Bunga Telang si Cantik Kaya Manfaat

Baru-baru ini CNN Indonesia telah mengunggah tentang bunga telang yang merupakan tumbuhan liar kini mulai dibudidayakan masyarakat. Selain bentuk dan warnanya cantik, bunga ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Cara pengolahan sangat mudah. Pertama saat bunga dipanen, maka bunganya dikeringkan di bawah sinar matahari. Kemudian langsung diseduh dengan air mendidih dan diamkan selama 2 hingga 4 jam sebelum diminum.

Selain digunakan sebagai obat alternatif, bisa juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan. Kue, minuman, dan nasi. Semuanya akan tampil lebih cantik berwarna keunguan namun tetap aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

Khasiat Bunga Telang Menurut Kacamata Medis

Yasir Lubis, petani, menjelaskan kepada pihak CNN Indonesia bahwa air seduhan bunga telang mampu menyembuhkan asam urat. Keluhan asam urat tinggi hingga menyebabkan peradangan dan sulit berjalan, sembuh dengan cepat.

Menurut kacamata medis yang dipaparkan oleh dr. Inggrid Tania, MSi selaku ketua PD POTJI, bunga dan daun telang memiliki kandungan zat berkhasiat. Memiliki sifat analgesik sebagai pereda nyeri sehingga bermanfaat.

Bunga ini juga memiliki khasiat sebagai anti inflamasi yang merupakan anti peradangan. Sehingga pada penderita asam urat tinggi dapat mengurangi rasa sakit. Sekaligus memberikan kesembuhan ketika dikonsumsi secara rutin.

Sebagai petani, Yasir Lubis masih terbatas dalam melakukan distribusi bahan kering hasil panen. Sebab pasokan belum memadai untuk pemasaran skala luas. Pemasaran masih terbatas di lingkungan sekitar dan komunitas saja.

Setelah melihat unggahan tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bila bunga telang ini sangat berguna sekali untuk kesehatan. Karena bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Mulai dari rematik, asam urat, dan ampuh meningkatkan imun tubuh bagi mereka yang mengkonsumsinya. Itulah kenapa tayangan yang diunggah sejak Februari 2021 lalu mengundang ratusan komentar.

Ada salah satu komentar yang menyebutkan pernah mengkonsumsinya juga karena temannya orang dari China suka menaruh minuman ini bersamaan dengan daun mint. Dia adalah Nicky Jack.

Menariknya lagi adalah ada juga yang menyebutkan dalam komentar yasir lubis mengatakan bila Telang Garden miliknya berhasil dijadikan sebagai terapi pengobatan COVID-19 dan alhamdulillah sembuh.

Tayangan dari channel CNN Indonesia telah ditonton 128.216 pemirsa sejak diupload pada tanggal 28 Februari 2021 lalu. Anda juga bisa menontonnya langsung melalui link https://www.youtube.com/watch?v=mM92_KeMlX0.


Ketika Diam Jadi Satu-Satunya Jalan

Dalam hidup, masalah seakan datang silih berganti. Masalah yang satu sudah selesai, datang lagi masalah lain. Kadang-kadang malah masalah yang satu belum selesai, sudah datang lagi masalah baru.

Mau tidak mau, suka tidak suka, semua masalah harus diselesaikan.

Pertanyaannya, masalah yang mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu?

Urusan pekerjaan sudah memusingkan, urusan rumah tangga tak kalah ribet, urusan keuangan juga sedang membutuhkan perhatian lebih. Kenapa sih, harus ditambah masalah lain?

Mungkin kamu akan berteriak seperti itu.

Ketika semua masalah datang bersamaan, usahakan untuk menyelesaikannya satu per satu. Saat sedang menyelesaikan urusan A, cobalah lupakan dulu urusan yang lain. Selesaikan dulu urusan A sampai selesai. Kalau tidak bisa selesai saat itu juga, tunda dulu. Sambil menunggu, kamu bisa mulai menyelesaikan urusan B.

Malangnya, ada saatnya semua urusan itu tidak dapat diselesaikan sesuai harapan. Semua menggantung. Semua mengganggu dan seperti meneror hidup kita.

Sampai-sampai kamu akhirnya hampir menyerah.

Oh, tunggu dulu!

Bukankah setiap masalah pasti ada jalan keluarnya? Kenapa kamu cepat-cepat memutuskan untuk menyerah?

Ada kalanya, kita tidak sanggup menangani masalah yang terlalu berat. Tapi bukan berarti kita boleh menyerah. Pernah kah kamu sadari, kamu sering melupakan Tuhan?

Ketika masalah sudah begitu ruwetnya, cobalah kamu diam. Ada saat kita hanya perlu duduk diam dan memasrahkan semuanya. Di situ, ada jalan yang ditunjukkan Tuhan. Ada tangan Tuhan yang terulur untuk membantu.

Diam sejenak. Jangan lakukan apa-apa. Tunggu saja apa yang terjadi.

Tuhan akan membuka jalan.