Mantan Peragawati jadi ODGJ Sering, Dilecehkan Pedagang Pasar, Suka Sama Eko

Diduga mantan pragawati, usia 30-an, seorang wanita terlihat sejak 5 tahun terakhir menjadi ODGJ. Pakaian lusuh, compang-camping memprihatinkan dan kotor. Disini Pratiwi Noviyanthi mencoba mendekati dan memanusiakannya tersebut dengan berbagi.

Dari informasi warga setempat akhirnya dirinya turun ke lapangan dan langsung membantu. Wanita ODGJ ini sering mendapat perlakuan pelecehan secara seksual dari laki-laki iseng di sekitar pasar. Itu karena kecantikannya.

Inilah yang menjadi kekhawatiran warga yang peduli. Maka langsung menghubungi Pratiwi Noviyanthi dan tim untuk membantu melakukan pendekatan untuk selanjutnya diberikan pendampingan sosial. Harapannya supaya tidak terjadi hal seperti itu.

Pendekatan ODGJ dalam Usaha Memanusiakannya

Dalam tayangan yang durasi 27 menit lebih tersebut, tampak bahwa tidak mudah melakukan pendekatan kepada ODGJ. Khususnya wanita yang mengalami trauma masa lalu. Pendekatan akhirnya dilakukan oleh tim yang merupakan laki-laki.

Dalam unggahan tersebut, cara pendekatan yang dilakukan kepada pihak ODGJ yang pertama adalah mengajak target mandi, membersihkan diri di area pemandian tidak jauh dari pasar agar target tidak takut.

Hal tersebut dilakukannya dengan lebih sabar karena target tersebut terus memberontak. Beruntungnya, pada akhirnya si target tersebut bersedia dimandikan oleh 2 orang. Selesai mandi, tim memberikan pakaian yang layak kepadanya.

Timnya juga merapikan rambutnya, kemudian mengajaknya makan bersama. Makan dibujuk dengan cara disuapi oleh salah satu anggota tim yang disukai. Ini merupakan langkah awal pendekatan pertama untuk seorang ODGJ.

Selanjutnya masih ada tugas menanti untuk memberikan penghidupan yang layak bagi para ODGJ. Bersama tim, Pratiwi Noviyanthi melakukan pencarian dan pendekatan terhadap orang-orang yang memiliki gangguan sama seperti orang tersebut.

Melihat tayangan tersebut, banyak komentar bermunculan hingga lebih dari 3 ribu orang. Salah satunya menyebutkan bila mbak novi cocok dengan mas eko. Hal tersebut telah disampaikan oleh Dayuan Zahra.

Ada juga beberapa komentar yang lainnya datang dari beberapa orang. Bahkan, ada juga salah satu komentar yang cemburu dengan mas eko. Karena dirinya memperlakukan sangat baik ODGJ menurut Euis AsSaeri.

Konten dari channel Pratiwi Noviyanthi pada 1 Juli 2021 lalu di Youtube ini telah mendapat apresiasi dari 1.979.052 viewers. Anda bisa juga berpartisipasi dengan memberikan dukungan di https://www.youtube.com/watch?v=AcxRnat31i4.

Diduga mantan pragawati, usia 30-an, seorang wanita terlihat sejak 5 tahun terakhir menjadi ODGJ. Pakaian lusuh, compang-camping memprihatinkan dan kotor.


Seberapapun Buruknya, Kelak Dia Yang Akan Menemanimu Di Hari Tua

Sebal dengan tingkah laku dia? Ada kelakuannya yang membuatmu merasa tidak cocok?

Jangan buru-buru membencinya, apalagi memutuskan untuk berpisah.

Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Begitu juga dia. Semua tingkah lakunya adalah perpaduan antara sifat keturunan dan pola yang terbentuk dari lingkungan.

Kebiasaan-kebiasaan buruknya mungkin membuatmu jengkel. Tidak meletakkan kembali handuk yang sudah dipakai. Tidak mau ikut berkumpul bersama teman-temanmu. Sulit mengubah kebiasaan jam karet. Dan sederet kejelekan lainnya.

Semua itu kadang-kadang membuatmu tak tahan berhadapan dengannya. Di antara sifat buruknya pasti ada yang membuatmu ingin mengakhiri hubungan ini.

Tunggu! Daripada sibuk menghitung kejelekannya, mengapa tidak dibalik saja?

Marilah mulai menghitung sisi baiknya.

Dia selalu ada saat kamu membutuhkannya. Dia langsung melakukannya saat tahu bahwa kamu tidak sempat membereskan rumah. Pakaian yang numpuk di mesin cuci, tiba-tiba sudah rapi begitu kamu pulang kerja.

Begitu banyak sisi baik yang bisa kamu nikmati. Begitu sabarnya dia menghadapi kamu.

Eh, satu lagi. Bukankah kamu juga pasti banyak kekurangan? Kalau begitu, mengapa tidak saling mengisi saja? Kamu menutupi kekurangan dia dengan kelebihanmu, begitu juga sebaliknya.

Bagaimana pun, dia adalah pendamping hidup yang telah kamu pilih. Sebanyak apapun sikap jeleknya di matamu, dia kelak yang akan mendampingimu di hari tua.

Bukankah menua bersama orang yang telah dipilih adalah sesuatu yang sangat manis?

Jangan terlalu fokus pada keburukannya, tapi rasakan sisi baiknya yang mungkin tak terhitung.

Dan, jangan buru-buru memutuskan untuk mengakhiri hubungan.