diincar untuk pembuatan furnitur dan lantai rumah. Namun saat ini kayu tersebut terbilang langka.

Sonokeling terbuat dari bahan baku yang biasa digunakan dalam pembuatan furnitur. Kayu asal Jawa tersebut bertekstur keras dengan corak kecokelatan yang tampak mewah. Selain itu, berkualitas tinggi dan awet.

Bukti Kerasnya Kayu Sonokeling Tua

Dilansir dari channel milik Ulum Teguh, tampak pemotongan sonokeling tua. Pada mulanya pemotongan kayu berjalan dengan lancar seperti biasa. Namun setelah berjalan beberapa waktu, tampak percikan api pada pita gergaji bagian bawah.

Pemotongan masih berlanjut. Namun, muncul lagi percikan api pada pita gergaji bagian atas. Operator memutuskan untuk mematikan alat. Karena pita gergaji tersebut dianggap tidak mampu memotong kayu dan harus diganti.

Setelah pita gergaji diganti, pemotongan kembali dilanjutkan. Kali ini pemotongan berjalan lancar tanpa ada percikan api lagi. Hal ini membuktikan betapa kerasnya sonokeling yang sudah tua.

Sonokeling mempunyai beberapa keunggulan. Diantaranya adalah tahan terhadap rayap dan jamur. Hampir sama dengan keunggulan kayu jati. Kemampuannya tahan rayap dan jamur didapat dari getah alami.

Sementara bagi produsen kayu, pohon sonokeling dapat dipanen hingga 2 kali. Sehingga menguntungkan. Apabila sudah ditebang 2 kali, maka pohon tidak akan tumbuh lagi.

Untuk dapat ditebang, paling tidak umur pohon harus sudah mencapai 20 sampai 50 tahun. Umur tersebut akan menghasilkan kualitas yang bagus. Namun dapat juga ditebang meski baru berumur 5 tahun. Tentu dengan kualitas lebih rendah.

Corak gelap bisa memberikan kesan mewah. Dapat diolah menjadi furnitur seperti meja, kursi dan lain-lain. Dapat juga dijadikan lantai. Namun harus mempertimbangkan mengenai warna gelap dari corak tersebut.

Ketersediaan kayu ini di alam terbilang sudah langka. Bahkan terdaftar sebagai spesies rentan oleh Uni internasional sejak tahun 2017. Hal ini terjadi karena lamanya masa panen dan penebangan liar.

Untuk melihat betapa kerasnya sonokeling tua, Anda bisa mengakses link https://www.youtube.com/watch?v=81f0CEp6HdY . Konten yang diunggah Ulum Teguh tersebut mendapatkan beragam komentar yang menarik. Video tersebut dipublikasikan tanggal 6 Mei 2021 dan telah mencapai view 1.130.573 kali.


Jangan Minta Dijauhkan Dari Ujian, Tapi Mintalah Kekuatan Untuk Berhasil Melewati Ujian

Biasanya orang berdo’a untuk meminta agar dijauhkan dari ujian berat.

Hei! Hidup itu sendiri isinya justru ujian semua, lho. Pernah kah kamu menyadari hal ini?

Minta atau tidak, Tuhan akan memberi ujian pada hambaNya. Ujiannya pun berat-berat. Hebatnya, Tuhan menjanjikan tidak akan pernah memberi ujian di luar kemampuan hambaNya.

Meskipun demikian, tetap saja kamu merasa bahwa ujian yang Tuhan berikan seperti melampaui kemampuanmu. Sebagai manusia, kamu sering tidak tahan menghadapi ujian hidup. Saat kamu tertimpa masalah, ada dua hal yang langsung kamu lakukan. Menyalahkan Tuhan atau meratapi nasib karena merasa tidak mampu menghadapi pahitnya hidup.

Sekarang, kamu perlu menyadari bahwa ujian tidak akan pernah berhenti. Jadi, ubahlah strategimu. Jangan meminta untuk tidak diberikan ujian, tetapi mintalah kekuatan agar kamu dapat menghadapi setiap ujian yang datang.

Belum selesai sampai di sini.

Tuhan pun mengabulkan do’a kamu, dalam bentuk ujian!

Iya, Tuhan membuat kamu kuat dalam menghadapi ujian, ya lewat ujian juga.

Contohnya, begini.

Kamu sedang menempuh pendidikan alias kuliah. Tiba-tiba, karena satu dan lain hal, kondisi orangtuamu tidak bisa lagi menyediakan biaya kuliah. Ini ujian pertama. Kamu merasa seperti mendengar petir di siang yang terang benderang. Berita ini membuatmu seperti jatuh dan rasanya nyaris tidak bisa bangun lagi. Kamu pun berdo’a, minta pada Tuhan agar dikuatkan dalam menghadapi ujian ini.

Tuhan mendengar do’amu. Kamu tiba-tiba mendapat kesempatan bekerja di sebuah kantor. Inilah “ujian” kedua, karena kamu harus berjuang membagi waktu antara kuliah dan kerja, membagi pikiran, membagi tenaga, dan menjalani kehidupan dengan penuh kesabaran.

Jadi, hidup ini memang penuh dengan ujian. Namun, siapa pun yang dapat menjalani ujian dengan penuh keteguhan hati, akan mendapat “hadiah” yang besar. Dalam hal ini, kamu dapat kesempatan untuk mendapatkan biaya pendidikan, sekaligus tetap dapat menjalani pendidikan.

Sekali lagi, mintalah pada Tuhan agar kamu dapat melewati ujian dengan baik.