Proses Pembangunan Suramadu, Insinyur Indonesia

Indonesia mempunyai berbagai macam bentang alam. Banyak sungai dan laut yang ada di negara ini. Pulau Jawa dan Madura yang terpisah laut diatasi dengan pembangunan Jembatan Suramadu.

Siapa yang tidak mengenal jembatan Suramadu. Jembatan yang megah membentang dari Surabaya hingga Madura ini merupakan proyek besar bangsa Indonesia. Keberadaannya sangat membantu mobilitas masyarakat.

Suramadu mulai dibangun pada tahun 2004. Proses pengerjaan membutuhkan waktu hingga 7 tahun lamanya. Anda pasti sudah dapat membayangkan betapa berat pembangunan penghubung dua pulau tersebut.

Mengulik Proses Pembuatan Jembatan Suramadu

Pembuatan jembatan Suramadu dimulai dari paling dasar. Yakni pembuatan pancang. Pancang tersebut diproduksi di darat dalam jumlah cukup besar. Setelah selesai dibuat, pancang diisi dengan pasir, kerangka besi hingga beton.

Pancang difungsikan sebagai kaki jembatan. Bagian yang bersentuhan langsung dengan laut. Sebelum dipasang pada tempatnya, bagian ini melalui berbagai serangkaian tes. Mulai dari ultrasonic test hingga PDA test.

Tidak hanya melalukan tes pada pancang. Para pekerja juga melakukan operasi sober ranjau di tengah laut. Ada banyak sekali ledakan besar dari laut ketika operasi tersebut dilakukan. Operasi tersebut dilaksanakan oleh beberapa orang.

Proses berikutnya adalah pembuatan girder. Kemudian girder disambungkan hingga memenuhi ukuran panjang yang ditetapkan. Kemudian girder mulai dipasang. Diawali dari sisi Surabaya. Setelah itu, berlanjut ke sisi Madura.

Proses selanjutnya ialah penulangan plat lantai. Kemudian dilakukan pengecoran. Pada tahap ini, Anda akan melihat struktur lantai mulai terbentuk. Tampak kerangka yang menjadi dasar pembuatan lantai.

Kemudian, dilakukan curing pada lantai jembatan. Pada tahap ini, jembatan sudah mulai terbentuk. Namun belum cukup panjang. Hanya menjorok dari darat dan belum mencapai tengah laut.

Pembuatan Suramadu ini tidak terlepas dari pengawasan Ibu Megawati Soekarno Putri. Dimana ia menjabat sebagai Presiden pada tahun 2004. Saat pembuatan jembatan megah tersebut dimulai.

Proses pembuatan jembatan Suramadu yang panjang ini bisa Anda saksikan melalui channel Umar Sumardi dengan judul video “Proses Pembangunan Suramadu, Insinyur Indonesia”. Melalui link https://www.youtube.com/watch?v=jIHazkYv58E.

Video berdurasi 20 menit 2 detik tersebut telah mencapai penonton sebanyak 5 juta. Konten yang diproduksi pada 27 Maret 2020 tersebut cukup menarik minat banyak orang.


Milikilah Banyak Teman Agar Duniamu Semakin Luas

Tidak ada orang yang ingin seperti katak di dalam tempurung. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang hidupnya seperti itu. Mungkinkah kamu salah satunya?

Hidup menyendiri di dunia yang ramai begini, agaknya akan membuatmu ketinggalan zaman.

Cobalah tengok dunia di luar sana. Semua orang berlomba-lomba menjalin pertemanan dengan siapa saja. Karena, punya banyak teman akan membuat hidupmu semakin berisi. Ke mana pun kamu melangkah, akan ada orang yang kamu kenal dan mengenalmu. Hidupmua menjadi agak lebih mudah, karena di mana-mana kamu seperti memiliki saudara.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika punya banyak teman. Kamu bisa bertukar pikiran bersama mereka. Bisa mendapatkan berbagai informasi. Bisa mengerjakan sesuatu bersama-sama sesuai minat. Bahkan, yang menakjubkan, kamu bisa saling memberi informasi lowongan pekerjaan.

Kamu  justru tidak suka bertemu secara langsung dengan banyak orang?

Hari gini, kamu bisa memanfaatkan internet untuk “bertemu” dengan banyak orang, tanpa harus bertatap muka. Hubunganmu dengan teman melalui dunia maya juga bisa sama baiknya dengan di dunia nyata.

Teman itu sama ngangeninnya dengan saudara sendiri. Meskipun kadang-kadang kamu berbeda pendapat, tak lama lagi juga suasana akan mencair dan kembali akrab seperti semula.

Punya banyak teman itu keuntungannya jangka panjang. Keuntungan saat ini ya seperti yang disebutkan tadi. Keuntungan di masa depan, tentu saja banyak. Bahkan, bukan tidak mungkin bisa menjadi keluarga.

Yuk, pupuk pertemanan mulai dari sekarang!