Tips Pengusaha Bob Sadino Bocorkan 20 Cara Menjadi Pebisnis Mulai dari Nol!

YouTube video
Perjalanan Sukses Bob Sadino | Apa dan Siapa Tokoh Indonesia video oleh tvOne

Apakah kamu tau Bob Sadino? Pengusaha nyentrik yang salah satu usahanya tiap bulan meraup omzet usaha 7 miliyar menjadi motivator yang mampu menghidupkan jiwa enterpreneur para pendengarnya.

Bagaimana tidak? Bob Sadino kini bocorkan 20 tips sukses menjadi pengusaha mulai dari nol. Itu artinya kamu diberikan solusi bahkan untuk yang tidak pernah berpengalaman di presentasi di dunia bisnis sekalipun .

Penasaran apa saja tipsnya? Cermati sampai selesai ulasan kami berikut ini:

Realisasikan Ide secara Maksimal

Pertama, kamu harus berani merealisasikan ide bisnis yang terbesit dalam pikiran. Karena kendala sebenarnya ketidaksuksesan seseorang adalah terletak pada impian-impian yang sama sekali tidak dicoba untuk dijadikan nyata.

Berani Memulai dengan Optimis

Mungkin tidak hanya saya yang pernah berpikir bahwa peluang sukses dalam bisnis itu cukup sulit diraih dan hanya berhasil didapatkan sedikit orang saja. Tentu pikiran yang demikian sangat menghambat kamu untuk mencoba merealisasikan ide bisnis kamu. Kalau dipikir cerdas, mereka yang sukses dulunya sama seperti kita, memulai semuanya dari nol.

Jangan Terlalu Banyak Analisis

Menganalis usaha memang penting, tapi jangan terlalu berlebihan juga karena kemungkinan hal itu akan menjatuhkan rasa optimisme . Kenapa? Perasaan takut rugi justru akan menjadi hambatan besar dan Kamu pun tidak dapat menggapai kesuksesan bisnis yang diimpikan.

Untuk itu, tanamkan saja bahwa hasil tergantung usaha keras kita sendiri dalam menjalankan bisnis. Jika sudah seperti itu, yakinkan bahwa kamu bisa bekerja secara maksimal.

Jangan Ingin Serba Instan

Sesuatu yang serba instan bisa digambarkan kualitasnya seperti mie instan, di mana sebagian mengklaim sebagai makanan yang kurang sehat. Begitupun dengan Kamu, kesuksesan yang serba instan itu tidak menjamin Kamu akan menjadi pengusaha yang tangguh jika nantinya tiba-tiba dihadapkan kendala.

Bermimpi Besar

Jangan takut untuk bermimpi yang menurut setiap orang mustahil akan Kamu gapai. Sebab, berani bermimpi setinggi langit merupakan energi utama supaya Kamu bisa bergerak secara maksimal dalam berusaha. Bukannya jika jatuh dari langit akan jatuh di atas bintang-bintang? So, optimis saja bahwa jika mimpi besarmu itu tidak akan menjatuhkanmu kepada kegagalan.

Jangan Terpaku pada Pendidikan

Tidak selamanya latar belakang pendidikan dapat menjamin kualitas diri seseorang. Maka dari itu, jangan pesimis kalau Kamu mempunyai impian untuk menjadi pengusaha tapi latar belakang pendidikannya sama sekali tidak mendukung dalam dunia bisnis. Sebab, keberuntungan seseorang terletak pada kesungguhannya dalam belajar dan berani untuk memulai.

Berpikir Positif

Dalam hal apapun kita memang diharuskan untuk selalu berpikir positif apalagi dalam berbisnis. Ingat tidak tentang Thomas Alfa Edison yang melakukan 999 kali eksperimen dalam pembuatan lampu tetapi ternyata masih gagal? Apa kata dia? Dia menerima kegagalan itu sebagai pelajaran bahwa 999 cara yang gagal dapat ia temukan. Kenyataan ini menunjukkan bahwa pikiran sangat menentukan nasib kita ke depan.

Bekerjasama

Mustahil jika kesuksesan yang pernah didapatkan dalam berbisnis adalah mutlak hasil kerja kerasnya sendiri tanpa melibatkan peranta satu manusia pun walaupun secara tidak langsung. Maka dari itu, bekerjasama dalam berbisnis menjadi motivasi dan kemudahan sendiri untuk merealisasikan impian besar Kamu itu.

Artikel Terbaru

Pelajari Tentang Kewirausahaan

Walaupun latar belakang pendidikan Kamu sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan ilmu bisnis bukan berarti Kamu kehilangan kesempatan untuk belajar ilmu bisnis atau kewirausahaan. Itu artinya untuk mendapatkan kesuksesan bisnis, Kamu harus belajar kewirausahaan.

Fokus

Hal apapun jika dilakukan secara tidak fokus mustahil untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terburu-buru memang sifatnya manusia, apalagi untuk menjadi kaya raya?

Hilangkan sifat tergesa-gesa ini dalam diri Kamu, jangan tergiur untuk mengambil spesialisasi usaha terlalu banyak. Karena itu akan membuat fokus Kamu jadi tidak maksimal dalam berbisnis. Iya kalau salah satunya untung, kalau bangkut semuanya, tentu akan sangat membuat Kamu syok.

Peduli Konsumen

Bob Sadino merupakan pengusaha yang sangat memperhatikan pelanggannya. Bahkan keluhan dari pembantu rumah tangganya pun ia masukkan sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran ke depannya.

Utamakan Kualitas

Lebih baik untung tidak terlalu besar daripada harus menyepelekan kualitas. Karena apa? Kalau kualitas produk sudah tidak bagus, pelanggan jadi enggan untuk membeli lagi.

Kerjakan Semuanya dengan Tuntas

Jalankan usaha Kamu dengan serius, jangan menyepelekan pekerjaan Kamu di bidang usaha Kamu tersebut. Pastikan usaha tidak berhenti di tengah jalan, sebab jika ini terjadi itu akan membuang harta, tenaga dan waktu yang sebelumnya sudah kita mobilisasikan untuk memulai bisnis.

Tepat Menempatkan Prioritas

Buat catatan khusus untuk semua pekerjaan yang harus Kamu kerjakan. Pertimbangkan dengan baik pekerjaan mana yang harus Abda prioritaskan dalam berbisnis. Kalau Kamu sudah berhasil menempatkan prioritas kerja dengan tepat, kesuksesan besar itu akan datang pada Kamu.

Kerja Keras dan Cerdas

Kerja keras saja tidak cukup, Kamu harus mengimbangi kerja keras dengan strategi bisnis yang cemerlang. Kembangkan relasi dan terapkan strategi bisnis yang dapat melejitkan usaha Kamu tersebut.

Tidak Mencampuradukkan Uang Pribadi dan Bisnis

Kamu harus punya modal yang jelas, jangan sesekali mencampurkan uang pribadi dengan perusahaan. Sebab, jika terjadi keteledoran uang pribadi Kamu bisa saja terancam. Untuk lebih amannya pengelolaan keuangan dakam bisnis, buatkan rekening terpisah.

Jangan Menyerah

Ingat perjuangan pengusaha KFC? Mungkin jika melihat pada kisah beliau, Kamu tidak akan berani mundur selangkahpun. Berapa kali ia gagal dan berapa lama ia selalu dihadapkan dengan kegagalan? Tapi lihat sekarang, betapa usahanya sukses walau ia sudah tiada.

Libatkan Allah dalam Setiap Aktivitas

Koneksi yang baik dengan Sang Maha Pengatur Kehidupan merupakan prioritas utama untuk mengembangkan prioritas-prioritas yang lainnya. Tanpa ada keterikatan pikiran dan hati dengan Tuhan dalam bekerja atau beraktivitas apapun semuanya akan terasa hambar bahkan sia-sia. Maka dari itu, panjatkan doa-doa semoga usaha yang sedang Kamu kembangkan bisa sukses dan menuai berkah dan rahmat-Nya.

Berprilaku Baik

Mempunyai prilaku atau etika yang baik, berati Kamu sudah mengantongi mata uang yang kini berlaku di mana saja. Maka dapat disimpulkan, dalam berbisnis pun Kamu harus bermodal etika yang baik. Di situ masyarakat akan menilai bahwa Kamu dapat dipercaya dalam memproduksi atau mengembangkan jasa atau produk yang sedang Kamu jalankan. Kepercayaan besar tidak segan mereka berikan pada Kamu.

Harus Mempunyai Kemauan

Perasaan tidak yakin dengan usaha yang kita coba akan sangat mempengaruhi nasib Kamu. Solusinya, besarkan kemauan Kamu untuk sukses. Lkamuskan kemauan itu dengan tekad yang bulat dan jangan lupa berani untuk mengambil peluang yang ditawarkan untuk Kamu.

Bagaimana? Cukup mencerahkan bukan 20 tips sukses menjadi pengusaha ala Bob Sadino ini? Mari jangan takut untuk mempunyai mimpi kesuksesan dalam berbisnis, karena nasib kita kedepan tergantung pilihan kita sekarang.

Semangat berjuang buat Kamu yang terus ingin belajar untuk meraih kesuksesan!

Related Posts