Paidi, Mantan Pemulung Jadi Milyarder

Program acara Hitam Putih di Trans7 menghadirkan seorang bintang tamu yang sangat menginspirasi. Seorang laki-laki yang hanya lulus dari STM, menjadi pemulung namun kemudian mampu menjadi seorang milyarder.

Banyak orang yang mengira bahwa kesuksesan bisa didapat melalui pendidikan tinggi. Tanpa pendidikan, sulit untuk meraih kesuksesan. Namun, laki-laki bernama Paidi membuktikan bahwa kerja keras juga bisa menjadi pintu menuju kesuksesan.

Budidaya Porang Menjadi Jalan Kesuksesan

Paidi merupakan laki-laki asal Madiun. Ia bisa menghasilkan omzet miliaran rupiah melalui budidaya porang. Sejenis umbi-umbian yang menarik minat konsumen dari luar negeri. Umbi tersebut mempunyai banyak manfaat sehingga viral di luar negeri.

Paidi melakukan budidaya porang di daerah tempat tinggalnya. Bekerja sama dengan para petani untuk bisa menjual umbi tersebut. Kebanyakan umbi ini diekspor ke luar negeri. Karena permintaan paling besar berasal dari Tiongkok.

Porang bukan umbi-umbian yang bisa dikonsumsi langsung. Menurut keterangan Paidi, umbi tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu. Caranya dengan membuang oksalat yang ada di dalamnya. Kemudian, unsur glukomanan bisa dikonsumsi.

Umbi tersebut biasa diolah menjadi tepung. Tepung porang nantinya dapat digunakan menjadi bahan baku kue. Namun sayangnya produk ini belum familiar bagi masyarakat Indonesia. Justru masyarakat luar negeri yang menyukai produk tersebut.

Sebelum Paidi menekuni budidaya porang, harga umbi-umbian tersebut masih tergolong murah. Hanya dihargai Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per kilogram. Namun karena kerja kerasnya, harga umbi tersebut bisa naik.

Kini menjadi Rp 12.000 per kilogram. Paidi tidak hanya mengangkat perekonomian keluarganya sendiri.

Namun juga para tetangganya. Karena membantu menaikkan harga porang dan membuka lapangan pekerjaan.

Paidi membuktikan bahwa kerja keras bisa menjadi jalan kesuksesan. Sebelum sukses, ia pernah mencoba berbagai usaha. Namun semua gagal hingga menjadi pemulung. Karena mau belajar melalui internet akhirnya bisa budidaya porang.

Cerita hidup Paidi ini dapat Anda saksikan melalui channel Trans7 Official dengan judul video “Paidi, Mantan Pemulung Jadi Milyarder”. Anda dapat mengaksesnya melalui link https://www.youtube.com/watch?v=FuQPNNZV7i0.

Konten berdurasi 9 menit 33 detik tersebut telah mencapai 4 juta views. Konten tersebut diunggah pertama kali pada 30 Agustus 2019. 


Apapun Yang Kamu Kerjakan, Jika Penuh Ketekunan Pasti Akan Berbuah Keberhasilan

Kadang-kadang kamu dihadapkan pada masalah, tidak bisa memilih pekerjaan yang kamu sukai. Kamu bukan tidak berusaha mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan kemauan dan kemampuan. Tapi, rezekimu kali ini memang di bidang yang belum kamu ketahui sebelumnya.

Akhirnya, kamu terpaksa menerima pekerjaan itu karena kebutuhan yang mendesak. Kamu pun harus mengeluarkan energi ekstra untuk memelajari pekerjaan itu dari awal. Pejalanan pun masih panjang. Setelah memelajari pekerjaan tersebut dari dasar, kamu harus mulai terbiasa dengan segala hal yang menyangkut pekerjaan baru itu. Kamu juga harus mengetahui segala risiko yang mungkin akan timbul dari pekerjaan tersebut. Saka atau tidak, kamu harus menerima.

Dalam hati, kamu sempat mengeluh. Masa lulusan farmasi dapat pekerjaannya tentang bisnis? Masa ex anak akuntansi kerjanya bikin artikel tentang kedokteran?

Namanya juga rezeki. Semua sudah diatur dari “sana”. Kalau kamu benar-benar tidak bisa menolak, cobalah berdamai dengan keadaan. Coba kamu terima dengan lapang dada. Penolakan akan membuatmu tidak ikhlas. Dan, perasaan tidak ikhlas justru membuatmu semakin sulit untuk memelajari pekerjaan ini.

Segala sesuatu, baik hal baru maupun hal lama, kalau ditekuni, insyaAllah akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, prosesnya memang tidak bisa instan. Meskipun begitu, kalau kamu melakukannya pelan-pelan, rutin, dan penuh semangat, pasti akan tiba waktunya kamu mencapai keberhasilan.

Sebenarnya, kamu malah beruntung bisa memelajari hal baru. Kamu akan punya kelebihan lain. Kelebihan tambahan. Kamu pun semakin kaya ilmu. Jadi, suatu saat, kamu akan lebih punya banyak pilihan dalam melangkah. Sebab, kamu punya banyak keahlian.

Asyik, kan?